cover
Contact Name
Tantri Puspita Yazid
Contact Email
tantri.yazid@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6281363205292
Journal Mail Official
jkms@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Kampus Bina Widya, Jl. H.R. Subrantas KM. 12,5 Simp. Baru Pekanbaru-Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Riau
ISSN : 2252665x     EISSN : 27161889     DOI : https://dx.doi.org/10.35967/jkms
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication Communication Strategy in Libraries Educational Communication Communication development Health Communication Environmental Communication Media Law Media and Cultural Studies Media and Community Networks Media Technology Media Influence Visual Communication Media Literacy Communications and Policy Other applied Media and Communication fields
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)" : 6 Documents clear
FENOMENA KOMUNIKASI PEMAIN ROLEPLAY PADA PENGGUNA AKUN K-POP TWITTER KALANGAN REMAJA DI KOTA PEKANBARU Atiqah Atiqah; Noor Efni Salam
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v13i1.7546

Abstract

Pemain roleplay pengguna akun K-Pop menjadi yang paling umum saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif pemain roleplay Twitter kalangan remaja di Kota Pekanbaru memilih menggunakan akun K-Pop, makna karakter yang dipilih serta pengalaman komunikasi pemain selama bermain roleplay. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan motif karena (Because Motive) seperti keinginan mencari teman yang memiliki kesamaan minat yaitu menyukai K-Pop, ingin mengenal idola, serta memudahkan mencari teman dalam bermain roleplay serta motif harapan (In order to motive) yaitu mecari keuntungan, mendapatkan informasi pendidikan dan pekerjaan, meningkatkan kemampuan bersosialiasi serta meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Makna peran yang dipilih adalah sebagai versi lain dari diri roleplayer, sebagai inspirasi serta sebagai role model. Pengalaman menyenangkan yang ditemukan yaitu kesempatan menjalin hubungan diluar karakter yang diperankan, serta berpacaran didunia roleplay. Sedangkan pengalaman kurang menyenangkan meliputi konflik dengan sesama roleplayer, sextingl serta mendapat cemoohan dari lingkungan sekitar.
LITERASI DIGITAL QUR’ANI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF MEREDUKSI HOAKS Nurul Alamin; Luqyana Azmiya Putri
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v13i1.7560

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai literasi digital qur’ani sebagai upaya preventif mereduksi hoaks.  Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bermitra dengan Katadata Insight Center (KIC) melakukan survei indeks literasi digital di Indonesia. Indeks Literasi Digital Indonesia tahun 2021 dengan skor sebesar 3,49 dengan skala 1 hingga 5. Statistik ini mewakili nilai rata-rata yang diperoleh dari survei yang dilakukan terhadap empat topik literasi yang secara aktif diprioritaskan oleh pemerintah yakni kompetensi media digital, budaya digital, etika digital, dan keamanan digital. Terdapat peningkatan skor sebesar 0,3 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Meski demikian, peningkatan ini belum signifikan karena literasi digital di Indonesia masih berada pada kategori sedikit di atas sedang. Menjelang pesta demokrasi pada 2024 nanti, hoaks politik yang berpotensi akan bermunculan di media sosial dan platform digital lain harus diwaspadai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian library research. Hasil tulisan ini didapatkan bahwa literasi digital Qur’ani mencakup beberapa pilar yakni keterampilan digital dalam surah Az-Zumar ayat 9, etika digital dalam surah Ali ‘Imran ayat159, dan keamanan digital.
PENGELOLAAN KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PANTAI KONENG MEDANG KAMPAI KOTA DUMAI Aisyah Aldi Saputri; Nurjannah Nurjannah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v13i1.7547

Abstract

Pantai Koneng adalah salah satu objek wisata tepi laut di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Daerah yang berhadapan langsung dengan negara Malaysia dengan potensi wisata perairan yang menarik. Dimulai dari tahun 2017 pantai koneng sudah berhasil dikunjungi oleh ratusan ribu pengunjung dengan daya tarik alamnya, pelaksanaan komunikasi pariwisatanya, hingga seluruh fasilitas penunjang yang mendukung wisatawan untuk mengunjungi Pantai Koneng. Tujuan penelitian ini, untuk menganalisis komunikasi pariwisata dan manajemen komunikasi pengelola dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Pantai Koneng Medang Kampai Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan komunikasi pariwisata yang dilakukan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Pantai Koneng Medang Kampai Kota Dumai melibatkan Pengelola, pemerintah dan juga wisatawan sebagai komunikator.  Pengelolaan pesan  bersifat informatif dan komunikatif, dengan menggunakan media sosial seperti Tiktok dan Facebook, media online seperti website resmi DISKOPAR serta menggunakan media cetak berupa brosur dan spanduk Masyarakat umum dilibatkan sebagai komunikan dengan feedback wisata pantai koneng menjadi dikenal.  Pengelolaan dalam pengembangan destinasi wisatanya sangat baik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND ZIVAA BEAUTY DI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK PADA FOLLOWERS Destino Reza Ferry Ardhana; Nuryati Samatan; Siti Masitoh
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v13i1.7561

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran brand Zivaa Beauty di Instagram meningkatkan brand image pada follower. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif, dimana perolehan data diperoleh dari pengamatan langsung terhadap beberapa konsumen dan pemilik Zivaabeauty dengan melakukan wawancara kemudian menganalisis perolehan data tersebut dan kemudian menarik kesimpulan dari pengamatan tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh brand zivaa beauty untuk meningkatkan brand image-nya adalah dengan melibatkan kerjasama influencer, paket diskon, pemberian sampel gratis dan beberapa promosi promosi lainnya. Selain mempromosikan produknya, brand Zivaa juga melakukan promosi di market place seperti di shopee, lazada, tokopedia, bukalapak dan membuka agen reseller resmi.
Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Second Account Instagram dalam Pengungkapan Diri pada Siswi MAN 1 Kota Bukittinggi Utary Guciani Putri; Nurjannah Nurjannah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v13i1.7548

Abstract

Instagram merupakan salah satu aplikasi yang paling populer dan memiliki berbagai macam jenis fitur. Salah satunya adalah fitur multiple account yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuat akun yang lebih dari satu atau yang biasa disebut dengan second account Instagram. Kemunculan second account Instagram banyak digunakan oleh remaja khususnya perempuan untuk mengunggah hal-hal rahasia atau yang bersifat privat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap 6 Informan yaitu siswi MAN 1 Kota Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asumsi informasi privat, informan memiliki berbagai persepsi dan percaya mengenai informasi privat, meskipun informan membangun batasan kolektif dengan membagikan berbagai macam hal privat pada akun tersebut namun tetap ada informasi yang masih disimpan di dalam diri mereka. Pada asumsi kontrol dan kepemilikan, informan mengunci serta bersikap selektif dalam menentukan followers. Pada asumsi sistem manajemen berdasarkan aturan, kriteria aturan privasi informan didasarkan pada kriteria motivasi dan kontekstual, dan tidak melakukan koordinasi batasan namun demikian informan tidak pernah mengalami turbulensi batasan. Pada dialektika manajemen, informan menyebutkan bahwa meskipun pada second account Instagram, mereka tetap mempertimbangkan hal-hal yang akan mereka unggah.
Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Pengembangan “Wisata Halal” Di Kota Pekanbaru Siti Zakiyatul Abrar; Noor Efni Salam
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35967/jkms.v13i1.7549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam pengembangan wisata halal di Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dalam 3 cara yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data menggunakan model interactive analysis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa strategi komunikasi dalam pengembangan wisata halal di Pekanbaru terdiri atas empat tahap yakni tahap penelitian yang meliputi pengumpulan informasi, perspektif publik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keadaan mengenai wisata halal di Kota Pekanbaru. Tahap perencanaan meliputi identifikasi masalah dengan strategi untuk memilih komunikator, pesan, media, sasaran atau target, dan efek atau feedback yang diharapkan. Tahapan implementasi meliputi pembentukan tim yang bertanggung jawab atas pengembangan wisata halal di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, tayangan televisi, wawancara di radio, iklan di surat kabar, dan pengiriman tim penyuluhan ke komunitas target sasaran. Tahap evaluasi strategi komunikasi yang meliputi penggunaan media yang efektif dalam penerapan strategi, pencapaian tujuan strategi, pemahaman pesan oleh penerima, dan tindakan audiens setelah menerima dan memahami informasi yang diberikan.Kata Kunci: Strategi komunikasi, wisata halal, komunikator, pesan, media.

Page 1 of 1 | Total Record : 6