cover
Contact Name
Stephanny Lianardo
Contact Email
stephanny.l@lspr.edu
Phone
-
Journal Mail Official
rbtjournal@lspr.edu
Editorial Address
Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Campus C, lt. 2. Sudirman Park Campus. Jl. KH. Mas Mansyur Kav 35. Sudirman Park Campus. Jakarta Pusat 10220
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Research on Business and Tourism
ISSN : 27973263     EISSN : 27979938     DOI : -
Core Subject : Social,
Journal of Research on Business and Tourism (JRBT) publishes papers of an empirical or conceptual and literature reviews of a cross disciplinary. JRBT provides a platform for academics, business professionals, researchers, and professional concerns on both theoretical and practical issues. Focus and Scope Business & Public Administration Business & Management Human Resources Management Finance Marketing Hospitality & Tourism Management Event Management Service Management Published every June and December.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Research on Business and Tourism" : 6 Documents clear
Sustainable Halal Tourism in The Post Pandemic Era: Opportunity and Challenges Cyntia Keliat; I Gede Eko Putra Sri Sentanu
Journal of Research on Business and Tourism Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Research on Business and Tourism
Publisher : Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/104002120226

Abstract

The Halal Industry is the fastest growing industry in the global economy with a large annual growth rate. This segment of Halal Tourism is very promising before 2020 even predicted will be higher by the time. However, the sustainability of Halal Tourism has to be questioned since the pandemic hit the world which creates many conditions of uncertainty. This study aims to investigate sustainable halal tourism in the post pandemic era. The methodology that is using here is literature review technique. The results of this study are expected to be able to contribute some facts for the currently situation and the upcoming situation after pandemic.
Penerapan Strategi Experiential Marketing pada Klinik Kecantikan Miracle Aesthetic Clinic Kemang Jakarta Mariska Eunike Walukow; Elke Alexandrina
Journal of Research on Business and Tourism Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Research on Business and Tourism
Publisher : Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/104002120221

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya permintaan pasar milenial akan klinik kecantikan yang dapat memberikan tidak hanya solusi perawatan wajah sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Klinik kecantikan saat ini bersaing dan hadir dengan menawarkan beragam jenis perawatan wajah dan promo untuk menarik pangsa pasar yang sama dengan kegiatan promosi yang serupa. Miracle Clinic Kemang hadir dengan menawarkan sesuatu yang berbeda yaitu memorable experience yang dapat menyentuh sisi emosional konsumen. Untuk menunjang hal tersebut, Miracle Clinic membuat tagline brand-nya yaitu “Experience the Miracle Touch” dan tagline service-nya yaitu “Feel the Miracle Care”. Miracle Clinic Kemang menjadikan ini diferensiasi dan ciri khas yang membedakannya dengan klinik kecantikan yang lain. Penelitian ini menggunakan konsep Experiential Marketing yang terdiri dari Strategic Experiential Modules dan Experience Providers dengan pendekatan kualitatif untuk menggali informasi lebih dalam terkait penerapan Experiential Marketing Miracle Clinic Kemang. Penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan narasumber internal dan eksternal. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penerapan strategi Experiential Marketing yang diterapkan Miracle Clinic Kemang tidak hanya menciptakan emotional benefit dan persepsi yang positif terhadap merek, namun juga mendorong kesetiaan dan kepercayaan konsumen yang berujung pada rekomendasi pribadi.
“Pay-as-you-wish” Program As Marketing Communication Strategy Using SOSTAC On Indonesian MSME Business Syahrul Syahrul; Yohannes Don Bosco Doho; Yasinta Dewi Pradina
Journal of Research on Business and Tourism Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Research on Business and Tourism
Publisher : Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/104002120224

Abstract

This project discusses the “Pay-as-you-wish” program as a marketing communication strategy using SOSTAC on Indonesian micro small and medium business enterprises study case in Omnivour. Omnivour, as one of the MSME brands, offers delivery affordable healthy food catering for its customers during Covid-19 pandemic as its business model. However, the brand still lacks awareness. Omnivour is facing the real problem that the operation should run for "big mass and big volume." The orders are still under the market size target of its brand expected. This project aims to implement the “Pay-as-you-wish” program as its marketing communication strategy. In elaborating the project planning, it uses the SOSTAC to determine the applicability of the Pay-as-you-wish programs being implemented as a marketing communication strategy for MSME business. Besides, it also sees the program's applicability as a treatment boost for the sale volume and brand awareness. The project was held for one month in October 2021, following the operational time of Omnivour. The project has been evaluated based on the metrics of this project objective.
Strategi Pemasaran Jasa Pada Hotel di Era New Normal Rachmadizal; Jati Paras Ayu; Adinda Gadis Christi Bramundita; Fachry Adam
Journal of Research on Business and Tourism Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Research on Business and Tourism
Publisher : Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/104002120222

Abstract

Industri perhotelan merupakan salah satu sektor yang terdampak signifikan akibat Pandemi Covid 19. Sebagai langkah antisipasi, hotel melakukan adaptasi dalam strategi pemasarannya, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran pada era kenormalan baru. Analisis strategi pemasaran yang digunakan adalah 7P bauran pemasaran yang terdiri Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer yaitu wawancara dan data sekunder yaitu studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran “New Normal Concept” yang diterapkan pada seluruh aspek 7P bauran pemasaran merupakan langkah inovasi untuk dapat bertahan di era new normal. Adapun saran yang dapat diberikan untuk Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran pada era kenormalan baru adalah untuk memaksimalkan penggunaan sosial media dengan fitur yang dimiliki di dalamnya dan mencoba sosial media lain yang tidak hanya menggunakan Instagram.
Pengaruh Manajemen Pelayanan dan Publisitas pada Mal Pelayanan Publik terhadap Citra Pemerintah Daerah Ananda Nugraha
Journal of Research on Business and Tourism Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Research on Business and Tourism
Publisher : Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/104002120223

Abstract

Kesadaran akan pentingnya peningkatan pelayanan publik mendorong pemerintah Kota Bekasi melakukan inovasi baru dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh pemerintah adalah membuat pelayanan terpadu satu pintu di mana masyarakat dapat membuat segala kebutuhan administrasi di dalam satu tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen pelayanan dan publisitas pada mal pelayanan publik terhadap citra pemerintah kota Bekasi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei kepada responden yang memiliki kriteria minimal kunjungan 1 kali dan pernah mendengar atau melihat pemberitaan Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara manajemen pelayanan dan publisitas pada mal pelayanan publik secara simultan terhadap citra pemerintah. Manajemen pelayanan memiliki pengaruh yang lebih kecil dibandingkan dengan publisitas. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah Kota Bekasi dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Studi pada UMKM Boneky Benni Ahdiyana Pamungkas; Eka Danar Nur Endra; Gentar Dwi Raharjo
Journal of Research on Business and Tourism Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Research on Business and Tourism
Publisher : Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat LSPR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37535/104002120225

Abstract

UMKM sebagai pilar perekonomian Indonesia merupakan salah satu penyumbang produk domestik bruto Indonesia, namun disisi lain UMKM juga memiliki beragam kelemahan seperti produk yang belum terstandar, pengelolaan manajemen dan promosi yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perencanaan pemasaran bagi UMKM agar mampu menggunakan kekuatan untuk meminimalkan kelemahan. Penelitian ini menggunakan desain riset ekploratori dengan  pendekatan kualitatif melalui metode wawancara mendalam serta analisis SWOT untuk menentukan strategi yang tepat. Subjek penelitian ini adalah UMKM Boneky dari Bandung. Temuan utama penelitian menunjukkan empat strategi yang disarankan yaitu, integrasi, branding, peningkatan kemampuan manajerial, optimalisasi digital marketing.

Page 1 of 1 | Total Record : 6