cover
Contact Name
Agus Zainudin
Contact Email
jurnalalashr21@gmail.com
Phone
+6281336390005
Journal Mail Official
jurnalalashr21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kyai Mojo No.101, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68133 Tel / fax : (0331) 428 732 ; 0857 4632 4403 / (0331) 428 732
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 25028383     EISSN : 28083954     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan tentang (1). Pendidikan agama dan umum, (2). Pembelajaran Dasar, menengah, atas, tinggi, (3). Pembelajaran pada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2024): Maret" : 4 Documents clear
PROSPEK PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KONTEKS ERA GLOBAL DAN MANAJEMEN PEMBIAYAANNYA Ahmad Halid
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 9 No 1 (2024): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/alashr.v9i1.2742

Abstract

This article examines the interesting things about the prospects for Islamic religious learning and education in the context of the global era and its financing management. This research is a review of the literature that strengthens research data with the results of research conducted by education experts. The research model is qualitative. Meanwhile, the data analysis uses descriptive. The data collection method uses library documents. Checking the validity of the data uses the results of expert research by comparing it with the results of this research. so that this version of research will be found strongly. Then it will be sharpened with content analysis (content analysis). The results of the research are (1) Prospects for Islamic and Religious Education as Improving the Quality of National Education (2) Prospects for Islamic and Religious Education in Indonesia in the Era of Globalization, (3) Prospects for the Development of Imprint and Science and Technology in Madrasah Education in Indonesia (4) Prospects and The Existence of Islamic and Religious Education in the Future (5) Management of Religious and Religious Education Financing
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POHON CABE PINTAR DALAM MATERI FOTOSINTESIS KELAS IV DI MI AL-HIDAYAH KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER Sri Rahmadani; Muhibah Rofahati; Julia Eva Virdiana; Muhammad Suwignyo Prayogo
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 9 No 1 (2024): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/alashr.v9i1.2816

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) meupakan suatu kumpulan dari pengetahuan alam dan sosial yang ada pada Kurikulum Merdeka. Yang termasuk pada materi IPAS yaitu tentang peristiwa alam dan sosial yang konkret. Sebagian besar dari materi IPAS ada yang bersifat abstrak dan hal tersebut membuat siswa kesulitan pada saat mempelajarinya. Dampak negatif dari hal itu membuat siswa hanya mendengarkan dan motivasi belajar kurang. Pada situasi ini sangat penting penggunaan media pembelajaran dalam pross pembelajaran IPAS agar siswa bisa memahami materi dan juga menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini meneliti tentang implementasi media pembelajaran pohon cabe pintar dalam pembelajaran IPAS materi fotosintesis kelas IV MI Al-Hidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dan Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara komprehensif, dan analisis dokumen. Validitas dijaga melalui triangulasi data dan etika penelitian dipertahankan. Dengan hasil evaluasi yang positif, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pohon Cabe Pintar telah memberikan dampak positif yang signifikan pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa di MI Al Hidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANAK TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG KELAS III MI NURUS SYAKUR LEDOKOMBO JEMBER Mely Agustin Reni Pitasari; Ida Rahmawati; Nur Faizah
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 9 No 1 (2024): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/alashr.v9i1.2906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media anak tangga terhadap hasil belajar siswa pelajaran matematika materi satuan panjang kelas III MI Nurus Syakur Ledokombo. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah studi komparatif yaitu dengan membandingkan keadaan satu variabel atau lebih pada dua sample yang berbeda. Populasi dan  sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Nurus Syakur yang berjumlah 30 siswa. Instrumen  yang  digunakan  adalah  tes  dan  non  tes.  Instrumen  tes  terdiri  dari  20  soal  minat belajar(angket) 10 soal tes yang telah diuji validitasnya dan reliabilitas. Instrumen non tes terdiri dari observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media anak tangga terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji normalitas dengan menggunakan uji One-Samples Kolmogorov Smirnov menunjukkan bahwa sig. (2- tailed) ≥ 0,05 = 0,277 ≥ 0,05 yang artinya hasil analisis data pada aspek media anak tangga (prettest) menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Data hasil belajar (posttest) diperoleh hasil sebesar 0,480 ≥  0,05 yang artinya data pada aspek posttest terdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh hasil sig. = 0,574> 0,05 yang berarti data dalam variabel X dan Y memiliki varian data yang homogen. Penggunaan media anak tangga secara signifikan meningkatkan   minat dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil sebelum menggunakan media anak tangga.  dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05 = 0,000 ≤ 0,05.  
INTEGRASI NILAI AKHLAK MULIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI ISLAMIYAH SEPANJANG GLENMORE Eka Ramiati; Vina Rohmatul Ummah
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 9 No 1 (2024): Maret
Publisher : PGMI-FAI- UI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/alashr.v9i1.2921

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengintegrassikan nilai akhlak dalam pembelajaran IPA, dalam permasalahan ini tampaknya diperlukan pembelajaran IPA yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan menerapkan integrasi nilai akhlak mulia dalam pembelajaran IPA berbasis yang bersumber pada Al Qur’an dan Hadist diharapkan siswa memiliki pengetahuan yang seimbang dalam memahami sebuah materi. Siswa tidak hanya pandai dalam menguasai materi IPA namun juga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga memiliki rasa kecintaan terhadap yang menciptakan alam semesta serta dapat memanfaatkan alam dengan baik.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan Integrasi Nilai Akhlak Mulia dalam pembelajaran IPA di Kelas VI MI Islamiyah Sepanjang Glenmore. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan data. Subjek pada penelitian ini adalah Guru IPA kelas 6 dan siswa kelas 6 MI Islamiyah Sepanjang Glenmore sejumlah 64 yang terdiri dari 2 kelas A dan B. Hasil dari penelitian ini bahwa MI Islamiyah Sepanjang Glenmore menerapkan integrasi nilai akhlak mulia dalam pembelajaran IPA. Adapun penerapannya mulai dari perencanaan, penyusunan materi hingga pelaksanaan.  

Page 1 of 1 | Total Record : 4