cover
Contact Name
Bambang Eka Purnama
Contact Email
masbambangnet@gmail.com
Phone
+6287736223737
Journal Mail Official
masbambangnet@gmail.com
Editorial Address
Kompleks APMMI - Jl. Bangak Simo KM 7, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah 57376
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
ISSN : 19799330     EISSN : 20880154     DOI : -
Jurnal SPEED adalah majalah ilmiah untuk menampung publikasi riset yang dilakukan oleh dosen, guru dan praktisi agar bisa di kritisi banyak masyarakat sehingga menadpat kemanfaatan dalam kehidupan. Scope jurnal diantaranya adalah ilmu komputer, pemrograman, pendidikan, ebussines dan lingkup disekitarnya
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019" : 11 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Servis Printer Pada CV. Printer Care Center Yogyakarta Widodo, Pudji; - UBSI, Fajar Dian Farwanto
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.216 KB)

Abstract

ABSTRACT - In the current technological era, information technology is advancing rapidly. The computer is a device that was created to facilitate human work, while achieving good progress in making hardware and software. CV. Printer Care Center requires the existence of an information system that supports and provides satisfactory services for customers. For this reason, the author tries to make a Final Project regarding printer service information systems at CV. Printer Care Centers that until now have not been computerized. At the moment CV. Printer Care Center is only a company engaged in printer service services. Existing system CV. Printer Care Center is still done manually, starting from making receipts for customers who come to repair printers, to making receipts for customers who will pay for printer service fees and report making, so there is a possibility that during the process there will be an error in recording, less accurate reports made and difficulties in finding the data needed. The design of this information system is the right and best solution to solve a problem that exists in this company, and with a computerized system that can be achieved an activity that is effective and efficient in supporting the activities of this company.Keywords: Information System, Design, Printer, Service. ABSTRAK - Dalam era teknologi yang sudah maju sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. CV. Printer Care Center membutukan sekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai sistem informasi servis printer di CV. Printer Care Center yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Pada saat ini CV. Printer Care Center hanya berupa perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan servis printer. Sistem yang ada CV. Printer Care Center ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pembuatan tanda terima untuk pelanggan yang datang untuk memperbaiki printer, sampai pembuatan kwitansi bagi pelanggan yang akan membayar biaya servis printer dan pembuatan laporan, sehingga ada kemungkinan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan kesusahan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Perancangan sistem informasi ini merupakan solusi yang tepat dan terbaik untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada di perusahaan ini, serta dengan adanya sistem yang sudah terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini.Kata Kunci: Perancangan, Sistem Informasi, Servis, Printer.
ANALISIS PREDIKSI PERINGKAT OBLIGASI SYARIAH Syarif-Universitas Bina Sarana Informatika, Mahmud
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.542 KB)

Abstract

Abstract-This study discusses the Prediction Analysis Bond Rating Sharia, in Indonesia there are two debt securities rating agencies namely PT. PEFINDO (Securities Rating Indonesia), and Kasnic Credit Rating Indonesia. Shariah based financial concepts today are growing rapidly. One form of shariah financial instruments which have been widely published both by corporate and state is a sukuk. In this study used five financial ratios as follows: Leverage, Liquidity, Solvability, Profitability and Productivity. This study wanted to test whether the proxy fifth ratio and can form a bond rating prediction model. Based on the criteria defined, gained as much as 34 observations Islamic bond ratings as a sample. From the results of these observations can be deduced. Results of the independent testing of difference (t-test) demonstrated statistically proven that there is a difference between financial ratios (leverage, liquidity, solvency, profitability, productivity) companies that sharia bond ratings fall into the strong and adequate grade. By looking at these results, the first hypothesis (H1) is accepted, and the results of testing discriminant analysis (Multiple Discriminant Analysis) suggests that statistically financial ratios can form a bond rating prediction model two years  of observation (2012-2014)Keyword : Financial Ratios, ranking Bonds, Islamic Bonds Abstrak-Penelitian ini membahas tentang Analisis Prediksi Peringkat Obligasi Syariah, Di Indonesia ada dua lembaga pemeringkat sekuritas hutang yaitu PT. PEFINDO (Pemeringkat Efek Indonesia), dan Kasnic Kredit Rating Indonesia. Konsep keuangan berbasis syari’ah saat ini sedang tumbuh secara cepat. Salah satu bentuk instrumen keuangan syari’ah yang telah banyak diterbitkan baik oleh korporasi maupun negara adalah sukuk. Pada penelitian ini digunakan lima rasio keuangan yaitu: Leverage, Liquidity, Solvability, Profitability, dan Productivity. Penelitian ini ingin menguji apakah kelima rasio dan proksi tersebut dapat membentuk model prediksi peringkat obligasi. Berdasar dari kriteria yang ditetapkan, diperoleh sebanyak 34 pengamatan peringkat obligasi syariah sebagai sampel. Dari hasil pengamatan tersebut dapat di tarik kesimpulan. Hasil pengujian beda independen (uji t-test) menunjukkan bahwa secara statistik terbukti terdapat perbedaan antara rasio keuangan (leverage, likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, produktivitas) perusahaan yang peringkat obligasi syariahnya termasuk ke dalam strong dan adequate grade. Dengan melihat hasil tersebut maka hipotesis pertama (H1) diterima, dan Hasil pengujian analisis diskriminan (Multiple Discriminant Analysis) menunjukkan bahwa secara statistik rasio keuangan dapat membentuk model prediksi peringkat obligasi selama dua tahun pengamatan (2012 - 2014).   Kata kunci : Rasio Keuangan, Peringkat Obligasi, Obligasi Syariah
Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku Painting PT Masato Catur Coating Cibitung Berbasis Desktop Yahya Mara Ardi - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.821 KB) | DOI: 10.55181/speed.v11i4.613

Abstract

Description:  The development of information systems very quickly makes many people prefer to run the business by utilizing information systems. With the various advantages and conveniences offered make the information system as a standard in doing business. PT. Masato Catur Coating is a company that runs its core business processes by painting motor vehicle components. At PT. Masato Catur Coating the process of recording purchase transactions is still not regulated neatly using the system. Starting from the process of ordering raw materials to debt repayment. Obviously will cause many obstacles in the transaction process, because the information obtained is still very minimal and takes a long time to look for it. To that end, the authors make the final project purchase of raw materials at PT. Masato Catur Coating. The design of this information system will greatly assist the user in recording transactions. So as to improve the effectiveness and efficiency of employee performance. Keywords: Designing, System, Informtion, Purchase, Raw, Materials, Painting Deskripsi: Pada perkembangan sistem informasi yang sangat cepat membuat banyak orang lebih memilih untuk menjalankan usaha bisnis dengan memanfaatkan sistem informasi. Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan menjadikan sistem informasi sebagai sebuah standar dalam berbisnis. PT. Masato Catur Coating merupakan sebuah perusahaan yang melakukan proses bisnis utamanya dengan melakukan pengecatan pada komponen kendaraan bermotor.  Pada PT. Masato Catur Coating proses pencatatan transaksi pembeliannya masih belum diatur rapi dengan menggunakan sebuah sistem. Mulai dari proses pemesanan bahan baku sampai dengan pembayaran hutang. Tentunya hal tersebut akan meyebabkan banyak kendala dalam proses transaksi, karena informasi yang diperoleh masih sangat minim dan memakan waktu yang cukup lama untuk mencarinya. Untuk itu, penulis membuat tugas akhir mengenai pembelian bahan baku  pada PT. Masato Catur Coating. Perancangan sistem informasi ini akan sangat membantu pengguna dalam melakukan pencatatan transaksi. Sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja karyawan Kata Kunci: Perancangan, Sistem, Informasi, Pembelian, Bahan, Baku, Cat
Pengembangan Aplikasi Akuntansi Pendapatan Jasa Perusahaan Ekspedisi Menggunakan Metode Rapid Application Development Ratnawati .; Lely Gustini - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.657 KB) | DOI: 10.55181/speed.v11i4.618

Abstract

ABSTRACT - The high demand for freight forwarding by consumers has fueled the growth of freight forwarding companies in Indonesia. This has a positive impact on the economic growth of the shipping service providers. PT Dana Dyaksa Loka is one of the companies providing freight forwarding services or inter-city expeditions for large and small scale companies. The number of goods shipping transactions from the company will certainly increase the company's revenue, but problems arise if the recording of the company's income is not yet having good management, especially if the revenue will be recorded as a receivable or income that must be received when the transaction occurs. This requires special records to minimize the risk of uncollectible accounts. Accounting applications are a good solution to overcome these problems. This study discusses how to build an accounting application using the Rapid Application Development (RAD) method which will be built as a transaction recording solution at PT Dana Dyaksa Loka. The results of this study are the construction of an accounting application for recording company income that can display monthly income reports or annual reports and journal reports.Keywords / Keywords: Expedition Services, Rapid Application Development (RAD) ABSTRAK - Banyaknya permintaan pengiriman barang oleh konsumen memicu pertumbuhan perusahaan pengiriman barang di Indonesia. Hal ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi para penyedia jasa ekspedisi. PT Dana Dyaksa Loka merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan pengiriman barang atau ekspedisi antar kota bagi perusahaan dengan skala besar maupun kecil. Banyaknya transaksi pengiriman barang dari perusahaa tentu akan meningkatkan pendapatan perusahaan, namun permasalan muncul apabila pencatatan pendapatan perusahaan yang semakin banyak belum memiliki manajemen yang baik, terutama jika pendapatan akan dicatat sebagai piutang atau pendapatan yang masih harus diterima saat transaksi tersebut terjadi. Hal ini memerlukan adanya pencatatan khusus agar meminimalisir resiko piutang tak tertagih. Aplikasi akuntansi merupakan solusi yang baik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini membahas bagaimana membangun sebuah aplikasi akuntansi menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang akan dibangun sebagai solusi pencatatan transaksi pada PT Dana Dyaksa Loka. Hasil dari penelitian ini adalah dibangunnya sebuah aplikasi akuntansi pencatatan pendapatan perusahaan yang dapat menampilkan laporan pendapatan  per bulan atau laporan tahunan serta laporan jurnalnya.Kata Kunci/ Keywords: Jasa Ekspedisi, Rapid Application Development (RAD)
Peran Instagram Sebagai Pemasaran Digital Kain Tenun Lurik ATBM Klaten Diah Pradiatiningtyas - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.105 KB) | DOI: 10.55181/speed.v11i4.626

Abstract

Abstract - Klaten, is one of the regencies in Central Java that has been known for producing lurik woven cloth ATBM (Non-Machine Weaving Equipment) for decades. Even now Klaten is still known as a producer of traditional lurik. However, with the onslaught of the era and the rise of the textile industry with modern technology, the reputation of Klaten lurik weaving has declined starting in 2016. Until now, there are still many groups of artisans who have survived by making many efforts and innovations in lurik products. It is predicted that the reach of marketing that has been digitalized is able to reach all parties, so it is hoped that the potential of Klaten as a producer of ATBM lurik can be explored maximally. This research is an exploratory study to assess Instagram as one of the potential digital marketing platforms that may be used by ATBM lurik craftsmen. The research method used was qualitative, field observations were made to the group of ATBM lurik woven fabric craftsmen in Klaten Pedan and interviews with local village officials. The results obtained by the time constraints of the craftsmen make Instagram a solution in marketing digital ATBM woven fabrics. As a business profile, centralizing through hashtags, making marketing content easily, and communication facilities through comments and direct messages become an Instagram role felt by craftsmen.Keywords: Lurik, Klaten, Pedan Village, Digital Marketing, Instagram, ATBM Abstrak - Klaten, merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang  sudah sejak puluhan tahun dikenal sebagai penghasil kain tenun lurik ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Saat inipun Klaten masih dikenal sebagai penghasil lurik tradisional. Namun dengan gempuran jaman dan maraknya industri tekstil dengan teknologi yang modern membuat pamor tenun lurik Klaten menurun mulai tahun 2016. Sampai saat ini masih banyak kelompok pengrajin yang bertahan dengan melakukan banyak upaya dan inovasi produk luriknya. Daya jangkau pemasaran yang sudah terdigitalisasi diprediksi mampu menjangkau semua pihak, sehingga diharapkan potensi Klaten sebagai penghasil tenun lurik ATBM dapat maksimal tereksplorasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi untuk menilai Instagram sebagai salah satu platform pemasaran digital yang potensial yang mungkin dapat digunakan oleh pengrajin lurik ATBM. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, pengamatan lapangan dilakukan kepada kelompok pengrajin kain tenun lurik ATBM di Pedan Klaten serta wawancara kepada perangkat desa setempat. Hasil yang didapatkan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh pengrajin membuat Instagram menjadi salah satu solusi dalam melakukan pemasaran digital kain tenun ATBM. Sebagai profil bisnis, pemusatan melalui tagar, membuat konten pemasaran dengan mudah, dan fasilitas komunikasi melalui komentar dan direct message menjadi peran Instagram yang dirasakan oleh pengrajin.Kata kunci : tenun lurik, klaten, desa pedan, pemasaran digital, instagram, atbm
Penerapan Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Work Request Maintenance PT. NOK Indonesia M Abi Zakaria; Hari Sugiarto - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (961.571 KB) | DOI: 10.55181/speed.v11i4.617

Abstract

Abstract - PT. NOK Indonesia which is located in Cikarang area needs a management system that enables faster and more accurate data related to the work request maintenance system, which until now has not been computerized. At this time the existing work request maintenance system at PT. NOK Indonesia is still done manually, starting from submitting a maintenance work request, recording the results of work requests that have been done, up to writing a work request report, making it possible for the work request process to experience inadequate data, as well as less efficient time. The method that I use in this research is Rapid Application Development as a flowchart of system development. The design of this information system is a solution that can solve the problems that exist in the management of maintenance work requests that exist in this company, as well as with a computerized system can achieve an activity that is more effective and efficient in supporting activities in managing work request maintenance. The results of this study are in the form of a work request maintenance information system that is expected to facilitate the process of managing the data.keywords: effective, information, methods, management, requests. Abstrak - PT. NOK Indonesia yang berlokasi di daerah cikarang membutuhkan sebuah sistem pengelolaan yang memungkinkan data lebih cepat dan lebih akurat yang berkaitan dengan sistem work request maintenance yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Pada saat ini sistem work request maintenance yang ada pada PT. NOK Indonesia masih dilakukan secara manual, dimulai dari mengajukan sebuah work request maintenance, mencatat hasil work request yang telah dikerjakan, sampai dengan menulis laporan work request, sehingga memungkinkan pada proses work request mengalami data yang kurang sesuai, serta waktu yang kurang efisien. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Rapid Application Development sebagai alur dari pengembangan sistem. Perancangan sistem informasi ini merupakan sebuah solusi yang dapat memecahkan masalah yang ada pada pengelolaan work request maintenance yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang lebih efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada pengelolaan work request maintenance. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi work request maintenance yang diharapkan dapat memudahkan dalam proses pengelolaan data tersebut.Kata Kunci: efektif, informasi, metode, pengelolaan, request.
Rancang Bangun Pengolahan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Kelurahan Ratu Jaya Depok Ela Nurelasari UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.083 KB) | DOI: 10.55181/speed.v11i4.608

Abstract

Abstract - In the current era of globalization, information technology is developing rapidly. The computer which is equipment that was created to facilitate human work, when achieving progress both in making hardware and software. as well as the need for Letter archive processing at the Ratu Jaya Kelurahan Office, a system that supports the processing of incoming and outgoing mail records is needed to be more effective and efficient. The existing system at the Ratu Jaya Kelurahan Office is still being done manually, starting from the recording of Letters to archiving, making it possible that during the process of error occurred in recording, the loss of letters and delays in searching for the required data. For this reason a recording application system with the method used in building an application is needed is the waterfall method, by proposing a systematic approach to software development that starts at the level and progress of the system in all analysis, design, code, testing and maintenance. This application is to facilitate and more effective also facilitate the processing of incoming and outgoing letters. To support activities at the Ratu Jaya District Office.Keywords: System Design, Archive, Incoming and Outgoing Letters Abstrak – Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi berkembang dengan cepat. Adapun komputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. begitu pula kebutuhan Pengolahan arsip Surat pada Kantor Kelurahan Ratu Jaya, sangat dibutuhkan suatu sistem yang menunjang pengolahan Arsip surat Masuk dan surat keluar agar lebih efektif dan efesien. Sistem yang ada pada Kantor Kelurahan Ratu Jaya saat ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan Surat sampai penyimpanan arsip, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, hilangnya surat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Untuk itu diperlukan sistem aplikasi pencatatan dengan metode yang digunakan dalam membangun aplikasi adalah metode waterfall, dengan mengusulkan sebuah pendekatan perkembangan perangkat lunak yang sistematik yang dimulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Aplikasi ini untuk mempermudah dan lebih efektif juga memudahkan dalam proses pengolahan Surat Masuk dan Surat Keluar. Dalam menunjang aktifitas pada Kantor Kelurahan Ratu Jaya.Katakunci: Perancangan Sistem, Arsip, Surat Masuk dan Surat Keluar
Penerapan Metode Waterfall Dalam Cetak Desain Produk Pada CV. Thomi Putra Sejahtera Jakarta Achmad Nurhadi; Elly Indrayuni - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1046.174 KB) | DOI: 10.55181/speed.v11i4.622

Abstract

Abstrak— CV.Thomi Putra Sejahtera yang saat ini begerak pada bidang percetakan dan desain produk, masih menggunakan cara yang konvensional yaitu pembeli harus datang secara langsung kedalam toko untuk melakukan pemesanan sehingga pembeli yang jauh dari toko kesulitan untuk melakukan pemesanan, begitu juga untuk melakukan pemasaran pihak toko masih menggunakan brosur yang membutuhkan biaya yang cukup besar, lalu penulisan laporan transaksi yang masih menggunakan buku kas yang memungkinkan buku itu menjadi rusak maupun hilang, dibutuhkan suatu perubahan sistem agar sistem menjadi lebih efesien yaitu menggunakan website dimana memudahkan pihak toko maupun pembeli untuk melakukan pemesanan, pemasaran maupun pembuatan laporan yang nantinya akan tersimpan kedalam database. Penelitan ini menggunakan beberapa tahapan metode waterfall yaitu: analisis kebutuhan perangkat lunak, desain, dan pembuatan kode program. Kata kunci— Desain produk, website, waterfall  Abstract—CV. Thomi Putra Sejahtera, which is currently working in the field of printing and product design, still uses a conventional method, namely the buyer must come directly into the store to place an order so that buyers far from the store have difficulty making orders, as well as shop marketing still using brochures that require considerable costs, then writing transaction reports that still use cash books that allow the book to be damaged or lost, a system change is needed so that the system becomes more efficient that is using a website that makes it easier for the store and the buyer to place an order. Marketing and making reports that will later be stored in the database. This research uses several stages of the waterfall method, namely: software requirements analysis, design, and programming code. Keywords— Product design, website, waterfall
Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Pemilihan Siswa Berprestasi (Studi Kasus SDN 02 Pulau Sabira) Bella - STMIK Nusa Mandiri; Arfhan Prasetyo - UBSI; Imam Budiawan - STMIK Nusa Mandiri
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.038 KB) | DOI: 10.55181/speed.v11i4.614

Abstract

Abstract - In the management of decision makers, of course it is demanded to produce a decision quickly and appropriately in order to implement the policy that will be carried out. The use of a method to support decision making has also been widely applied, because it can help management in making a decision. In addition, the use of a decision support method is also considered to have a higher objective value compared to a manual system where the decision taken will be very subjective, takes a long time and the most undesirable thing can happen is that there is an error in decision making. The research objective is to avoid mistakes in data collection, and a better process if it has many criteria, so as to obtain the results expected by high achieving students using AHP calculation results, priority criteria are obtained in the assessment of the selection of high achieving students. The level of accuracy in determining student achievement using the AHP method can be assessed from CRH. The CRH value obtained is 0.025 or 2.5% ie the value is acceptable and the calculation results are declared correct. So it can be concluded that the students who performed well in SDN02 were also Sabira who were M. ardiyansah with the decision eigenvector value of 0.584, the highest value compared to the other 2 scores, 0.234 and 0.183.Keywords: decision support, student achievement, AHP Abstrak – Dalam manajemen pengambil keputusan tentunya dituntut untuk menghasilkan sebuah keputusan secara cepat dan tepat guna menerapkan kebijakan yang akan dilakasanakan. Penggunaan sebuah metode dalam menunjang pengambilan keputusan pun sudah banyak diterapkan, dikarenakan dapat membantu manajemen dalam mengambil sebuah keputusan. Selain itu penggunaan sebuah metode penunjang keputusan juga dianggap lebih memiliki nilai objektif yang tinggi dibandingkan dengan sistem manual yang bisa saja keputusan yang diambil akan sangat subjektif, membutuhkan waktu yanglama dan bisa saja hal yang paling tidak diinginkan terjadi yaitu adanya kesalahan dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian untuk tidak terjadi kesalahan dalam pengumpulan data, dan proses yang lebih baik lagi apabila memiliki banyak kriteria, sehingga memperoleh hasil yang diharapkan oleh para penyeleksisiswa berprestasi menggunakan  hasil perhitungan AHP, diperoleh prioritas kriteria dalam penilaian terhadap  pemilihan  siswa berprestasi.  Tingkat keakuratan dalam menentukan siswa berprestasi dengan  menggunakan metode AHP ini dapat dinilai dari CRH.  Nilai CRH yang didapat 0,025 atau 2,5% yakni nilai dapat diterima dan hasil perhitungan dinyatakan benar.  Sehingga dapat disimpulkan siswa berprestasi pada SDN02 pula sabira adalah M. ardiyansah dengan nilai vector eigen keputusan yakni 0,584 nilai tertinggi dibandingkan 2 nilai yang yang lainnya yakni 0,234 dan 0,183.Kata kunci:  penunjang keputusan, siswa berprestasi, AHP
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus: Mts Negeri Slawi Filial Di Sa Pecabean) Maulidah-Universitas Bina Sarana Informatika, Nurlaelatul; Pebrianto-Universitas Bina Sarana Informatika, Rangga; Supriyadi-Universitas Bina Sarana Informatika, Riki; Fauzi-Universitas Bina Sarana Informatika, Ahmad
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1757.293 KB)

Abstract

Abstract - Information technology provides an important role for agencies or companies. One aspect that experienced the development of information technology is the aspect of education. In the field of information technology education plays an important role in improving the quality and quality of education in Indonesia. One example of information technology in the field of education is the acceptance of new students. Admission of new students is one of the processes held annually in educational institutions such as schools, which aims to screen prospective students who fit the criteria of the school to become learners. The new student admissions information system at MTs Negeri Slawi Filial At SA Pecabean is still done conventionally, the data recaping process also has not run optimally because it is still done manually so that often the mistake of student data. In addition, parents or prospective students should come directly to school to obtain information about the school and new admissions procedures.Key words: information systems, new student admission web-based Abstrak-Teknologi informasi memberikan peranan penting bagi instansi ataupun perusahaan. Salah satu aspek yang mengalami perkembangan teknologi informasi ialah aspek pendidikan. Dalam bidang pendidikan teknologi informasiberperan penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu contoh teknologi informasi dibidang pendidikan yaitu penerimaan siswa baru. Penerimaan siswa baru merupakan salah satu proses yang diadakan setiap tahunnya di instansi pendidikan seperti sekolah, yang bertujuan untuk menyaring calon siswa yang sesuai dengan kriteria sekolah tersebut untuk menjadi peserta didiknya.Sistem informasi penerimaan siswa baru padaMTs NegeriSlawi Filial Di SA Pecabean saat ini masih dilakukan secara konvensional, proses rekap data juga belum berjalan optimal karena masih dilakukan secara manual sehingga sering terjadinya kesalahan data siswa. Di samping itu, orang tua atau calon siswa harus datang langsung ke sekolah untuk mendapatkan informasi mengenai sekolah dan prosedur penerimaan siswa baru.Kata kunci: sistem informasi, penerimaan siswa baru berbasis web 

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 2 (2023): Speed April 2023 Vol 14, No 4 (2022): Speed Oktober 2022 Vol 14, No 3 (2022): Speed Juli 2022 Vol 14, No 2 (2022): Speed April 2022 Vol 14, No 1 (2022): Speed Januari 2022 Vol 13, No 4 (2021): Speed Oktober 2021 Vol 13, No 3 (2021): Speed Juli 2021 Vol 13, No 2 (2021): Speed April 2021 Vol 13, No 1 (2021): Speed Januari 2021 Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020 Vol 12, No 3 (2020): Speed Juli 2020 Vol 12, No 2 (2020): Speed Mei 2020 Vol 12, No 1 (2020): Speed Januari 2020 Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 3 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 2 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 1 (2019): Speed 2019 Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 3 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 2 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 4 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 4 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 2 (2015): Speed 2015 Vol 5, No 3 (2013): Speed 20013 Vol 10, No 1 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 3 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 2 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 1 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 3 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 2 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 1 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015 Vol 7, No 3 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 4 (2014): Speed 2014 Vol 6, No 2 (2014): Seed 2014 Vol 6, No 1 (2014): Speed 2014 Vol 5, No 4 (2013): Speed 2013 Vol 5, No 1 (2013): Speed 2013 Vol 4, No 4 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 3 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 2 (2012): Speed April 2012 Vol 4, No 1 (2012): Speed Januari 2012 Vol 3, No 4 (2011): Speed Oktober 2011 Vol 3, No 3 (2011): Speed Juli 2011 Vol 2, No 4 (2010): Speed Oktober 2010 Vol 2, No 3 (2010): Speed Juli 2010 Vol 1, No 4 (2009): Speed Oktober 2009 Vol 1, No 2 (2009): Speed April 2009 Vol 7, No 1 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 3 (2014): Seed 2014 Vol 5, No 2 (2013): Speed 2013 Vol 3, No 2 (2011): Speed April 2011 Vol 3, No 1 (2011): Speed Januari 2009 Vol 2, No 2 (2010): Speed April 2010 Vol 2, No 1 (2010): Speed Januari 2010 Vol 1, No 3 (2009): Speed Juli 2009 Vol 1, No 1 (2009): Speed Januari 2009 More Issue