cover
Contact Name
Bambang Eka Purnama
Contact Email
masbambangnet@gmail.com
Phone
+6287736223737
Journal Mail Official
masbambangnet@gmail.com
Editorial Address
Kompleks APMMI - Jl. Bangak Simo KM 7, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah 57376
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
ISSN : 19799330     EISSN : 20880154     DOI : -
Jurnal SPEED adalah majalah ilmiah untuk menampung publikasi riset yang dilakukan oleh dosen, guru dan praktisi agar bisa di kritisi banyak masyarakat sehingga menadpat kemanfaatan dalam kehidupan. Scope jurnal diantaranya adalah ilmu komputer, pemrograman, pendidikan, ebussines dan lingkup disekitarnya
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020" : 13 Documents clear
Sistem Informasi Pengolahan Gaji Karyawan Pada D’Besto Wilayah Bogor Safudin, Mahmud; Widianto, Kudiantoro; Yulianto, Eko; Fazriah, Rahmah
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.335 KB)

Abstract

Abstract - Accounting information systems help in making effective decisions. The company's profits cannot be separated from the support of human resources because they have provided energy, thought and expertise in the company's operations. The need for fast, precise and accurate information is very important. Various agencies are trying to develop their businesses by making many changes by utilizing sophisticated technology such as computers as a substitute for manual labor processes. D'Besto Bogor is a fast food restaurant that has many competent employees in each branch. However, currently D'Besto still uses manual methods in the process of reporting employee attendance data, namely by filling in the attendance form on paper, then the form is recapitulated using Microsoft Excel. This has several obstacles such as data loss or data manipulation. So that it really influences the payroll process. Therefore, as a solution to these problems, the authors use observation and interview methods as data collection methods and waterfall as a method of software development. In addition, the authors use the PHP programming language and databases as storage media. This Employee Salary Processing Information System can make it easier for users to input data, manage reports, and process payroll quickly and accurately, so as to minimize errors or fraud.  Keywords: Accounting Information Systems,Attendance,Recitation,Processing Employee Salaries Abstrak - Sistem informasi akuntansi membantu dalam mengambil keputusan yang efektif. Keuntungan perusahaan tidak lepas dari dukungan sumber daya manusia karena yang telah memberikan tenaga, pikiran dan keahlian dalam operasi perusahaan. Kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat sangat penting. Berbagai instansi berusaha untuk mengembangkan usahanya dengan melakukan banyak perubahan dengan memanfaatkan teknologi canggi seperti komputer sebagai pengganti proses kerja manual. D’Besto Bogor merupakan restoran makanan cepat saji yang memiliki banyak karyawan yang kompeten dimasing-masing cabang. Namun, saat ini D’Besto masih menggunakan cara manual dalam proses pelaporan data kehadiran karyawan yaitu dengan mengisi form absensi pada kertas, kemudian form tersebut direkap menggunakan microsoft excel. Hal tersebut memiliki beberapa kendala seperti kehilangan data atau manipulasi data. Sehingga dangat berpengaruh pada proses penggajian. Oleh karena itu, sebagai solusi dari permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data dan waterfall sebagai metode pengemangan software. Selain itu, penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database sebagai media penyimpanan. Sistem Informasi Pengolahan Gaji Karyawan ini dapat memudahkan user dalam proses penginputan data, mengelola laporan, dan proses penggajian secara cepat dan akurat, sehingga dapat meminimalisir kesalahan atau kecurangan.  Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Absensi, Pengajian, Pengolahan Gaji Karyawan.
Analisa Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sekolah Widiastuti, Lisda; - UBSI, Ela Nurelasari; Al Kaafi, E Ahmad; - UBSI, Artika Surniandari
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.223 KB)

Abstract

Abstract - Academic Information System is software intended to process data related to academic information, including data on students, teachers, and lesson schedules. Students and teachers have different access to the Academic Information System that is applied. The level of access in question is adjusted to the needs and level of importance of each system user. At present, academic needs are the main focus in the implementation of academic activities that take place because academic policies in each educational institution experience changes even though these changes do not take place as a whole system, but the changes only revolve around the burden of study, weight, subjects, assessment, and curriculum. The database can be a solution for storing the desired data. If there is a change in the rules regarding the academic system, modifying the database is first done. The objectives to be achieved from making this academic information system, namely to facilitate teachers and students in getting information about school academics such as input grades, absenteeism, and other things needed. In addition, to improve efficiency and effectiveness for students so that they are expected to be able to provide actual information about academic activities.Keywords: analysis, information systems, academic, school, web-based Abstrak - Sistem  Informasi Akademik adalah perangkat lunak yang diperuntukkan untuk mengolah data-data yang berhubungan dengan informasi akademik, meliputi data siswa, guru, dan  jadwal pelajaran. Siswa dan guru mempunyai akses yang berbeda-beda terhadap Sistem Informasi Akademik yang diterapkan. Tingkat  akses  yang  dimaksud  disesuaikan  dengan  kebutuhan  dan  tingkat  kepentingan  dari  tiap-tiap  pengguna sistem. Saat ini, kebutuhan akademik menjadi fokus utama dalam pelaksanaan kegiatan akademik yang berlangsung karena kebijakan akademik di tiap lembaga  pendidikan  mengalami  perubahan walau perubahan  ini  tidak berlangsung secara keseluruhan sistem,  tapi perubahannya hanya berkisar pada beban studi, bobot, matapelajaran, penilaian, dan  kurikulum. Basisdata dapat menjadi solusi untuk penyimpanan data-data yang diinginkan.  Apabila  terjadi  perubahan  aturan  di  mengenai sistem akademik, memodifikasi basisdata yang pertama dilakukan. Tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan sistem informasi akademik  ini, yaitu untuk mempermudah guru dan siswa dalam mendapatkan informasi seputar akademik sekolah seperti input nilai, absensi,  dan hal-hal lain yang diperlukan. Selain itu, untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas bagi siswa sehingga diharapkan  mampu  memberikan informasi yang aktual tentang kegiatan-kegiatan akademik.Kata kunci: analisa, sistem informasi, akademik, sekolah, berbasis web
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA PEMBAYARAN SEKOLAH BERBASIS WEB DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR Septiani, Vivi; Agung Prabowo, Nugroho; - UM Magelang, Bambang Pujiarto
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2225.939 KB)

Abstract

Abstract - SMK Muhammadiyah 2 Borobudur is a vocational high school located in Borobudur District. Management of school payment data is still done manually by administrative staff, namely by writing it on a ledger, duplicate card book, payment card and receipt. Due to repetitive writing, it causes data duplication and takes a long time. The purpose of this study is to create a web-based data management system that can improve the effectiveness of administrative staff performance so that time and energy efficient and can improve service to students. Overall system design using DFD as an overview of the system flow and ERD (Entity Relationship Diagram) as a database designer. The system was built using the PHP programming language and MySQL as a database.Keywords: Data Management, Information Systems, Web Based, PHP, Mysql Abstrak - SMK Muhammadiyah 2 Borobudur adalah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Kecamatan Borobudur. Pengelolaan data pembayaran sekolah yang dilakukan masih secara manual oleh petugas TU yaitu dengan menuliskannya pada buku besar, buku kartu duplikasi, kartu pembayaran dan kwitansi. Dikarenakan penulisan yang berulang-ulang, sehingga menyebabkan duplikasi data dan membutukan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat sebuah sistem pengelolaan data berbasis web yang dapat meningkatkan efektifitas kinerja petugas TU sehingga efisien waktu dan tenaga serta dapat meningkatkan pelayanan terhadap siswa. Perancangan sistem secara keseluruhan dengan menggunakan DFD sebagai gambaran alur sistem dan ERD (Entity Relasionship Diagram) sebagai perancang database. Sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan Mysql sebagai database. Kata kunci : Pengelolaan Data, Sistem Informasi, Berbasis Web, PHP, Mysql
SISTEM INFORMASI RAWAT INAP KLIEN DI BRSKP NAPZA ”SATRIA” BATURRADEN BERBASIS WEBSITE Wijianto, Ragil; Maarif, Vadlya; Ariesta, Lina
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.143 KB)

Abstract

Abstract - In the current era of globalization, the development of technology and information is so fast. This progress has a good impact on society because it can facilitate the work in terms of speed and access to information. The Social Rehabilitation Center for the "Satria" Drug Abuse Victim Baturraden does not yet have data storage media. Judging from these problems, the authors make a Final Project on a website-based client inpatient information system to build a program to overcome these problems. In this study the authors use the waterfall method, while the development of the system uses the method of observation, interviews, and literature study. This information system was created using the Sublime Text Editor and XAMPP 3.2.2 applications. While the author's programming language uses PHP and HTML. With this website, it can provide solutions to problems with a computerized system so that the data is more structured to run effectively and efficiently. Keywords: Information Systems, Inpatient, Waterfall. Abstrak - Dalam era globalisasi sekarang ini,perkembangan teknologi dan informasi begitu cepat. Kemajuan ini berdampak baik bagi masyarakat karena dapat memudahkan pekerjaan dari sisi kecepatan maupun dalam mengakses sebuah informasi. Balai Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan NAPZA “Satria” Baturraden belum memiliki media penyimpanan data. Ditinjau dari permasalahan tersebut,maka penulis membuat Tugas Akhir mengenai sistem informasi rawat inap klien berbasis website guna membangun suatu program untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode waterfall, sedangkan pengembangan sistemnya menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan studi pustaka. Sistem Informasi ini dibuat menggunakan aplikasi Sublime Text Editor dan XAMPP 3.2.2. Sedangkan bahasa pemrograman penulis menggunakan PHP dan HTML. Dengan adanya website ini dapat memberikan solusi permasalahan dengan sistem yang telah terkomputerisasi sehingga data-data lebih terstruktur agar berjalan efektif dan efisien. Kata Kunci : Sistem Informasi, Rawat Inap, Waterfall.
Optimasi Data dengan Regresi Linier pada Klasifikasi Potensi Kenaikan CFR Demam Berdarah Anik Andriani - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.363 KB) | DOI: 10.55181/speed.v12i4.664

Abstract

ABSTRACT - The main problem of data collection is the finding of irregular and unstructured data. That is why we often find much data missing value while collecting them. The result of classification is affected by the data quality. Linear Regression is one of methods in Machine Learning that we can use it to estimate the value of data based on the correlation between variables in the dataset. We can also use the method to estimate the missing values in a dataset, so it will optimize te dataset to be used for classification. To examine the performance of the linear regression method in estimating missing values that carried out in the Case Fatality Rate dataset Dengue Fever in Indonesia, is to classify whether there is a potential increase in the percentage of Dengue fever Fatality Rate Cases in a province. The classification is done two times; first it using a dataset without missing value, and the second using a dataset with optimal data after the estimated missing value. The classification is carried out on the training data, while to determine its performance, it uses the results of the classification test on the testing data. The results show the classification of data both in training data and testing data using an optimized dataset has a higher percentage of accuracy than the dataset that removes missing value data.Keywords: Missing Value, Linear Regression, Classification, Case Fatality Rate, Dengue FeverABSTRAK - Permasalahan utama pada pengumpulan data adalah data tidak teratur dan tidak terstruktur.  Seringkali kita mengumpulkan data dengan banyaknya data missing value di dalamnya.  Hasil klasifikasi sendiri sangat terpengaruh pada kualitas dari data.  Regresi Linier merupakan salah satu metode dalam Machine Learning  yang dapat digunakan untuk memperkirakan nilai dari suatu data berdasarkan korelasi antar variabel dalam dataset.  Teknik ini dapat digunakan untuk memperkirakan nilai yang hilang dalam dataset sehingga dapat mengoptimalkan dataset yang akan digunakan untuk klasifikasi.  Untuk menguji performa metode regresi linier dalam memperkirakan missing value dilakukan  pada dataset Case Fatality Rate penyakit Demam Berdarah di Indonesia untuk mengklasifikasi apakah ada potensi kenaikan presentase Case Fatality Rate Demam Berdarah di suatu provinsi atau tidak.  Klasifikasi dilakukan dua kali yaitu pertama menggunakan dataset tanpa missing value dan kedua menggunakan dataset dengan data optimal setelah diperkirakan nilai missing value.  Klasifikasi tersebut dilakukan pada data training, sedangkan untuk mengetahui performanya dilakukan pengujian hasil klasifikasi pada data testing.  Hasilnya menunjukkan klasifikasi data baik pada data training maupun data testing menggunakan dataset yang sudah dioptimasi memiliki presentase akurasi yang lebih tinggi dibanding dataset yang membuang data missing value.Keywords: Missing Value, Linear Regression, Classification, Case Fatality Rate, Demam Berdarah
Rancang Bangun Sistem Informasi Verifikasi Dan Validasi Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Menggunakan Model Waterfall Ahmad Sinnun; Cep Adiwiharja; Muhammad Qomaruddin; Muhammad Rafi Adriansyach - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.952 KB) | DOI: 10.55181/speed.v12i4.689

Abstract

Abstract- The density of public activity underlies the existence of an information system in public information services, the existence of easily accessible data, fast service in handling cases of cases within a public institution is a reflection of both the good and the bad of government services. The Bekasi district social office urgently needs an information system to handle the verification and validation of data on people with social welfare problems. The implementation of manual data collection creates data resistance and reduces service performance in the agency. By looking at the above problems, to overcome these obstacles a design of the PMKS data entry verification and validation Information System was made at the Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Service. Through the development framework of the waterfall model with a focus on analysis and design. Produce a system design that is expected to provide solutions to be implemented into an information system that integrates data and is easy to use.Keywords: Sistem Informasi, Data Verification, Validation SystemAbstrak- Padatnya aktivitas public mendasari adanya sistem informasi dalam layanan informasi publik, keberadaan data yang mudah diakses, layanan yang cepat didalam penanganan kasus perkasus didalam sebuah instansi publik merupakan cerminan baik dan buruknya layanan pemerintahan. Dinas sosial kabupaten Bekasi sangat membutuhkan sistem informasi untuk menangani verifikasi dan validasi data penyandang masalah kesejahteraan sosial. Penerapan koleksi data yang manual membuat resistensi data dan berkurangnya performa layanan pada instansi tersebut. Dengan melihat masalah diatas, untuk mengatasi kendala tersebut dibuatlah sebuah rancangan Sistem Informasi penginputan verifikasi dan validasi data PMKS pada Dinas Sosial kabupaten Bekasi. Melalui kerangka pengembangan model  waterfall dengan yang berfokus pada analisa dan design. Menghasilkan rancangan sistem yang diharapkan mampu memberikan solusi untuk diimplementasikan menjadi sistem informasi yang mengintegrasikan data dan mudah digunakan.Kata kunci: Sistem Informasi, Verifikasi Data, Validasi Data.
Kerangka Kerja Desain Sistem Informasi Untuk Medukung Kreativitas Organisasi Perusahaan Wahyu Surya Pratama; Daniel Alfa Puryono; Moh Rofi - STIMIK AKI Pati
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.333 KB) | DOI: 10.55181/speed.v12i4.663

Abstract

Abstract - This research is motivated by two considerations, namely organizational creativity is a component that can improve organizational capability and maintain the company's competitive advantage. Second, because there is still little research that focuses on the design of information systems to support organizational creativity. This research proposes an information system design framework in order to increase organizational creativity. There are two concepts used to build the proposed model which is resource based and multi agent based approach. The technique used is to analyze the opinions of customers from electronic media social media web sites and then the system will validate and provide the results of the analysis.Keywords : Organizational Creativity, Information System Design, Resources. Abstrak - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua pertimbangan yaitu kreativitas organisasi merupakan sebuah komponen yang dapat meningkatkan kemampuan organisasi serta mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan. Yang kedua karena masih sedikit penelitian yang berfokus pada desain sistem informasi untuk mendukung kreativitas organisasi. Penelitian ini mengusulkan kerangka kerja desain sistem informasi agar dapat meningkatkan kreativitas organisasi. Ada dua konsep yang digunakan untuk membangun model yang diusulkan yaitu berbasis sumber daya dan berbasis pendekatan multi agen. Teknik yang digunakan yaitu dengan cara menganalisa pendapat pelanggan dari situs web media sosial produk elektronik kemudian sisten akan memvalidasi dan memberikan hasil analisisnya.Keywords  : Kreativitas Organisasi, Desain Sistem Informasi, Sumber Daya.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG PERTANIAN PADA DIREKTORAT JENDERAL HORTIKULTURA Endang Pujiastuti - STMIK Nusa Mandiri; Dahlia .; Asty Melinda; Sapitri - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.825 KB) | DOI: 10.55181/speed.v12i4.688

Abstract

Abstract - The use of information system technology in an era like this has become very important for agencies that need an accurate, reliable, fast, relevant and detailed information flow. Agricultural information inventory systems available at the Directorate General of Horticulture, Ministry of Agriculture are still carried out manually, starting from recording incoming goods, recording outgoing goods, and making reports, making it possible during the process of error occurs in the search for necessary data. The best solution to solve existing problems is to create a web-based agricultural inventory application because it is better than manual system recording. That way recording and information will be faster and easier so that it can improve performance at the Directorate General of Horticulture, Ministry of Agriculture. This study aims to get an overview of the inventory system information, what problems arise and how to design a suitable agricultural inventory system as a proposed problem in the inventory of agricultural goods in the Directorate General of Horticulture, Ministry of Agriculture. To get a new inventory information system, an analysis and design of the system is carried out on the current inventory system. Design and Development of Agricultural Inventory Accounting Information System is supported by using PHP (Hypertext Prepocessor), Javacript, CSS (Cascanding Style Sheet), Xampp, HTML (HyperText Markup Language), and MySQL Database. It is hoped that the application of the supply of agricultural goods will benefit the Directorate General of Horticulture, Ministry of Agriculture.Keywords: Design of Accounting Information Systems, Inventory Accounting Information Systems. Abstrak - Penggunaan teknologi sistem informasi di zaman seperti ini menjadi sangat penting bagi instansi yang membutuhkan aliran informasi yang akurat, terpercaya, cepat, relevan dan detail. Sistem informasi persediaan barang pertanian yang ada pada Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan barang masuk, pencatatan barang keluar, dan pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada yakni dengan membuat aplikasi persediaan barang pertanian berbasis web karena lebih baik daripada pencatatan sistem yang manual. Dengan begitu pencatatan dan informasi akan lebih cepat dan mudah sehingga dapat meningkatkan kinerja pada Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran sistem informasi persediaan barang, permasalahan apa yang timbul dan bagaimana merancang sistem persediaan barang pertanian yang sesuai sebagai usulan permasalahan pada kegiatan persediaan barang pertanian Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. Untuk mendapatkan sistem infromasi persediaan yang baru maka dilakukan analisis dan desain sistem pada sistem persediaan yang berjalan. Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Pertanian ini didukung dengan menggunakan PHP (Hypertext Prepocessor), Javacript, CSS (Cascanding Style Sheet), Xampp, HTML (HyperText Markup Language), dan Database MySQL. Sehingga diharapkan aplikasi persediaan barang pertanian ini bermanfaat bagi Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian.Kata Kunci: Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi Persediaan.
SISTEM INFORMASI HYGIENE SANITASI RUMAH MAKAN BERBASIS WEB Yusuf Sutanto - STIE AUB; Hartati Dyah W - STMIK AUB; Alan Pramudia Wardana
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.419 KB) | DOI: 10.55181/speed.v12i4.678

Abstract

ABSTRACT - The purpose of this study is to produce an online or web-based information system that can make it easier for the public to find out whether a restaurant has a sanitation hygiene certificate. This research is devoted to creating an information system that contains sanitation hygiene, the flow of the application process and information on restaurants. The design steps of the information system developed in this study are to create a native with a view controller model structure. The system developed using PHP and MYSQL.Keywords : Sanitation hygiene, Restaurants, WEB baseABSTRAK – Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi secara online atau berbasis web yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui apakah suatu rumah makan memiliki sertifikat hygiene sanitasi. Penelitian ini dikhususkan untuk membuat sistem informasi yang berisi tentang hygiene sanitasi, alur proses permohonan dan informasi rumah makan dan restauran. Langkah–langkah perancangan dari sistem informasi yang dikembangan dalam penelitian ini adalah dengan membuat native dengan struktur model view controller. Sistem yang dikembangkan menggunakan PHP dan MYSQL.Kata Kunci : Higienis Sanitasi, Rumah Makan, Berbasis WEB
Pemilihan Jasa Transportasi Online Pada Masyarakat Kota Bekasi Dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process Sarah Dwi Puspita - STMIK Nusa Mandiri; Anastasia Siwi Fatma Utami; Feri Prasetyo - UBSI
SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020
Publisher : APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonwsia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.764 KB) | DOI: 10.55181/speed.v12i4.671

Abstract

Abstract - Current technological developments are very fast with every necessery that is almost require technology support included some application program that made things very fast and practically such as online transportation services program. however not just only one  online transportation application device, but many other online transportation applications are popping up and can make the user hesitant to choose which online transportation services are qualified. Selection of useful criteria for selection of online transportation services using approach Analytical Hierarchy Process bring trough users or customer online transportation services get to know how to choose online transportation as desired. the population of this research are some people in the city of bekasi with more or less 30 questionnaires. from the research results obtained Grab is a strategis alternative to the selection of online transportation services using the analytical hierarchy process which gets first priority with a weight of 0,581 or is comparable to 58,1% of other alternatives.Keyword: Online Transportation, Application Program, Technology, Analytical Hierarchy Process. Abstrak – Perkembangan teknologi saat ini sangat cepat dengan setiap kebutuhan yang hampir membutuhkan bantuan teknologi termasuk beberapa program aplikasi yang membuat sesuatunya sangat cepat dan praktis seperti program jasa transportasi online. Akan tetapi bukan hanya satu aplikasi transportasi online, melainkan banyak aplikasi-aplikasi transportasi online lain yang bermunculan dan dapat membuat pengguna menjadi ragu untuk memilih jasa transportasi online mana yang berkualitas. Pemilihan kriteria yang berguna untuk pemilihan jasa transportasi online menggunakan pendekatan Analytical Hierarchy Process dan pengolahan data menggunakan software Expert Choice memungkinkan pengguna atau pelanggan jasa transportasi online jadi mengetahui bagaimana cara memilih transportasi online sesuai yang diinginkan. Populasi dari penelitian ini adalah beberapa masyarakat kota bekasi dengan kuesioner kurang lebih sebanyak 30. Dari hasil penelitian diperoleh Grab adalah alternatif strategis pemilihan jasa transportasi online dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process yang mendapat prioritas utama dengan bobot sebesar 0,581 atau sebanding dengan 58,1% dari alternatif yang lainKata kunci : Transportasi Online, Aplikasi Program, Tehnologi, Analytical Hierarchy Process.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 2 (2023): Speed April 2023 Vol 14, No 4 (2022): Speed Oktober 2022 Vol 14, No 3 (2022): Speed Juli 2022 Vol 14, No 2 (2022): Speed April 2022 Vol 14, No 1 (2022): Speed Januari 2022 Vol 13, No 4 (2021): Speed Oktober 2021 Vol 13, No 3 (2021): Speed Juli 2021 Vol 13, No 2 (2021): Speed April 2021 Vol 13, No 1 (2021): Speed Januari 2021 Vol 12, No 4 (2020): Speed Oktober 2020 Vol 12, No 3 (2020): Speed Juli 2020 Vol 12, No 2 (2020): Speed Mei 2020 Vol 12, No 1 (2020): Speed Januari 2020 Vol 11, No 4 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 3 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 2 (2019): Speed 2019 Vol 11, No 1 (2019): Speed 2019 Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 3 (2018): Speed 2018 Vol 10, No 2 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 4 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 4 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 2 (2015): Speed 2015 Vol 5, No 3 (2013): Speed 20013 Vol 10, No 1 (2018): Speed 2018 Vol 9, No 3 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 2 (2017): Speed 2017 Vol 9, No 1 (2017): Speed 2017 Vol 8, No 3 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 2 (2016): Speed 2016 Vol 8, No 1 (2016): Speed 2016 Vol 7, No 4 (2015): Speed 2015 Vol 7, No 3 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 4 (2014): Speed 2014 Vol 6, No 2 (2014): Seed 2014 Vol 6, No 1 (2014): Speed 2014 Vol 5, No 4 (2013): Speed 2013 Vol 5, No 1 (2013): Speed 2013 Vol 4, No 4 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 3 (2012): Speed 2012 Vol 4, No 2 (2012): Speed April 2012 Vol 4, No 1 (2012): Speed Januari 2012 Vol 3, No 4 (2011): Speed Oktober 2011 Vol 3, No 3 (2011): Speed Juli 2011 Vol 2, No 4 (2010): Speed Oktober 2010 Vol 2, No 3 (2010): Speed Juli 2010 Vol 1, No 4 (2009): Speed Oktober 2009 Vol 1, No 2 (2009): Speed April 2009 Vol 7, No 1 (2015): Speed 2015 Vol 6, No 3 (2014): Seed 2014 Vol 5, No 2 (2013): Speed 2013 Vol 3, No 2 (2011): Speed April 2011 Vol 3, No 1 (2011): Speed Januari 2009 Vol 2, No 2 (2010): Speed April 2010 Vol 2, No 1 (2010): Speed Januari 2010 Vol 1, No 3 (2009): Speed Juli 2009 Vol 1, No 1 (2009): Speed Januari 2009 More Issue