cover
Contact Name
Muhammad Ikrom
Contact Email
ikrom08mulya@gmail.com
Phone
+6285267921835
Journal Mail Official
muhafadzah@iai-al-azhaar.ac.id
Editorial Address
Jalan Pelita No. 364 RT. 07 Kel. Pelita Jaya Kec. Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
ISSN : -     EISSN : 27751112     DOI : https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i1
Muhafadzah ; merupakan Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam yang diterbitkan dua kali dalam tahun oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Azhaar Lubuklinggau . Jurnal ini fokus pada hasil penelitian dan artikel ilmiah yang terkait bidang bimbingan konseling, khususnya terkonsentrasi pada lembaga pendidikan Islam, namun tetap memberikan porsi terhadap isu-isu bimbingan konseling di masyarakat. Karya Ilmiah yang diterbitkan pada Jurnal Muhafadzah mencakup aspek bimbingan dan konseling yang didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan, religius, agama dan sosial yang dapat memberikan pencerahan dan pembaharuan paradigma secara luas bagi masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam" : 9 Documents clear
Pendekatan Rebt (Rational Emotive Behaviour Therapy) Untuk Mengatasi Korban Kecemasan Bencana Alam Maria Ulfah; Martia Febriani; Bramana Nanditya Putra
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.590

Abstract

Natural disasters are events whose arrival is not expected, beside causing material losses disasters also cause non-material losses. Natural disasters can cause damge, paychological disorders, and loss of human life. One of the psychologicsl impacts on victims of natural disasters is anxiety. Anxiety is a feeling of someone who feels afraid or losess elf-confidence whose origin is unclear. Symptoms of anxiety in victims include feeling anxious, worried, feeling bad, afraid, uneasy, feeling tense, anxious, easily startled, afraid of being alone, disturbed sleep patterns to nightmares.in this phenomenon, efforts are needed to overcome anxiety by providing counseling services. In providing counseling services, an approach is needed that can help overcome anxiety in victims. The approach use is the REBT (Rational Emotive Behaviour Therphy) approach, wich is an approach used to help someone change irrational beliefs into rational beliefs and improve the function emotions and behaviour. Bencana alam merupakan peristiwa yang kedatangannya tidak diharapkan, selain menimbulkan kerugian material bencana juga menimbulkan kerugian non material. Bencana alam dapat menyebabkan kerusakan, gangguan psikologis, dan hilangnya nyawa manusia. Salah satu dampak psikologis bagi korban bencana alam adalah kecemasan. Kecemasan adalah perasaan seseorang yang merasa takut atau kehilangan kepercayaan rasa percaya diri yang tidak jelas asal usulnya. Gejala kecemasan pada korban antara lain merasa cemas, khawatir, merasa tidak enak, takut, gelisah, merasa tegang, cemas, mudah kaget, takut sendirian, pola tidur terhanggu hingga mimpi buruk. Pada fenomena tersebut diperlukan upaya untuk mengatasi kecemasan dengan memberikan layanan konseling. Dalam memberikan layanan konseling diperlukan pendekatan yang dapat membantu mengatasi kecemasan pada korban, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan REBT (Ratinal Emotive Behaviour Theraphy), yaitu pendekatan yang digunakan untuk membantu seseorang mengubah keyakinan irasional menjadi keyakinan rasional serta meningkatkan fungsi emosi dan perilakunya.
HAKIKAT NAFS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU JUJUR DALAM BIMBINGAN KONSELING Daien Chikita; Sovatunisa Soleha; Seprianto Seprianto; Syamsul Rizal; Fadila Fadila
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.591

Abstract

Konselor islami perlu dilakukan mengingat pentingnya pemberian layanan bimbingan dan konseling yang profesional, pemberian materi berupa tazkiyatun nafs diharapkan mampu memberikan bekal kepada calon konselor dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang profesional dan berlandaskan nilai-nilai dalam Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (Library Reseach). Studi pustaka ialah penelitian yang teknik pengumpulan datanya dilakukan di lapangan (perpustakaan) dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap beberapa literatur yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. proses pendidikan Islam disini adalah membawa siswa pada keadaan seimbang antara jasmani dan rokhani atau fisik dan psikis. Keseimbangan antara jasmani dan rokhani ini lebih menekankan kepada kecukupan pemenuhan keduanya. Kebutuhan fisik lebih kepada kebutuhan untuk bertahan hidup, makan, minum, pakaian, tempat tinggal dll. Sedangkan kebutuhan rokhani lebih mengarah kepada pemenuhan dalam spiritualitas yang merujuk kepada ketentraman jiwa sehingga menghasilkan jiwa yang sehat.
KONSEP BIMBINGAN KONSELING NON FORMAL KHUSUSNYA PADA PENDIDIKAN KESETARAAN Selly Mayang Sari; Lisnawati Aprilia; fadila Fadila; Syamsul Rizal
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan betapa pentingnya layanan bimbingan konseling dimana masalah yang akan muncul berada pada usia anak menginjak 17-20 tahun yaitu pada jalur Pendidikan kesetaraan. Biasanya faktor yang menjadi latar belakang ialah karena kemiskinan. Pengembangan Warga Belajar di Unit Bimbingan Sekolah tidak resmi sangat bervariasi, jadi tahapan dan tugas Perkembangan yang ingin dicapai oleh setiap warga Belajar memiliki perbedaan satu sama lain. Pendampingan dan perencanaan pelayanan selama ini Tidak banyak khusus di lembaga pendidikan nonformal. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan ide Mengembangkan rencana layanan pendampingan dan konsultasi internal lembaga pendidikan nonformal. pengembangan rencana bimbingan dan saran komprehensif berdasarkan analisis kebutuhan kelembagaan, pendidikan nonformal disusun berdasarkan rangkaian proses yang sistematis tersusun dari Perencanaan, desain, implementasi, evaluasi dan keberlanjutan yang harus dilakukan dengan jujur, akurat dan efisien terhadap warga negara yang mengenyam pendidikan nonformal. Penelitian ini menggunakan metode Study Pustaka (Library Research). Dalam penelitian ada beberapa masalah yang muncul meliputi, masalah pribadi dan sosial, masalah belajar, dan masalah karir. Hasil penelitian ini Pendidikan non formal adalah proses kesempatan dimana terdapat komunikasi yang terarah diluar sekolah dan seseorang memperoleh informasi, pengetahuan, Latihan maupun bimbingan sesuai dengan tingkat usia dan tingkat kebutuhan. Pendidikan non formal khususunya kesetaraan memiliki permasalahan yang beragam dan kompleks baik masalah pribadi, sosial, belajar, maupun dalam permasalahan karir. Sehingga perlu menjadi perhatian khusus baik dari pemerintah, konselor, tutor maupun pemangku kepentingan yang lainnya yang terkait dengan Pendidikan non formal agar masalah yang dihadapi oleh siswa dapat ditindak lanjuti dan teratasi.
PSIKOTERAPI ISLAM DAN IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING Seprianto Seprianto; Idi Warsah; Dewi Purnama
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.553

Abstract

Islamic psychotherapy is a process of healing or treatment given to clients by a professional counselor or therapist using a psychological approach, the Koran and hadith, with the aim of helping clients overcome their challenges. both mental problems, spiritual problems (religion), moral problems, and physical problems. Increasing the client's faith and worship, learning and practicing the Qur'an, psychological therapy through prayer, zakat, fasting, pilgrimage, patience, istighfar, and repentance, as well as therapy through dhikr and prayer are all methods that can be used in psychotherapy. The implication in Guidance and Counseling needs to help clients' various life problems, Psychotherapy is the main focus of this research. The type of this research used is library research. The content analysis method was used in this study to analyze the data. Valid conclusions can be drawn from this analysis, which can be double-checked in context. In this analysis, it will be carried out by selecting, comparing and combining some of the data that has been obtained from previous relevant studies. The results and conclusions in this study are Islamic psychotherapy in guidance and counseling is a process of healing or treatment carried out by counselors (therapists) who are professionals in their fields to counselees or clients through a psychological approach, the Koran and hadith.
UPAYA MEMPERSIAPKAN KOMPETENSI SUPERVISOR PADA GURU BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA SOCIETY 5.0 Beni Azwar; Seprianto Seprianto; Hartini Hartini
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.554

Abstract

Education is something that is important to humans because education teaches them how to deal with all the problems in the universe and keep their lives going. Teachers of guidance and counseling have a lot on their plates. In order for teachers to meet the challenges of Islamic education in the era of society 5.0, where students are required to be able to solve problems and think critically, it is important to improve the competence of supervisors in guidance teachers and counseling. Teachers must be able to guide their students to become human beings of development with a Pancasila spirit, then have professional honesty, and always be able to maintain good relations with their students, colleagues, parents of students or families, and the community and have creativity. The method in this study is descriptive with a qualitative approach, data collection in this study using observation, interview and documentation techniques. The results of this study are that in improving the competence of guidance and counseling teacher supervisors, the school principal has a very important role so that this can be realized. Some of the programs that have been designed and scheduled by the SMPIT Annida Lubuklinggau school principal include conducting class visits, conducting individual interviews and conducting evaluations related to guidance and counseling teacher performance reports. Manusia perlu memiliki akses pendidikan untuk belajar bagaimana menghadapi semua masalah di alam semesta dan melanjutkan hidup mereka. Guru bimbingan dan konseling memiliki banyak tugas. Guru harus selalu dapat menjaga hubungan baik dengan siswanya, rekan kerja, orang tua siswa atau keluarga, dan masyarakat. Mereka juga harus mampu membimbing anak didiknya menjadi manusia pembangunan yang berjiwa pancasila., maka dari itu pentingnya dalam meningkatkan kompetensi supervisor pada guru bimbingan dan konseling supaya dapat menghadapi tantangan-tangan pendidikan Islam yang ada pada era society 5.0, dimana siswa dituntut untuk harus dapat memecahkan masalah, berpikir kritis dan memiliki kreatifitas. Adapun metode dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data didalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah dalam meningkatkan kompetensi supervisor guru bimbingan dan konseling, kepala sekola memiliki peranan yang sangat penting supaya hal ini dapat terwujud. Adapun beberapa program yang telah dirancang dan dijadwalkan oleh kepala sekolah SMPIT Annida’ Lubuklinggau yaitu diantaranya seperti melakukan kegiatan kunjungan kelas, melakukan wawancara perseorangan dan melakukan evaluasi terkait laporan kinerja guru bimbingan dan konseling.
CARA MENGATASI PERMASLAHAN PEMILIHAN JURUSAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TRANSAKSIONAL Bramana Nanditya Putra; Muhammad Rasyid Asidiq; Ratih Eriska
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.555

Abstract

Guidance and Counseling is the process of providing assistance to students who have problems in their lives, guidance and counseling is a component in the entire education system, especially in schools which is used to help students overcome their problems. Teachers as one of the supporting elements of implementing education who have the responsibility of supporting the implementation of educational guidance services in schools, are required to have adequate insight into the basic concepts of guidance and counseling in schools. Students who experience problems in adjusting to their environment, children who experience discomfort in adjustments, the guidance and counseling teacher must provide assistance to solve the problem. Bimbingan dan Konseling adalah proses pemberian bantuan kepada siswa yang mempumyai permasalahan dalam hidupmnya, bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dalam keseluruhan sistem pendidikan khususnya di sekolah yang digunakan untuk membantu siswa dalam mengatasi permasalahannya. Guru sebagai salah satu pendukung unsur pelaksana pendidikan yang mempunyai tanggung jawab sebagai pendukung pelaksana layanan bimbingan pendidikan di sekolah, dituntut untuk memiliki wawasan yang memadai terhadap konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah. Siswa yang mengalami permasalahan dalam penyesuaian diri terhadap lingkungannya, anak yang mengalami ketidak nyamanan dalam penyesuaian maka guru bimbingan konseling harus memberikan bantuan untuk menyelesaika masalahnya.
Pendekatan Rebt (Rational Emotive Behaviour Therapy) Untuk Mengatasi Korban Kecemasan Bencana Alam Maria Ulfah; Martia Febriani; Bramana Nanditya Putra
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.556

Abstract

Natural disasters are events whose arrival is not expected, beside causing material losses disasters also cause non-material losses. Natural disasters can cause damge, paychological disorders, and loss of human life. One of the psychologicsl impacts on victims of natural disasters is anxiety. Anxiety is a feeling of someone who feels afraid or losess elf-confidence whose origin is unclear. Symptoms of anxiety in victims include feeling anxious, worried, feeling bad, afraid, uneasy, feeling tense, anxious, easily startled, afraid of being alone, disturbed sleep patterns to nightmares.in this phenomenon, efforts are needed to overcome anxiety by providing counseling services. In providing counseling services, an approach is needed that can help overcome anxiety in victims. The approach use is the REBT (Rational Emotive Behaviour Therphy) approach, wich is an approach used to help someone change irrational beliefs into rational beliefs and improve the function emotions and behaviour. Bencana alam merupakan peristiwa yang kedatangannya tidak diharapkan, selain menimbulkan kerugian material bencana juga menimbulkan kerugian non material. Bencana alam dapat menyebabkan kerusakan, gangguan psikologis, dan hilangnya nyawa manusia. Salah satu dampak psikologis bagi korban bencana alam adalah kecemasan. Kecemasan adalah perasaan seseorang yang merasa takut atau kehilangan kepercayaan rasa percaya diri yang tidak jelas asal usulnya. Gejala kecemasan pada korban antara lain merasa cemas, khawatir, merasa tidak enak, takut, gelisah, merasa tegang, cemas, mudah kaget, takut sendirian, pola tidur terhanggu hingga mimpi buruk. Pada fenomena tersebut diperlukan upaya untuk mengatasi kecemasan dengan memberikan layanan konseling. Dalam memberikan layanan konseling diperlukan pendekatan yang dapat membantu mengatasi kecemasan pada korban, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan REBT (Ratinal Emotive Behaviour Theraphy), yaitu pendekatan yang digunakan untuk membantu seseorang mengubah keyakinan irasional menjadi keyakinan rasional serta meningkatkan fungsi emosi dan perilakunya.
HAKIKAT NAFS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU JUJUR DALAM BIMBINGAN KONSELING Daien Chikita; Sovatunisa Soleha; Seprianto Seprianto; Syamsul Rizal; Fadila Fadila
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.557

Abstract

Konselor islami perlu dilakukan mengingat pentingnya pemberian layanan bimbingan dan konseling yang profesional, pemberian materi berupa tazkiyatun nafs diharapkan mampu memberikan bekal kepada calon konselor dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang profesional dan berlandaskan nilai-nilai dalam Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (Library Reseach). Studi pustaka ialah penelitian yang teknik pengumpulan datanya dilakukan di lapangan (perpustakaan) dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap beberapa literatur yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. proses pendidikan Islam disini adalah membawa siswa pada keadaan seimbang antara jasmani dan rokhani atau fisik dan psikis. Keseimbangan antara jasmani dan rokhani ini lebih menekankan kepada kecukupan pemenuhan keduanya. Kebutuhan fisik lebih kepada kebutuhan untuk bertahan hidup, makan, minum, pakaian, tempat tinggal dll. Sedangkan kebutuhan rokhani lebih mengarah kepada pemenuhan dalam spiritualitas yang merujuk kepada ketentraman jiwa sehingga menghasilkan jiwa yang sehat.
KONSEP BIMBINGAN KONSELING NON FORMAL KHUSUSNYA PADA PENDIDIKAN KESETARAAN Selly Mayang Sari; Lisnawati Aprilia; Fadila Fadila; Syamsul Rizal
MUHAFADZAH Vol. 2 No. 2 (2022): Mei 2022, Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam
Publisher : Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i2.558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan betapa pentingnya layanan bimbingan konseling dimana masalah yang akan muncul berada pada usia anak menginjak 17-20 tahun yaitu pada jalur Pendidikan kesetaraan. Biasanya faktor yang menjadi latar belakang ialah karena kemiskinan. Pengembangan Warga Belajar di Unit Bimbingan Sekolah tidak resmi sangat bervariasi, jadi tahapan dan tugas Perkembangan yang ingin dicapai oleh setiap warga Belajar memiliki perbedaan satu sama lain. Pendampingan dan perencanaan pelayanan selama ini Tidak banyak khusus di lembaga pendidikan nonformal. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan ide Mengembangkan rencana layanan pendampingan dan konsultasi internal lembaga pendidikan nonformal. pengembangan rencana bimbingan dan saran komprehensif berdasarkan analisis kebutuhan kelembagaan, pendidikan nonformal disusun berdasarkan rangkaian proses yang sistematis tersusun dari Perencanaan, desain, implementasi, evaluasi dan keberlanjutan yang harus dilakukan dengan jujur, akurat dan efisien terhadap warga negara yang mengenyam pendidikan nonformal. Penelitian ini menggunakan metode Study Pustaka (Library Research). Dalam penelitian ada beberapa masalah yang muncul meliputi, masalah pribadi dan sosial, masalah belajar, dan masalah karir. Hasil penelitian ini Pendidikan non formal adalah proses kesempatan dimana terdapat komunikasi yang terarah diluar sekolah dan seseorang memperoleh informasi, pengetahuan, Latihan maupun bimbingan sesuai dengan tingkat usia dan tingkat kebutuhan. Pendidikan non formal khususunya kesetaraan memiliki permasalahan yang beragam dan kompleks baik masalah pribadi, sosial, belajar, maupun dalam permasalahan karir. Sehingga perlu menjadi perhatian khusus baik dari pemerintah, konselor, tutor maupun pemangku kepentingan yang lainnya yang terkait dengan Pendidikan non formal agar masalah yang dihadapi oleh siswa dapat ditindak lanjuti dan teratasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 9