cover
Contact Name
Marimbun
Contact Email
marimbun.kauman@gmail.com
Phone
+6285272243552
Journal Mail Official
connection@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
IAIN Langsa Jl. Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, Langsa, Aceh 24416
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Connection : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27971627     DOI : https://doi.org/10.32505/connection
Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu wadah bagi mahasiswa, guru, dosen serta dalam ruang lingkup pengabdian kepada masyarakat. Connection digagas oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Langsa karena tempat publikasi ilmiah khususnya di bidang pengabdian masyarakat. Connection memiliki E- ISSN: 2797-1627 diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan April dan Oktober. Connection mempublikasikan hasil-hasil pengabdian masyarakat diutamakan berdasarkan riset dengan tema pemberdayaan masyarakat atau kelompok profesi tertentu, pemberdayaan keluarga, pengembangan sekolah / madrasah, penerapan teknologi tepat guna, pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, dan pelatihan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): Oktober" : 5 Documents clear
Penerapan play therapy dalam mengembangkan interaksi sosial siswa di SMPN 8 Kota Jambi Affan Yusra; rasimin rasimin
Connection : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1486.146 KB) | DOI: 10.32505/connection.v1i2.3122

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk melihat peranan play therapy dalam mengembangkan interaksi siswa pada SMP 8 kota jambi. Pada kegiatan pelaksanaan PKM ini menggunakan setting klasikal dengan menggunakan play therapy dalam mengembangkan interaksi sosial siswa melalui metode berikut: 1) Metode Sosialisasi: Melalui metode ini dilakukan proses penanaman atau transfer kebiasaan pada satu generasi kepada generasi berikutnya bisa melalui bentuk individual, kelompok dan masyarakat. Metode ini digunakan untuk memberi beberapa penjelasan tentang interaksi sosial dan panduan play therapy, serta jejak pendapat. 2) Metode play therapy: Metode ini dikembangkan dengan dasar konsep yang telah matang,. Melalui metode ini siswa dilatih untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik dalam melakukan kerja sama dan melatih kontak sosial antar siswa. Adapun hasil dalam PKM dan hasil dari kegiatan PKM ini juga terlihat dalam praktik dan workshop siswa sangat tertarik dengan metode ini karena dalam metode ini tidak hanya menekankan pada pembentukan dinamika interaksi sosial namun juga menekankan pada membangun dinamika anggota kelas sehingga dalam pelaksanaan peserta layanan memperoleh kemampuan dinamika dalam mengembangkan interaksi sosial. Adapun kesimpulan dari PKM ini dapat meningkatkan Interaksi sosial siswa melalui metode play therapy.
Pelatihan penggunaan aplikasi alat ungkap masalah (AUM) PTSDL SERI SLTP untuk pemetaan masalah belajar Siswa Riska Andriani; Maria Oktasari
Connection : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1035.957 KB) | DOI: 10.32505/connection.v1i2.3229

Abstract

Asesmen merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan oleh Guru BK karena hasil asesmen dijadikan sebagai landasan dalam pembuatan program BK yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Artinya asesmen dilakukan untuk mengetahui apa kebutuhan dan bagaimana kondisi siswa. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah AUM PTSDL. Namun, ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh Guru BK ketika melakukan asesmen, salah satunya pengolahan hasil assemen memerlukan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan masih terbatasnya kemampuan dalam melakukan pengolahan data hasil assesmen secara komputerisasi. Tujuan kegiatan abdimas adalah memberikan pelatihan kepada guru BK SMP N 17 Depok tentang penggunaan aplikasi AUM PTSDL Seri SLTP dalam mengolah hasil assemen. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan praktik. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru BK SMP N 17 Depok yang berjumlah 3 orang. Hasil pengabdian ini adalah bertambahnya pengetahuan dan kemampuan guru BK dalam menggunakan AUM PTSDL Seri SLTP secara komputerisasi.
Pemahaman orang tua terhadap kesiapan anak dalam memasuki sekolah Veryawan Veryawan; Ade Tursina; Rabitah Hanum Hasibuan
Connection : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1116.404 KB) | DOI: 10.32505/connection.v1i2.3258

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah sebagai sarana komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua murid sebagai media kesiapan anak dalam memasuki sekolah baru. Banyak orang tua murid yang kurang memahami tentang dunia anak usia dini. Adanya sosialisasi ini diharapkan akan menambah pemahaman orang tua terhadap anak usia dini. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi tentang pemahaman orang tua terhadap kesiapan anak dalam memasuki sekolah. Pemahaman orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, jalur pendidikan bagi anak usia dini, aspek perkembangan anak dan cara belajar anak yang sambil bermain atau bermain seraya belajar. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini bahwa orang tua sudah cukup memahami tentang dunia anak usia dini ditandai dengan antusias nya orang tua terhadap kegiatan
Membangun kepedulian di masa covid-19 melalui program gerak sedekah millennial di Desa Tegalkamulyan Cilacap Dewi Shantini Sari
Connection : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1148.677 KB) | DOI: 10.32505/connection.v1i2.3315

Abstract

Gerak Sedekah Millennial merupakan komunitas di bawah naungan Lembaga Wakaf Al-Qur’an Cilacap (LWAC) yang lahir dari ide para remaja yang rutin dalam membantu menciptakan Lapak Sedekah sebagai kegiatan yang fokus pada gerakan sosial. Lapak Sedekah ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi sebagai donatur maupun sebagai penerima donasi. Donasi berupa al-Qur’an, sembako, pakaian, makanan siap konsumsi, bahan makanan, alat tulis, dan lain sebagainya. Tujuan pengabdian ini adalah membangun kepedulian kepada sesama di masa Covid- 19 melalui program gerak sedekah millennial. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan penyuluhan kepada remaja dan masyarakat melalui tatap muka ataupun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Hasil pengabdian ini dapat menumbuhkan kepedulian remaja dalam kegiatan lapak sedekah. Kepedulian itu terlihat dari antusias para remaja yang bergabung kegiatan, serta antusias masyarakat yang berdonasi telah mampu menyukseskan kegiatan lapak sedekah. Kegiatan lapak sedekah ini mampu membangun kepedulian di masa Covid-19.
Pelatihan pidato bahasa Inggris menggunakan metode CLT pada siswa SMP/MTS Desa Ciakar Shinta Nurul Inayah; Mawi Khusni Albar
Connection : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (838.353 KB) | DOI: 10.32505/connection.v1i2.3343

Abstract

Pidato dalam bahasa Inggris merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris, mempersiapkan siswa untuk menghadapi perkembangan bahasa Inggris di era globalisasi, melatih kepercayaan diri siswa saat berbicara bahasa Inggris, dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba-lomba pidato (speech) bahasa Inggris untuk meningkatkan reputasi sekolah dan prestasi dalam kemampuan penguasaan bahasa Inggris yang di miliki oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah investigasi yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode PAR (Participatory Action Research) dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Communicative Language Teaching (CLT) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Inggris khususnya dalam pidato bahasa Inggris, kemudian juga meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar pidato bahasa Inggris, serta meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya peranan pidato bahasa Inggris dan juga meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami makna kata dalam bahasa Inggris.

Page 1 of 1 | Total Record : 5