cover
Contact Name
Dwi Pela Agustina
Contact Email
pikma@amikom.ac.id
Phone
+6287711948294
Journal Mail Official
pikma@amikom.ac.id
Editorial Address
Building VI.3.2 Universitas AMIKOM Yogyakarta Jl. Ringroad Utara, Condongcatur, Depok Sleman, Yogyakarta, 55283 Phone: +62 274-884201 ext. 632
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema
ISSN : 26225476     EISSN : 26556405     DOI : https://doi.org/10.24076/pikma
Core Subject : Education,
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema adalah publikasi ilmiah yang pertama kali terbit pada tahun 2018. Jurnal PIKMA dipublikasikan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Selain itu, Jurnal PIKMA diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni bulan Maret dan September. Adapun fokus tulisan Jurnal PIKMA adalah mengenai Media Baru dan Teknologi Komunikasi (New Media and Communication Technologies), Media dan Jurnalistik (Media and Journalism), Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication), Kajian Film (Film Studies), Komunikasi Antar Budaya (Cross-cultural communication), Komunikasi Politik (Political communication) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2022): Maret" : 6 Documents clear
Representasi Pola Komunikasi Keluarga dalam Lagu ‘Bertaut’ Karya Nadin Amizah Nabilla Zachra Lukietta
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 4 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/pikma.v4i2.582

Abstract

Musik adalah media kesenian yang digunakan untuk mengungkapkan atau mengekspresikan perasaan dan pandangan hidup seseorang. Seseorang menggunakan musik untuk menyampaikan pendapatnya atau curahan hati pribadi hingga sebuah kritik sosial melalui lirik lagu yang dilengkapi dengan video klip. Salah satu lagu tentang curahan hati pribadi seseorang adalah ‘Bertaut’ karya Nadin Amizah yang berhasil menarik perhatian khalayak dan memenangkan beberapa penghargaan. Hingga kini, ‘Bertaut’ masih menduduki chart platform musik walaupun telah rilis setahun yang lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis representasi pola komunikasi keluarga yang terjadi dalam lagu ‘Bertaut’ karya Nadin Amizah menggunakan Semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan paradigma kritis, dianalisis menggunakan Semiotika Roland Barthes dan dibantu dengan Teori Sudut Pandang atau Standpoint Theory karya Sandra Harding dan Julia T. Wood. Penulis menggunakan Studi Pustaka untuk mengumpulkan data dengan cara mencari sumber literatur baik buku, berita, artikel, atau kepustakaan lain, lalu informasi yang didapat diobservasi dan didokumentasikan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada video klip lagu ‘Bertaut’ karya Nadin Amizah ditemukan adanya denotasi, konotasi, dan mitos tentang representasi pola komunikasi keluarga. Lagu tersebut menceritakan tentang bagaimana seorang ibu single parent berjuang untuk menjaga keluarga dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Terjadi pembagian tugas antara anggota keluarga dan saling memegang kontrol dalam kewajibannya masing-masing. Sehingga pola komunikasi yang digambarkan lagu ‘Bertaut’ karya Nadin Amizah adalah Pola Komunikasi Seimbang Terpisah.
Efektivitas Media Sosial Akun Instagram @detikcom dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Nadia Ayu Puspita
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 4 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/pikma.v4i2.588

Abstract

@detikcom adalah akun Instagram resmi detik.com yang merupakan sebuah web berisi berita dan artikel dalam jaringan di Indonesia. @detikcom membagikan kembali informasi yang telah dibagikan sebelumnya pada portal web berita detik.com pada halaman akun tersebut agar para followers dapat mengetahui perkembangan berita melalui beranda Instagram. Peneliti memilih followers aktif akun instagram @detikcom sebagai subjek penelitian karena terkait keaktifan mengikuti informasi akun tersebut, akan lebih besar kemungkinan informasi yang didapatkan. Penelitian_ini bertujuan untuk_mengetahui dan melihat adakah_pengaruh­_antara efektivitas dan penggunaan media sosial akun instagram @detikcom dengan pemenuhan kebutuhan informasi followersnya. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan paradigma positivistik dan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 385 responden yang dianggap representatif atau mewakili seluruh populasi penelitian. Teori_yang_digunakan peneliti_adalah_teori uses and gratification, dan kebutuhan informasi. Hasil menunjukan interpretasi nilai)koefisien_korelasi variabel efektivitas sebesar 0,786 berada pada rentang 0,60 – 0,799 yang menunjukan hubungan yang kuat dan variabel penggunaan media sosial sebesar 0,819 berada pada rentang 0,80 – 1,000 yang menunjukan hubungan yang sangat kuat. Pada uji F diperoleh Fhitung > Ftabel= 500,434 > 0,004 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 yang menunjukan arah pengaruh efektivitas dan penggunaan media sosial positif yang dapat berarti terdapat pengaruh_yang_signifikan_secara_parsial dan simultan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers akun instagram @detikcom.
Strategi Selebgram Dalam Membangun Personal Branding Melalui Pengelolaan Akun Instagram Tiara Mita
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 4 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/pikma.v4i2.594

Abstract

Selebgram is currently widely used as a promotional media carried out by a brand because it is considered effective in promoting a product that is packaged in its own way so that it looks more natural. Celebrity is also considered as a tool in building the image of a brand or service. Personal branding is the process of how individuals are seen as a brand by their target market, personal branding is aimed at attracting more clients who actively shape public perceptions. In determining the strategy to be carried out, the researcher uses the concept of personal branding according to Peter Montoya. In addition, this study also uses the theory of communication privacy management to see how celebrities manage their personal information on their Instagram account. This study uses a descriptive qualitative research approach. The data collection technique in this study was to conduct direct field observations, namely to conduct direct interviews with research informants to obtain data about the personal branding of celebrities in managing personal information on their Instagram accounts. The results of the study show that celebrities in building personal branding have their own privileges according to the content they choose. Celebrities in managing privacy information in general already know the limits of their privacy information with the public on social media, so they understand what information can and cannot be shared on their social media. They have good management, between themselves and netizens.
Hubungan Electronic Word of Mouth dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen HP Samsung Alaina Fazrin; Mazaya Rizy Safira
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 4 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/pikma.v4i2.637

Abstract

Persaingan di dunia smartphone sangat lah ketat. Dengan persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan membutuhkan produk berkualitas tinggi dan saling bersaing agar dapat dipilih oleh konsumen, salah satunya Merek HP Samsung. Saat ini salah satu cara yang dianggap efektif untuk menyebarluaskan suatu barang atau jasa yaitu dengan komunikasi electronic word of mouth (eWOM). eWOM adalah strategi yang dapat digunakan oleh praktisi PR untuk menunjang terciptanya citra dan reputasi yang baik untuk perusahaan. Bertukar atau berbagi pendapat sangat memungkinkan melalui komunikasi word of mouth secara elektronik. Salah satu bentuk dari eWOM marketing adalah media sosial seperti instagram. Instagram merupakan media sosial yang penting sebagai alat komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan electronic word of mouth dan ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa pengguna HP Samsung di wilayah Jakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow untuk populasi yang tidak diketahui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dan loyalitas konsumen.  Melalui e-wom yang baik dan positif akan membentuk pula ekuitas merek suatu produk dengan baik di mata konsumen dan menjadikan konsumen loyal terhadap produk dan perusahaan tersebut.
Analisis Framing Berita Kebakaran Hutan dan Lahan pada Tribunpekanbaru.Com dan Goriau.Com Delvy Ardhana; Ismandianto
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 4 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/pikma.v4i2.665

Abstract

Kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana yang terjadi hampir setiap tahun  di Indonesia, terutama di Provinsi Riau. Upaya dan solusi terus dilakukan oleh pemerintah guna mencegah kebakaran hutan dan lahan melalui gerakan “2020 Riau Bebas Karhutla”. Penelitian ini membahas framing pemberitaan kebakaran hutan dan lahan di Riau pada media online lokal Tribunpekanbaru.com dan GoRiau.com periode Januari-Februari 2020 dengan menggunakan analisis framing model Robert N. Entman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebakaran hutan dan lahan di Riau dibingkai secara berbeda. Media online Tribunpekanbaru.com membingkai kasus-kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau dan mengungkapkan tersangka pembakaran hutan dan lahan. Sementara itu, media online GoRiau.com menghadirkan kerangka yang berbeda, media ini lebih menonjolkan sisi humanis pemerintah dalam upaya mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan. Perbedaan dalam segi penulisan berita dimotivasi oleh perbedaan dalam perspektif masing-masing media untuk menarik minat pembacanya. Dalam hal ini terlihat dari bagaimana jurnalis menulis berita yang disusun berdasarkan elemen Entman yaitu identifikasi masalah, diagnosa kasus, penilaian moral, dan solusi yang ditawarkan.
Strategi Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel dalam Upaya Perbaikan Citra Melalui Program CSR Novaldi Hawali; Popi Andiyansari
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 4 No. 2 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/pikma.v4i2.694

Abstract

Berdasarkan data pada tahun 2015, PT Krakatau Steel dalam kegiatannya mempunyai 5 sektor bidang UKM dan 6 kegiatan CSR pada bidang Bina Lingkungan. Ihat Sulihat (Muhit) merupakan Mitra Binaan unggulan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang sukses berkat CSR PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada tahun 1997. Fenomena tersebut kemudian kembali dipublikasikan oleh Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam upaya perbaikan citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi Divisi Corporate Communication PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam memanfaatkan CSR Mitra Binaan Sektor Peternakan UKM Bebek Ihat Sulihat sebagai upaya dalam perbaikan citra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model audit sosial kehumasan untuk menggali informasi secara rinci, lengkap, dan mendalam melalui wawancara.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha Ihat Sulihat yang kini sukses berkat CSR yang dilakukan oleh PT KS pada tahun 1997. Divisi Corcom PT KS kembali melakukan publikasi CSR Ihat Sulihat karena pertengahan 2019 PT KS diterpa permasalahan terkait perusahaan. Pemberitaan Ihat Sulihat kemudian dipublikasi oleh Divisi Corcom PT KS melalui media internal dan eskternal yang dimiliki. Hal ini dilakukan untuk menanamkan persepsi positif dipublik internal dan eskternal PT KS.  

Page 1 of 1 | Total Record : 6