cover
Contact Name
Istikomah
Contact Email
tashorruf@unmuhjember.ac.id
Phone
+6282247793366
Journal Mail Official
tashorruf@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah jember Jl. Karimata No.49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
At-Tasharruf : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah
ISSN : 26852802     EISSN : 2715369X     DOI : https://doi.org/10.32528/at
Core Subject : Economy,
Jurnal At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah" Merupakan Jurnal yang memuat artikel tentang Kajian Muamalah, Ekonomi dan Bisnis Syariah. Jurnal ini pertamakali diterbitkan bulan april 2019, dikelola oleh Prodi Ekonomi Syariah dan diterbitkan Oleh universitas Muhammadiyah Jember
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): At-Tasharruf" : 5 Documents clear
Strategi Pengembangan Terhadap Optimalisasi Kinerja Karyawan (Studi Kasus: BMT Nuansa Ummat Cabang Pakong) Sofiatun Imamah
At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah" Vol 2, No 2 (2020): At-Tasharruf
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.571 KB) | DOI: 10.32528/at.v2i2.4273

Abstract

Resources are the ability to do things, and take advantage of existing opportunities, and the ability to be able to free yourself from the difficulties experienced. Every human being has une game-equal abilities, skills and creativity. BMT (Baitul Maal Wattamwil) is an institution that has two activities in an integrated manner. Baitul Maal is more directed to the efforts of collecting and disbursing funds that are nonprofit, such as: zakat, infaq, and alms. Baitul tamwil as an effort to collect and distribute commercial funds. The purpose of this research is to find out the development strategy in employee performance in human resource development strategy in optimizing employee performance in Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) nuances of pakong pamekasan branch ummah. The type of research used is field. The nature of his research is descriptive cauldron. The research source uses primary data. The company's performance is an important thing that must be achieved by every company anywhere, because performance is a reflection of the company's ability to manage and allocate its resources
Analisis Halal Supply Chain Management (SCM) Dalam Perspektif Maqashid Syariah Miftahul Hasanah; Abd. Rohman Fahruddin
At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah" Vol 2, No 2 (2020): At-Tasharruf
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.046 KB) | DOI: 10.32528/at.v2i2.5424

Abstract

Konsep halal supply chain management atau lebih dikenal dengan rantai pasok halal menjadi salah satu standar pemenuhan produk halal. Identifikasi bahan baku yang terjamin dari najis merupakan langkah awal yang perlu diperhatikan. Proses produksi hingga logistik menjadi penentu pada tahap selanjutnya hingga produk tersebut sampai pada sektor retail. Pentingnya rantai pasok halal merupakan suatu keharusan dan kewajiban sebagai seorang muslim sebagai bentuk kepatuhan syariah (syariah compliance) seorang hamba kepada tuhannya. Untuk itu, rantai pasok halal sangat penting untuk dapat di terapkan di Indonesia. Maka penelitian ini mencoba untuk melihat, mengamati dan mendeskripsikan bagaimana penerapan konsep halal supply chain management di Indonesia melalui analisis PEST (politik, ekonomi, sosial, dan teknologi) serta perspektif Maqashid Syariah. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konsep halal suppy chain management di Indonesia sangat potensial dan sangat mungkin untuk diterapkan secara komprehensif, namun masih terdapat faktor-faktor yang mengambat pelaksanaannya yaitu : 1) Minimnya pemahaman masyarakat akan pentingnya rantai pasok halal untuk menjamin keamanan dan kehalalan suatu produk, 2) pengawasan pemerintah terhadap jaminan produk halal masih pada tataran produsen saja belum mencakup proses dari hulu kehilir. 
Garda Pangan; Inovasi Gerakan Filantropi Islam Berbasis Lingkungan Khayyis Nur; Abdul Hamid Bakir
At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah" Vol 2, No 2 (2020): At-Tasharruf
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.444 KB) | DOI: 10.32528/at.v2i2.5611

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara pembuang sampah makanan terbesar kedua di dunia. Limbah makanan (food waste)  yang tidak terkontrol dengan baik akan menjadi timbulan limbah yang tentu sangat membahayakan lingkungan. Surabaya sebagai salah satu kota terbesar tidak mampu mengatasi permasalahan limbah makanan (food waste) . Maka dari itu, Garda Pangan hadir sebagai salah satu Startup sosial guna menyelamatkan makanan yang masih layak dan disalurkan kepada warga yang membutuhkan.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah   (1) mendeskrispsikan potensi dan  asset komunitas Garda Pangan. (2) mendiskripsikan upaya garda pangan dalam menjaga lingkungan  (3)  Melihat peran Garda Pangan sebagai gerakan filantropi islam berbasis lingkungan. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) dan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Garda Pangan  sebagai salah satu Food Bank (bank makanan) maka kegiatan Garda Pangan berpusat pada 3 hal, yaitu : (1) penyelamatan limbah makanan (food waste),(2)  pembelian atas hasil panen yang berlimpah (gleaning up) hasil pertanian yang melimpah, dan (3)  mengemas, atau memproduksi kembali makanan yang memiliki tampilan buruk (ugly produce) namun terjamin kualitasnya. Potensi komunitas garda pangan dalam pendekatan ABCD meliputi aset manusia, aset fisik, aset sosial, aset finansial, dan aset alam. Selain itu,   Sebagai salah satu gerakan filantropi islam, komunitas Garda Pangan berupaya untuk memberikan sumbangsih sosial  bagi masyarakat dan tentunya bertujuan untuk menyelamatkan lingkungan dari bahayanya limbah makanan.
Pengaruh Religiusitas Terhadap Sikap Anti-Free Riding Yang Dimoderasi Oleh Kesejahteraan Ekonomi Salahuddin Rijal Arifin
At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah" Vol 2, No 2 (2020): At-Tasharruf
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.331 KB) | DOI: 10.32528/at.v2i2.4100

Abstract

Hubungan antara tingkat religiusitas dan perilaku pro-sosial masih banyak terjadi kontroversi. Sebagian penelitian menyatakan tidak ada pengaruh antara religiusitas seseorang terhadap perilaku prososial, sebagian lainnya menunjukkan hubungan erat antara keduanya. Tidak seperti kebanyakan penelitian menggunakan yang indikator-indikator altruisme, penelitian ini menggunakan indikator sikap anti-free riding sebagai proksi perilaku pro-sosial dan memasukkan unsur kesejahteraan ekonomi seseorang sebagai faktor yang memperkuat atau memperlemah pengaruh variabel utamanya (Moderation effect). Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) pada data World Values Survey gelombang 7 di Indonesia untuk mengetahui hubungan antara religiusitas seseorang dan sikap anti-free riding serta efek moderasi dari kesejahteraan ekonomi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi religiusitas seseorang maka cenderung anti-free riding, namun pengaruhnya akan menguat jika kesejahteraan ekonomi meningkat.
Manajemen Pengembangan Sukuk Wakaf Berdasarkan Akad Syar’i Sebagai Instrumen Keuangan Islam Di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember Muhammad Syafi’i; Dhofir Catur Bashori
At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah" Vol 2, No 2 (2020): At-Tasharruf
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.613 KB) | DOI: 10.32528/at.v2i2.5609

Abstract

Wakaf adalah salah satu instrument keuangan sosial yang pada era modernisasi sekarang sudah mulai diperhatikan kembali dengan design produk-produk terbaru. Perkembangan wakaf di Indonesia awalnya tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan, hal ini dikarenakan adanya beberapa masalah, seperti: adanya stagnasi pemikiran umat islam di Indonesia yang mengartikan wakaf hanya bisa berupa tanah atau bangunan, kurangnya dukungan regulasi serta perhatian dari pemerintah. Pemerintah mulai menyadari akan potensi keuangan sosial dari umat islam, maka dari itu pemerintah mulai serius memperhatikan wakaf dengan melakukan beberapa langkah, seperti membentuk regulasi baru, membentuk Lembaga pengelola wakaf, memperkuat potensi para nadzir serta menggandeng stake holders (Lembaga keuangan, perusahaan, UMKM serta Lembaga lainnya) untuk turut serta membantu mengembangkan potensi wakaf ditanah air. Disamping itu pemerintah juga memfasilitasi wakaf dengan regulasi baru seperti UU. No. 41 tahun 2004 tentang wakaf, PP. No 42 tahun 2006 tentang pelaksanaan teknis wakaf serta diperkuat dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dikeluarkan pada tanggal 11 Mei 2002 tentang wakaf tunai. Dengan adanya regulasi tersebut menjadi pijakan hukum dalam mengembangkan serta memodifikasi wakaf agar lebih mudah diaplikasikan oleh kalangan umat islam di Indonesia. Bentuk modifikasi terbaru tentang wakaf salah satunya dengan produk Suku Wakaf yang sekarang juga dikembangkan oleh Lembaga perbankan Syariah, yaitu Bank Mandiri Syariah Cabang Jember. Penelitian ini masuk dalam penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, interview dan documenter. Data yang dikumpulkan dianalisa dengan metode deskriptif, dan keabsahan datanya menggunakan Teknik ketekunan atau keajegan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan dapat disimpulkan: 1) produk wakaf yang diaplikasikan oleh bank Syariah mandiri adalah sukuk wakaf. 2) strategi pemasaran yang dilakukan dalam mengembangkan sukuk wakaf adalah: Melakukan sosialisasi internal mengenai CWLS Retail 00, Membuat webinar dengan nasabah existing, satuan kerja BO2, BUMN, Dokter, Rumah sakit dan Priority, Pemasaran melalui marketing funding dan landing, Pemasaran melalui seluruh pegawai dan staff Bank Syariah Mandiri Area Jember. 3) akad yang diaplikasikan dalam produk sukuk wakaf adalah akad ijarah, yang sewaktu-waktu dana dari si wakif akan dikembalikan berikut beserta ujroh yang disepakati antara kedua belah pihak

Page 1 of 1 | Total Record : 5