cover
Contact Name
Fajar Dwi Mukti
Contact Email
fajardwimukti@gmail.com
Phone
+6285293134610
Journal Mail Official
journalwaniambey@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merah Putih Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua, 99351
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Waniambey: Journal of Islamic Education
ISSN : 27229661     EISSN : 27229505     DOI : https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal Waniambey ini adalah Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua - Indonesia. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam / madrasah ibtidaiyah dan pendidikan Agama Islam oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan ide / gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan Islam / madrasah ibtidaiyah dan pendidikan Agama Islam di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education" : 5 Documents clear
ANALISIS METODE PERKULIAHAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF MELALUI SISTEM PERKULIAHAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH Zetty Arifah
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2021): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.455 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode perkuliahan bahasa Arab yang efektif melalui sistem perkuliahan daring di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dalam konteks pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah, penting untuk mengembangkan metode perkuliahan yang efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Sistem perkuliahan daring telah menjadi alternatif yang populer dalam menyampaikan materi perkuliahan kepada mahasiswa. Penelitian ini melakukan analisis terhadap metode perkuliahan yang efektif dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti desain pembelajaran, penggunaan teknologi pendidikan, interaksi dosen-mahasiswa, dan penilaian. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi penggunaan strategi pengajaran inovatif melalui sistem perkuliahan daring, seperti penggunaan multimedia, simulasi, permainan edukatif, dan diskusi online. Evaluasi berkala terhadap metode perkuliahan juga dilakukan untuk memastikan efektivitasnya. Dalam penelitian ini, peran aktif dosen dalam memberikan bimbingan dan dukungan kepada mahasiswa diakui sebagai faktor penting dalam meningkatkan efektivitas metode perkuliahan bahasa Arab melalui sistem perkuliahan daring. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan pendidikan bahasa Arab di Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas metode perkuliahan melalui sistem perkuliahan daring
PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN BERBASIS DARING DI MI AL MUQORROBIYAH Nafi’ Mukharomah
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2021): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.7 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i1.52

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana langkah-langkah Aplikasi quizizz yang dilakukan oleh guru untuk melaksanakan penilaian berbasis daring pada pembelajaran jarak jauh di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al Muqorrobiyah kota Ngawi pada semester ganjil Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung, observasi dengan menggunakan media whatsapp, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mampu melakukan kegiatan penilaian pengetahuan siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi quizizz. Adapun langkah-langkah dalam mengaplikasikan quizizz ini cukup mudah karena sekarang bisa diakses bagi pengguna android dimanapun dan kapanpun. Dalam pelaksanaan aplikasi quizizz ini tentu ada kelemahan-kelemahan yang muncul. Namun, kelemahan yang ada dapat diminimalisir dengan berbagai kelebihan yang dimiliki aplikasi tersebut. Salah satunya melatih siswa untuk mengerjakan soal dengan jujur dan mandiri serta guru dapat lebih cepat mengetahui hasil data statistik tentang kinerja para siswa.
MANFAAT MEDIA TELEVISI SEBAGAI SARANA PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI Muzdhalifah Muzdhalifah; Muhammad Majdi; Rahimah Rahimah
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2021): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.752 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i1.54

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia dini terbentuk begitu cepat pada tahap awal dimulainya kehidupan manusia dari usia 0-6 tahun, usia tersebut dikatagorikan sebagai masa golden age atau masa keemasan pada kisaran umur itu disebut anak usia dini. Oleh sebab itu dalam rangka mengembangkan kognitif anak melalui media televisi di era digital ini telah banyak digunakan guru maupun orang tua. Dan tentunya penggunaan media televisi sebagai sumber belajar anak berdampak positif dengan catatan proporsi, dan saluran televisi harus senantiasa di sesuaikan dengan umur si anak, sehingga media televisi dapat memberikan jalur pendidikan dan  memberikan manfaat untuk anak usia dini. Adapun teknik pengumpulan data pada penulisan ini ialah library melihat dari penelitian-penelitian terdahulu kemudian di analisis. Dari hasil analisis penelitian terdahulu dapat diambil kesimpulan bahwa media televisi dapat dijadikan sarana untuk perkembangan kognitif anak usia dini.
PERAN E-LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA KULIAH WAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER Mutik Nur Fadhilah
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2021): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.763 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i1.55

Abstract

Perubahan pola proses pembelajaran yang kita alami saat ini merupakan efek samping dari adanya pandemi. Pandemi inilah yang merubah proses pembelajaran menjadi daring. Proses pembelajaran pada perguruan tinggi pun dilakukan melalui e-learning untuk mempermudahkan proses pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah wawasan pendidikan karakter. Tujuannya adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan peran e-learning terhadap pembelajaran jarak jauh mata kuliah wawasan pendidikan karakter. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya menggunakan deksriptif untuk mendeksripsikan kejadian yang terjadi secara nyata di lapangan. Sumber penelitian ini adalah mahasiswa PGMI semester V di Staipana Bangil khususnya dalam mata kuliah wawasan pendidikan karakter. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran dokumen. Analisis data didapat dari semua data yang ada di lapangan, menyajikan data dan melakukan reduksi data, membuat verifikasi data, dan terakhir menarik kesimpulan. Sehingga hasil penelitiannya terdiri atas: 1) perencanaan dapat dilihat dari RPS dan RPKM serta aplikasi e-learning yang digunakan dalam proses pembelajaran; 2) pelaksanaannya melalui e-learning secara interaktif, mandiri, aksebilitas dan pengayaan dalam meningkatkan nilai karakter; 3) perannya adalah sebagai bahan ajar berbasis internet, media pembelajaran penanaman nilai karakter, pengubah paradigma dalam proses pembelajaran yang lebih kekinian dan fleksibel, meningkatkan kemampuan penggunaan tekhnologi digital bagi dosen dan mahasiswa
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA Nanda Septiana
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 1 (2021): Juni, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.346 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i1.56

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada: ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik dan seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasi dengan teknik pengempulan data melalui angket, observasi, interview (wawancara), dan dokomentasi serta analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil tidak memiliki pengaruh bahwa sebelum dilakukan strategi pembelajaran small group work, siswa kelas V 30% hasil belajar tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan setelah penerapan strategi pembelajaran small group work 32% yang tidak mencapai KKM. Sebagaimana hasil dari analisis data yang diperoleh bahwa pertama, tidak ada pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja (yakni 0,26) lebih besar dari “r” tabel product moment dimana N=28 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh sebesar 0,374 dan di dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,478, maka dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian hipotesis kerja yang digunakan penulis menyatakan tidak ada pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil “tidak diterima”. Kedua, besar pengaruh strategi pembelajaran small group work terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDNU Bangil adalah rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja yakni 0,26 berada pada interval koefisien 0,20 – 0,399

Page 1 of 1 | Total Record : 5