cover
Contact Name
Fajar Dwi Mukti
Contact Email
fajardwimukti@gmail.com
Phone
+6285293134610
Journal Mail Official
journalwaniambey@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merah Putih Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua, 99351
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Waniambey: Journal of Islamic Education
ISSN : 27229661     EISSN : 27229505     DOI : https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal Waniambey ini adalah Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua - Indonesia. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam / madrasah ibtidaiyah dan pendidikan Agama Islam oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan ide / gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan Islam / madrasah ibtidaiyah dan pendidikan Agama Islam di Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Desember, Waniambey: Journal of Islamic Education" : 7 Documents clear
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR Jati Rahmadana; Ichsan Ichsan
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 2 (2021): Desember, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.614 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i2.182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah meta analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua memberikan pengaruh yang jelas terhadap proses belajar anak yang dilihat berdasarkan prestasi belajar mereka di sekolah. Dengan tingkat keyakinan tersebut maka akan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan akademis anak-anak. Melalui tulisan ini agar dapat menjadi renungan dan bahan instropeksi bagi para orang tua, jangan hanya orang tua menuntut anak untuk bisa dan meraih prestasi belajar yang baik, akan tetapi para orang tua juga memiliki tanggung jawab untuk terus belajar, karena semakin tinggi tingkat pendidikan atau ilmu yang dimiliki oleh orang tua, akan mendorong prestasi belajar yang baik bagi seorang anak
PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR BAGI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 1 PALIMANAN Abdul Farhan; Nurlela Nurlela; Iwan Iwan
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 2 (2021): Desember, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.669 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i2.183

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dampak dari covid-19  khususnya dalam sektor pendidikan, dalam hal ini pendidikan mengalami siklus pembelajaran yang berubah dari metode luring ( luar jaringan) atau pembelajaran yang dilakukan di kelas menjadi metode daring (dalam jaringan) atau pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh merupakan suatu alternatif yang perlu dilakukan  oleh lembaga pendidikan untuk tetap  menjalankan berlangsungnya proses kegiatan pembelajaran selama wabah covid-19. Salahsatu media yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh yaitu dengan aplikasi google classroom. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Palimanan?, (2) Bagaimana efektivitas belajar bagi siswa mata pelajaran PAI selama pandemi covid-19 di SMPN 1 Palimanan?, (3) Seberapa besar pengaruh penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mata pelajaran PAI dengan menggunakan aplikasi Google Classroom terhadap efektifitas belajar bagi siswa di SMPN 1 Palimanan?. Untuk memperoleh hasil penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan uji variabel dan uji korelasi. Berdasarkan permasalahan di atas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh dengan Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran PAI Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Palimanan termasuk kedalam kategori baik. Karena rekapitulasi hasil perhitungan angket diperoleh hasil sebesar 85,5%. (2) Efektivitas Belajar Siswa Di SMPN 1 Palimanan masuk dalam kategori baik karena berdasarkan  rekapitulasi hasil penghitungan angket mengenai efektivitas belajar diperoleh  hasil  sebesar  79,7% yang menunjukkan kategori baik. (3) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pembelajaran jarak jauh dengan aplikasi google classroom terhadap efektivitas belajar siswa, karena r bernilai positif. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan korelasi dengan menggunakan uji hipotesis korelasi product moment dan didapat nilai koefisien korelasi r sebesar 0,650 yang menunjukkan pada korelasi yang cukup signifikan.
PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMABNGKAN KARAKTER ANAK PENDERITA ADHD (Attention Deficit Hperactivity Disorder) Dita Elha Rimah Dani; Ichsan Ichsan
WANIAMBEY : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 2 No. 2 (2021): Desember, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.241 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i2.184

Abstract

In terms of developing children with ADHD for parents, it is an easy thing, especially from the character who is hyperactive (difficult to control movement), intense (difficult to control thoughts), impulsivity (difficulty resisting desire). In addition, there are several factors of children with ADHD, namely heredity, brain function factors and environmental factors. Many things can be done by parents in helping develop the character of children with sufferers, including maintaining health and controlling emotions in dealing with the child and teaching in choosing friends who are the same as physically. And the method used in this research is qualitative with descriptive phenomenology, By using the approach of observation, interviews and documentation.
Implementasi Penguatan Pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD negeri 26 Dompu dan MI As –Salam Dompu Junari Yulianti; Ichsan Ichsan
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 2 (2021): Desember, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.313 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i2.185

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di dua sekolah yaitu SD Negeri 30  Dompu dan MI AS- Salam Dompu yang terkait “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Negeri 26 Dompu Dan MI As – Salam Dompu”. mendapatkan tujuan penelitiannya adalah Mendeskripsikan percenanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri 26 Dompu dan MI As  - Salam Dompu. Metodelogi penelitian Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif  deskriptif. Jenis penelitian studi multi kasus (multycase studies)  merupakan studi yang berusaha untuk mengambil data yang mendalam dan terperinci dari narasumber. Teknik pengumpulan data wawancara , observasi dan Dokumentasi. Permasalahan   yang terjadi di lapangan, penelitian ini memfokuskan pada tiga nilai karakter utama yaitu religius, nasionalis dan mandiri. Ketiga nilai karakter tersebut dipilih karena nilai karakter tersebut masih kurang nampak pada proses pendidikan yang berlangsung.  Untuk pemaparan di atas sangat penting implementasi pendidikan karakter diterapkan di sekolah-sekolah sebagai upaya untuk menyadarkan peserta didik akan pentingnya mematuhi aturan yang berlaku serta memiliki komitmen untuk terus melaksanakan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupannya
STRATEGI INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SDIT QURROTA A’YUN ABEPURA KOTA JAYAPURA MELALUI ISLAMIC CULTURE Poppy Pritasari Prasetya; Marwan Sileuw; Didik Efendi
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 2 (2021): Desember, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.766 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i2.186

Abstract

Lingkunagan plural akan mempengaruhi karakter seseorang terutama anak usia 6-12 tahun. Pendidikan karakter harus digalakkan mulai dari Pendidikan jenjang dasar. SDIT Qurrata A’yun merupakan salah satu sekolah dasar yang mempunyai visi membentuk akhlakul karimah kepada peserta didiknya. Pembudayaan nilai-nilai islami baik dalam pembelajaran maupun non pembelajaran di SDIT Qurrata A’yun terlihat efektif dalam mentranfer nilai-nila karakter terutama karakter religius. Disatu sisi SDIT Qurrata A’yun menggabungkan kurikulum 2013 dan kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis datanya menggunakan empat tahapan yakni Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam internalisasi karakter religius pada peserta didik di SDIT Qurrata A’yun melalui Islamic Culture mencangkup beberapa hal, yakni (1) pemberian contoh (keteladanan); (2) peniruan (imitasi); (3) pembiasaan; (4) praktik. Adapun faktor yang mendukung keberhasilan internalisasi karakter religius peserta didik di SDIT Qurrota A’yun Abepura Kota Jayapura diantaranya yaitu Lingkungan dan Partisipasi. Sedangkan faktor yang menghambat adalah dukungan sosial yang tidak kondusif dan karakteristik peserta didik.
ANALISIS KEMUNCULAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD 77 REJANG LEBONG DALAM MENGGUNAKAN KTSP DAN KURIKULUM 2013 Deni Setiawan; Andi Prastowo
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 2 (2021): Desember, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.59 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i2.187

Abstract

Dewasa ini, dekadensi moral merupakan hal yang memerlukan penanganan serius mengingat pembentukan watak dan martabat bangsa bergantung pada pembentukan pribadi dari manusia itu sendiri. Upaya yang dapat dilakukan dalam lingkungan pendidikan yaitu membina karakter peserta didik dengan mengembangkan sikap spiritual dan sosial yang dijadikan komponen dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemunculan sikap spiritual dan sosial pada kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SDIT Khoiru Ummah yang menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa observasi kegiatan pembelajaran untuk menganalisis kemunculan sikap spiritual dan sosial menggunakan videograph. Berdasarkan hasil perhitungan total rata-rata kemunculan sikap spiritual dan sosial diperoleh SD yang menggunakan Kurikulum 2013 mendapatkan hasil yang lebih besar. Diharapkan dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar bagi penelitian selanjutnya dan sebagai motivasi bagi guru untuk dapat memunculkan sikap spiritual dan sikap sosial, khususnya dalam pembelajaran IPA.
KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR Ahmad Khawani; Andi Prastowo
WANIAMBEY: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 2 (2021): Desember, Waniambey: Journal of Islamic Education
Publisher : Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.444 KB) | DOI: 10.53837/waniambey.v2i2.188

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kesulitan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN 6 Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya tahun ajaran 2020/2021, dan untuk mendeksripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Bahasa Indonesia di kelas II SDN 6 Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Kualitattif dengan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 6 Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat faktor internal dan eksternal siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, khususnya pada materi belajar membaca siswa. Adapun faktor internalnya ialah kurangnya motivasi dan minat membaca dari diri siswa itu sendiri, siswa masih belum termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa indonesia dan minat siswa dalam mempelajari Bahasa Indonesia masih kurang. Adapun faktor eksternalnya ialah pertama: kurangnya kreativitas guru wali kelasnya dalam proses pembelajaran berlangsung, sehingga membuat siswa jenuh dan kurang menyenangkan dalam mengikuti proses pembelajaran Bahasa Indonesia, kemudian metode yang digunakan guru juga tidak bervariasi dan kurang menarik bagi siswa.  Kedua: kurangnya perhatian dan dorongan orang tua terhadap prestasi belajar seorang anak, terutama pada proses belajar membaca. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dikelas II SDN 6 Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 siswa dari 13 siswa yang masih mengalami kesulitan dalam proses belajar membaca.

Page 1 of 1 | Total Record : 7