cover
Contact Name
Pizian
Contact Email
jurnaltadbir21@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltadbir21@gmail.com
Editorial Address
https://journal.staidk.ac.id/index.php/attadbir/about/editorialTeam
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
At Tadbir: Journal of Islamic Education Management which is open-access for anyone who will contribute as a writer or reader. Our journal is focused on research results and critical analysis reviews of various reference books. This journal is published twice a year, namely January-February and July-August. The scope of our journal is the result of research in the field of Islamic Education Management with all its variants.
Articles 30 Documents
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN Hadijah, Hadijah
AT-TADBIR Vol 1 No 01 (2021): At-Tadbir, Januari 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.226 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i01.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 melalui bimbingan berkelanjutan di MTs AS-Syifa, MTS Roudhotul Iman dan MTs Nurul Hidayah Sugal, yang berada pada Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Tekhnik pengumpula data dalam penelitian ini adalah observasi dan diskusi, observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data dan mengetahui kompetensi guru dalam menyusun RPP, diskusi dilakukan antara peneliti dengan guru, sedangkan alat pengumpulan data dalam PTKP ini sebagai berikut, lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik yang digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013 dan diskusi dilakukan dengan maksud untuk sharing pendapat antara peneliti dengan guru dan guru dengan team teaching. Berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh dari hasil pengolahan dan analisis data penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan administrasi akademik berupa penyusunan RPP kurikulum 2013 yang baik sangat signifikan. Dengan kata lain melalui pembinaan pengawas kepada guru mampu meningkatkan kemampuan akademik guru dalam bentuk penyusunan RPP kurikulum 2013 dalam mencapai sasaran kinerja
UPAYA MEMBANGUN MINAT MEMBACA MELALUI PROGRAM BERAKSI BERUGAK LITERASI DI SMP ISLAM MUSTHOFA KAMAL Aldi Albani, Aldi Albani
AT-TADBIR Vol 1 No 01 (2021): At-Tadbir, Januari 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.134 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i01.122

Abstract

Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia tampaknya ditanggapi serius oleh pemerintah dengan mengadakan program Gerakan Literasi Nasional. Hal ini tampaknya dimulai dari lembaga pendidikan baik di tingkat dasar, menenengah dan tinggi. Masalah utama dalam meningkatakan minat baca peserta didik khususnya di sekolah tentu bervariasi, adakalanya keterbatasan buku bacaan, tidak ada prasarana yang menunjang kegiatan membaca atau bahkan tidak ada guru yang bisa diteladani dan dapat menginspirasi peserta didik dalam membaca. Berbagai masalah itu coba diselesaikan dengan gerakan literasi di sekolah-sekolah. Begitu juga yang telah kami upayakan di SMP Islam Musthofa Kamal dengan mengadakan program BERAKSI yang bertujuan untuk merangsang kemauan siswa untuk terbiasa membaca dengan menfasilitasi mereka dengan prasarana khusus untuk membaca di sekolah. Metode yang penelitain dalam kajian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan apa adanya dari pelaksanakan sebuah program. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan sejak awal pelaksanaan pengamatan dengan menggunakan teknik Miles and Huberman. Adapun langkah-langkah dalam mewujudkan program tersebut di antaranya; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring serta tindak lanjut. Adapun kesimpulan hasil program BERAKSI di SMP Islam Musthofa Kamal antara lain: 1) kemauan peserta didik untuk membaca mulai tumbuh; 2) berugak literasi selalu ramai dikunjungi oleh peserta didik pada jam-jam istirahat; 3) guru dapat memanfaatkan berugak literasi sebagai outdoor class; 4) guru dan staf menyempatkan diri untuk ikut membaca karena melihat peserta didik mulai ramai membaca; 5) perasaan senang dan gembira terpancar dari raut wajah peserta didik yang tengah membaca sambil sekali waktu bercerita dan bercengkrama dengan temannya di berugak literasi. Program BERAKSI merupakan salah satu upaya yang cukup efektif untuk menumbuhkan minat baca peserta didik di lingkungan sekolah.
IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM HOMESCHOOLING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Ismiani, Sri
AT-TADBIR Vol 1 No 01 (2021): At-Tadbir, Januari 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.507 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i01.124

Abstract

Dilema para pendidik dan peserta didik saat munculnya pandemi COVID-19, antara sekolah atau diliburkan sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan peraturan untuk melakukan proses belajar mengajar secara daring agar proses pembelajaran tetap berlangsung. Proses belajar secara daring tak selamanya bisa menjadi solusi terbaik di masa pandemi, karena banyak siswa yang memiliki keterbatasan jaringan internet untuk melakukan proses belajar. Homeschooling merupakan salah satu alternatif agar siswa tetap bisa belajar di tengah pandemi. Homeschooling tunggal merupakan salah satu pendidikan non formal yang dilaksanakan oleh orang tua dalam satu keluarga tanpa bergabung dengan lainnya dengan mendatangkan guru ke rumah disaat masa pandemi ini. Dalam keberlanjutan homeschooling dibutuhkan manajemen pendidika yang tepat agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Manajemen pendidikan merupakan implementasi prinsip-prinsip manajemen dalam ranah pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk membahas implementasi prinsip-prinsip manajemen pendidikan islam dalam homeschooling di tengah pnsemi COVID-19.
ANALISIS PENGARUH PELAYANAN KELUHAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN SISWA PADA SMA 1 PRINGGABAYA LOTIM NTB. Shanti, Sri
AT-TADBIR Vol 1 No 01 (2021): At-Tadbir, Januari 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.464 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i01.125

Abstract

Kepuasan pelanggan (siswa) adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan pelanggan (siswa). Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan pengaruh variabel Bukti Langsung, Keandalan, Daya Tanggap, Empati dan jaminan  secara simultan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan dari variabel Pelayanan Keluhan mana yang berpengaruh dominan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakaan adalah eksplanatori yaitu menguji hipotesis bahwa terdapat hubungan dan pengaruh dari variabel Pelayanan Keluhan, yaitu: Bukti Langsung, Keandalan, Daya Tanggap, Empati dan Jaminan secara bersamaan terhadap Tingkat Kepuasan siswa dan terdapat salah satu variabel Pelayanan Keluhan yang berpengaruh dominan terhadap Tingkat Kepuasan siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA 1 Pringgabaya Lotim NTB dengan mengambil sampel sebanyak 128 orang dari populasi siswa yang melakukan keluhan selama tahun 2020.Teknik Pengumpulan sampel adalah Purposive Samplig. Dalam analisis dan secara statasistik, digunakan metode analisis korelasi linier berganda dan koefisien regresi berganda pada tinkgat signifikasnsi 0,05 yang diolah komputer dengan menggunakan program SPSS versi 25. Dari hasil analisis dengan metode tersebut dapat dibuktikan bahwa variabel pelayanan keluahan pelanggan (siswa) yaitu: Bukti Langsung, Keandalan, Daya Tanggap, Empati dan Jaminan mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan pelanggan dengan korelasi berganda (R) sebesar 0,919 yang artinya tingkat keeratan hubungan yang sangat tinggi. Untuk menguji secara bersama-sama antara variabel-variabel bebas dan varibel terikat, diketahui bahwa variabel jaminan merupakan variabel yang paling dominan dengan tingkat t hitung 2,82. Jaminan menjadi variabel bebas mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap tingkat kepuasan pelanggan, jaminan pelayanan yang terdiri dari: kepampuan, kepastian dan hasil penaganan keluhan memuaskan pelanggan (siswa) adalah tujuan utama dari penyampaian keluhan pelanggan (siswa). Setiap pelanggan (siswa) menyampaikan keluhan tentu ingin sekali keluhan dapat terselesaikan dengan cepat, akurat dan memuaskan. Jaminan dari suatu pelayanan mempunyai pengaruh terhadapa tingkat konsistensi kerja (performance) dari SMA 1 Pringgabaya Lotim NTB, terlebih lagi jaminan menujukkan kemampuan SMA 1 Pringgabaya Lotim NTB untuk dapat dipercaya pelanggan (siswa).
IKLIM MADRASAH: Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Model Mataram Husnial Pardi, M. Habib
AT-TADBIR Vol 1 No 01 (2021): At-Tadbir, Januari 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.335 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i01.126

Abstract

Artikel ini menjelaskan iklim madrasah, yakni faktor apa saja yang menumbuhkan motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Model Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, artikel ini menentukan informan dengan dua cara yaitu snowbolling sampling dan key person. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan prinsip redundancy of data gathering melalui observasi partisipan (Participan Observation), wawancara mendalam (indepth interview), dokumentasi, dan diskusi terfokus (Focus Group Disscusion). Sedangkan analisis data dilakukan melalui prosedur Cresswel, yakni memvaliditasi keakuratan informasi melalui sistem coding. Penelitian ini menemukan bahwa iklim Madrasah yang sehat ditandai dengan: kepemimpinan yang demokratis, terjalinnya komunikasi dan interaksi terbuka antar personal, dan penetapan tujuan organisasi melalui keputusan bersama. Hal-hal tersebut akan berdampak pada tumbuhnya motivasi kerja guru seperti kedisiplinan yang tinggi, semangat kerja yang maksimal, dan memiliki sikap kompetisi yang sehat. Dengan demikian, motivasi kerja guru akan berdampak pada peningktan mutu pendidikan di Madrasah.
DAMPAK PEMANASAN GLOBAL DAN UPAYA PENGEN-DALIANNYA MELALUI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENDIDIKAN ISLAM Leu, Baktiar
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, Juli 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.866 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.207

Abstract

Pemanasan global adalah kenaikan suhu bumi atau meningkatnya temperature suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Penyebabnya adalah efek rumah kaca yang lebih dari kondisi normal di atmosfer bumi. Dampak dari pemanasan global adalah perubahan iklim, seperti naiknya permukaan laut, yang berakibat pada tenggelamnya pulau-pulau kecil. Naiknya suhu laut juga mengakibatkan hasil perikanan akan menurun. Naiknya suhu udara akan meningkatkan berkembangnya penyakit. Peningkatan curah hujan akan meningkatkan banjir dan longsor, juga perubahan musim tanam dan peningkatan penguapan serta peningkatan intensitas badai tropis akan menyebabkan rawan transportasi. Sebagai upaya mengendalikan, mengurangi dan mengantisipasinya adalah dengan melestarikan lingkungan hidup yang dapat dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan lembaga pendidikan atau sekolah melalui pendidikan lingkungan hidup dan pendidikan Islam. Pemerintah khusunya kementerian lingkungan hidup telah berinovasi melalui program adiwiyata yang dilakukan disekolah-sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan. Sedangkan pendidikan Islam dapat dilakukan melalui kegiatan ko-kurikuler, intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler. Semuanya bertujuan untuk menanamkan dan menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter siswa. Karakter siswa adalah karakter dalam melestarikan lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Peduli lingkungan tersebut dapat dilakukan dengan cara reduce, reuse dan recycle. Seluruh aktifitas dan proses pembelajaran pendidikan Islam harus terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup sebagaimana diajarkan oleh nabi Muhammad saw dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Dalam hadits tersebut nabi Muhammad saw “melarang menebang pohon yang memberikan manfaat kepada makhluk disekitarnya”.
PERAN ORANG TUA SEBAGAI HOMESCHOOLER DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Sunarya, Nita
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, Juli 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.077 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.227

Abstract

Orang Tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak-anak menerima pendidikan dari sejak mereka lahir hingga dewasa. Oleh karena itu bentuk pertama dari terdapat dalam keluarga. Orang tua memegang peranan yang penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak-anaknya. Semenjak diterapkannya kebijakan belajar dari rumah di masa pandemi covid-19, orang tua memiliki tanggung jawab serta kontrol penuh terhadap proses pembelajaran anak-anak mereka saat belajar di rumah. Oleh karena itu, orang tua dituntut sebagai homeschooler dalam rangka untuk memaksimalkan proses pembelajaran anak dirumah dengan menjadikan rumah sebagai ruang belajar yang nyaman dan kondusif.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 4 KERUMUT Mashun, Mashun; Saupiah, Saupiah
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, Juli 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.576 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.228

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 serta faktor penghambat kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 Di SDN 4 Kereumut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SDN 4 Kerumut, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2019. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ada dua hal sesuai rumusan masalah penelitian yang bisa disimpulkan 1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN 4 Kerumut yaitu kepala sekolah sebagai pendidik dimana kepala sekolah memberikan pelatihan berupa workshop, untuk guru agar lebih memahami lebih luas tentang kurikulum 2013. Selanjutnya kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer yaitu kepala sekolah memberikan bimbingan tekhnis bagi guru kelas, serta kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor yaitu mengadakan kerja kelompok guru sekkolah dan kerja kelompok guru, 2) penghambat kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu fasilitas terbatas dan kurang menguasai materi.
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTs. N KEDIRI LOMBOK BARAT Fawaz, Fawaz; Azrai, Azrai
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, Juli 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.431 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.229

Abstract

Implemetasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa dan mengetahui proses pelaksanaan pembinaan akhlak serta mengetahui kendala dan solusi dalam pembinaan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Kediri Lombok Barat. Proses pembelajaran akidah akhlak di MTs.N Kediri menggunakan pendekatan saintifik dengan metode bervariasi dan mengunakan penilain autentik. Bentuk pembinaan akhlak dilakukan dengan pembinaan di dalam kelas dan di luar kelas. Dalam pelaksanaan terdapat kendala yang dihadapi guru seperti kondisi personal siswa dan terbatasnya waktu dalam membina siswa. Adapun upaya yang dilakukan adalah melakukan kerjasama pihak sekolah dengan wali murid dalam pembinaan akhlak. Kurikulum, bukan kata yang asing dalam dunia pendidikan. Pendidikan tidak lepas dari istilah ini, karena Kurikulum adalah salah satu komponen dari pendidikan. Dengan adanya Kurikulum pendidikan akan berjalan secara terstruktur dan sistematis demi tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan Kurikulum menjadi sangat penting.
OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG AKTIFITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 AIKMEL Yahya, Fizian; Handayani, Handayani
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, Juli 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.337 KB) | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.230

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dari pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang aktifitas belajar siswa yang ada di SMA NEGERI 1 AIKMEL. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research) dengan kepala sekolah dan wakil sarana dan prasarana SMA NEGERI 1 AIKMEL sebagai informan dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dimana peneliti terjun langsung ke lapangan guna mempelajari, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada. Analisis penelitian kualitatif ini dilakukan bersama dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang ada di SMA NEGERI 1 AIKMEL sudah dilaksanakan dengan sangat baik, karena dilakukan sudan sangat teratur sesuai dengan fungsi manajmen yang meliputi: perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan.

Page 1 of 3 | Total Record : 30