cover
Contact Name
Muhammad Ikhlash
Contact Email
ikhlash@polibatam.ac.id
Phone
+6285276558866
Journal Mail Official
ikhlash@polibatam.ac.id
Editorial Address
Komp. Pertokoan Hafindo Square Blok B No. 8 Sekupang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 29424
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Bisnis Mahasiswa
ISSN : -     EISSN : 28072219     DOI : -
Tujuan dari Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah untuk mendorong penyebaran seluas-luasnya hasil penelitian ilmiah akademisi dibidang bisnis. Jurnal Bisnis Mahasiswa mengundang artikel-artikel di bidang: Manajemen Akuntansi Ekonomi e-Business Jurnal Bisnis Mahasiswa menerima artikel-artikel yang sesuai dengan subyek penelitian bisnis dan metodologi penelitian yang sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk dipublikasikan dalam jurnal ini. Kriteria utama untuk publikasi di Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah pentingnya kontribusi hasil penelitian terhadap kekayaan literatur dibidang bisnis pada umumnya.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa" : 16 Documents clear
ISO 9001-2015: Compliance Audit of Quality Control Product Procedures Riuh Ratna Kumala Sari; Sugeng Riadi
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.119

Abstract

This research discusses compliance audits with the implementation of quality control Standard Operating Procedures based on ISO 9001:2015 at TEC Indonesia Corporation. The purpose of this study was to determine the level of employee compliance with the analysis based on ISO 9001:2015 in the Quality Control Product section. This research uses qualitative descriptive methods, and data collection is carried out through documentation techniques, document inspection, interviews, and direct observation at the research site. The results of this study stated the level of conformity and compliance with TEC Indonesia's quality control products with a percentage of 78.5% and a non-compliance rate of 21.5%. In this study, the author found three procedure discrepancies: the act of allowing the use, release, or acceptance through concessions by relevant parties and, if possible, by customers; the absence of review of discrepancies in products, including customer complaints; corrective actions within the company; and the absence of re-verification regarding the implementation of control documents as a corrective measure against non-conforming products.
Analisa Komparasi Laporan Keuangan Bank Syariah Indonesia Sebelum dan Sesudah Merger Muchamad Rizky Fauzi
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.122

Abstract

Februari 2021 merupakan bulan lahirnya Bank Syariah Indonesia yang awalnya merupakan tiga Bank Syariah yang berada di bawah naungan Bank BUMN milik pemerintah Indonesia. Penggabungan Bank Syariah ini bertujuan untuk meningkatkan peran Bank Syariah dalam pembangunan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan kinerja keuangan Bank Syariah Indonesia sebelum dan sesudah merger. Analisis dilakukan dengan metode common size yang dilakukan dengan menganalisis perbandingan setiap pos pada laporan posisi keuangan dan laba rugi dengan total setiap pos. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan Bank Syariah Indonesia setelah merger semakin meningkat. Ditunjukkan dengan kenaikan beberapa pos aktiva, pasiva, maupun pendapatan operasional. Namun masih terdapat penurunan pendapatan utamanya pada pos pendapatan bagi hasil dan pendapatan ijarah.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Perusahaan Perbankan Iswiranto Wira; Anggraeni Yunita; Suhaidar
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga saham, yaitu Earning Per Share, Price to Book Value, Dividend Per Share dan Debt to Equity Ratio pada perusahaan perbankan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2022. Berdasarkan pemilihan sampel metode purposive sampling, diperoleh 64 data observasi dan 8 perusahaan perbankan yang menjadi sampel penelitian. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahunan dengan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi data panel untuk menguji pengaruh dari masing-masing variabel.
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Fee Audit, Tingkat Hutang dan Arus Kas Operasi terhadap Persistensi Laba pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022 Beris Sihotang; Duwi Agustina; Sumiyati
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, fee audit, tingkat hutang dan arus kas operasi terhadap persistensi laba pada perusahaan property dan real estae yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia 2018-2022. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan sampel perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2022.Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, fee audit, tingkat hutang dan arus kas operasi sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah persistensi laba. Sampel pada penelitian ini sebanyak 23 perusahaan dengan menggunakan teknik porposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh 23 perusahaan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap persistensi laba. (2) Variabel kepemilikan manajerial berpengaruh negatif secara signifikan terhadap persistensi laba. (3) Variabel fee audit tidak berpengaruh secara signifikan terhadap persistensi laba. (4) Variabel tingkat hutang berpengaruh negatif secara signfikan terhadap persistensi laba. (5) Variabel arus kas operasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap persistensi laba.
Analisis Digital Marketing, Citra Merek, dan Layanan Mobile Banking Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia Kota Semarang Maharani Rona Makom
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.125

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh digital marketing, citra merek, dan layanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia Kota Semarang. Desain Penelitian yang digunakan adalah Desain Penelitian Kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah nasabah Bank BSI dengan jumlah sampel sebanyak 130 Nasabah. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan menetapkan kriteria tertentu pengampilan sampel. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa variable digital marketing citra merek dan layanan mobile banking berpengaruh positif dan signikan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Syariah Indonesia Tbk Kota Semarang.
Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal, Perputaran Piutang Dan Ukuran Perusahaan Terhadap ROA Reni Meisaroh; Siska Dewi
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh perputaran modal kerja terhadap ROA, struktur modal terhadap ROA, perputaran piutang terhadap ROA dan ukuran perusahaan terhadap ROA pada perusahaan properti dan real estate periode 2019-2022. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Teknik dalam penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria perusahaan properti & real estate yang terdaftar dan melaporkan laporan keuangan lengkap di BEI periode tahun 2019-2022, perusahaan properti & real estate yang menggunakan mata uang rupiah dalam Laporan Keuangan dan Perusahan Properti & Real Estate yang mengalami laba dalam periode tahun 2019-2022 sehingga diperoleh sampel sebanyak 10 data perusahaan. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya sudah dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskesdastisitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Perputaran Modal Kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap ROA. Struktur Modal berpengaruh signifikan dan negatif terhadap ROA. Perputaran Piutang tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap ROA. Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan dan negatif terhadap ROA.
Pengaruh Loyalitas dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Anggota Polres Simalungun Ismail Nasution; Ayu Sri Rezky
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.130

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh loyalitas terhadap kinerja anggota Polres Simalungun. Untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja anggota Polres Simalungun. Untuk mengetahui pengaruh loyalitas dan disiplin kerja terhadap kinerja anggota Polres Simalungun. Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan yang berjumlah 435 orang. Teknik pengambilan sampel dengan slovin yaitu 81 orang. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F). Analisis data dalam penelitian dengan kuantitatif. Secara parsial loyalitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja. Secara parsial disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Secara simultan loyalitas dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja anggota Polres Simalungun.
Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara Putri Ananda; Zamalludin Sembiring; Julianto Hutasuhut; Shita Tiara
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.131

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan asosisatif. Populasi penelitian ini adalah pegawai negeri sipil Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara sebanyak 52 orang. Teknik penetapan sampel adalah teknik sampel jenuh sehingga semua populasi sekaligus menjadi sampel penelitian, maka jumlah sampel adalah 52 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran data Skala Likert. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=3.857+0,418X1+0,499X2. Hasil uji t diketahui nilai t-hitung kompetensi sebesar 4,025 dimana nilai t-hitung > t-tabel (4,025 > 1,6765) dan signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai t-hitung disiplin kerja sebesar 0,502, dimana nilai t-hitung > t-tabel (4,943 > 1,6765) dan signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil uji F, diketahui F-hitung (41,926) > F-tabel (3,18), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan kompetensi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil uji R2 diketahui nilai 0.616 (61.6%), artinya 61,6% variabel kompetensi dan disiplin kerja dapat dijelaskan variabel kinerja sedangkan 38,4% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti.
Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021 Cut Fitri Rostina; Albert Steven Lie; Widya Sari; Viona Leonardo
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Sektor Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat explanatory research. Metode analisis ini menggunakan alat bantu software dari SPSS 25 untuk mengurai hasil perhitungan uji-uji dilakukan seperti pengujian asumsi klasik dan regresi linear berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Sektor Barang Konsumsi berjumlah 37 perusahaan. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Total jumlah data sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 155 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian uji f dimana hasil Fhitung sebesar 8.741 > 2,66 Ftabel menunjukkan secara simultan Profitabilitas, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Harga Saham Pada Sektor Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021. Hasil penelitian uji t dimana Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Harga saham. Variabel Struktur Modal tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R2 sebesar 0.148, artinya variasi variabel Profitabilitas (X1), Struktur Modal (X2) dan Ukuran Perusahaan (X3) adalah sebesar 14.8%, sedangkan sisanya sebesar 85.2% dijelaskan oleh variabel lainnya.
Pengaruh Faktor Produk dan Promosi terhadap Perilaku Konsumen Menabung di PT Bank Mandiri Syariah (Persero), Tbk. Kantor Cabang Syariah Medan Syafrizal
Jurnal Bisnis Mahasiswa Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Bisnis Mahasiswa
Publisher : PT Aksara Indo Rajawali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60036/jbm.v3i3.133

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menabung di perbankan syariah karena perilaku konsumen merupakan pertimbangan yang cukup penting untuk diperhatikan dengan memahami preferensi masyarakat terhadap bank syariah maka bank tersebut dapat menyusun strategi marketnya demi meraih pangsa pasar dan menciptakan kepuasan pelanggan, serta memberikan informasi yang benar dan terpercaya kepada masyarakat luas sehingga masyarakat memiliki keinginan besar untuk memanfaatkan jasa perbankan syariah. Dari hasil pengujian sebelunya terlihat bahwa nilai korelasi (r) antara produk dengan perilaku konsumen adalah 0.474. Nilai ini adalah yang positif, artinya ada hubungan yang searah antara Produk dengan perilaku konsumen, atau dengan kata lain jika produk-porduk yang ditawarkan perbankan meningkat maka perilaku konsumen untuk menabung di Bank Mandiri Syariah pun juga meningkat, demikian pula selanjutnya jika produk-produk yang ditawarkan perbankan syriah buruk atau rendah maka perilaku konsumen untuk menabung di Bank Mandiri Syariah pun rendah.

Page 1 of 2 | Total Record : 16