cover
Contact Name
Siti Aisyah
Contact Email
siti.aisy@gmail.com
Phone
+6287823177983
Journal Mail Official
edusentris_sps@upi.edu
Editorial Address
Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah (P3KI) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - INDONESIA
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 23560703     EISSN : 24422592     DOI : DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris
Core Subject : Education,
Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance the professional development for theoretical and practical purposes of scholars and other researchers who are interested in: educational and instructional issues; teaching; schooling; formal and non-formal education; higher and vocational education; educational policies; life-long education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "VOL 4, NO 3 (2017): DESEMBER" : 5 Documents clear
INTEGRASI KECAKAPAN HIDUP KE DALAM PROGRAM LATIHAN RENANG Purnama Hudaya; Amung Ma’mun; Yusup Hidayat
Edusentris VOL 4, NO 3 (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.819 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i3.379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi kecakapan hidup (life skills) ke dalam program latihan renang. Sebanyak 60 perserta yang merupakan atlet renang dan non atlet terlibat dalam penelitian ini. Seluruh peserta tersebut kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu (i) atlet renang yang memperoleh program renang yang terintegrasi dengan kecakapan hidup, (ii) atlet renang yang hanya diberikan program renang biasa tanpa muatan kecakapan hidup, dan (iii) non-atlet yang memperoleh program renang tanpa muatan kecakapan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah the matching-only pretest-posttest control group design. Sebanyak delapan kecakapan hidup yang meliputi keterampilan kerja tim, menetapkan tujuan, keterampilan sosial, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, keterampilan emosi, komunikasi antar pribadi, kepemimpinan, dan manajemen waktu diintegrasikan ke dalam program latihan renang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan kecakapan hidup antara kelompok atlet renang yang mendapatkan program renang terintegrasi kecakapan hidup dengan kelompok atlet renang tanpa program kecakapan hidup dan kelompok non atlet. Kelompok atlet renang yang memperoleh program renang dengan integrasi kecakapan hidup memiliki perkembangan kecakapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan dua kelompok lainnya. Hal ini menunjukan bahwa pemberian program kecakapan hidup secara disengaja terbukti mampu meningkatkan perkembangan kecakapan hidup atlet renang.
PENGEMBANGAN KIT FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA R Anggarini; H Hardhienata; D Ardianto
Edusentris VOL 4, NO 3 (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.979 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i3.375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kit pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan generik sains dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan model Four-D. Kami menggunakan penelitian eksperimen dengan model the One Group Pretest–Posttest untuk menguji keefektifan kit yang dikembangkan. Instrumen pilihan ganda digunakan untuk mengukur keterampilan generik sains siswa, sedangkan motivasi belajar siswa diukur dengan angket yang diadopsi dari model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Subyek penelitian ini adalah siswa SMA kelas XII IPA. Sebanyak 20 siswa terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kit yang dikembangkan dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dalam mengamati fenomena yang terjadi, mengumpulkan data hasil pengamatan dan pengukuran, menghitung besaran cepat rambat bunyi di udara, dan membuat kesimpulan. Selain itu media ini juga berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan generik sains dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu media kit fisika merupakan salah satu material pembelajaran yang seharusnya digunakan sebagai suplemen inti dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu membangun keterampilan berpikir siswa.
PENGUKURAN PRAKTIK DASAR LISTRIK MENGGUNAKAN IMPORTANCE–PERFORMANCE (IP) ANALYSIS Elih Mulyana
Edusentris VOL 4, NO 3 (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.137 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i3.376

Abstract

Kemampuan praktik dengan hasil yang diharapkan merupakan isu utama untuk meningkatkan proses pembelajaran praktikum. Penelitian ini bertujuan megukur capaian mahasiswa pada praktik dasar listrik. Penilaian kemampuan dasar dalam praktik dan nilai yang diharapkan, dianalisis dengan perhitungan gap yang diadaptasi dengan menggunakan Importance – performance (IP) analysis. Secara implisit masing-masing atribut dimasukan ke dalam kuadran model persamaan struktural IP- analysis orde ke 2. selanjutnya hasil pemetaan setiap parameter tersebut dianalisis sebagai berikut kuadran A: Prioritas utama; kuadran B: pertahankan kerja bagus; kuadran C: prioritas rendah; kuadran A: prioritas berlebih. Hasil penelitian menunjukkan, kinerja mahasiswa tercapai untuk aspek prestasi membaca gambar, memilih komponen, memasang komponen dan prioritas berlebih, mengukur hasil praktik dan menginterpretasikan hasil pengukuran.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEAKTIFAN MAHASISWA DAN KINERJA DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA: PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARES-SEM ANALISYS Darul Wiyono
Edusentris VOL 4, NO 3 (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.55 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v4i3.377

Abstract

Prestasi belajar yang tinggi selalu menjadi harapan semua pihak. Bagi pihak perguruan tinggi prestasi belajar mahasiswanya merupakan salah satu indikator efektif proses belajar mengajar, yang sekaligus dapat digunakan untuk meningkatkan citra perguruan tinggi tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, hal ini sangat penting untuk ditinjau lebih dalam demi meningkatkan prestasi mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, keaktifan mahasiswa, dan kinerja dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian dipaparkan secara deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode penelitian explanatory survey. Hipotesis penelitian ini akan dianalisis menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Model, SEM) dengan metode alternatif Partial Least Square (PLS). Hasil studi menunjukkan bahwa motivasi belajar, keaktifan mahasiswa dan kinerja dosen mempengaruhi dalam peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini menegaskan prestasi belajar mahasiswa tidak terlepas dari motivasi belajar, keaktifan mahasiswa, dan kinerja dosen baik secara parsial maupun bersama-sama.
PERENCANAAN PENILAIAN OTENTIK KURIKULUM 2013: JENIS JENIS PENILAIAN OTENTIK Desyanti Kemalasari Nurisman; Ernawulan Syaodih
Edusentris VOL 4, NO 3 (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v4i3.378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana perencanaan penilaian otentik berbasis kurikulum 2013 khususnya dalam penentuan jenis-jenis penilaian yang dilakukan di lembaga pendidikan TK-KB LS. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan penilaian otentik membutuhkan pengetahuan konsep terlebih dahulu dan proses perancangan jenis-jenis penilaian yang baik. Hasil tersebut dapat membangun kembali pemahaman mengenai urgensi penilaian otentik di lembaga pendidikan anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5