cover
Contact Name
Siti Aisyah
Contact Email
siti.aisy@gmail.com
Phone
+6287823177983
Journal Mail Official
edusentris_sps@upi.edu
Editorial Address
Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah (P3KI) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - INDONESIA
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 23560703     EISSN : 24422592     DOI : DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris
Core Subject : Education,
Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance the professional development for theoretical and practical purposes of scholars and other researchers who are interested in: educational and instructional issues; teaching; schooling; formal and non-formal education; higher and vocational education; educational policies; life-long education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2015): Juli" : 8 Documents clear
EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA Fitri, Lany
Edusentris Vol 2, No 2 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.143 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v2i2.168

Abstract

Penerimaan diri mengacu pada kualitas pribadi yang relatif stabil, dimana siswa memiliki kesadaran diri untuk menghargai karakter positif mereka  dan mengembangkan potensinya. Ketika peristiwa negatif terjadi pada dirinya, mereka tetap  bangga  menerima dirinya tanpa syarat. Penggunaan Teknik bermain dalam bimbingan kelompok diharapkan dapat meningkatkan penerimaan diri siswa. Penelitian bertujuan untuk menguji efektivitas teknik permainan untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas VIII SMP Kartika XIX 2 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan Two Group Pretest-Posttest Design menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kartika XIX 2 Bandung tahun ajaran 2014/2015.sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Kartika XIX 2 Bandung.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa angket, yaitu alat ukur penerimaan diri dan jurnal harian siswa. Teknik analisis data untuk menguji keefektifan intervensi menggunakan analisis statistik uji nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan teknik permainan  tidak efektif untuk meningkatkan penerimaan diri (Self Acceptance). Rekomendasi ditujukan kepada kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan peneliti selanjutnya.Kata Kunci : penerimaan diri, teknik permainan,ABSTRACT Self-acceptance refers to the personal qualities that are relatively stable, where students have the self-awareness to appreciate their positive character and develop their potency. While negative events happen to them, they still proudly accept themselves unconditionally. The use of games in group counseling is expected to improve students’ self-acceptance. This study aims to test the effectiveness of games to improve self-acceptance of eighth grade students of Junior High School Kartika Bandung XIX 2 Academic Year 2014/2015. The method used was quasi experiment, with Two Group Pretest-Posttest Design by using simple random sampling technique. The population in this study was all eighth grade students of Junior High School Kartika XIX 2 Bandung academic year 2014 / 2015 while the sample of research was eighth grade of A and eighth grade of B. The data was collected by using questionnaire and student’s daily journals, which is measuring tools of self-acceptance. The technique to test the effectiveness of intervention is statistical analysis nonparametric tests. The result shows that games can improve students’ self-acceptance although it is not significant. The recommendation is addressed to the principal, school counselor, and further researcher.Keywords: self-acceptance, games, group counseling
PENERAPAN LEVELS OF INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS Meizuvan Khoirul Arief
Edusentris Vol 2, No 2 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.497 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v2i2.169

Abstract

Pentingnya literasi sains berhubungan dengan bagaimana siswa mampu menggunakan kemampuan berpikir secara ilmiah dan menggunakan pengetahuan serta proses sains dalam memahami suatu fenomena sehingga mampu mengambil keputusan untuk memecahkan masalah. Literasi sains merupakan hasil belajar kunci bagi semua siswa. Literasi sains dapat dilatihkan melalui penerapan levels of inquiry pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP melalui penerapan levels of inquiry pada pembelajaran IPA tema pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subyek penelitian ini adalah 35 siswa kelas VII SMP pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Analisis menggunakan uji wilcoxon menunjukkan nilai postes literasi sains siswa (mean 13,23, SD 4,04) lebih baik dibandingkan nilai pretes literasi sains siswa (mean 7,94, SD 3,04) dimana p-value kurang dari 0.001. Ditemukan bahwa kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah dan kompetensi menginterpretasikan data dan bukti ilmiah meningkat secara signifikan. Sedangkan, kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah tidak meningkat secara signifikan. Selain itu, pada domain pengetahuan menunjukkan bahwa ketiga aspek pengetahuan yaitu pengetahuan konten, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan epistemik meningkat secara signifikan. Secara keseluruhan penerapan levels of inquiry pada pembelajaran IPA tema pemanasan global dapat meningkatkan literasi sains siswa SMP.Kata kunci: levels of inquiry, literasi sains, pemanasan globalABSTRACT The importance of scientific literacy relates to how the students were able to use the ability to think scientifically and to use the knowledge and the process of science in understanding a phenomenon that is able to take decisions to solve problems. Scientific literacy is the key learning outcomes for all students. Scientific literacy can be practiced through implementing levels of inquiry in science teaching. This study aimed to improve the scientific literacy junior high school students through implementing levels of inquiry in science teaching with the theme of global warming. This study used a pre experimental with one group pretest-posttest design. Thirty-five grade 7 students at the junior high school participated in the study in second semester of 2015. The wilcoxon test analysis showed that students post-scientific literacy score (mean 13,23, SD 4,04) were statistically higher than their pre-scientific literacy score (mean 7,94, SD 3,04) at p-value less than 0.001. The results showed that explain phenomena scientifically competence and interpret data and evidence scientifically competence has increased significantly. Meanwhile, evaluate and design scientific enquiry competence is not significantly increased. In addition, the domain knowledge indicates that the three aspects of the knowledge which consist of content knowledge, procedural knowledge, and epistemic knowledge has increased significantly. Overall, the implementation levels of inquiry in science teaching on the theme of global warming can improve scientific literacy junior high school students.Keywords: levels of inquiry, scientific literacy, global warming
PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY KESENIAN MADIHIN GUNA MENINGKATKAN KREATIFITAS BERMUSIK SISWA DI SEKOLAH Abdul Rumansyah
Edusentris Vol 2, No 2 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.616 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v2i2.164

Abstract

Artikel ini bertujuan mengangkat kesenian madihin sebagai bahan apresiasi budaya serta melihat hasil belajar atas uji coba model pembelajaran kesenian madihin di sekolah SMP Negeri 1 Tembilahan Riau. Madihin adalah kesenian Banjar yang unsur utama pergelaranya mengandalkan vokal diiringi pukulan terbang, merupakan bagian budaya lokal daerah Tembilahan yang mayoritas masyarakatnya suku Banjar. Artikel ini mengeksplorasi penyusunan proses pembelajaran kesenian madihin dengan pendekatan inquiry discovery sehingga mampu meningkatkan kreativitas bermusik siswa di sekolah. Jamaris (dalam Sujiono & Sujiono. 2010) memaparkan karakteristik bentuk kreativitas dalam proses berpikir yaitu: kelancaran, kelenturan, keaslian, elaborasi, keuletan dan kesabaran. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode action research dan menggunakan teknik triangulasi dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan hasil belajar, uji t menunjukan t hitung lebih besar dari t tabel, artinya uji coba model pembelajaran kesenian madihin dapat diterima dan layak diterapkan. Kata kunci: inquiry discovery, madihin, kreativitas.ABSTRACTThis article which aims to elevate madihin folk art as material of culture appreciation and to see the result of madihin folk art learning trials at school SMP Negeri 1 Tembilahan Riau. Madihin is Banjar folk art which its main of element in permormance rely on vocal and accompanied playing percussion (terbang), and has been part of the local cultural in Tembilahan Riau, which majority of its people is etnic Banjar. This article explores organizing the learning process of madihin art by inquiry discovery approach to increase students music creativity at school. Jamaris (in Sujiono & Sujiono. 2010) describes generally characteristics the forms of creativity are: fluency, flexibility, originality, elaboration, tenacity and patience. This is a qualitative research with action research methods, and using triangulation in data collection Results of research indicate there is improved learning outcomes, t test showst is greater than t table, its mean the trials of madihin art learning is acceptable and feasible. Keywords: inquiry discovery, madihin, , creativity.
MODEL ASESMEN KINERJA OPEN ENDED QUESTION DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Nursyamsinar Nursiti
Edusentris Vol 2, No 2 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.609 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v2i2.170

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan,  bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPS yang dilakukan selama ini, lebih mendorong  peserta didik untuk memilih salah satu jawaban yang benar, dan tidak mengembangkan pola pikir dalam memunculkan ide-ide atau gagasan baru. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model rubrik asesmen  kinerja open ended question dalam pembelajaran IPS, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini, adalah penelitian dan pengembangan, dengan prosedur (1) studi pendahuluan dalam bentuk deskriptif, (2) pengembangan model melalui ujicoba terbatas dan luas dalam bentuk penelitian tindakan kelas, dan (3) validasi model dalam bentuk quasi eksperimen. Subjek penelitian ini, adalah peserta didik kelas VIII pada SMP negeri maupun swasta di Kabupaten  Bandung Barat. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah matching only pre test-pos test control group design. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  (1) model konseptual rubrik asesmen kinerja open ended question yang dikembangkan, dirumuskan dalam tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) secara statistik model rubrik asesmen kinerja open ended question yang diimplementasikan dalam pembelajaran IPS,  terbukti secara signifikan  lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP.  Rekomendasi penelitian ini, adalah (1) guru hendaknya menggunakan model rubrik asesmen kinerja yang dikembangkan secara mandiri dalam setiap pembelajaran,  dan (2) penelitian ini masih perlu ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih komprehensif dari model yang telah dikembangkan. Kata kunci:  Asesmen kinerja, berpikir kritis, pembelajaran IPSABSTRACT This research is based on the reality that the ability of Junior High School  learners’ critical thinking in social study are low. The reason is the social study still urge learners to choose only one correct answer. The learning should encourage learners to develop new ideas instead of giving single perspective to learners. For that reason, the research objective is to develop open ended question performance assessment model in social study to improve learners’ critical thinking ability in Junior High School. The method used is research and development with procedure of (1) descriptive initial study, (2) model development through limited trial in classroom action research, and (3) model validation in quasi experiment. The research subject is year 8 students of junior high school both public and private schools in Bandung Barat District. Data collection technique and instruments include interviews, observations, documentation and tests. The analysis used is matching only pretest-posttest control group design. The research findings can be summarized that (1) rubric of open ended question performance assessment conception model developed, can be applied in three stages: planning, implementation and evaluation; (2) statistically, this model can develop critical thinking ability of Junior High School learners significantly. It is recommended that (1) teachers are suggested to apply rubric of open ended question performance assessment model which is developed independently in every teaching and learning process, and (2) this research should be followed up through comprehensive research of this developed model. Keywords:  performance assessment, critical thinking, social study
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Arief Muttaqiin
Edusentris Vol 2, No 2 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.23 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v2i2.165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan membaca kritis bacaan sains yang disisipkan dalam pembelajaran energi di kelas dengan keterampilan berpikir kritis siswa sebagai keterampilan yang dituntut pada abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional (deskriptif). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kota Cimahi dengan sampel penelitian sebanyak 35 siswa kelas VII tahun pelajaran 2014-2015. Kegiatan membaca kritis disisipkan dalam pembelajaran selama tiga kali pertemuan. Data kemampuan membaca kritis dijaring oleh jawaban siswa melalui pertanyaan dalam bacaan, sedangkan keterampilan berpikir kritis dijaring dengan tes uraian. Kedua data tersebut dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada α=0,05 (sig. 0,047), namun hubungan tersebut berada pada kategori rendah (r=0,339). Dengan demikian, kamampuan membaca kritis perlu dilatihkan atau diterapkan karena memiliki hubungan dengan kemampuan berpikir kritis siswa.Kata-kata kunci: Membaca kritis, berpikir kritis, energi dalam sistem kehidupan ABSTRACT This study aimed to describe the relationship between the ability to read critically scientific readings that are inserted in the energy learning in the classroom with students’ critical thinking skills as the skills required in the 21st century. The method used is correlational research (descriptive). The population in this study was the seventh grade students at one junior high school in Cimahi with a sample of 35 students of class VII 2014-2015 school year. Critical reading activities inserted in the study during three meetings. Data of critical reading ability was captured by the students’ answers from questions in the reading sheet, while critical thinking skills data was enmeshed with the essays question. Both of these data were analyzed by Spearman correlation test. The results showed that there was a significant correlation between critical reading ability with the students’ critical thinking at α = 0.05 (sig. 0.047), but these relations are at a low category (r = 0.339). Thus, critical reading ability need to be trained or applied as it has a relationship with the students’ critical thinking.Key words: Critical Reading, Critical Thinking, Energy in the Life Systems
ANALISIS KONTRASTIF PERUBAHAN FONEM PADA PROSES REDUPLIKASI DALAM BAHASA JEPANG DAN BAHASA INDONESIA: KAJIAN MORFOFONEMIK Rama Ulun Sundasewu
Edusentris Vol 2, No 2 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.296 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v2i2.171

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengontraskan atau menganalisis persamaan dan perbedaan perubahan fonem yang terjadi pada proses reduplikasi bahasa Jepang-Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persamaan dan perbedaan perubahan fonem vokal dan konsonan dari proses reduplikasi  kedua bahasa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis kontrastif secara deskriptif. Objek penelitian ini adalah fonem vokal dan fonem konsonan yang mengalami perubahan pada proses reduplikasi bahasa Jepang-Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan vokal pada proses reduplikasi tidak memiliki persamaan, akan tetapi perubahan konsonan memiliki persamaan, yaitu perubahan konsonan /k/, /s/, dan /h/ pada bahasa Jepang dan bahasa Indonesia yang berubah menjadi konsonan plosif. Selain itu perubahan fonem konsonan terjadi di awal kata yang mengalami pengulangan. Sedangkan perbedaannya adalah pada proses reduplikasi fonem vokal pada bahasa Jepang tidak mengalami perubahan fonem, sedangkan dalam bahasa Indonesia mengalami perubahan. Konsonan /r/ pada bahasa Jepang tidak mengalami perubahan fonem, sedangkan konsonan /r/ pada bahasa Indonesia mengalami perubahan fonem. Secara umum tidak semua nomina,  verba, adjektiva, dan adverbia bahasa Jepang dapat diulang, sedangkan dalam bahasa Indonesia dapat diulangan dan menyatakan jamak.Kata kunci: morfofonemik, reduplikasi, perubahan fonem, kontrastif, analisisABSTRACT This research conducted  by analyzing similarities and differences of phoneme changes on Japanese and Indonesian reduplication process. The purpose of this research is to find out the similarities and differences of vowel phoneme and consonant phoneme changes on Japanese and Indonesian reduplication process. This research is qualitative research, using the contrastive analysis with descriptive metods. Object of research is vowel phoneme and consonant phonem that change on Japanese and Indonesian reduplication process. Result of this study indicates that the vowel changes on reduplication process do not have similarities, but the consonant has, that is consonant changes of /k/, /s/, and /h/ on Japanese and Indonesian that turns out to be a plosive consonant. In addition, the consonant phonem changes occur at the beginning of the word that has repetition. And the differences are the vowel phonem on Japanese reduplication process does not have changes but Indonesian reduplication process has. The /r/ consonant of Japanese does not have changes, but Indonesian does. In general, not all nouns, verbs, adjectives, and adverbs of Japanese can not be repetited, but Indonesian can be repetited and has a plural meaning.Keyword: morphophonemic, reduplication, phoneme changes, contrastive, analysis
FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KONSUMSI HIJAU PADA SISWA SMK NEGERI SE- KABUPATEN JOMBANG Hafis Muaddab
Edusentris Vol 2, No 2 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.662 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v2i2.166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji: (1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap literasi keuangan (financial literacy). (2) Pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga terhadap literasi keuangan (financial literacy). (3) Sikap ekonomi terhadap literasi keuangan (financial literacy). (4) Status sosial ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi hijau. (5) Pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. (6) Sikap ekonomi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. (7) Literasi keuangan (financial literacy) berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau pada siswa SMK Se Kabupaten Jombang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 194 siswa kelas XII Kelompok Bisnis dan Manajemen. Berdasarkan analisis data SEM (Structural Equation Modelling) program aplikasi LISREL 8.80 for Windows NT. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1). Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap literasi keuangan. (2) Pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan (financial literacy). (3) Sikap ekonomi berpengaruh terhadap literasi keuangan (financial literacy). (4) Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. (5) Pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. (6) Sikap ekonomi tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. (7) Literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau.Kata Kunci: Status sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga, sikap ekonomi, literasi keuangan, perilaku konsumsi hijau.ABSTRACTThis study aimed to describe and examine: (1) the influence of socio-economic status of parents on financial literacy (financial literacy). (2) a green economy in the family education on financial literacy (financial literacy). (3) economic attitude towards financial literacy (financial literacy). (4) family socioeconomic status on green consumption behavior. (5) Economic Education in the family affects the behavior of green consumption. (6) economic attitudes affect the behavior of green consumption. (7) Financial Literacy (financial literacy) affect the behavior of green consumption in students SMK Jombang. The sample in this study amounted to 194 students of class XII Business and Management Group. Based on data analysis SEM (Structural Equation Modeling) application program LISREL 8.80 for Windows NT. Research findings indicate that (1). Socio-economic status of parents affects the financial literacy. (2) a green economy in the family education has no effect on the financial literacy (financial literacy). (3) The attitude of the economic effect on financial literacy (financial literacy). (4) Socio-economic status of parents does not affect the behavior of green consumption. (5) a green economy in the family education does not affect the behavior of green consumption. (6) The attitude of the economy does not affect the behavior of green consumption. (7) Financial Literacy does not affect the behavior of green consumption.Keywords:  Socio-economic status of parents, green economy in the family education, attitude economics, financial literacy, green consumption behavior.
MULTIMEDIA ANIMASI (MMA) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIDANG GESER ATOM PENENTU SIFAT MEKANIK MATERIAL Mumu Komaro
Edusentris Vol 2, No 2 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v2i2.167

Abstract

Pembelajaran  teoritis berupa simbol-simbol verbal yang ada tidak cukup representatif  menjelaskan konsep sistem yang diperlukannya, sehingga kemungkinan tidak terjangkau (inaccessible) oleh peserta didik yang efeknya kurang menimbul kanpengalaman belajar. Hal ini berimplikasi terhadap kesalahan pembangunan sistem material teknik yang utuh baik system struktur mikro atom maupun system perubahan sifat material sesuai  aplikasi realnya. Penelitian iniberkaitan erat dengan usaha meningkatkan kualitas pembelajaran material teknik khususnya penguasaan konsep bidang geser atom penentu sifat mekanik  material. Penelitian bertujuan membandingkan peningkatan kualitas pembelajaran yang berupa peningkatan penguasaan konsep mahasiswa yang menggunakan multimedia animasi dengan media gambar. Metode penelitian adalah metode eksperimen yang dilakukan pada dua kelas yaitu: eksperimen menggunakan multimedia animasi dan kelas kontrol menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan: Perbedaan signifikan antara peningkatan penguasaan konsep pada mahasiswa yang menggunakan multimedia animasi dengan media gambar, dimana peningkatan penguasaan konsep lebih tinggi dengan menggunakan multimedia animasi. Hal ini terjadi akibat adanya memory jangka panjang yang dihasilkan dari pembelajaran menggunakan multimedia animasi.Kata kunci: penguasaan konsep, multimedia animasi, bidang geser atom, sifat mekanik material.ABSTRACTTheoretical learning in the form of verbal symbols is not representatively enough to explain the concept of needed system, so the chances are not affordable (inaccessible) by students that effect less cause learning experience. It has implications for the fault development of completed systems engineering material which is both systems intact atomic microstructure and material properties of the system changes according the real applications. This research is closely related to make improving the quality of learning materials engineering in particular concept mastery the atomic crystal structure determining the mechanical properties of the material. The purpose of this study to reveal the comparative understanding of students of vocational teachers candidate using animation multimedia with images media. The research method is experiments conducted on two classes of experimental class using animation multimedia and control class using images media. The study results an animations multimedia increases concepts comprehension. This is higher than the use of static images or handouts that reach the lower categories. The study also found that the use of animation multimedia is accessible and effective in improving the comprehension of abstract concept  in Engineering Material. This occurs due to long-term memory that result from learning using multimedia animation.Keywords: concepts comprehension animation multimedia, atomic slide fields, mechanical properties of the material.

Page 1 of 1 | Total Record : 8