cover
Contact Name
Arif Bijaksana Putra Negara
Contact Email
arifbpn@untan.ac.id
Phone
+62811578624
Journal Mail Official
editor_justin@informatika.untan.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Justin Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 24603562     EISSN : 26208989     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/justin
Core Subject : Science,
JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2017)" : 6 Documents clear
Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pengenalan Rumah Adat Kalimantan Barat Rahadi, Rahadi; Tursina, Tursina; Anra, Hengky
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 4 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1368.494 KB)

Abstract

Selama ini proses pengenalan rumah adat masih mengandalkan media seperti buku, majalah atau internet dengan melihat gambar bentuk bangunannya. Hal ini dirasakan masih belum maksimal, karena visualisai hanya dalam bentuk dua dimensi (2D). Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi augmented reality berbasis android sebagai media pengenalan rumah adat di Kalimantan Barat yang dapat menampilkan bentuk tiga dimensi (3D) bangunan rumah adat beserta informasi dari rumah adat tersebut. Metode yang digunakan dalam penerapan augmented reality pada penelitian ini adalah marker based tracking. Untuk dapat mengoperasikan aplikasi ini pengguna harus memiliki Augmented Reality Book (AR Book) yang berisi penjelasan dan gambar rumah-rumah adat di Kalimantan Barat yang berfungsi sebagai marker. Dari hasil pengujian black-box menggunakan teknik behavior testing, aplikasi yang dibangun dapat berfungsi dengan baik yaitu, sesuai antara input yang diberikan dan output yang dihasilkan oleh aplikasi. Dari hasil pengujian kompatibilitas, aplikasi yang dibangun dapat berjalan dengan baik pada beberapa perangkat smartphone android, yaitu android versi Jelly Bean, Kitkat, Lollipop dan Marshmallow. Dari hasil pengujian marker, aplikasi yang dibangun dapat menampilkan objek 3D pada jarak marker 10 - 60 cm, sudut kemiringan marker dari 45° - 90° dan marker terhalang oleh objek lain hingga 75%. Dari hasil pre-test dan post-test menunjukan kenaikan nilai sebesar 34.4 % dan terdapat gap/jarak selisih nilai post-test yang tidak begitu signifikan yaitu sebesar 3.2 % antara user yang belum dan user yang sudah pernah mengunjungi rumah adat, yang berarti aplikasi yang telah dibuat sudah informatif. Dari hasil perhitungan kuisioner menggunakan metode Likert’s Summated Ratting (LSR) diperoleh nilai 1771, masuk dalam range penilaian positif yang berarti aplikasi ini dapat diimplementasikan dengan baik. Berdasarkan hasil dari beberapa pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi augmented reality pengenalan rumah adat Kalimantan Barat yang telah dibuat sudah berjalan dengan baik dan informatif, serta mendapat respon yang positif dari pengguna.
Aplikasi Kotak Saran Digital di Rumah Sakit Berbasis Android Vianita, Risa; Sukamto, Anggi Srimurdianti; Perwitasari, Anggi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 4 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (979.013 KB)

Abstract

Rumah Sakit berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia tentang rumah sakit No. 44 Tahun 2009 didefinisikan sebagai institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Pada praktiknya, mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit dipengaruhi oleh keseimbangan antara pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit dengan pelayananan yang diharapkan oleh pengguna jasa rumah sakit. Salah satu bentuk upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit yaitu dengan menyediakan kotak saran. Namun pada kenyataanya, penggunaan kotak saran oleh pengunjung rumah sakit masih minim. Hal ini dapat disebabkan oleh tanggapan yang tidak langsung didapatkan setelah kritik dan saran pengguna rumah sakit menggunakan fasilitas kotak saran, mengingat kotak saran merupakan media komunikasi satu arah. Pada penelitian ini di buatlah aplikasi kotak saran digital di rumah sakit yang dapat berfungsi wadah kritik dan saran pengguna rumah sakit melalui perangkat andorid, serta meneruskan kritik dan saran tersebut langsung kepada pihak rumah sakit yang bersangkutan untuk ditanggapi. Berdasarkan hasil pengujian kompatibilitas, aplikasi dapat berjalan lancar pada berbagai jenis versi Android yaitu versi 5.0 (Lollipop) hingga versi 7.0 (Nougat). Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 800 yang berarti responden dapat menerima aplikasi ini dengan sangat baik.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Kriminal Berbasis Web pada Bagian Pembinaan Operasional Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Barat (Bagbinopsnal Ditreskrimum Polda Kalbar) Putra, Dimitri Indastri; Negara, Arif Bijaksana Putra; Nyoto, Rudy Dwi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 4 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1335.951 KB)

Abstract

Bagian Pembinaan Operasional Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar (Bagbinopsnal Ditreskrimum Polda Kalbar) memiliki tugas yang salah satunya adalah membuat laporan bulanan tentang tindak pidana yang ditangani Ditreskrimum Polda Kalbar dan Satuan Reserse Kirminal Kepolisan Resort (Sat Reskrim Polres) jajaran Polda Kalbar. Laporan bulanan yang dibuat memuat informasi analisis kriminal berbentuk rekapitulasi data. Proses rekapitulasi data dilakukan secara manual menggunakan aplikasi office dan berjenjang dari Sat Reskrim Polres jajaran sampai Bagbinopsnal Ditreskrimum Polda Kalbar. Tujuan penelitian mengembangkan Sistem informasi pengolahan data kriminal berbasis web. Pengolahan data kriminal meliputi manajemen data dasar yang berkaitan, manajemen data perkara, pengisian data laporan polisi dan menyajikan informasi analisis kriminal dalam bentuk tabel dan grafik. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox dan kuisioner. Kuisoner diberikan kepada 12 responden. Pengujian kusioner dibagi dua yaitu kusioner penggunaan aplikasi dan kuisioner perbandingan. Perhitungan hasil kusioner menggunakan metode skala likert. Hasil pengujian blackbox, menunjukan bahwa aplikasi sudah berjalan seperti yang diharapkan, dimana aplikasi mampu menampilkan keluaran yang sesuai dengan masukan pengguna. Hasil pengujian kusioner penggunaan aplikasi adalah 87,49%, pengujian perbandingan adalah 100%. Hal ini berarti responden menyatakan setuju bahwa sistem informasi pengolahan data kriminal berbasis website yang dibangun dapat membantu, mempermudah, mendukung dan dapat mengatasi masalah penyajian informasi analisis kriminal. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat mengatasi permasalahan pengumpulan data, pengolahan data, penyimpanan data dan penyajian infomasi analisis kriminal pada Bagbinopsnal Ditreskrimum Polda Kalbar.
Perancangan Aplikasi Multimedia untuk Pengenalan Bahasa Isyarat bagi Anak Tunarungu Berbasis Android Irdandi, Alfian; Nasution, Helfi; Sukamto, Anggi Srimurdianto
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 4 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.262 KB)

Abstract

Bahasa Isyarat adalah satu diantara bahasa yang digunakan oleh seluruh manusia di dunia. Bahasa isyarat tersebut digunakan dan dibutuhkan oleh anak tunarungu. Anak tunarungu menderita gangguan pendengaran yang menyebabkan mereka kesulitan dalam berkomunikasi. Bahasa isyarat memberikan peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak tunarungu untuk berkomunikasi, namun media pembelajaran yang dibutuhkan untuk anak tunarungu tidak banyak terutama media pembelajaran elektronik yang ada pada smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran multimedia untuk pengenalan bahasa isyarat bagi anak tunarungu berbasis android sebagai media pembelajaran alternatif bahasa isyarat. Aplikasi ini ditujukan untuk anak tunarungu yang sudah dapat membaca dengan tingkat gangguan pendengaran ringan dan sedang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (metode penelitian dan pengembangan). Metode Research and Development pada penelitian ini terdiri dari delapan tahapan mulai dari analisa permasalahan, analisis kebutuhan, pengumpulan data, pembuatan aplikasi, pengujian aplikasi, analisis hasil pengujian, revisi aplikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli CAI, ahli materi dan ahli media, Aplikasi Multimedia untuk Pengenalan Bahasa Isyarat bagi Anak Tunarungu Berbasis Android dikategorikan valid dengan RTVTK 3,59, sehingga dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Multimedia Pengenalan Bahasa Isyarat layak digunakan sebagai media pengenalan bahasa isyarat untuk anak tunarungu.
Pembangunan Data Center dan Manajemen Pelayanan Informasi Publik di Kejaksaan Negeri Mempawah Farida, Juliani Okta; Safriadi, Novi; Prihartini, Narti
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 4 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.414 KB)

Abstract

Pelayanan sistem yang berkualitas yang disebut dengan pelayanan prima merupakan pelayanan terbaik yang memenuhi standar kualitas pelayanan. Standar pelayanan adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban penyelenggara pelayanan kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Oleh karna itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah Aplikasi Data Center Pelayanan Informasi Publik di Kejaksaan Negeri Mempawah sebagai media pelayanan dan penyampaian informasi publik. Alat dalam perancangan penelitian ini adalah Data Flow Diagram, dan pengujian menggunakan metode blackbox dengan teknik Requirement Testing serta pengujian kuisioner dengan 30 orang responden pengguna aplikasi publik dengan nilai Kr = 0.943 dan Ks = 0.886 dan 2 orang pengguna aplikasi admin dengan nilai Kr = 1 dan Ks = 1 dihitung menggunakan skala Guttman yang berarti hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini berjalan dengan sangat baik.
Sistem Perawatan Kucing Berbasis Aturan Anisa, Anisa; Tursina, Tursina; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 4 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.968 KB)

Abstract

Kucing merupakan satu diantara binatang yang paling diminati oleh sebagian masyarakat sebagai hewan  peliharaan. Akan tetapi, kesulitan yang dihadapi oleh pemilik kucing adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran tentang cara merawat kucing. Dokter hewan dapat menjadi solusi namun, untuk melakukan konsultasi dan perawatan, diperlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan perawatan untuk kucingnya. Sistem yang akan dibangun tidak untuk menggaantikan peran dokter hewan, namun untuk memberikan informasi tentang cara merawat kucing. Sistem ini dibangun berdasarkan aturan yang didapat dari pakar yaitu dokter hewan. Salah satu sistem yang menggunakan aturan sebagai dasar untuk menyelesaikan masalah adalah sistem berbasis aturan dengan penalaran forward chaining. Pengujian sistem untuk tangal vaksinasi dan tanggal pemberian obat cacing terdapat selisih waktu. Selisih waktu ini disebabkan sistem menghitung umur berdasarkan minggu. Berdasarkan keterangan dari dokter, keterlambatan memberikan vaksin atau obat cacing dapat ditolerir apabila dalam kurun waktu 1 minggu sampai 1 bulan. Oleh sebab itu, jika selisih hasil kurang dari 1 bulan dianggap sesuai. Hasil pengujian dengan membandingkan hasil pakar dan hasil sistem dari 20 kasus yang diuji, terdapat 19 kasus yang menunjukkan hasil sesuai. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6