cover
Contact Name
Angger Bimantara
Contact Email
anggerbimantara28@gmail.com
Phone
+6285859299642
Journal Mail Official
jurnal@stai-ali.ac.id
Editorial Address
Jl. Sidotopo Kidul 51, Surabaya, Jawa Timur Kode pos 60152
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa
ISSN : 20889593     EISSN : 27743748     DOI : https://doi.org/10.54214/alfawaid
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa (P-ISSN: 2088-9593 dan E-ISSN: 2774-3748) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya. Sirkulasi penerbitan jurnal ini adalah 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu di bulan maret dan september. Artikel yang dimuat berupa penelitian-penelitian tentang Agama dan Bahasa. Adapun fokus dan cakupan dari jurnal ini adalah sebagai berikut: Aqidah Agama Islam Fiqih Agama Islam Sejarah Agama Islam Pendidikan Islam Dakwah Islam Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Sastra Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Sejarah Pendidikan Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Strategi Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) Media Pengajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2019): September" : 7 Documents clear
Taʾammulāt Lughawiyah min al-Āyāt al-Bayyināt: (Min Khilāl Sūrah al-Nabaʾ Namūdhajan) Farid Farid
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 9 No 2 (2019): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1025.807 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol9.Iss2.55

Abstract

Di antara perkara yang dituntut atas kita sebagai muslim secara umum dan sebagai penuntut ilmu secara khusus terhadap al-Qurān al-Karīm adalah memahami makna-maknanya, merenungkan dan mentadabburinya, serta mengamal apa yang terkandung di dalamnya. Berangkat dari hal tersebut, maka penelitian ini berusaha untuk mendekatkan hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka yang membahas sekilas tentang refleksi linguistik dari ayat-ayat yang jelas yang diambil dari Sūrah al-Nabaʾ yang mana dalam penelitian ini peneliti mengutip dari beberapa referensi kitab tafsir dan bahasa Arab. Peneliti juga berusaha sebisa mungkin untuk merujuk kepada referensi-referensi terdahulu kemudian referensi-referensi kontemporer. Dalam penelitian ini, peneliti telah mengemukakan beberapa poin penting, yaitu: makna kata, iʿrāb di sebagian ayat, dan penjelasan dari sisi bahasa. Melalui penelitian ini, peneliti telah mendapatkan beberapa faedah, yang paling penting di antaranya adalah: 1) bahwasanya tashbīh (metafora) di dalam surah ini amatlah banyak; 2) Kuatnya lafal yang digunakan dalam surah ini dari sisi suara huruf-hurufnya, dan ini menunjukkan akan keindahan bahasa Arab dan indahnya bahasa al-Qurān al-Karīm.
Dawr al-Muʿallim fī Tafhīm al-ʿIbādah al-Ṣaḥīḥah li Takwīn Nafsiyyah al-Nasʾ Mubarak Bamualim
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 9 No 2 (2019): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1021.012 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol9.Iss2.56

Abstract

Allah menciptakan manusia dan jin dengan tujuan yang mulia, tujuan itu telah dijelaskan di dalam al-Qurʾan surat al-Dhāriyāt ayat 51, tujuan tersebut adalah ibadah. Ibadah memiliki peran yang sangat penting di dalam membentuk kepribadian dan kejiwaan seseorang, hanya saja pembentukan kepribadian ini memerlukan proses serta faktor eksternal berupa adanya seorang pendidik. Maka pada tulisan ini penulis akan membahas tentang peran pendidik di dalam memahamkan ibadah yang benar untuk membentuk kepribadian dan kejiwaan seseorang. Penyusunan tulisan ini menggunakan kajian kepustakaan, sumber-seumber data yang dieksplorasi berasal dari dalil-dalil alquran dan hadis-hadis nabi juga penjelasan para ahli. Dan setelah melakukan penelitian penulis menemukan jawaban bahwa diantara peran yang dimiliki pendidik adalah menerangkan dan menjelaskan tentang arti ibadah yang benar beserta syarat-syaratnya, memberi contoh yang baik kepada siswa dalam hal pengamalan ibadah yang benar, untuk membentuk kejiwaan pada siswa pendidik memberikan skala prioritas pada aspek aqidah, amaliyah dan akhlak serta shalat tanpa meremehkan aspek-aspek yang lain.
Peranan Pesantren/Ma’had Aly Makkah dalam Meningkatkan Religiusitas Masyarakat Senggrong Andong Boyolali Ainul Haris
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 9 No 2 (2019): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.666 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol9.Iss2.57

Abstract

The focus and purpose of this study is to determine the role of Aly Makkah Islamic Boarding School Senggrong Andong Boyolali in improving the religiosity of surrounding communities, and to find out the factors that support and hinder the activities of enhancing the religiosity of communities around Aly Makkah Islamic Boarding School Senggrong Andong Boyolali. This research method is descriptive qualitative with type of field research. This study found that the Aly Makkah Islamic Boarding School played an active role in improving the religiosity of the community with various religious activities. For instance, establishing a TPA (Al-Qur’an Learning Center), organizing a tabligh akbar, the Islamic study group after Maghrib prayer, Ramadan activities, the distribution of qurban meat, congregational prayers and Friday prayer. Some supporting factors to improve community religiosity are human resources (HR) who are energetic and play an active role in activities held by the Islamic Boarding School, adequate facilities and infrastructure, and social factors. While the inhibiting factors of Aly Makkah Islamic Boarding School in improving community religiosity include, lack of public awareness, lack of effectiveness of learning in TPA, and differences in understanding.
Perang Badar dalam Perspektif Ekonomi Sosial Fadlan Fahamsyah
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 9 No 2 (2019): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.677 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol9.Iss2.58

Abstract

Nabi Muhammad Ṣallallah ʿalaihi wa Sallam telah menghadapi berbagai macam gangguan dan penolakan dalam menegakkan dakwah Islam dari kaum kafir Quraish. Gangguan tersebut terus menerus dihadapi oleh Nabi Ṣallallah ʿalaihi wa Sallam hingga beliau hijrah ke kota Madinah, di sanalah bermulanya sejarah baru dunia Islam. Pada tahun kedua hijriah terjadi peperangan besar dalam sejarah Islam yaitu perang Badr al-Kubrā. Motiv dari meletusnya peperangan ini tidak hanya didasari oleh hal keyakinan agama saja. Namun juga terdapat motiv-motiv lain yang memicunya. Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap motiv-motiv tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan didapati bahwa di antara hal lain yang melatarbelakangi peperangan tersebut adalah faktor ekonomi dan social. Adapun faktor ekonomi berupa keinginan kaum Muhājirīn untuk mengambil harta mereka yang tertinggal di Mekkah dari tangan kaum Quraish, dan kaum Quraish berusaha menjaga hasil perniagaan mereka. Sedangkan faktor sosial adalah keinginan kaum kafir Quraish agar mengakui derajat dan kedudukan mereka.
Karakteristik Pendidik Perspektif Imam Ibnu Jamaʿah : (Studi Kitab Tadzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿAlim wa Mutaʿalim karya Imam Badruddin Ibnu Jamaʿah) Maryono Maryono
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 9 No 2 (2019): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1012.252 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol9.Iss2.59

Abstract

Pendidik merupakan pilar utama dalam menjalankan proses pendidikan, merupakan aktor utama dalam mengantarkan capaian tujuan pendidikan. Dalam tulisan ini memaparkan tentang “Karakteristik Pendidik dalam Perspektif Imam Ibnu Jamaʿah”, melalui bukunya yang fenomenal Tadzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿAlim wa Mutaʿalim. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif noninteraktif karena sumber datanya adalah berupa dokumen-dokumen, bukan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Adapun analisis data yang digunakan adalah Content analysis, yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi  tertulis. Imam Ibnu Jamaʿah dalam Tadzkirah Al-Sāmiʿ wa al-Mutakallim fī al-ʾAdab Al-ʿAlim wa Mutaʿalim meneybutkan beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang pendidik sehingga menjadikan sebuah karakter bagi mereka, di antaranya: Niat ikhlas yang menjadikan tolok ukur amal perbuatan dalam mendidik; Zuhud; Tawāḍu’; Menjaga syiar (identitas) Islam, hal terserbut merupakan karakter agamis yang senantiasa seorang pendidik berhias dengannya. Poin lainnya; Pendidik harus senantiasa meng-upgrade diri, meningkatkan kualitas keilmuan, mencurahkan segala kemampuan, membaca, menghafal, menulis. Dan juga tatkala mengajar senantiasa berusaha optimal dalam kegiatan belajar dan mengajar, bersemangat dalam mengajar, menggunakan metode dan penyampaian yang mudah serta lemah lembut, bertanya untuk menguji pemahaman peserta didik atas kesesuaian ilmu yang telah dijelaskan, serta mengulangi hafalan untuk menguji mereka.
Studi Hadis “Sebaik-baik Kalian Adalah yang Belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya” dalam Perspektif Naql Muh Chusnul Yakin
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 9 No 2 (2019): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.65 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol9.Iss2.60

Abstract

Allah Subḥānallāhu wa Taʿālā menurunkan Al-Qur'an yang Mulia kepada penutup para Nabi dan Rasul: Muhammad - semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian-. Nabi, damai dan berkah besertanya, menjadi konstitusi bagi bangsa Islam ke mana ia diutus, dan panduan bagi orang-orang untuk membawa mereka keluar dari kegelapan kepada cahaya dan membimbing mereka ke jalan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji, dan penjelasan dari segala sesuatu, bimbingan, penyembuhan dan rahmat Bagi orang-orang yang beriman, adalah kewajiban bangsa ini untuk meyakini apa yang diturunkan Allah kepadanya, mengikuti apa yang ada di dalamnya, dan menjalankannya. Dan renungkanlah ayat-ayatnya sambil mengerjakan apa yang disyaratkan, menjauhi fitnah, mengajaknya, dan bersabar terhadap bahaya. Sebaik-baik umat ini adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan ilmunya, dan seburuk-buruk umat ini adalah orang yang menurunkan Al-Qur'an dan kerendahannya, dan dia mempelajarinya. Al-Qur'an dan ajarannya didasarkan pada transmisi dan bukan intelek, karena pikiran tidak diukur dengan pembayaran dan karena Pikiran bervariasi dari satu individu ke individu lainnya.
Pendidikan Islam Menurut Syaikh Muḥammad bin Ṣāliḥ al-Uthaimīn: (Prinsip dan Metode Pendidikan) Oscar Wardhana Windro Saputro
Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa Vol 9 No 2 (2019): September
Publisher : STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1037.411 KB) | DOI: 10.54214/alfawaid.Vol9.Iss2.62

Abstract

Abstrak Salah satu ulama Islam yang memberikan dampak besar didalam kemajuan pendidikan Islam adalah syaikh Muḥammad bin Sālih al-Uthaimīn yang merupakan salah satu ulama kerajaan Saudi Arabia yang memberikan sepanjang hidupnya untuk menyebarakan dakwah islam tidak hanya di kerajaan Arab Saudi saja  akan tetapi juga mempengaruhi di berbagai penjuru dunia, diantaranya Indonesia. Syaikh Muḥammad Sālih al-Uthaimīn seorang guru dan pendidik yang berpengalaman yang telah bergelut dibidang pendidikan selama lima puluh tahun samapai beliau wafat -semoga Allah merahmatinya-. Dan karya-karyanya telah tersebar disluruh dunia hingga ke Indonesia, dan diantara karya-karyanya yang tersebar dan dipelajari di Indonesia bahkan sampai diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah Qaul al Mufid, Syarḥ Riyād as-Shāliḥīn, Syarḥ al-Arbaīn an-Nawawi dll. Penelitian ini terfokus pada pendapat syaikh Muḥammad bin Shālih al-Uthaimīn dalam asas-asas dan metode-metode pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka  yang termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan angka-angka. Data primer dalam penelitian ini karya-karya syaikh al-Uthaimīn, khutbah-khutbah dan kajian-kajiannya. adapun data sekunder dari buku-buku dan dokumen yang berhubungan dengannya. Hasil dari penelitian ini adalah asas-asas pendidikan Islam menurut Syaikh adalah: pendidikan yang menyeluruh, pendidikan bertahap, pendidikan yang terus menerus, pendidikan yang terperbarukan dan sesuai dengan dalil. dan metode-metode islam yang disebutka oleh Syaikh metode suri tauladan, metode kajian, metode permisalan, metode praktek, metode tanya, metode memberi pembahasan dan jalan keluar, metode pembiasaan, metode hafalan هذا البحث مركز على رأي الشيخ العثيمين في أسس وأساليب التربية الإسلامية. هذا البحث من البحث المكتبي وهو من ضمن البحث الكيفي بدراسة الأرقام. البيانات الأولية في هذا البحث هي مؤلفات الشيخ العثيمين وخطبه ومحاضراته. أما البيانات الثانوية تكون من خلال الكتب، والوثيقة المتعلقة به. بعد إنهاء البحث وجدت النتيجة : أن أسس التربية الإسلامية التيى رآها  الشيخ هي : التربية الشاملة، التربية المتدرجة، التربية المستمرة، التربية المحافظة والمجددة، التربية وفق دليل. وأساليب التربية التي ذكرها الشيخ العثيمين هي : أسلوب القدوة، أسلوب المحاضرة، أسلوب ضرب الأمثال، أسلوب التطبيق، أسلوب السؤال، أسلوب طرح المسألة والحل، أسلوب التعويد، وأسلوب تلقين الحفظ. كلمات البحث : العثيمين، التربية الإسلامية، الأساس، الأسلوب

Page 1 of 1 | Total Record : 7