cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jpmipa.fkip@untan.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Hadari Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
ISSN : 20860234     EISSN : 25797530     DOI : 10.26418
JPMIPA is a journal publishing the mathematic, biology, chemistry, and physic also natural science mathematic eduacation, biology education, physic education, chemistry education, natural science education.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2011): Juli 2011" : 5 Documents clear
Implementasi Lesson Study Menerapkan Model STAD Untuk Meningkatkan Interaksi, Eksplorasi, dan Motivasi Siswa Pada Bahasan Dispersi di Kelas XII IPA SMA Negeri I Pontianak Khaeriyah, Siti; ., Shofiyati; Maliku,, Astin; Yetty, Dede
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol 2, No 2 (2011): Juli 2011
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.564 KB) | DOI: 10.26418/jpmipa.v2i2.2188

Abstract

The aim of this study is to find out the implementation of lesson study implementing STAD model to improve interaction, exploration and motivation of student in the dispersion topic at the XII IPA class of SMA Negeri 1 Pontianak. This research is a descriptive study that uses LKS instrumen to control the concept, assessment questionnaire response of students towards learning and observation sheet. Students who became the subject of this research is XII IPA 1 students of theschool year 2011-2012. Based on discussion and reflection, we can conclude that 1) The implementation of lesson study can improve the students interaction one another, 2) The implementation of lesson study can improve the exploration by teachers to the students, 3) Lesson study activity on the subject of disperion can enhance students movation. Key words: lesson study, dispersion, interaction, exploration, motivation
Role Playing Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Sub Bahasan Pencemaran Oktavianty, Erwina
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol 2, No 2 (2011): Juli 2011
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.444 KB) | DOI: 10.26418/jpmipa.v2i2.2189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mahasiswa pada perkuliahan fisika lingkungan sub bahasan pencemaran. Penelitian yang digunakan adalah action research. Mahasiswa program studi pendidikan Fisika Kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang Jurusan P.MIPA FKIP Untan angkatan 2006 yang berjumlah 18 orang berpastisipasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpul data berupa pengamatan lapangan, dokumentasi sedangkan alat pengumpul data adalah lembar pengamatan aktivitas mahasiswa. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh peningkatan aktivitas mahasiswa sebesar 7,4% pada siklus kedua dari siklus pertama pada perkuliahan fisika lingkungan sub bahasan pencemaran tanah, air dan udara. Kata kunci: role playing, fisika lingkungan
Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognitif melalui Model Reciprocal Taching dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa ., Afandi
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol 2, No 2 (2011): Juli 2011
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.462 KB) | DOI: 10.26418/jpmipa.v2i2.2182

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan metakognitif model Reciprocal Teaching (RT) dan Problem Based Learning (PBL), kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis serta interaksinya terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental faktorial 2x2x2 dengan subjek penelitian seluruh mahasiswa P.MIPA yang mengambil mata kuliah Biologi Umum tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran dengan pendekatan metakognitif model PBL secara signifikan lebih baik dibandingkan model RT; (2) kemandirian belajar tinggi secara signifikan lebih baik dibandingkan kemandirian belajar rendah; (3) kemampuan berpikir kritis tinggi secara signifikan lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis rendah; (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar; (5) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis; (6) tidak terdapat interaksi antara kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis; (7) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis. Kata kunci : metakognitif, reciprocal teaching, problem based learning, kemandirian belajar, kemampuan berpikir kritis
Pemanfaatan Lingkungan Lokal dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri terhadap Kinerja Mahasiswa Calon Guru Biologi Marlina, Reni
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol 2, No 2 (2011): Juli 2011
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.342 KB) | DOI: 10.26418/jpmipa.v2i2.2221

Abstract

The aim of this research is to compare the inquiry-based laboratory activities by utilizing the local environment with traditional laboratory activities on Environmental Pollution and Biological Diversity to develop a scientific performance pre-service biology teacher. The method of this research was used quasi-experiment research with groups design alternative treatment only post-test nonequivalent. The sample were 2nd semester pre-service biology teacher at biology education department that following the Environmental Science Course at FKIP Tanjungpura University, consist of 40 students. The instrument was used performance assessment. The results show the scientific performance of pre-service biology teacher who use inquiry-based laboratory activities by utilizing local environment was differ significantly with the use of traditional laboratory activities. Keywords: inquiry-based laboratory, traditional laboratory, scientific performance, local environment
Mendekati Makna Kreativitas dan Model Pembelajaran Synectics Djudin, Tomo
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol 2, No 2 (2011): Juli 2011
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.218 KB) | DOI: 10.26418/jpmipa.v2i2.2183

Abstract

Basis utama bagi munculnya kreativitas adalah penggunaan pengetahuan yang telah ada secara imaginatif (kreatif) untuk menghasilkan suatu produk yang baru, tak biasa, dan bermanfaat. Penafsiran suatu masalah dengan cara yang baru dan berbeda (restructuring) dan terciptanya proses inkubasi merupakan basis tambahan bagi munculnya kreativitas. Upaya peningkatan kreativitas dapat dilakukan guru melalui penerapan strategi brainstorming dan model synectics. Kata kunci : kreativitas, basis kreativitas, brainstorming, model synectics

Page 1 of 1 | Total Record : 5