cover
Contact Name
Iwan Ramadhan
Contact Email
iwan.ramadhan@untan.ac.id
Phone
+6289693737285
Journal Mail Official
iwan.ramadhan@untan.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan Univesitas Tanjungpura
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora
ISSN : 20878451     EISSN : 27151247     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/j-psh.
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora is the result of research on social theory, culture, education studies, and critical analysis studies of research in the socio-cultural field. The article contains the results of research and other scientific literature relating to sociology, sociology, and socio-cultural studies.
Articles 249 Documents
Membangun Peradaban Damai Dalam Perspektif Melayu ., Aswandi
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 1, No 2 (2010): Volume 1 Nomor 2 Edisi Oktober 2010
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v1i2.386

Abstract

Harmonis dan damai adalah kepribadian sejati etnis melayu. Pedoman kehidupan melayu sehari-hari adalah Al Quran dan Hadis, di dalamnya memiliki petuah, petunjuk, nasehat, pengajaran dan contoh teladan bermanfaat untuk membawa manusia ke jalan lurus yang diridhoi Allah SWT. Pedoman itu juga berisi ajaran kepribadian yang egaliter dan kosmopolitan menjadi modal utama untuk kehidupan harmonis, damai dan nyaman dalam keberagaman pergaulan antar suku dan antar bangsa masyarakat dunia.
Gambaran Tingkat Kecemasan Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Rendah Pada Mahasiswa Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tanjungpura Angkatan 2007 sampai dengan 2010 Armyanti, Ita; Tejoyuwono, Agustina Arundina Triharja; Fitrianingrum, Iit
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 4, No 1 (2013): April 2013
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v4i1.22020

Abstract

Mahasiswa kedokteran rentan mengalami kecemasan, karena sistem belajar pada program studi pendidikan dokter yang kompleks dan padat. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, terutama dengan menurunkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, adanya tuntutan akademik, harapan keluarga dan masyarakat juga turut meningkatkan beban studi mahasiswa yang dapat berakibat pada peningkatan kecemasan. Muncul gambaran tingkat kecemasan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rendah pada mahasiswa kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Universitas Tanjungpura angkatan 2007 sampai dengan 2010. Penelitian menggunakan metode deskriptif  rancangan cross sectional. Subjek penelitian adalah 29 mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Dokter FKIK Untan angkatan 2007 sampai dengan 2010 dengan Indeks Prestasi Semester (IPS) < 2.00 pada semester yang sedang dijalankan dengan nilai L-MMPI < 10. Pengumpulan data menggunakan kuisioner tertutup  serta menggunakan Beck Anxiety Inventory sebanyak 21 pertanyaan. Hasilnya adalah 29 mahasiswa kedokteran PSPD Untan, 37,9% mahasiswa memiliki  kecemasan tingkat normal, 48%  kecemasan rendah dan sedang serta 14,1% dengan kecemasan berat. Masalah akademik sering dialami oleh mahasiswa, diikuti oleh masalah sosial dan emosional.  Oleh sebab itu perlu peningkatan peranan Pembimbing Akademik untuk meningkatkan kepercayaan mahasiswa dalam menghadapi setiap kegiatan akademik.Kata Kunci: Kecemasan, Indeks Prestasi Kumulatif Rendah, Mahasiswa Kedokteran.
Way Of Living, Cleanliness And Healthy Treatment Of Elderly In The Household Of Tionghoa Ethnic Community In Saliung Singkawang Mountain Range, West Kalimantan (A Social Culture Study) Imran, Imran
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 5, No 2 (2014): Oktober 2014
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v5i2.22043

Abstract

Background: The increasing number of elderly becomes the main problem related with physical, economy and social conditions. Elderly who lives in isolated area will aggravate their living process. Community of Tionghoa ethnic who live in the Saliung mountain is a group of community who have ever been eliminated socially or politically.Objective: This research was aimed to find out problems that related with way of living, hygiene and health codition of elderly in the household of Tionghoa ethnics community.Method: This was a qualitative research that used social culture approach and intrinsic case study (participatory) design. This research was implemented in Saliung mountain range in the village of Sedau, sub district of South Singkawang, West Kalimantan. The sought variable was way of living, knowledge, attitude and personal hygiene and health behavior. Information was obtained from elderly, community, health officer, village officials, tradition and culture institution that oriented on triangulation. Data was presented in the form of diagram, documentation, direct reference and description.Result: This research was succeed in exploring knowledge, attitude and behavior of elderly in the household and various aspects that were related with the living of elderly and community of Tionghoa ethnic generally, including personal hygiene as the effect of high work productivity so that time and opportunity is very limited for for personal care.Conclusion: Problems of way of living, personal hygiene and health condition of Tionghoa ethnic community in Saliung mountain were related with perspectives in order health intervention to succeed.Keyword: way of living, cleanliness and healthy treatment of Tionghoa Saliung elderly, social culture.
Pengendalian Sosial Perilaku Siswa Dalam Proses Pembelajaran DI Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Ambawang Gayatri, Rina Segar
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 8, No 1 (2017): April 2017
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v8i1.22060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian sosial perilaku siswa dengan cara preventif, represif, dan kuratif dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengendalian sosial perilaku siswa dengan cara preventif, represif dan kuratif yang dilakukan oleh 2 orang guru mata pelajaran terhadap 5 orang siswa yang sering membolos dan menyontek sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan oleh guru selalu memberikan nasehat, membimbing serta memberikan pengarahan dan ajakan kepada siswa yang menyontek dan sering membolos sebelum memulai proses pembelajaran maupun diakhir pembelajaran, selain itu juga memberikan teguran dan hukuman kepada siswa. Kata Kunci: Pengendalian Sosial, Perilaku Siswa, Proses Pembelajaran.
MINAT BACA BUKU SOSIOLOGI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR XI IPS SMAN 3 PONTIANAK Andika Putra, Abang
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 9, No 2 (2018): Edisi Oktober 2018
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v9i2.33216

Abstract

This study aims to know the students read the book sociology to improve learning outcomes in class XI SMA Negeri 3 Pontianak. This research method using descriptive qualitative. This research data source class XI IPS and data is data amid the semester test scores of students into information for researchers. Through observation, interviews and documentation to guide data collection tools of observation, interview guides. Results from this study showed that supporting students' interest in sociology books: factors originating from within the students such as concern, excitement, and a willingness to provide time for mebaca. There are also factors that come from outside the student namely the role of the teacher is always memperngruhi motivate the willingness and tendency to always read. Other than that, facilities support activities to read that the library and the internet have been provided making it easier for students to find the sources of reading material. Students read the book sociology to improve learning outcomes in class XI IPS SMAN 3 Pontianak interests and learning outcomes are pretty good on the subjects of sosilogi because they said there attitudes interest in the ability to conduct reading concerning the cognitive Understand the content of reading, as well as affective trying to read and study harder and psychomotor ask if there is not yet understood.
ANALYSIS OF COOPERATION BETWEEN CLASS XII IIS 2 STUDENTS IN MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK HIGH SCHOOL Isman, Heryana M
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 10, No 2 (2019): EDISI OKTOBER 2019
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.87 KB) | DOI: 10.26418/j-psh.v10i2.35814

Abstract

This study aimed to describe the spontaneous cooperation, contracts, and traditional inter IIS 2 class XII students at SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. The method used is qualitative approach. The results showed that spontaneous cooperation among students have been executed better, but not perfect because there are students who are less well spontaneous cooperation. Besides the cooperation contract between the students has been reached with the good, it is characterized by cooperation between students when carrying picket class and their prayer materials to other students. While the traditional cooperation between students has also been going well between them visible influence each other as well as snacks at canteen, there is always one of the students who invited more friends for snacks at canteen together, and call it received good response by other friends to be said that these interactions may affect the behavior of other individuals by creating social relations among them
Memupuk Kemandirian Sebagai Strategi Pengembangan Kepribadian Individu Siswa Dalam Belajar Sabri, Tahmid
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 1, No 1 (2010): Volume 1 Nomor 1 Edisi April 2010
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v1i1.381

Abstract

Menurut KTSP, kurikulum tahun 2006, bahwa dalam suatu pembelajaran, sasaran utama yang akan dicapai dalam pembelajaran meliputi 4 pilar pendidikan (Learning to know/penguasan pengetahuan; Learning to do/penguasaan keterampilan; Learning to be/pengembangan diri; dan Learning to live together/belajar untuk bermasyarakat), dengan kata lain pengetahuan yang dikembangkan pada anak, tidak hanya aspek kognitif saja, namun aspek lain juga sangat diperlukan seperti aspek apektif, psikomotor, termasuk aspek sosial yang lebih mengedepankan Perlunya pengembangan kemandirian bagi siswa melalui kegiatan belajar di sekolah, di mana peran orang tua dan guru sangat menentukan agar kelak anak-anak kita menjadi anak-anak harapan masa depan yang memiliki sikap dan perilaku yang mandiri, terampil, cekatan, kreatif dan berakhlakul karimmah serta bertanggung jawab dan bersikap demokratis.
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI KEPENDIDIKAN (LPTK) ., Purwanti
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 3, No 2 (2012): Edisi Oktober 2012
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v3i2.2240

Abstract

Perguruan tinggi memiliki peranan starategis dalam melaksanakan pendidikan karakter. Upaya itu dapat berbentuk mata kuliah tersendiri (monolitik), terintegrasi dalam mata kuliah yang relevan, juga penciptaan kultur kampus yang mendukung terbentuknya pendidikan karakter guna membangun karakter yang kuat bagi civitas akademika perguruan tinggi. Karakter seseorang atau sekumpulan orang atau bangsa berasal dari kebiasaan atau perilaku yang terbiasa (habits). Perilaku yang terbiasa berasal dari tindakan pertama (action) yang dikendalikan oleh cara berpikir (mind seat). Sehingga langkah awal membangun karakter adalah harus di mulai dari membangun cara berpikir (mind seat) terlebih dahulu, sehingga bisa tercipta kebiasaan berpikir yang baik, kebiasaan merasakan hal yang baik, kebiasaan berperilaku baik dan harapannya akhir adalah terbentuknya karakter yang baik (good character). Jalan yang dapat ditempuh untuk membentuk kebiasaan itu di lembaga pendidikan adalah melalui pembelajaran. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Integrasi, LPTK.
Pembinaan Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah Holi Di Kelurahan Tanjung Hilir Kecamatan Pontianak Utara Daniel, Stefanus
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 5, No 1 (2014): April 2014
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v5i1.22036

Abstract

This study aims to describe the development of street children, how its implementation, development activities as well as constraints during the development of street children from Holi halfway house Kel. Tanjung Hilir, Kec. Pontianak Utara. The method used is descriptive method with qualitative approach with the goal of researchers can learn more about the role of Holi halfway house. The results showed that the coaching street children in Holi halfway house focused on fostering educational, spiritual and social. Direct spiritual guidance to shape the behavior of the child in accordance with religious norms. Coaching aims discipline children early so that children have mental self-discipline and discipline time. Aimed at fostering social relationships so that children can have a good relationship between the members in the social environment. Coaching hygiene for children to know the importance of target children clean and healthy living. Keywords : Fostering, Street Children, Halfway House, Qualitative.
Interaksi Sosial Asosiatif Antara Anak Putus Sekolah Dan Masih Bersekolah Di Desa Syahrin, Alif Alfi
Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol 8, No 1 (2017): April 2017
Publisher : UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/j-psh.v8i1.22055

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interaksi sosial asosiatif antara anak putus sekolah dan masih bersekolah di Desa Pelimpaan Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas dalam bentuk kerukunan, bargaining dan nilai-nilai sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Alat pengumpul data yaitu panduan observasi, panduan wawancara dan alat dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kerukunan gotong-royong pesta pernikahan berjalan baik, adanya pembuatan tarup, besurong, kuli aek dan ngarak penganten dan bentuk aktivitas tolong-menolong dalam produksi hasil perkebunan dan pertanian seperti panen buah kelapa dan panen sayur sawi. Bentuk bargaining sudah cukup baik dibuktikan dengan bargaining distributif antara lain dalam pengolahan produksi kebun kelapa, selanjutnya bargaining integratif antara lain produksi hasil pertanian dan keluar pada malam minggu dan malam kamis. Bentuk nilai-nilai sosial sudah berjalan dengan baik ditandai adanya pembuatan tenda, pembuatan bangku santai, pembuatan pondok dan membantu pekerjaan kecil tetangga.Kata Kunci: Interaksi Sosial Asosiatif, Anak Putus Sekolah, Anak Masih  Bersekolah.

Page 1 of 25 | Total Record : 249