cover
Contact Name
Perminas Pangeran
Contact Email
perminas@staff.ukdw.ac.id
Phone
+62274-563929
Journal Mail Official
jrmb@staff.ukdw.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin S. No. 5-25, Yogyakarta 55224
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 19077343     EISSN : 27147312     DOI : http://dx.doi.org/10.21460/jrmb
Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi studi-studi terbaru dari para peneliti manajemen dan bisnis. Artikel-artikel empiris yang menyajikan riset yang akurat dan teliti secara metodologis dan temuan yang mencerahkan sangat dinantikan. Kami memastikan proses penyuntingan dan ulasan sejawat yang berkualitas tinggi untuk menegakkan integritas ilmiah dan memberikan asupan pengetahuan terbaik untuk masyarakat yang lebih luas. Kami hanya menerima karya asli penulis yang belum pernah diterbitkan di jurnal atau penerbitan lainnya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis menyambut paper-paper dalam bidang-bidang berikut: Manajemen Keuangan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi Kewirausahaan Manajemen Pengetahuan dan Inovasi Manajemen Strategik
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis" : 6 Documents clear
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE Rizky Dwijantoro; Bernadin Dwi; Nobelson Syarief
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.066 KB) | DOI: 10.21460/jrmb.2021.162.392

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada pelanggan marketplace Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan apakah keputusan pembelian pada marketplace Shopee dipengaruhi oleh harga, kualitas produk dan promosi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah melakukan pembelian melalui Shopee. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu berjumlah 75 responden dengan metode Purposive Sampling dengan menyebarkan kuisioner melalui googleform. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Promosi juga yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: keputusan pembelian, harga, kualitas produk, promosi ABSTRACT This study uses a quantitative descriptive method conducted on Shopee marketplace customers. The purpose of this research is to find out and prove whether purchasing decisions in the Shopee marketplace are determined by price, product quality, and promotion. The population in this study were students who had made purchases through Shopee. The sample taken in this study was to find 75 respondents using the purposive sampling method by distributing questionnaires through google form. The analytical technique used is descriptive analysis and inferential analysis using Partial Least Square (PLS) analysis tool. The results showed that the variables of price and product quality had an effect on purchasing decisions. Promotion also has a positive and significant effect on purchasing decisions. Keywords: purchase decision, price, product quality, promotion
OPTIMALISASI APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE FOOD SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID 19 Adhita Maharani Dewi
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2021.162.393

Abstract

ABSTRAK Dampak pandemic Covid 19 mengakibatkan banyak perusahaan gulung tikar, sehingga terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan. Sisi positif dari pemutusan hubungan kerja, muncul UMKM baru yang bergerak dibidang kuliner. Pemasaran yang dilakukan oleh UMKM melibatkan e-commerce. Salah satu e-commerce yang konsisten melakukan perubahan terhadap fitur – fiturnya adalah Shopee. Ditahun 2020 Shopee meluncurkan fitur baru yaitu Shopee food. Lewat fitur ini UMKM bisa mendaftar sebagai penjual. Shopee food menawarkan beberapa kemudahan bagi konsumen maupun penjual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peran ecommerce shopee food sebagai media pemasaran bagi UMKM dimasa pandemic covid 19. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesiner melalui google form. Varibel X dalam penelitian ini adalah diskon, cash back dan shopee pay. Sedangkan variable Y adalah Keputusan Pembelian. Varibel X memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini  variabel yang paling dominan adalah diskon. Toko yang memberikan diskon secara berkesinambungan akan menimbulkan minat beli konsumen yang lebih tinggi. Kata kunci : keputusan pembelian, diskon, cash back, shopee pay.  ABSTRACT The impact of the Covid-19 pandemic has resulted in many companies going out of business, so they were forced to lay off their employees. The positive side of the termination of employment, new MSMEs are emerging that are engaged in the culinary field. Marketing carried out by MSMEs involves e-commerce. One of the e-commerce companies that consistently makes changes to its features is Shopee. In 2020 Shopee launched a new feature, namely Shopee food. Through this feature, MSMEs can register as sellers. Shopee food offers several conveniences for consumers and sellers. The purpose of this study was to determine the extent of the role of shopee food e-commerce as a marketing medium for MSMEs during the covid 19 pandemic. This research was conducted by distributing questionnaires via google form. X variables in this study are discounts, cash back and shopee pay. While the variable Y is the Purchase Decision. Variable X has a positive influence on purchasing decisions. The result of this research is the most dominant variable is discount. Stores that provide discounts on an ongoing basis will lead to higher consumer buying interest. Keywords:  buying decision, discount, cash back, shopee pay.
PENGARUH MOBILE BANKING, BOPO, DPK, DAN TRANSAKSI VALAS TERHADAP FEE BASED INCOME Sherlita Ribkha Rahayu; Murti Lestari
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2021.162.408

Abstract

ABSTRAKLayanan jasa perbankan merupakan kegiatan yang dilakukan bank untuk menunjang kegiatan utamanya. Layanan jasa perbankan menghasilkan pendapatan berupa fee atau dikenal dengan fee base income. Pesatnya perkembangan teknologi mendorong industri perbankan untuk berinovasi, terutama pada produk layanan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Dana Pihak Ketiga (DPK), transaksi valas, dan Mobile banking (M-banking) terhadap fee based income. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah Bank Swasta Nasional dengan nilai asset terbesar di Indonesia periode 2006-2020. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel (pooled). Penelitian ini menggunakan Model Regresi Fixed effect. Hasil Penelitian menunjukan bahwa transaksi valas berpengaruh positif signifikan terhadap fee based income. Sedangkan BOPO, DPK, dan M-banking tidak berpengaruh signifikan terhadap fee based income.Kata Kunci: BOPO, DPK, transaksi valas, M-banking, fee base income, Regresi Fixed effectABSTRACTBanking services are activities carried out by banks to support their main activities. Banking services generate income in the form of fees or known as fee base income. The rapid development of technology encourages the banking industry to innovate, especially in service products. This study aims to analyze how the influence of Operating Income Operating Expenses (BOPO), Third Party Funds (DPK), foreign exchange transactions, and mobile banking (M-banking) on fee based income. The sampling technique used is purposive sampling technique. The sample used is the National Private Bank with the largest asset value in Indonesia for the period 2006-2020. The data analysis used in this study is panel data regression (pooled). This study uses the Fixed effect Regression Model. The results of the study show that foreign exchange transactions have a significant positive effect on fee-based income. Meanwhile, BOPO, DPK, and M-banking have no significant effect on fee-based income.Keywords: BOPO, DPK, foreign exchange transactions, M-banking, fee base income, Regression Fixed effect
PENGARUH KOMPETENSI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KPP PRATAMA JAKARTA PANCORAN Muhammad Rifqi Fahreza; Zackharia Rialmi; Ranlla Suciati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2021.162.394

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai di KPP Pratama Jakarta Pancoran. Populasi pada penelitian ini ada seluruh pegawai KPP Pratama Jakarta Pancoran yang berjumlah 113 pegawai. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 88 pegawai dengan penggunaan rumus slovin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu dengan cara penyebaran kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Metode statistik yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian diperoleh hasil (1) kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai KPP Pratama Jakarta Pancoran, dan (2) pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pegawai KPP Pratama Jakarta Pancoran Kata Kunci: kompetensi, pengalaman kerja, kinerja pegawai ABSTRACT This study is a quantitative study that aims to determine the effect of competence and work experience on employee performance at KPP Pratama Jakarta Pancoran. The population in this study were all employees of KPP Pratama Jakarta Pancoran totaling 113 employees. The number of samples used in this study was 88 employees using the slovin formula. The data used in this study is primary data, namely by distributing questionnaires. The data analysis technique used in this research is the quantitative data analysis technique using statistical methods. The statistical method used is Partial Least Square (PLS). The test results obtained (1) competence has a positive and significant effect on the performance of KPP Pratama Jakarta Pancoran employees, (2) work experience has a positive and significant effect on the performance of KPP Pratama Jakarta Pancoran employees. Keywords: competence, work experience, employee performance
PENGARUH MEDIA SOSIAL, BRAND INFUENCER DAN KESADARAN MEREK TERHADAP MINAT BELI DI MARKETPLACE SHOPEE PADA SAAT PANDEMI COVID-19 Jonathan Herdioko; Carmel Verona Karisma
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2021.162.395

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media, brand influencer, dan kesadaran merek terhadap minat beli di Marketplace Shopee pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 157 responden yang tersebar di tiga wilayah antara lain Indonesia Bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah, dan Indonesia Bagian Timur, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, variabel brand influencer berpengaruh signifikan terhadap minat beli, variabel kesadaran merek berpengaruh terhadap minat beli. Asal daerah sebagai pemoderasi variabel brand influencer dan kesadaran merek tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Pendapatan sebagai pemoderasi variabel brand influencer dan kesadaran merek tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Kata Kunci: Media Sosial, Brand Influencer, Kesadaran Merek, Minat Beli  ABSTRACT This research is aimed to acknowledge the effects of social media, brand influencer, and brand awareness towards Shopee Marketplace buying intention during the Covid-19 pandemic. This research uses the quantitative approach by survey. There were 157 samples used and they came from the three regions of Indonesia. The purposive sampling method was used in this research. The results of this study indicate that partially, the social media variable has no significant effect on buying interest, the brand influencer variable has a significant effect on buying interest, the brand awareness variable has an effect on buying interest. Regional origin as a moderating variable for social media and brand awareness has no significant effect on buying interest. Income as a moderating variable for brand influencers and brand awareness has no significant effect on buying interest. Keyword: Social Media, Brand Influencer, Brand Awareness, Buying Interes
FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN KINERJA KARYAWAN OUTSOURCING SUBBAGIAN PENGELOLAAN PIUTANG: STUDI PADA PT. PLN UP3 TELUK NAGA TANGERANG Yandri Daya Pandera; Syarif Ali; Wahyudi Wahyudi
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2021.162.396

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penyebab penurunan kinerja karyawan outsourcing subbagian pengelolaan piutang PT PLN (Persero) UP3 Teluk Naga Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara semi terstruktur dengan partisipan yang diantaranya adalah supervisor subbagian pengelolaan piutang, koordinator karyawan subbagian pengelolaan piutang, dan perwakilan karyawan outsourcing subbagian pengelolaan piutang. Untuk membuktikan keabsahan data dalam penelitian, peneliti menggunakan metode triangulasi data, dan selanjutnya data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan tiga faktor utama yaitu, keterampilan & keahlian, kepemimpinan, serta beban kerja yang saling memiliki keterikatan terhadap faktor lainnya sikap kerja, motivasi, kepuasan kerja, loyalitas, dengan perannya masing-masing sebagai penyebab dari penurunan kuantitas kinerja karyawan outsourcing subbagian pengelolaan piutang PT PLN (Persero) UP3 Teluk Naga Tangerang yang disebabkan adanya kondisi pandemi Covid-19. Kata Kunci: kinerja karyawan, karyawan outsourcing, PT.PLN, pandemi covid-19 ABSTRACT This study aims to determine and analyze the cause of the decline in the performance of outsourcing employees in the recieveable management sub-section of PT PLN (Persero) UP3 Teluk Naga. This research uses a qualitative method with a case study approach, data collection techniques in this study were conducted by interview, observation, and documentation methods. Interviews were conducted in a semi-structured manner with five participants, including supervisor of the accounts receivable management sub-section, coordinators of the accounts receivable management sub-section, and representatives of outsourced employees of the accounts receivable management sub-section. To prove the validity of the data in the study, the researcher used the data triangulation method, and then the data was analyzed by performing data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study found three factors, namely skills & expertise, leadership, and workload which have a mutual attachment to other factors, namely work attitude, motivation, job statisfaction, employee loyalty, with their respective roles as the cause of the decrease in the quantity of the employee performance outsourcing sub-section management of accounts receivable PT PLN (Persero) UP3 Teluk Naga Tangerang, which was triggered by the Covid-19 pandemic condition. Keywords: employee performance, outsourcing employee, PT PLN, Covid-19 pandemic

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 8, No 1 (2013): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 5, No 2 (2010): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2010): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis More Issue