cover
Contact Name
Yasinta Maria Fono
Contact Email
yasintamariafono@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcp@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 27751589     EISSN : 27751589     DOI : -
Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu pendidikan (pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan matematika, pendidikan musik dan pendidikan IPA). JCP menggunakan Turnitin untuk mengecek plagiasi naskah artikel. JCP diterbitkan 4 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan" : 20 Documents clear
TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN Dinda Berliana; Cucu Atikah
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.963

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas teori multiple intelligences serta implikasinya dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka. Hasil dan pembahasan penelitian ini membahas teori multiple intelligences oleh Howard Gardner serta implikasinya dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini ialah setiap individu memiliki potensi yang beragam. Potensi itu dibawa anak sejak lahir yang meliputi kecerdasan linguistik, kecerdasan logis matematis, kecerdasan visual spasial, kecerdasan musikal,kecerdasan kinestetik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan eksistensial. Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki setiap anak. Oleh karena itu, guru perlu merancang pembelajaran yang bermakna dan berkualitas sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak sehingga kecerdasan tiap anak dapat berkembang secara optimal.
PERAN ANIMASI SEBAGAI TONTONAN ANAK DALAM MEMBENTUK IDENTITAS GENDER Laily Surayya
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1287

Abstract

Identitas gender sangat penting bagi anak usia dini karena dapat menentukan bagaimana peran, sikap, dan perilaku anak di kehidupan sehari-hari, maupun di masa mendatang. Namun, banyak yang tidak paham perbedaan antara gender dan jenis kelamin bahkan tidak sedikit pula yang mengartikan bahwa gender dan jenis kelamin adalah hal yang sama. Tulisan ini bertujuan memberikan informasi tentang penggambaran peran gender pada animasi tontonan anak untuk mengenalkan peran gender dalam pembentukan identitas gender anak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif tipe kajian literatur berdasarkan temuan artikel ilmiah yang relevan bersumber dari Google Scholar, ResearchGate, dan Science Direct. Temuan dari literatur-literatur memaparkan bahwa, di dalam animasi terdapat informasi peran gender yang dapat memengaruhi anak dalam pembentukan identitas gender, meskipun tidak sedikit pula kesan negatif gender ditampilkan dalam animasi. Animasi memiliki pembawaan yang menarik sehingga anak tertarik untuk menonton dan secara tidak langsung dapat membantu anak dalam pembentukan identitas gender.
PENGEMBANGAN NILAI MORAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA Dhika Setya Ningrum
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1397

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode yang digunakan dalam pengembangan nilai moral anak usia dini. Beberapa metode yang digunakan antara lain : bercerita, bermain, karya wisata, bernyanyi, outbond, pembiasaan, teladan, syair, dan diskusi. Dari beberapa metode yang sering digunakan adalah metode bercerita. Metode pengembangan nilai moral ini ternyata dapat berpengaruh terhadap perubahan perilaku anak. Melalui bercerita, orang tua maupun guru bisa menceritakan secara menarik mengenai suatu tokoh yang berperilaku baik, sehingga dengan begitu anak akan terdorong untuk berperilaku dari yang tidak baik menjadi baik. Adapun kendala yang dihadapi dalam metode pengembangan nilai moral tersebut adalah kurangnya pengetahuan atau teknik dalam bercerita dan kurangnya media yang digunakan dalam bercerita, sering terjadi ketidaksesuaian antara apa yang dilakukan oleh guru disekolah dengan apa yang dilakukan oleh orang tua dan lingkungan sekitar tempat ia tinggal.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDIDIKAN INKLUSI Tiara Yanuar; Diah Anggraeny; Siti Mahmudah
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1787

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pemahaman terkait dengan meningkatkan kemampuan sosial ABK melalui pendidikan inklusi. Metode yang digunakan merupakan sebuah telaah deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui studi kepustakaan. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan inklusi dapat memberikan kesempatan bagi ABK dalam menerima dan memahami perbedaan yang ada pada tiap anak. Penempatan mereka dalam kelas regular memberikan manfaat seperti citra diri yang positif, keterampilan sosial lebih baik, perilaku yang sesuai di kelas, dan prestasi akademik yang baik atau lebih tinggi. Program inklusi berdampak positif pada pengembangan kognitif dan sosial peserta didik, sehingga ABK dapat mempunyai kemampuan sosial lebih baik ketika berada di sekolah inklusi.
STRATEGI MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Diah Rahmasari
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1831

Abstract

Sekolah merupakan tempat bagi siswa dalam menuntut ilmu. Sering kita jumpai bahwa masalah yang sering dihadapi di dalam kelas adalah adanya peserta didik yang kurang fokus atau perhatian memperhatikan guru dalam mengajar. Siswa juga suka mengobrol sendiri dengan temannya serta sering siswa bermain sendiri karena merasa bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah. Strategi mengajar guru yang diterapkan dalam meningkatkan minat belajar siswa, yakni: (1) guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi; (2) memberikan motivasi kepada peserta didik; (3) mengelola kelas dengan baik; (4) merangcang media pembelajaran yang efektif dan efisien; (5) memberikan reward atau hadiah kepada siswa, dan (6) buatkan kelompok belajar siswa.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL KAYUNG (ANGKA PAYUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN Galuh Resa Wulandari
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1839

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian desain dan pengembangan. Tujuan pengembangan model pembelajaran berbasis permainan tradisional Kayung (Angka Payung) ini yaitu untuk merancang strategi pembelajaran matematika anak usia dini yang tepat agar dapat meningkatkan perkembangan kognitf anak meningkat terutama dalam hal kemampuan berfikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun di TK Nada Ashobah. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Nada Ashobah. Pengembangan permainan sendiri melalui beberapa tahap yaitu: 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Sedangkan model pembelajaran berbasis permainan kayung terdiri dari empat tahapan yaitu 1) tahap persiapan, 2) pra permainan, 3) saat permainan, dan 4) penutup/setelah permainan. Hasil penelitian ini yaitu moel pembelajaran berbasis permainan kayung (angka kayung) ini dapat diterapkan dengan mudah pada anak. Dengan menggunakan model pembejaran ini membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anak terkait dengan pengenalan simbol angka dan konsep dasar berhitung.
EFEKTIFITAS METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Herlina Amelia Jaelani; Dya Qurotul A`yun
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan perkalian bagi siswa sekolah dasar. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode, wawancara dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan model menurut Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan perkalian siswa, hasil tes menunjukkan bahwa 3 dari 5 siswa memiliki keterampilan berhitung yang baik. Selain itu, terdapat 3 kriteria keefektifan metode pembelajaran. Pertama, ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 3 dari 5 siswa mencapai kriteria ketuntasan. Kedua, terdapat peningkatan dan perbedaan nilai yang dapat dilihat dari kegiatan mengerjakan tes. Ketiga, metode pembelajaran dikatakan efektif apabila dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa Setelah melakukan proses pembelajaran menggunakan metode jarimatika, siswa merasa senang dan mudah untuk menyelesaikannya.
KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Haulah Nahwa Tunnisa; Nurfuadi
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1892

Abstract

Pengelolaan kelas yang efektif dapat berdampak positif terhadap semangat belajar siswa. Artikel ini membahas tentang pentingnya pengelolaan kelas yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Artikel ini berisi tentang upaya guru dalam memotivasi belajar siswa. Artikel ini didasarkan pada tinjauan literatur dari sumber-sumber yang relevan. Hasil dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan menumbuhkan semangat belajar siswa. Artikel ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi guru dalam memotivasi belajar siswa melalui pengelolaan kelas.
STIMULASI ASPEK SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI Irma Sulistiawati; Uswatun Hasanah Ahmad; Sari Pratama Gulo; Khairani Kurniawan Putri
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1900

Abstract

Anak yang memiliki keterampilan sosial-emosional yang baik cenderung bisa beradaptasi dengan lingkungan dan berhasil dalam pembelajaran. Namun, kondisi pandemi COVID-19 telah membuat interaksi sosial anak menjadi sangat terbatas. Studi ini adalah kajian literatur untuk mengetahui pentingnya kematangan sosial-emosional anak usia dini dalam persiapan memasuki Sekolah Dasar dan bagaimana cara stimulasinya. Studi ini diawali dengan menetapkan beberapa kata kunci yang relevan dengan topik penelitian, menerapkan kriteria inklusi pada artikel yang akan dicari, pencarian artikel, dan diakhiri dengan penulisan kajian literatur. Pada kondisi pandemi COVID-19, stimulasi berbasis rumah menjadi hal yang penting untuk dioptimalkan. Keterlibatan orangtua dan significant others, sebagai sistem terdekat anak (mikrosistem), sangat dibutuhkan agar anak bisa mencapai perkembangan sosial-emosional sesuai tahapan usianya. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah dapat menjadi masukan bagi orangtua untuk terlibat aktif dalam memberikan stimulasi perkembangan sosial-emosional anak. Harapannya, stimulasi berbasis rumah ini akan dilakukan oleh orangtua secara konsisten, bukan hanya dalam kondisi pandemi COVID-19.
PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR E-MODUL DALAM PROSES PEMBELAJARAN Yunita Lastri
Jurnal Citra Pendidikan Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Citra Pendidikan
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcp.v3i3.1914

Abstract

guru membutuhkan bahan ajar yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan efesiensi dan efektivitas belajar siswa. Bahan ajar mempunyai peran yang signifikan bagi guru maupun siswa dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi saat ini membuat perubahan terhadap bahan ajar salah satunya pengembangan bahan ajar digital yaitu e-modul atau modul elektronik. Artikel ini mejelaskan tentang arti dan karakteristik e-modul, manfaat e-modul, kelebihan dan kekurangan e-modul, prinsip pengembangan e-modul serta komponen e-modul. Pemanfaatan e-modul dalam proses pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Bahan ajar yang berkualitas dapat membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi dengan baik dan tentunya akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Kata Kunci: Bahan ajar, E-modul, Proses pembelajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 20