cover
Contact Name
Damianus D. Samo
Contact Email
damianus.damo@staf.undana.ac.id
Phone
+6285239272877
Journal Mail Official
editorial.haumeni@undana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Jl. Adisucipto Penfui Kupang, NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Haumeni Journal of Education
ISSN : -     EISSN : 27981991     DOI : -
Core Subject : Education,
Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, pengembangan profesionalisme guru, studi kasus, studi teoritik, review artikel bidang pendidikan serta topik pendidikan lainnya dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif dll. Haumeni Journal of Education akan terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember 2022" : 5 Documents clear
Faktor Penghambat Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP Undana Salman Alfaris
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata mengenai faktor penghambat keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Program studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Undana (PTM). Ada dua faktor yang dikaji yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari kecerdasan dan motivasi sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan kampus, tugas akhir dan teman angkatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods. Populasi penelitian sebanyak 62 mahasiswa PTM angkatan 2016-2018. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal dan eksternal berpengaruh terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa PTM. Pengujian hipotesis faktor internal terhadap keterlambatan penyelesaian studi diperoleh -2,801<0,349 terdapat hubungan signifikan. Pengujian hipotesis faktor eksternal terhadap keterlambatan penyelesaian studi diperoleh -3,207<0,349 terdapat hubungan signifikan. Nilai F yang diperoleh sebesar 6,599 dengan sig. = 0,005 < 0,05, nilai Koefisien determinasi sebesar 32,8%. Faktor internal berkontribusi 13,1% (Motivasi 7,5% dan Kecerdasan 5,6%), dan faktor eksternal berkontribusi 19,6% (Lingkungan kampus 6,1%, Tugas akhir 9,3% dan Teman angkatan 4,3%). Hasil wawancara sejumlah responden menyatakan bahwa faktor malas dan faktor tugas akhir berpengaruh terhadap keterlambatan penyelesaian studi.
Pengalaman Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Lintas Prodi di Lingkungan Universitas Nusa Cendana Adit Nabuasa; Irna Karlina Sensiana Blegur
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar mahasiswa setelah mengikuti pertukaran mahasiswa lintas prodi di lingkungan Universitas Nusa Cendana. Selain itu, penelitian ini juga ditujukan sebagai evaluasi pelaksanaan kebijakan MBKM pertukaran mahasiswa lintas prodi di lingkungan Universitas Nusa Cendana tahun 2022. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data in-depth interview (wawancara mendalam). Wawancara mendalam dilakukan terhadap 9 orang mahasiswa semester 6 yang mengikuti program pertukaran mahasiswa lintas prodi. Hasil wawancara yang telah terkumpul kemudian dianalisis untuk memperoleh informasi terkait pengalaman belajar dalam kebijakan MBKM pertukaran mahasiswa lintas prodi. Adapun hasil yang ditemukan adalah sebagai berikut: 1) Dari segi konten materi, mahasiswa mendapat banyak ilmu setelah mengikuti program pertukaran mahasiswa. Ilmu yang dterima pun bervariasi tergantung jenis matakuliah yang diambil. 2) Dari segi lingkungan belajar ditemukan bahwa masih terdapat metode pembelajaran yang monoton dan tidak variatif serta kolaborasi yang minim antar sesama mahasiswa dan dosen menyebabkan hilangnya minat untuk belajar. 3) Dari segi ketersediaan fasilitas belajar yang memadai ditemukan ketidakmerataan penyediaan fasilitas mengajar.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Hartoyo Yudhawardana
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang perlu disoroti dalam belajar serta dipandang sebagai bagian dasar dari pembelajaran sains di sekolah. Hal ini dikarenakan sains khususnya Fisika berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari yang cakupan topiknya berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini karena kemampuan pemecahan masalah membantu siswa untuk berpikir kritis ,lalu berdampak pada memecahkan masalah berdasarkan konsep dan teori yang relevan.Metode penelitian adalah kajian teori tentang Model Pembelajaran (CPS) Model Creative Problem Solving meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Dari hasil kajian literature dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dari 75% menjadi 93,75%, disamping itu, siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya. Tidak hanya dengan cara menghafal tanpa dipikir, keterampilan memecahkan masalah memperluas proses berpikir kritis
Pengembangan Media Pecahan Sebagai Alternatif Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Dorince Y. Liunima
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan produk berupa media papan pecahan yang layak, praktis, menarik dan efektif sehingga dapat diimplemetasikan dalam pembelajaran matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan untuk mengatasi masalah minat belajar matematika dan rendahnya hasil belajar matematika materi operasi pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik angket dan tes. Selanjutnya, instrument yang digunakan yaitu angket validasi media papan pecahan oleh ahli media dan ahli materi serta angket respon guru dan siswa. Selain itu, penelitian ini juga menguji hasil belajar peserta didik melalui tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran papan pecahan layak, menarik, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD Inpres Bokong 1, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Santifik Menggunakan Model 4-D pada Materi Koordinat Kartesius Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 18 Kota Kupang Suryani Rambu Justicia Djakadana; Christine K. Ekowati; Magdalena Wangge
Haumeni Journal of Education Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan model 4-D pada materi koordinat kartesius siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kupang yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan yang mengacu pada Model 4-D (Four-D Model) yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Pada tahap penyebaran tidak dilakukan karena tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan RPP, bahan ajar dan LKPD yang baik dan efektif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respons siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif.Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kevalidan RPP sebesar 87,03%, kevalidan Bahan Ajar sebesar 87,5% dan kevalidan LKPD sebesar 87,45% yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat yang dihasilkan praktis karena lembar penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori sangat baik. Perangkat juga memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi aktivitas siswa, respons siswa dan hasil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5