cover
Contact Name
YULIANAH PRIHATIN
Contact Email
disastrijournal@gmail.com
Phone
+6285856391479
Journal Mail Official
disastrijournal@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia, Jl. Irian Jaya No 55 Tebuireng Tromol Pos IX Jombang Tel 085856391479
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 2716411X     EISSN : 27223329     DOI : https://doi.org/10.33752/disastri
Core Subject : Education,
Disastri adalah jurnal ilmiah bahasa dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia Universitas Hasyim Asyari. DISASTRI (Jurnal Bahasa dan Sastra Program Studi) berfokus pada studi bahasa, sastra dan pengajaran Bahasa Indonesia. Jurnal ilmiah ini adalah kumpulan studi ilmiah dari komunitas akademik Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia Universitas Hasyim Asyari dan komunitas akademik dan peneliti yang memiliki studi sesuai dengan fokus dan ruang lingkup jurnal Disastri. Jurnal Ilmiah ini diterbitkan tiga kali dalam satu tahun yaitu bulan April, Agustus dan Desember. Tim editor dan pengulas adalah personil yang sesuai dengan bidangnya, sehingga menjamin konten artikel yang substansial dan diterbitkan. Editor dan tim akan terus meningkatkan kualitas artikel yang diterbitkan untuk meningkatkan nilai akreditasi jurnal.
Articles 71 Documents
NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMAN ANISIMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Ilmu Hamimah; Mamluatun Ni’mah; Magfirotul Hamdiah
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 4 No 3 (2022): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis nilai religius yang terdapat dalam novelHati Suhita karya Khilma Anis dan mendeskripsikan implikasi penelitian terhadap pembelajaransastra dan bahasa Indonesia. Metodel yang digunakanl dalam penelitianl ini adalahl metodelkualitatif denganl jenis penelitianl yang lberupa ldeskriptif. Dalam penelitian kualitatif, yangllmenjadi instrumen lutama ladalah peneliti litu sendiril atau anggotal tim lpeneliti. Sumber datadalam penelitian ini adalah novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Analisisl dalam penelitianl inidilakukanl dengan teknikl analisis lisi, yaitul membahas danl mengkaji isil novell Hati Suhital karyalKhilma lAnis melaluil pendekatanl nilai lreligius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel HatiSuhita karya Khilma Anis terdapat nilai religius yang terdiri dari hubungan manusia dengan Tuhan,hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dan hubunganmanusia dengan lingkungan alam. Nilai religius dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis dapatdiimplikasikan pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM PENDEK BERJUDUL ALDY KARYA HADI RAMNIT Angga Wahyu Firmansyah; Resdianto Permata Raharjo; Titik Indarti
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 4 No 3 (2022): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan islam yangterkandung dalam setiap dialog dari para tokoh dalam film pendek berjudul “Aldy”karya Hady Ramnit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan studi pustakamelalui jurnal dan buku. Data diperoleh melalui analisis film pendek berjudul “Aldy” dikanal Youtube Hady Ramnit menggunakan teknik simak dan catat. Teknikpenganalisisan data; 1) identifikasi nilai-nilai pendidikan agama islam yang dilakukanoleh tokoh-tokoh dalam adegan di film berjudul “Aldy” karya Hadi Ramnit; 2) analisisdata yang berkaitan dengan nilai-nilai agama islam menurut Imam Al-Ghazali; 3)Pengklasifikasian data; 4) pemaparan data; 5) penyimpulan data. Hasil dari penelitianini adalah; 1) nilai-nilai akidah sesuai dengan teori Imam Al-Ghazali yang memilikirelevansi dengan dalil Al-Qur’an dan Al-Hadis, 2) nilai-nilai syariat sesuai dengan teori Imam Al-Ghazali yang memiliki relevansi dengan dalil Al-Qur’an dan Al-Hadis, 3)nilainilai akhlak sesuai teori Imam Al-Ghazali yang memiliki relevansi dengan dengan AlQur’an dan Al-Hadis. Peserta didik dapat menggunakan nilai-nilai pendidikan islamdalam film “Aldy” sebagai landasan dalam berkehidupan di sekolah maupun di rumah.Saling tolong menolong antar sesama dan menghormati orang tua adalah akhlak yangharus terus dilestarikan seiring perkembangan zaman yang memudarkan budayakesopanan. Perilaku tercela yang ditampilkan dalam film “Aldy” merupakan gambaranperbuatan yang tidak boleh dilakukan.
ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN CERPEN JAWAPOS.COM Muhamad Hambalie Anshor; Tengsoe Tjahyono
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 4 No 3 (2022): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pendidikan karakter yang ada pada cerita pendekterbitan JawaPos.com dengan judul “Komar, Pejuang Tak Pernah Tua” karya Mustofa W.Hasyim, dan “Perihal Luqmanul Hakim dan Kisah Dalam Kitab Suci” karya Ida Fitri. Metodepenelitian menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknikbaca dan catat. yang akurat. Peneliti dalam hal ini akan melakukan penelitian dengan caramembaca di setiap kata-kata dan kalimat yang ada dalam cerita pendek terbitanJawaPos.com dengan judul “Komar, Pejuang Tak Pernah Tua” karya Mustofa W. Hasyim, dan“Perihal Luqmanul Hakim dan Kisah Dalam Kitab Suci” karya Ida Fitri. Apabila data sudahterkumpul, selanjutnya nilai karakter dalam cerita pendek tersebut akan diklasifikasikansesuai dengan pendidikan karakter yang ada pada cerita pendek tersebut. Hasil penelitianmenunjukkan ada beberapa pendidikan karakter yang dapat dipelajari oleh peserta didikdiantaranya: disiplin, cinta damai, peduli sosial, kerja keras, dan religius. Dan karakter yangbaik berawal dari mengetahui kebaikan, mencintai kebaikan, dan melakukan kebaikan.Kata Kunci: pendidikan karakter, cerpen.
NILAI KARAKTER DALAM CERPEN SELAMAT HARI PAHLAWAN, MBAH! SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA Agung Joyo Mulyono; Tengsoe Tjahjono
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 4 No 3 (2022): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya sastra cerpen sebagai media pemahaman perasaan yang dirancangdengan proses kreatif dan dituangkan dengan proses kreatif pula olehpenulisnya sangat cocok sebagai penyampaian hati dalam penanaman nilaipendidikan karakter. Sebuah cerpen akan mewakili peristiwa dan perasaan, serta pendidikan yang dicapai atau ideologi dan pemahaman perasaan dariseorang penulis untuk dapat mempengaruhi pembaca dengan berharappeserta didik akan menjadi lebih baik. Tokoh-tokoh yang dimainkan olehpenulis dalam sebuah cerpen merupakan alat bagi penulis mencerminkansifat yang teladan. Sehingga pada masa yang semakin mempengaruhi nilaimoral dan karakter manusia, karya sastra cerpen hadir untuk melunakkanpeserta didik melalui kegiatan membaca sastra di dalam kelas yangdibimbing tenaga pendidiknya langsung. Cerpen Selamat Hari Pahlawan,Mbah! karya: Dukut Imam Widodo, merupakan karya sastra yang banyakmemuat nilai, dengan alur cerita dan penokahan yang dibawakan paratokohnya menjadikan cepen ini penuh keteladanan bagi pembaca yangmenikmatinya. Tema Sejarah dan sikap kerendahhatian menjadikan hasilpenelitian ini sangat memiliki nilai karakter guna dapat diteladani pesertadidik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif denganpendekatan Peranan Sastra dalam Pendidikan dan Kritik Sastra, teknikpengumpulan data menggunakan baca-catat, teknik analisis datamenggunakan padan dengan membandingkan antar paragraf yang sesuaidengan Peranan Sastra dalam Pendidikan dan Kritik Sastra. Melalui cerpenyang terbentuk dari hasil analisis 11 Nilai Pendidikan Karakter peneliti dapatmenyampaikan nilai-nilai teladan kepada peserta didik sebagai pijakankarakter yang kuat dengan wujud bahan ajarcerpen jawa pos
KAJIAN PSIKOANALISIS LACAN DALAM PUISI IDUL FITRI KARYA SUTARDJI CALZOUM BACHRI Devi Cintia Kasimbara; Kodrat Eko Putro Setiawan; Wahyuningsih
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 4 No 3 (2022): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Idul Fitri merupakan puisi karya Sutardji Calzoum Bakhri yang sarat akan metaforadan metonimi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kondisi bawah sadar tokoh“aku” untuk menutupi kekurangan dan menemukan identitasnya kembali. Semuadapat dilihat melalui bahasa dalam puisi tersebut. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualitatif dengan pendekatan poststrukturalisme yangmenggunakan analisis psikoanalisis Lacan. Teori psikoanalisis Lacan menjadi pisauanalisis yang digunakan untuk mengungkap sejauh mana fenomena metafora danmetonimi yang ada di dalam puisi Idul Fitri. Secara metonimi, puisi Idul Fitrimenggantikan diri manusia yang hina, kotor, tidak luput dari dosa dengan “aku” yangmerupakan si bekas pemabuk. Penggantian metonimik secara parte prototo(sebagian untuk menunjukkan keseluruhan) ini menunjukkan bahwa padahakikatnya manusia adalah makhluk yang tidak pernah luput dari dosa, manusiaselalu dalam kondisi yang kurang. Melalui metafora dan metonimi tersebut tampakbahwa puisi ini mengungkapkan hasrat “aku” yang begitu besar untuk bertobat danmendekatkan diri kepada jalan Tuhan.
ANALISIS KOHESI dan KOHEREN PADA WACANA CERPEN KEUTAMAAN SEDEKAH KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAY Setya Nugraha, Alfian; Safira, Alfaza
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/disastri.v1i01.477

Abstract

this study will analyze cohesion and coherence in short stories entitled the primacy of alms the work of Habiburrahman El Shirazy to find out the use of chesion and coherence in the short stor. In this case cohesion and coherence are one of the important compenents in the formation of a dicourse or text. This study will discuss lexical cohesion and gramaical cohesion and coherent. This research hopes that better writing can be useful for the reader. With that reader can take the mandate conveyed by the author. The menthod of qualitative description is seen in terms of words, phrase sentences or paragraphs. The technique used is to read and take notes.
INTERFERENSI GRAMATIKAL DALAM KUMPULAN CERPEN BIARKAN AKU MEMULAI KARYA NURUL F. HUDA Liviana, Zimmatul
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/disastri.v1i01.478

Abstract

The research grammatical interference in a collection ofshort stories Biarkan Aku Memula iwork Nurul F. Hudaisa collection ofshort storiesset in the back that Is start work Let Nurul F. Huda contains many grammatical interference.The problem of this study were(1)how the various morphologi calinterference containedin a collection of short stories Biarkan Aku Memulai work Nurul F. Huda. (2)how the various syntactic interference contained in a collection of short stories Biarkan Aku Memulai work Nurul F. Huda. The purposeof this studyis to describe the morphological and Syntactic interference contained in a collection of short stories Biarkan Aku Memulai work Nurul F. Huda. Sociolinguistics is the study of language variation and use in society. Interference is the event of the use of language elements of one into the other language elements that occur in the speakers themselves. This research uses descriptive qualitative method because to describe the actual realityin order to obtainan accurateand objective. Qualitative descriptive methods were used to analyzethe elements ofa word orphrase that incorporated elements of other languages with the analysis and description of the formulation of the problem is the answer. Data collection techniques using observation techniques, the determination ofthe object of research, the selection of short stories.Based on the analysis of the data in this study can be found that there are six forms of interference morphology, namely (1) the prefix nasal N-sound, (2) the addition of the suffix, (3) the exchange prefix, (4) exchange suffixes, (5) exchange konfiks, (6) removal affixes. While the syntactic interference only on the words and phrases in a sentence. The results of the study it can be concluded that the interference morphology more common than syntactic interference.
ANALISIS KOHESI DAN KOHORENSI WACANA BERITA MAHASISWA ITS JADI JAWARA DI RUMANIA DALAM DETIKNEWS Khoifatu Amalia Shofiani, Arisni; Puspa Wiyanti, Belia
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/disastri.v1i01.479

Abstract

This journal aims to explain the results of cohesion and cohesion analysis in the ITS Student news discourse to be the Champion in Romania on the May 14, 2019 edition of Deiknews. This study uses descriptive methods describing the results of the analysis found in this study. This research is a type of qualitative research because the results of the research are descriptive and tend to be analysis. The techniques used for data collection are the techniques of listening and note taking techniques. The results of this study are (1) the use of cohesion, (2) the use of cohesion. Cohesion is the integration between the parts that are characterized by the use of language elements. Cohesion is divided into two parts, lexical cohesion and grammatical cohesion. Grammatical cohesion includes conjunction, reference, release, substitution. Lexical cohesion includes antonyms, synonyms, repetitions, metonymy, and hypomini. Whereas, cohorence is the relationship between elements that are one with the other elements so that it has an integrated meaning. The most common combination in discourse is cohesion, namely grammatical cohesion. Grammatical cohesion is reference and conjunction. Therefore, the news discourse does not pay attention in terms of language and only prioritizes the actuality of the content of the news.
GAYA BAHASA DALAM ANTOLOGI CERPEN CINTA DI ATAS PERAHU CADIK KARYA SENO GUMIRA AJI DHARMA Ummamah ainun Jariyah, Binti
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/disastri.v1i01.480

Abstract

This study aimed to describe the stylistic comparisons and contradictions in the short story anthology “Cinta di Atas Perahu Cadik”. To determine the style of the language in the short story anthology “Cinta di Atas Perahu Cadik” which consists of fifteen short stories, researchers studying style by using the theory of Henry Guntur Tarigan. In accordance with the objectives to be achieved in this study, the research approach used is descriptive qualitative approach. Having done the research study style in the short story "Cinta di Atas Perahu Cadik", obtained some results, namely: (1) There are stylistic comparisons that include; style imagery, stylistic metaphor, personification of style and stylistic antithesis . The language is used to provide a description of the author, and foster a sense of beauty of the story. (2) There is a style conflict which include; style stylistic hyperbole and irony. The style of language used by the author to put pressure on the disputed words.
REPRESENTASI NILAI-NILAI BUDAYA JAWA DALAM” NOVEL BIOLA TAK BERDAWAI” KARYA SENO GUMIRA ADJIDARMA ( Sebuah Kajian Antropologi ) Pangripty Nanda Sukmana, Chitra
Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Disastri: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/disastri.v1i01.481

Abstract

The title of this research is Java Culture Values in Biola Tak Berdawai Novel ( Antropology Discussion ). And start from the principle that literature is kind of social reality in societies group as potential which describes, idea, message and certain value. The data which is submitted un the words or pictures, It is not numeral,or drawing the datas which be analyzed by Biola Tak Berdawai novel. The main purpose is descriptive describing, or drawing the datas which be analyzed by Biola Tak Berdawai novel. From this result can be explained that in Biola Tak Berdawai novel there are Culture of character include of religion emotion and believe of ghaib shape, dead Life and the power of God, the relation of human with them as harmonious attitude, respect, make an help, the relation human with time which basic in the past event and it will become to change in the future