cover
Contact Name
Nanang Hoesen H. A
Contact Email
nangryo@gmail.com
Phone
+6221-47868800
Journal Mail Official
lrpm@ibn.ac.id
Editorial Address
Jl. Pulomas Timur 3A, Blok A no 2, Kayu Putih, Jakarta Timur, 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Esensi Infokom: Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer
ISSN : 23557397     EISSN : 28286707     DOI : -
Jurnal yang berfokus dibidang Informasi, Teknologi, dan hal keilmuan yang terkait dengan scope. Komputer sains & IT, Pengambilan keputusan, Riset operasi & Manajemen, Electrical Engineering, dan Edukasi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6 " : 10 Documents clear
Implementasi Aplikasi Perekaman Dan Pencetakan KTP EL di Luar Domisi Noor Vika Hizviani
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.450

Abstract

Pada pelayanan perekaman dan pencetakan KTP el, proses yang dilakukan saat ini tidak lagi harus pada domisili asal, dapat dilakukan pada domisili saat ini. Dengan adanya Aplikasi perekaman dan pencetakan KTP el diluar domisili yang masih terintegrasi dengan aplikasi SIAK konsolidasi dan SIAN terpusat, dapat dilakukan dengan mudah. Di dukung dengan jaringan yang baik dapat dilakukan proses pelayanan kepada public dengan maksimal sesuai dengan program prioritas dalam pelayanan publik adalah menghadirkan negara atau pemerintah sedekat mungkin bersentuhan dengan masyarakat. Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini menjadi poros jalannya pemerintahan dan pelayanan publik.
Sistem Informasi Tracking Barang Berbasis Web (Studi Kasus Catur Aman Sentosa) Taufik Abdulrahman wahid; Jumail Jumail; Eka Budhy Prasetya
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.451

Abstract

Sistem tracking barang adalah sistem yang berguna untuk mengecek atau melihat ketersediaan barang yang ada pada gudang yang dimiliki oleh suatu instansi ataupun perusahaan. Di Perusahaan Catur Aman Sentosa, pengecekan ketersediaan barang merupakan kegiatan yang rutin dilakukan untuk evaluasi ketersediaan pada gudang, dalam proses pengecekan yang dilakukan oleh staff gudang perusahaan Catur Aman sentosa masih dilakukan secara manual dengan menghitung satu per satu pada form hardcopy dan sering dijumpai beberapa kesulitan, seperti hilangnya form hardcopy akibat terlalu banyak, dan saat dibutuhkan pengecekan harus mencari kembali form hardcopy yang telah disimpan. Berdasarkan permasalah tersebut, dibuatlah sebuah sistem informasi tracking barang yang dapat memudahkan proses pengecekan barang yang dilakukan oleh staff gudang. Sistem informasi ini dibuat berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database server, text editor yang digunakan untuk menulis code program menggunakan Sublime Text, tools system menggunakan Unified Modeling Language (UML), tools aplikasi menggunakan Hierarchy plus Input-Proses-Output (HIPO) dan user interface (UI) menggunakan Balsamiq Mockups 3. Hasil dari sistem informasi tracking barang ini yaitu sistem dapat mengelola data master, menampilkan informasi stock over all barang, mengelola transaksi barang, dan menampilkan laporan data barang. Dengan adanya sistem informasi tracking barang ini, diharapkan agar didalam pengelolaan barang menjadi lebih efektif dan efisien.
Analisa Perkembangan Digital Forensik Dalam Penyidikan Cybercrime Di Indonesia Secara Systematic Review Nurul Aisyah; Arman Syah Putra; Safrizal Safrizal; V H Valentino; Zikriah Zikriah; Budhi Sriyono Prasetyo; Daru Susanti; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.452

Abstract

Latar belakang penelitian kali ini adalah dengan bagaimana menganalisa sebuah perkembangan digital forensik dalam pendidikan di Indonesia dengan adanya penyelidikan secara sektor maka semua yang berhubungan tentang digital data akan diambil dan ditarik sebagai barang yang akan dikembangkan di kemudian hari. Masalah yang diangkat pada penelitian kali ini adalah bagaimana menerapkan perkembangan digital dalam sebuah ilmu forensik yang menyanyikan sebuah cybercrime akan terpecahkan melalui sistem forensik data. metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan penimbangan terhadap data yang akan diambil sebagai dasar pengembangan dari kasus-kasus cybercrime. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana menganalisa sebuah data yang bisa dijadikan sebuah dasar ilmu forensik sehingga dapat membantu kasus cybercrime dalam memecahkan suatu masalah.
Analisis Penyadapan pada Aplikasi WhatsApp Menggunakan Sinkronisasi Data Safrizal Safrizal; Dian Gustina; Nurul Aisyah; Arman Syah Putra; V H Valentino; Budhi Sriyono Prasetyo
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.453

Abstract

Latar belakang penelitian kali ini adalah dengan menggunakan analisa penyadapan pada aplikasi WhatsApp dengan adanya analisa ini maka dapat diketahui celah-celah yang dapat dimasuki oleh kejahatan yang ingin menyadap aplikasi WhatsApp.Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah dengan menggunakan metode literatur review dengan menggunakan bacaan pada jurnal-jurnal sebelumnya, sehingga dapat diketahui celah dan kekurangan dari jurnal sebelumnya sehingga dapat dilengkapi pada jurnal yang ada pada penelitian ini. Masalah yang diangkat pada penelitian kali ini adalah bagaimana menganalisa celah-celah dari penyadapan aplikasi WhatsApp, sehingga dapat diketahui apa saja yang diperlukan jika ingin mencegah kejahatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana mencegah dari penyadapan WhatsApp yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga pada penelitian ini dapat diketahui setelah celah apa saja dan apa saja yang harus dilakukan jika ingin mencegah hal tersebut.
Pembuatan Aplikasi Al-Qur’an Sebagai Alat Bantu Menghafal Al-Qur’an Juz 30 pada Mi.Asya-fi’iyah 03 Ratih Wahyuningrum; Herfiati Herfiati
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.454

Abstract

Memelihara kemurnian dan keaslian Al-Qur’an merupakan tanggung jawab seluruh umat Islam sehingga sangat penting menjaga keasliannya dengan cara menghafalnya. Menghafal Al-Qur’an merupakan hal yang sulit tetapi hal yang tersulit yang harus dihadapi oleh penghafal Al-Qur’an adalah menjaga hafalannya dan timbulnya kejenuhan dalam menghafal yang disebabkan karena masih menggunakan metode sederhana yaitu hanya mengulang-ulang hafalan saja sehingga membuat kalangan pelajar menjadi malas untuk menghafal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka dibuatlah sebuah aplikasi sebagai alat bantu bagi pelajar maupun bagi kalangan umum yang sedang menghafal Al-Qur’an. Metodologi penelitian ini menggunakan Field Research. Metode pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Penelitian ini diuji dengan pengujian alpha yaitu black box testing dan pengujian beta dengan penyebaran kuesioner. Metode pengembangan sistemnya menggunakan metode MDLC dan pembuatan aplikasi menggunakan Unity 3D. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis Android sebagai alat bantu untuk menghafal Al-Qur’an dan mengatasi kejenuhan menghafal dengan metode yang lebih menyenangkan dengan mengkombinasikan unsur metode hafalan dan kuis dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an Juz 30.
Peminjaman Buku Online dengan Bootstrap untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Nanang Husin
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.455

Abstract

Sistem peminjaman buku online secara online dapat melakukan peminjaman buku dimana saja dan membantu karyawan untuk mengolah data peminjaman secara komputerisasi dan terstruktur. Lemahnya peminjaman buku secara konvensional membuat data pemustaka dan peminjaman buku lebih rentan untuk rusak dan hilang. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem peminjaman bukun online menggunakan framework bootstrap yang dapa diawasi serta dikelola secara online. Perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML), bahasa pemrograman menggunakan PHP dan database MySql. Penelitian ini menghasilkan sistem peminjaman buku online yang membatu untuk pemustaka dan karyawan dalam peminjaman buku serta pengolahan data buku untuk karyawan agar terintegrasi.
Penerapan Metode Agile Process dengan Model Extreme Programming Dalam Pembuatan Game RPG “The Realm of Unknown” Menggunakan MV RPG Maker Susi Widayati; Yudi Irawan Chandra; Diyah Ruri
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.456

Abstract

Game memiliki berbagai genre, mulai dari First Person Shooter (FPS), Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Role Playing Game (RPG) dan masih banyak lagi. Tulisan ini bertujuan untuk membuat sebuah game bergenre RPG yang diharapkan dapat menghibur para pemain khususnya remaja dan segala usia pada umumnya dari rasa bosan yang dirasakan dan meningkatnya minat bermain game bergenre RPG. Game ini telah diuji melalui dua tahap, yaitu pengujian fungsional dan pengujian perangkat. Pada pengujian Fungsional, hasilnya sebagian besar tombol dapat digunakan dengan baik, sedangkan pada Pengujian Perangkat pada lima Perangkat, di mana tiga berjalan dengan sangat baik, satu berjalan stabil, dan satu memiliki masalah tetapi masih dapat menyelesaikan permainan. Metode Agile merupakan salah satu jenis metode dalam pengembangan perangkat lunak. Biasanya sering disebut dengan SDLC (Software Development Life Cycle). Startup dan perusahaan besar sering menggunakan metode ini dalam pengembangan perangkat lunak. Model Extreme Programming (setelah ini disingkat XP) digunakan karena memiliki keunggulan dalam menyederhanakan berbagai tahapan dalam proses pengembangan menjadi lebih adaptif dan fleksibel. XP tidak hanya berfokus pada pengkodean tetapi mencakup semua bidang pengembangan perangkat lunak, dan XP mengambil pendekatan 'ekstrim' untuk pengembangan berulang.
Penggunaan Digital Marketing dalam Keberlangsung Pemberdayaan Perekenomian Upada Masa Pandemi MKM Andika Yunianto; Nafisah Yuliani
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.457

Abstract

Kelayakan hidup dalam bermasyarakat di Indonesia sudah mulai meningkat dengan pemenuhan kebutuhan perekonomian keluarga yang semakin banyak. Keanekaragaman kebutuhan perekonomian masyarakat ini mendorong setiap konsumen maupun produsen memiliki kegiatan symbiosis mualisme yang tidak dapat dipisahkan. Sehingga kegiatan perekonomian dapat dilakukan rekayasa dalam proses berjalannya. Berbagai upaya dilakukan oleh penyedia kebutuhan guna dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan penggunaan teknologi informasi yaitu digital marketing. Digital marketing pada masa pandemic ini benar-benar memberikan dampak pengaruh yang sangat signifikan. Meskipun memberikan dampak yang signifikan, perlu adanya penelitian guna mengetahui ketepatan penerapan digital marketing dalam pengelolaan usaha kecil dan menengah. Adapun hal yang dibahas dalam faktor ketepatan efektifitas pengunaan digital marketing ini yaitu, Technical, Economic, Operational, Schedule, karena semakin tinggi nilai faktor ketepatan penerapan, maka semakin besar pula suatu teknologi informasi mencapai keefektivitasan digital marketing.
Perancangan Aplikasi Pelayanan Service Bengkel Motor ABS Menggunakan Model Sequential Linier Berbasis Android Marti Riastuti; Yudi Irawan Chandra
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.458

Abstract

Proses pelayaanan pada suatu bengkel dimulai saat staff administrator menanyakan mereka apa keluhan konsumen, apakah hanya ingin servis ringan saja atau ingin mengganti beberapa spare path yang rusak. Setelah staff administrator mengumpulkan informasi dari pihak konsumen, staff administrator akan memprosesnya dan menyerahkan tugas kepada mekanik serta suku cadang yang dibutuhkan. Kumpulan data sebuah transaksi inilah yang merupakan aset penting pada sebuah bengkel ini sendiri, salah satu fungsinya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas pelayanan pada bengkel itu sendiri. Bengkel sendiri merupakan suatu usaha jenis wirausaha kecil dan menengah yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan perbaikan kendaraan sepeda motor. Transaksi dan data yang semakin banyak menyebabkan pendataan spare part part yang dinilai kurang efisien. Untuk itulah diperlukan suatu sistem terkomputerisasi yang mampu menyajikan data secara cepat dan tepat, sehingga dapat kelancaran kegiatan operasional usaha dapat semakin ditingkatkan di bengel ABS ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi pelayanan pada bengkel ABS dan mencatat semua transaksi secara akurat dan terkomputerisasi. Dalam metode penelitian ini terdapat dua, yaitu tahapan pengumpulan data yang terdiri dari studi pustaka, pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi pembayaran transaksi yang sudah terkomputerisasi yang memudahkan pencatatan data secara akurat, efiesien dan tersusun rapih. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Sequential Linier (Waterfall), yaitu model pengembangan perangkat lunak dimana produk dirancang, diimplementasikan, dan diuji secara bertahap hingga produk selesai dibuat.
Implementasi Absensi Karyawan Menggunakan Algoritma Haversine dengan Global Posisitioning System Berbasis Android Fajar Antono; Saruni Dwiasnati
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6
Publisher : Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infokom.v6i1.459

Abstract

Perusahaan yang berkembang merupakan perusahaan yang memiliki tata kelola perusahaan yang baik yaitu dengan penerapan presensi dan manajemen jam kerja karyawan. Perkembangan perusahaan juga didukung oleh perkembangan teknologi dimana teknologi informasi saat ini berkembang pesat dan cepat yaitu teknologi mobile. Komunikasi mobile dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi yang cepat dengan akses internet. PT. Bangsawan Cyberindo merupakan perusahaan yang masih menerapkan presensi dan manajemen jam karyawan secara manual. Namun dalam pelaksanaannya, pihak manajemen masih kesulitan dalam memantau dan merekapitulasi data presensi dan jam kerja karyawan. Sehingga perusahaan membutuhkan suatu sistem yang tepat dan berguna agar dapat membantu pihak manajemen. Dengan demikian, Penerapan digitalisasi sistem presensi ini menggunakan fungsi Global Posisitiong System (GPS) pada perangkat Android dan menerapkan algoritma Haversine Formula untuk perhitungan jarak antara titik posisi kantor ke titik posisi user. Untuk menampilkan peta lokasi kantor pusat dan cabang terdekat, sistem terintegrasi dengan Google Map. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa perhitungan jarak antara sistem dengan perhitungan yang dilakukan secara manual hanya berbeda ± 0,0018 meter.

Page 1 of 1 | Total Record : 10