cover
Contact Name
Makhyatul Fikriya
Contact Email
mahyafi@yahoo.co.id
Phone
+6285736448018
Journal Mail Official
jurnalhq@gmail.com
Editorial Address
Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang Jl. Raya Jogoroto, Sumberbendo, Jogoroto, Kec. Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61485
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Al-Qur'an
ISSN : 27228991     EISSN : 27228983     DOI : -
Core Subject : Religion, Social,
Hamalatul Quran : Jurnal Ilmu Ilmu Al-Quran is Journal the publishes scientific articles on research in fields related to the Quran sciences
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): June 2021" : 5 Documents clear
Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Pembentukkan Karakter Positif pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di RA Labschool IIQ Jakarta Hafifah Mawaddah; Nur Aini Zaida
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 1 (2021): June 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.697 KB) | DOI: 10.37985/hq.v2i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ke-efektivitasan program sekolah ramah anak dalam upaya pembentukkan karakter pada anak usia 5 – 6 tahun. Metode yng digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur atau mengumpulkan pustaka dari jurnal nasional, jurnal internasional, dan buku kemudian di analisis memakai metode analisis studi literatur. Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa pembentukkan karakter pada anak usia 5 - 6 tahun di RA Labschool IIQ Jakarta sangat memberi pengaruh yang besar, dan ini terbukti dari perbedaan sebelum dan sesudah penerapan sekolah yang ramah anak. RA Labschool IIQ telah menerapkan sekolah ramah anak dengan baik meskipun masih ada beberapa komponen Sekolah Ramah Anak (SRA) yang belum terpenuhi pada sarana-prasarana, sedangkan dalam proses pembelajaran yang sekolah ramah anak RA Labschool IIQ Jakarta telah menerapkannya dengan program pembiasaan yang baik, dan menjadikan karakter anak didik menjadi lebih baik dari sebelum penerapan sekolah yang ramah anak. Meskipun masih ada beberapa anak yang tantrum dan super aktif
Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pesantren pada Masa Pandemi Covid-19 Tharifatut Taulidia; Luthfatun Nisa'
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 1 (2021): June 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.753 KB) | DOI: 10.37985/hq.v2i1.16

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai pandemi Virus Covid-19 yang menggemparkan dunia mempengaruhi segala aspek kehidupan baik politik, ekonomi, sosial dan dunia pendidikan. Banyak sekolah yang terpaksa ditutup, sehingga para siswa harus melaksanakan pembelajaran secara virtual/daring (dalam jaringan). Akan tetapi, saat ini ada juga beberapa sekolah yang tetap melaksanakan pembelajaran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya yaitu Pondok Pesantren. Hal ini tentunya sangat berdampak terhadap psikis para santri, karna maraknya pandemi covid-19 ini menyebabkan para santri mengalami berbagai problematika dalam menghafal dan menjaga hafalannya. Oleh karena itu, dalam pengabdian ini, peneliti melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap santri tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mashlahatul Hidayah, dengan tujuan agar para santri tetap menjaga kualitas dan kuantitas hafalan ditengah maraknya pandemi Virus Covid-19. Selain itu, peneliti juga memberikan sedikit motivasi kepada para santri agar tetap semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan di desa Moncek Timur, kecamatan Lenteng, kabupaten Sumenep. Sasaran dari pengabdian ini yaitu santri putri berjumlah 9 orang yang sedang menempuh jenjang Pendidikan MTs-MA, sekaligus penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mashlahatul Hidayah. Dengan adanya pengabdian ini, membuat para santri penghafal Al-Qur’an semakin semangat, sehingga mereka mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan bertambahnya kualitas dan kuantitas serta semangat mereka dalam menghafalkan Al-Qur’an.
Pengembangan Tauhid Anak Usia Dini di Era Digital Diajeng Aulia; Fatika Mujahidah
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 1 (2021): June 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.448 KB) | DOI: 10.37985/hq.v2i1.17

Abstract

Permasalahan yang sedang dihadapi oleh Bangsa Indonesia yaitu turunnya pemahaman tauhid terhadap generasi digital. Jika dalam diri anak usia dini tidak diperkenalkan dan ditanamkan tauhid dengan benar maka anak akan memiliki pribadi yang kurang berkarakter dan berakhlak. Dalam ajaran agama islam, tauhid merupakan pedoman atau tuntutan supaya dapat direalisasikan didalam kehidupan sehari-hari sebab tauhid merupakan suatu ajaran islam yang dibangun berdasarkan syariat-syariat agama. Dengan di tanamkan pengetahuan tauhid sejak dini maka dapat mengantisipasi anak memiliki sifat menyekutukan Allah, menyimpang dari kebenaran islam dan menampakan diri sebagai muslim tetapi hatinya kafir. Gagasan dan ide klinik parenting menjadi sebuah usulan agar orang tua dapat berperan sebagai guru atau pendidik pertama bagi anak dalam mengajarkan ilmu tauhid yang sesuai dengan ajaran islam, selain itu Allah telah berfirman pada Al Qur’an surah Luqman ayat 13 yang artinya adalah “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman: 13) Dengan begitu sudah dijelaskan bahwasanya orang tua anak memiliki kewajiban kepada anak supaya mengajarkan Tauhid sejak dini, dengan progam parenting maka orang tua dapat lebih dekat dengan anak, sehingga anak usia dini akan selalu mengikuti bimbingan yang diajarkan oleh orang tua anak dan selalu menghubungkan kegiatan sehari-hari dengan ilmu tauhid
Optimalisasi Penerimaan Santri Baru melalui Pengembangan Customer Relationship Management (CRM) di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri Imam Fatoni
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 1 (2021): June 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.963 KB) | DOI: 10.37985/hq.v2i1.18

Abstract

Sebuah organisasi maupun lembaga sangatlah penting untuk memiliki strategi pemasaran yang efektif dan berkualitas guna mewujudkan tujuan organisasi maupun lembaga itu sendiri. Perkembangan sistem informasi yang sangat cepat dalam memasuki era digitalisasi tak terkecuali pendidikan di pesantren memiliki persaingan yang semakin ketat dalam hal promosi maupun rekrutmen santri baru, selain harus mempertahankan jumlah santri yang sudah ada, juga perlu adanya penerapan-penerapan strategi promosi dan rekrutmen santri baru yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alternatif penerimaan santri baru (PSB) yang masih dilakukan secara konvensional di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri. Metode peningkatan layanan yang terdigitalisasi dalam persaingan promosi dan rekruitmen santri baru yaitu dengan menggunakan konsep manajemen hubungan dengan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini menggunakan metode Waterfall (air terjun) dimana setiap tahapan harus selesai terlebih dahulu sebelum memasuki tahapan selanjutnya. Guna penyebaran informasi pendaftaran secara on line maka dibangun sistem berbasis web site sehingga meluaskan keterjangkauan aksesbilitas calon santri baru. Dengan Sistem website ini calon santri bisa mendaftar dan melihat informasi pendaftaran akan mempermudah panitia Penerimaan santri baru dalam mengolah data calon santri baru mulai pendaftaran sampai proses penerimaan santri baru yang berada diluar kota maupun didalam kota, dan informasi seputar penerimaan santri baru yang bisa diakses dari media website. Setelah diadakan pengujian bahwa 58,15% website berjalan dengan baik sesuai fungsinya. Maka dibuatlah sistem pendaftaran berbasis website yang menggunakan Sublime Text 3, PHP dan MySQL sebagai media penyimpanan data dan SMS Gateway sebagai penunjang sistem dalam mempermudah pelayanan terhadap santri dan orang tua Metode pengujian sistem yang dikembangkan adalah menggunakan black box & white box testing.
Kompres Hangat pada Remaja Putri yang Mengalami Dismenorhea di Lingkungan Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri Pare - Kediri Lusianah Meinawati; Nurlia Isti Malatuzzulfa2
Hamalatul Qur'an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an Vol. 2 No. 1 (2021): June 2021
Publisher : Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jogoroto Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.438 KB) | DOI: 10.37985/hq.v2i1.20

Abstract

Pendahuluan: Gangguan menstruasi atau sering disebut pre menstrual syndrome yang sering terjadi pada perempuan salah satunya adalah dismenore. Kejadian dismenorhea pada remaja putri khususnya akan memberikan dampak terhadap penurunan kualitas aktivitas fisik. Tujuan: Menganalisis pengaruh terapi kompres hangat terhadap penurunan nyeri dismenore pada remaja putri di lingkungan Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri Pare - Kediri. Metode: Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test design with control group. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri yang mengalami dismenore di lingkungan Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri Pare - Kediri. Sampel berjumlah 50 responden, teknik sampling menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, lalu dianalisis dengan paired samples t-test dan independent samples t-test. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa rerata dismenore sebelum pemberian kompres hangat adalah 7,00 dan setelahnya adalah 4,95, dengan p-value = 0,000, sehingga ada perbedaan dismenore antara sebelum dan sesudah diberikan kompres hangat. Hasil uji perbedaan antar kelompok menghasilkan p-value = 0,003, sehingga ada pengaruh terapi kompres hangat terhadap dismenore pada remaja putri di lingkungan Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Putri Pare - Kediri. Kesimpulan: Pemberian kompres hangat efektif memberikan dampak untuk mengatasi masalah dismenorhea pada remaja putri dengan nilai p-value (p=0,000). Saran: Pemberian edukasi oleh guru tentang pentingnya kompres hangat untuk mengurangi nyeri dismenorhea

Page 1 of 1 | Total Record : 5