cover
Contact Name
RINI PURWATININGSIH
Contact Email
progresifjurnal@gmail.com
Phone
+6281330787770
Journal Mail Official
progresifjurnal@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Bondowoso Jalan Diponegoro 247 Kotakulon - Kabupaten Bondowoso, Indonesia Tlpon. 0332-427022 e-mail : admin@unibo.ac.id
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
Progresif : Media Publikasi Ilmiah
Published by Universitas Bondowoso
ISSN : 2337599X     EISSN : 27766799     DOI : -
This journal is published twice a year, in April and November. Progressive journals accept submissions of articles that have never been published in other media. Progressive journals are committed to implementing ethical standards for publication. Therefore, Progressive Journals have formulated publication ethics that publishers, editors, reviewers and authors must comply with. In order for an article to be published in this Journal, the author must pay attention to several guidelines. The scope of this progressive journal is general in nature, which contains the writings of lecturers across majors at the University of Bondowoso.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2022): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH" : 5 Documents clear
Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Fungsi Polinomial Amalia Martha; Agus Kadarmanto
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 10 No. 1 (2022): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi fungsi polinomial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 33mahasiswa Offering BS1 pada mata kuliah matematika dasar I jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah soal matematika materi fungsi polinomial dan wawancara. Hasil penelitian berupa jawaban soal matematika materi fungsi polinomial kemudian dianalisis, tiga subjek dipilih untuk diwawancarai berdasarkan hasiljawabansoalmatematika materi fungsi polinomial di akhir pembelajaran. Hasil jawaban soalmatematika materi fungsi polinomial dan wawancara menunjukkan bahwa 52% siswa mendapatkan nilaidi bawah 80.Adapun kesalahan mahasiswadalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi polinomial diantaranya penggunaanmetode horner, pemfaktoran, dan penggunaan aturan tanda Descartes.
Kajian Pembelajaran Matematika di Berbagai Negara Selama Masa Pandemi Covid 19 Amalia Martha; D Listyarini; Agus Kadarmanto
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 10 No. 1 (2022): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pembelajaran matematika di berbagai negara selama masa pandemi covid 19. Penulis mengkaji beberapa hasil temuan terkaitpembelajaran matematika dalam artikel-artikel jurnal penelitian. Metode pada penelitian ini adalah studi pustaka. Penulis mencari, mengumpulkan, menerjemah, kemudian mengkaji studi pustaka dengan kata kunci pembelajaran matematika selama pandemi covid 19 pada website jurnal nasional, dan kata kunci mathematics learning during covid 19pada website jurnal internasional. Penulis mengkajipermasalahan, dampak, pendapat, solusi maupun temuan lainnya dalam pembelajaran matematika selama masa pandemi covid 19 di berbagai negara. Sebanyak 6 artikeldikaji oleh penulis dari berbagai negara yang mewakili benua, diantaranya Amerika, Australia, Italia, Jepang, Zambia, dan tentunya Indonesia. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa secara umum keenam negara mengalami permasalahan dalam pembelajaran matematika selama masa pandemi covid 19 seperti keterlibatan pembelajaran yang terbatas, kehilangan kesempatan umpan balik, serta kesulitan dalam pemecahan masalah matematika. Dampak dari pandemi sangat dirasakan saat pembelajaran matematika berlangsung. Keenam negaramenerapkan pembelajaran secara onlinedengan berbagai platform yang beragam.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Video untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Emil Gufron; Agus Kadarmanto
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 10 No. 1 (2022): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terutama dalam mata pelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII semester genap SMP Ar-Rahman Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan purposive sampling area dengan menggunakan kolerasi product momenuntuk menyatakan ada atau tidaknya hubungan antara variable x(pretest) dan variable y(post test). Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas VIII SMP AR RAHMAN Pejaten Bondowoso tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah media pembelajaran video, pretest, post test siswa, dan wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video. Hasilpretest adalah 17 % dan siswa yang tidak tuntas mencapai 83% sedangkan pada saat post test presentase ketuntasan siswa mencapai 71% dan siswa yang tidak tuntas tersisa 29%. Hasil wawancara siswa lebih memahami materi, sehingga dapat disimpulkan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran video di SMP Ar Rahman efektif.
Kajian Persepsi Masyarakat terhadap Harapan Profil Kepala Daerah ke Depan di Kabupaten Jember heny fajriah novianti
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 10 No. 1 (2022): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jember merupakan salah satu daerah kabupaten yang berada di kawasan Timur Jawa Timur. Letaknya yang strategis karena berada dipersimpangan antara Surabaya dan Bali, sehingga perkembangannya cukup pesat dan menjadi barometer pertumbuhan ekonomi di kawasan Timur Jawa Timur. Jember memiliki keunikan tersendiri karena daerah ini secara umum didiami oleh dua etnis dominan yaitu Suku Jawa dan Suku Madura. Masing-masing etnis ini ada yang saling mempertahankan identitas kesukuannya dan ada pula yang meleburkan kebudayaannya sehingga membentuk pola hibridasi komunitas masyarakat baru yaitu masyarakat Pendalungan (Yuswadi:18: 2001). Selain itu juga, kabupaten ini dipimpin oleh kepala daerah yang dipercaya mampu membawa perubahan dan kemajuan bagi masyarakat Jember serta mampu memberikan solusi bagi persoalan-persoalan yang muncul secara tepat dan benar. Berdasarkan hasil penelitian ini, pertama, Permasalahan utama yang dihadapi sebagian besar masyarakat Jember adalah Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, dan sebagian besar masyarakat masih menilai bahwa pemerintah kurang serius dalam mengatasi permasalahan tersebut. Kedua, Persepsi kepala daerah masa depan yang diinginkan oleh masyarakat jember adalah seorang pemimpin yang berorientasi pada kepentingan masyarakat secara luas.
Pengaruh Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI SMK Miftahul Ulum Bondowoso terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Peluang pada Masa Pandemi Covid-19 Agus Kadarmanto; Heny Fajriyah Novianti
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 10 No. 1 (2022): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam perkembangan kemajuan suatu bangsa, karena dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusiabangsa tersebut.Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal dipengaruhi oleh beberapa faktor, internal dan eksternal.Salah satu faktor internal peserta didik yang ikut menentukan hasil belajar adalah aspek kecerdasan emosional.Kecerdasan emosi bekerja secara sinergi dengan keterampilan kognitif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional peserta didik kelas XI SMK Miftahul Ulum Bondowoso terhadap hasil belajar matematika materi peluang pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif dengan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.Berdasarkan hasil analisis datadiketahui bahwa kecerdasan emosional peserta didik berpengaruh terhadap hasil belajaryaitu semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional peserta didik maka hasil belajarnya semakin baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5