cover
Contact Name
Donna Sampaleng
Contact Email
lppm@sttikat.ac.id
Phone
+628129929141
Journal Mail Official
lppm@sttikat.ac.id
Editorial Address
Jl. Rempoa Permai No. 2 Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, 12330
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
ISSN : -     EISSN : 27211622     DOI : 10.52220
Core Subject : Religion, Education,
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen merupakan wadah publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan isu-isu Pendidikan Agama Kristen, yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta. Focus dan Scope penelitian SIKIP adalah: 1. Pendidikan Agama Kristen 2. Pendidikan Keluarga Kristen 3. Pendidikan Kristen di Gereja 4. Manajemen Pendidikan Kristen 5. Teknologi Pendidikan Kristen SIKIP menerima artikel dari dosen dan para praktisi pendidikan dari segala institusi teologi atau Sekolah Tinggi Agama Kristen, baik dari dalam maupun luar negeri. Artikel yang telah memenuhi persyaratan akan dinilai kelayakannya oleh reviewer yang ahli di bidangnya melalui proses double blind-review.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2: Agustus 2021" : 5 Documents clear
Hubungan Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan Agama Kristen dengan Kinerja Guru Isu, Amran Maher Dionizius
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 2, No 2: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.154 KB) | DOI: 10.52220/sikip.v2i2.101

Abstract

The purpose of this study was to determine and explain the relationship between academic supervision of Christian religious education supervisors on the performance of Christian religious education teachers in the Ministry of Religion of South-Central Timor Regency. this type of quantitative research is used for data collection, data analysis, and interpretation of analysis results to obtain information for drawing conclusions and making decisions. So, the results obtained at the time of the study were: first, The influence of supervisory planning activities on the work performance of Christian religious education teachers includes supervisory planning activities or tasks (X1) significantly affects the performance of Christian religious education teachers (Y); second, The effect of the implementation of supervisory duties on the work performance of Christian religious education teachers includes Supervisory Supervision Activities or tasks (X2) significantly affects the performance of Christian religious education teachers (Y). This means that the supervisor's follow-up activity (X3) has a significant effect on the performance of Christian religious education teachers (Y). AbstrakTujuan yang dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan supervisi akademik pengawas pendidikan agama kristen terhadap kinerja guru pendidikan agama kristen di wilayah kementerian agama Kabupaten Timor Tengah Selatan. jenis penelitian kuantitatif, digunakan untuk pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi guna penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan. Maka hasil yang diperoleh pada saat penelitian adalah: Pertama, pengaruh kegiatan perencanaan pengawas terhadap kinerja kerja guru pendidikan agama Kristen meliputi kegiatan atau tugas perencanaan Pengawas (X1) berpe-ngaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Pendidikan agama Kristen (Y); kedua, pengaruh pelaksanaan tugas supervisi pengawas terhadap kinerja kerja guru pendidikan agama Kristen meliputi kegiatan atau tugas supervise pengawas (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Pendi-dikan agama Kristen (Y). Hal ini berarti bahwa kegiatan tindaklanjut pengawas (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru pendidikan agama kristen (Y).   
Pengaruh Intensitas Pengaksesan Konten Pornografi terhadap Spiritualitas Generasi Milenial Kristen Cahyono, Heru
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 2, No 2: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52220/sikip.v2i2.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, mengetahui, membuktikandan memperoleh data terhadap pengaruh pornografi bagi peserta didik milenial kristen. Peneliti menganalisis data penelitian untuk mengetahui pengaruh pengaksesan konten internet yang mengandung pornografi terhadap perilaku spiritual peserta didik millennial Kristen di SMA Negeri 33 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis software SPSS. Sampel penelitian sebanyak 40 orang, diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, pendekatan validitas kontruksi dilakukan dengan interaksi sebanyak satu kali dan perhitungan koefisien reabilitasnya dilakukan dengan rumus Alpha Crombach. Instrumen yang dilakukan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner atau angket tertutup berpolakan skala model likert, pengujian validitas instrument dengan rumus person product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh intensitas pengaksesan konten yang mengandung pornografi  terhadap spiritual generasi Milenial Kristen di SMA Negeri 33 Jakarta Berdasarkan penghitungan koefisien korelasi dikuadratkan maka diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 0,754 atau 75,4%, artinya pengaruh antara pengaksesan konten internet yang mengandung pornografi (X) terhadap spiritual generasi milenial kristen (Y) berdasarkan varians (koefisien determinasi) sebesar 0,754 atau 75,4%. Hal ini menunjukkan bahwa faktor pengaksesan konten internet yang mengandung pornografi memberikan kontribusi kurang efektif atau dapat dikatakan terbilang normal 75,4%terhadap Spiritual generasi milenial dan sisanya 24,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Guru Kristen Sebagai in loco parentis dalam Membentuk Karakter Siswa Tangkin, Wiyun Philipus; Peea, Jelika
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 2, No 2: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.713 KB) | DOI: 10.52220/sikip.v2i2.97

Abstract

Teachers play an important role in the world of education. Teachers play many roles, one of which is being an in loco parent for students. However, the fact that occurs in the field, there are still teachers who cannot be in loco parentis because they solve problems with students. There are still teachers who commit acts of violence against students such as pinching, scolding harshly, and threatening students. Based on the phenomenon that occurred, this paper was written with the aim of explaining the role of the teacher as an in loco parent in the formation of student character. It is hoped that teachers can educate and teach students to understand and understand the good and true character in accordance with what God wants. The teacher is the right model for students, meaning that the teacher must be a role model for students in all aspects such as speaking, thinking, and behaving because students will imitate what the teacher does. When the teacher shows good behavior, students will also imitate good behavior. On the other hand, when the teacher does something bad, the student will also do something bad. AbstrakGuru mengambil peranan penting dalam dunia pendidikan. Banyak peran yang dikerjakan oleh guru, dan salah satunya ialah menjadi in loco parentis (orang tua) bagi siswa. Namun fakta yang terjadi di lapangan, masih ada guru tidak dapat menjadi in loco parentis karena dalam menyelesaikan masalah dengan siswa. Masih ada guru yang melakukan tindak kekerasan pada siswa seperti mencubit, memarahi dengan kasar, dan mengancam siswa. Berdasarkan fenomena yang terjadi maka, makalah ini ditulis dengan tujuan menjelaskan peran guru sebagai in loco parentis dalam pembetukan karakater siswa. Diharapkan guru dapat mendidik dan mengajarkan siswa supaya dapat mengerti dan memahami karakter yang baik dan benar yang sesuai dengan yang Tuhan inginkan. Guru adalah model yang tepat bagi siswa, artinya guru harus menjadi contoh bagi siswa dalam segala aspek seperti dalam bertutur kata, berpikir, dan bertingkah laku karena siswa akan meniru apa yang dilakukan oleh gurunya. Ketika guru menunjukkan perilaku yang baik maka siswa juga akan meniru perilaku yang baik tersebut. Sebaliknya ketika guru melakukan yang tidak baik maka siswa juga akan melakukan yang tidak baik.        
Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi Runesi, Anastasia; Yohanes, Christian; Juliana, Putri Maria
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 2, No 2: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52220/sikip.v2i2.100

Abstract

The disruption era is a condition that is closely related to changes in the industrial world from the previous system. This era brings major changes in various fields of life because of the presence of technology that makes it easier and at the same time shifts the role of humans. The result is felt in all fields, including Christian religious education. Machines have replaced human tasks in a variety of actions that have caused humans to no longer be a resource that needs to be valued and employed. Responding to this problem, Christian Religious Education must be present as a means of growing faith and the character of Christ which can be a guide in facing and solving any problems in everyday life, including problems that arise in the era of disruption. This study aims to examine the relevance of problem-based learning strategies applied in Christian Religious Education learning as an answer to problems that occur in the era of disruption. The method used in revealing the relevance is descriptive qualitative. The results of the study indicate that the application of problem-based learning strategies in Christian Religious Education is relevant, effective, and efficient in responding to the challenges and needs in the era of disruption. This is because students will be equipped with soft skills so that they are able to solve problems creatively and innovatively but still adhere to the character of Christ.
Penerapan Critical Thinking dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Pandemi Nasution, Alex Frans Nathanael
SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol 2, No 2: Agustus 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi IKAT Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52220/sikip.v2i2.103

Abstract

The Covid-19 pandemic period is a challenge for various institutions, including educational institutions, where all parties must adapt to new learning models. This is not spared in learning in religious-based secondary schools (SMP). This study aims to provide an overview of students' critical thinking in the learning process. The research method used is a qualitative case-study. Research shows that students' critical thinking during the Covid19 pandemic is not good. This is a challenge for educators to improve students' critical thinking by asking questions that are high order thinking. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5