cover
Contact Name
Surya Guntur
Contact Email
guntur@polgan.ac.id
Phone
+6282363800909
Journal Mail Official
guntur@polgan.ac.id
Editorial Address
Jl. Veteran No. 194 Medan Pasar 6 Manunggal
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Minfo Polgan (JMP)
ISSN : 20899424     EISSN : 27973298     DOI : -
Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan lain-lain. Jurnal Minfo Polgan (JMP) menerima kiriman artikel hasil riset bidang teknologi dan informasi yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Agar hasil riset bidang teknologi dan informasi yang dimuat dapat bermanfaat untuk pengembangan bidang teknologi dan informasi. Adapun ruang lingkup Jurnal Minfo Polgan adalah: 1. Sistem Pendukung Keputusan (SPK/DSS) 2. Sistem Informasi Geografis (GIS/SIG) 3. Sistem informasi skala enterprise (ERP, EAI, CRM, SCM) 4. Keamanan Sistem Informasi 5. Sistem Informasi Berbasis Web 6. Sistem Berbasis Pengetahuan & Data mining 7. Mobile Computing 8. Multimedia
Articles 153 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023" : 153 Documents clear
Pemodelan Analisis Terstruktur Pada Sistem Perlombaan Seni Bela Diri Tradisional Cahya Vikasari
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12552

Abstract

Perlombaan pencak silat merupakan kegiatan kompetisi yang dilakukan untuk mencari bibit atlet pencak silat yang berkualitas sebagai wujud pembinaan terhadap atlet yang berprestasi. Pada kegiatan kejuaraan beladiri tradisional pencak silat kendala yang sering terjadi yaitu proses pendaftaran peserta dimana sering terjadi informasi yang tidak up to date mengenai persyaratan pendaftaran peserta yang mengakibatkan digugurkannya peserta. Proses pengundian peserta dan pembuatan jadwal pertandingan pencak silat secara manual sehingga proses yang ada tidak efisien dengan banyaknya peserta yang mendaftar dan mengikuti perlombaan pencak silat. Maka perlu adanya sistem informasi perlombaan beladiri pencak silat berbasis web yang dibangun dengan pemodelan analisis terstruktur. Hasil penelitian, sistem perlombaan seni beladiri pencak silat berbasis web dapat mempermudah kinerja panitia penyelenggara dalam pengelolaan data perlombaan dan penyampaian informasi mengenai perlombaan kejuaraan beladiri pencak silat yang diselenggarakan.
Dampak Transformasi Digital Berdasarkan Lensa Teoritis Socio-Technical System: Kajian Literatur emha diambang ramadhany; Muhammad Rapita Kun Panuluh; 3Khoirunnisa’ Afandi; M. Habibullah Arief
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12603

Abstract

Penetrasi internet yang semakin luas dan maraknya era industri 4.0 membuat semua sektor organisasi harus berkompetisi untuk mengikuti tren ini. Penggunaan Teknologi Informasi dipercaya dapat memberikan kinerja yang lebih baik bagi organisasi. Proses organisasi mendigitalisasi elemen yang ada hingga mencapai tujuan tertentu disebut dengan Transformasi Digital. Proses transformasi digital tidak semudah menggunakan teknologi lalu tujuan bisnis tercapai. Kemungkinan yang berdampak pada proses transformasi digital adalah orang, organisasi, proses yang ada, masalah teknis, dan hal lainnya yang belum terungkap. Sudut pandang tersebut disebut dengan Socio-Technical System. Penelitian ini mengkaji studi yang telah dilakukan secara sistematis untuk mencari tahu dampak dari transformasi digital terhadap organisasi di beberapa sektor. Penelusuran studi dilakukan dari tahun 2014 hingga April 2020 dengan string yang telah ditetapkan. Hasil menunjukkan bahwa pentingnya Socio-Technical System dalam mengidentifikasi dampak dari transformasi digital lebih komprehensif. Hubungan interdepedensi antarkomponennya memberikan wawasan lebih komprehensif seperti contoh hubungan antara orang – proses –teknologi yang memberikan wawasan bahwa transformasi digital membutuhkan keselarasan antara teknologi terhadap tujuan organisasi namun tetap sesuai dengan tugas individu tanpa harus menambah banyak pekerjaan baru. Analisis dampak transformasi digital secara komprehensif seperti ini jarang dilakukan dengan menggunakan sudut pandang STS. Dampak Digital transformasi terhadap bisnis juga dipaparkan yang berimplikasi pada perlunya organisasi mengidentifikasi faktor-faktor penting lainnya yang akan berdampak ketika transformasi digital diterapkan. Kajian transformasi digital yang terjadi pada skala UMKM akan menjadi topik yang menarik untuk dilakukan untuk penelitian selanjutnya.
The Role of Technopreneurship Education in Increasing Student Entrepreneurial Interest and Competence Sutrisno Sutrisno
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12955

Abstract

In the era of globalisation and advances in information technology, entrepreneurship has become one of the key factors in driving a country's economy. Technological developments have also opened up new opportunities for individuals to create technology-based innovations, known as technopreneurship. The purpose of this study is to analyse the role of technopreneurship education in increasing students' entrepreneurial interest and competence. This research is a literature review that adopts a qualitative method approach, which means it will analyse and interpret data by relying on information and text from various sources. The results show that the role of technopreneurship education in increasing students' entrepreneurial interest and competence is very important and has a wide impact. Technopreneurship education brings positive impacts not only on individual students, but also on society and the economy as a whole. By combining technology and entrepreneurship, it equips students with the necessary knowledge, skills and mentality to become successful entrepreneurs in the digital and innovation era.
Application of ChatGPT in Business Management and Strategic Decision Making Ikhsan Amar Jusman; Abu Muna Almaududi Ausat; Agus Sumarna
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12956

Abstract

In the era of globalisation and the information technology revolution, businesses are faced with increasingly complex and dynamic challenges. Business managers and company executives are required to make the right and fast strategic decisions to maintain the company's competitive advantage in a rapidly changing market. Along with the development of AI and NLP, technology applications in business management have undergone significant developments. One of the latest promising innovations is the use of ChatGPT in the context of business management and strategic decision-making. This research aims to investigate the application of ChatGPT in the context of business management and strategic decision-making. This research is a literature review that adopts a qualitative method approach, which means it will analyse and interpret data by relying on information and text from various sources. The study results show that the application of ChatGPT in business management and strategic decision-making offers great potential for improving the efficiency, productivity and quality of decision-making. With its ability to provide quick responses, in-depth data analysis and personalised interactions, ChatGPT can be a valuable intelligent assistant for enterprises. Key benefits of using ChatGPT in business management are improved customer service, business process automation, and more data-driven decision-making.
The Role of Information Technology in Improving Resource Management Efficiency in Sustainable Agriculture Christin Imelda Girsang
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12959

Abstract

Agriculture is one of the key sectors in the global economy that plays a key role in feeding the world's growing population. However, the agricultural sector is also faced with serious challenges, including climate change, environmental degradation, increasing demand for food, and pressure on natural resources. This research aims to analyse the role of IT in improving resource management efficiency in sustainable agriculture. This research is a literature review that adopts a qualitative method approach, which means it will analyse and interpret data by relying on information and text from various sources. The study results show that the role of information technology in improving resource management efficiency in sustainable agriculture cannot be ignored. Information technology enables farmers to better manage natural resources, optimise agricultural production, reduce negative impacts on the environment, and face challenges associated with climate change and global markets.
Penerapan Metode K-Means Untuk Mengidentifikasi Karakter Siswa ( Studi Kasus : SMA Methodist-8 Medan) Richard P Simanjuntak; Ramson Rikson Maruwahal Sijabat; Sardo P. Sipayung
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12963

Abstract

Berbagai cara dilakukan oleh pihak sekolah dalam pendidikan karakter berdasarkan kemendiknas, termasuk Sekolah SMA Methodist-8 Medan. Kurangnya pemahaman karakter peserta didik menjadikan visi misi sekolah belum terlihat tercapai sehingga pendidikan karakter di SMA Methodist-8 Medan belum tepat sasaran . Oleh sebab itu perlu dilakukan pengelompokan karakter peserta didik di SMA Methodist-8 Medan dengan tujuan pihak sekolah mengetahui karakter yang dimiliki peserta didik di sekolah. Algoritma K-Means digunakan untuk melakukan pengelompokan karakter peserta didik dengan jumlah cluster sebanyak 3 menggunakan delapan atribut karakter yang diteliti yaitu Jujur, disiplin,percaya diri, peduli,kreatif dan bertanggung jawab kerja keras, mandiri, dengan 230 data peserta didik. Hasil pengujian dengan 230 data menggunakan Bahasa R menghasilkan jumlah peserta didik yang berkarakter Cukup 124 peserta didik dengan nilai rata-rata centroid (0,795) dengan karakter bertanggungjawab dan kreatif. Dari hasil penelitian ini diharapkan Karakter Sangat Baik dapat dikembangkan dengan cara sekolah terus melakukan kebiasaan-kebiasaan yang melibatkan peserta didik agar karakter dalam diri peserta didik dapat terlihat sedangkan untuk karakter Tanggungjawab dan kreatif agar tidak lemah atau cukup maka pihak sekolah selalu memberikan bimbingan kepada peserta didik dan memberi contoh kebiasaan-kebiasaan baik serta kegiatan yang dapat diikuti peserta didik disekolah
Rancang Bangun Aplikasi Top Up Voucher Game Online Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming Zea Juniardi; Ariansyah; Nurmayanti
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12964

Abstract

Game online adalah salah satu teknologi yang saat ini digemari oleh banyak orang. Anak–anak maupun orang dewasa sekalipun dapat bermain game online kapan saja. Game online sendiri memiliki berbagai macam jenis dan juga didalam game online terdapat sebuah fitur untuk melakukan pembelian ataupun top up. Sense Store menyediakan jasa bagi para pemain game online yang ingin melakukan top up seperti pembelian voucher ataupun diamond dalam game online. Proses transaksi pada Sense Store masih dilakukan secara manual dengan datang langsung ke toko, sehingga akan lebih baik jika Sense Store memiliki website sebagai media promosi dan penjualan. Peneliti menggunakan metode Extreme Programming sebagai metode pengembangan yang digunakan saat merancang dan membangun aplikasi, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara dan studi pustaka. Alat bantu perancangan dalam penelitian ini menggunakan Unified Modeling Language (UML) yaitu, use case diagram, class diagram, dan activity diagram.
Social Media Sentiment Analysis to Understand Agricultural Market Trends and Consumer Preferences January Rizki
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12970

Abstract

Social media has become a very important communication platform in the daily life of modern society. People use these platforms to share their experiences, opinions, and preferences regarding various topics, including agricultural and food products. This research aims to conduct social media sentiment analysis to understand agricultural market trends and consumer preferences. This research is a literature review that adopts a qualitative method approach, which means it will analyse and interpret data by relying on information and text from various sources. The study results show that social media sentiment analysis is an invaluable tool for agricultural industry players in understanding market trends and consumer preferences. Using natural language processing and machine learning techniques, this analysis enables real-time monitoring of consumer opinions and feelings regarding agricultural products and agriculture-related issues.
Aplikasi Media Pembelajaran Metamorfosis Pada Hewan Berbasis Netbeans Studi Kasus SMP Negeri 2 Rambang Amar Kahfi; Suhartini; Khana Wijaya
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12976

Abstract

SMP Negeri 2 Rambang mulai berdiri sejak tahun 2004/2005, status belajar mengajar masih menumpang di SD Negeri 9 Rambang pada tahun 1999/2000 yang berlokasi di sebelah SMP Negeri 2 Rambang. SMP Negeri 2 Rambang adalah salah satu sekolah yang bermutu pendidikan di Kota Muara Enim. Sekolah Menengah Pertama ini terletak di Desa Sugihan, Muara Enim dan berakreditasi “A” saat ini SMP Negeri 2 Rambang memiliki Gedung sekolah, 56 guru bidang studi dan dapat menampung siswa kurang lebih 690 siswa. Dari sekolah inilah para siswa di gembleng, di didik dan di bentuk agar menjadi manusia-manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa. Selama ini pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri 2 Rambang kebanyakan masih bersifat konvensional, di dalam penyampaiannya masih menggunakan papan tulis, penjelasan dari guru serta sebatas gambar dari buku. Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang terus meningkat maka inovasi terhadap usaha perubahan metode belajar menjadi hal yang penting guna meningkatkan mutu para siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis membuat aplikasi media pembelajaran metamorfosis pada hewan berbasis Netbeans yang diharapkan dapat membantu siswa dalam menerima pelajaran yang di sampaikan oleh gurunya.
Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Baju Adat Dan Tari Daerah Untuk Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus : SDN 16 Belimbing) Relli Susanti; Suhartini; Ariansyah
Jurnal Minfo Polgan Vol. 12 No. 2 (2023): Artikel Penelitian 2023
Publisher : Politeknik Ganesha Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33395/jmp.v12i2.12981

Abstract

Pendidikan mengenai Seni Budaya khususnya baju adat dan tari daerah penting sekali untuk siswa karena mereka bisa memperdalam cinta nya kepada budaya Indonesia. Media buku sebagai pembelajaran dapat membuat siswa menjadi bosan karena penyajiannya yang begitu – begitu saja. Waktu belajar yang tidak lama serta pertemuan antara guru dan siswa yang terbatas khususnya dalam mata pelajaran seni budaya menjadi kendala dalam mempelajari baju adat dan tari daerah. Oleh karena itu peneliti membuat media pembelajaran mengenali baju adat dan tari daerah mata pelajaran seni budaya menggunakan Adobe Flash CS8 baru dengan mengatasi kejenuhan tersebut. Dengan membuat media pembelajaran mengenali baju dan tari daerah dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS8 dapat memberikan gambar dan tampilan video – video yang menarik. Penulisan ini akan meyajikan informasi tentang materi baju adat, tari daerah dan soal evaluasi. Adapun saran yang disampaikan adalah agar SD Negeri 16 Belimbing dapat memanfaatkan media secara optimal dan sarana yang ada agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif, dan untuk peneliti lebih lanjut agar dapat mengembangkan aplikasi Adobe Flash C8 dengan menghasilkan media yang lebih lengkap dengan menggunakan program yang lebih baik.

Page 1 of 16 | Total Record : 153