cover
Contact Name
Intan Hartanti
Contact Email
intalab@fekon.uniga.ac.id
Phone
+6281220991876
Journal Mail Official
journal.jkp@pasca.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Published by Universitas Garut
ISSN : 14127083     EISSN : 25799266     DOI : https://doi.org/10.52434/jp.v15i2
Core Subject : Social,
Jurnal Publik merupakan publikasi ilmiah yang bertujuan untuk menyajikan hasil penelitian, analisis, dan refleksi mengenai peristiwa-peristiwa sosial, pembangunan, dan kebijakan publik yang mutakhir yang terjadi, serta menyuguhkan wawasan dan interpelasi berbagai fenomena yang terjadi berdasarkan pendekatan ilmu administrasi negara.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 16 No. 02 (2022): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara" : 7 Documents clear
Kualitas Pelayanan Perekaman E-Ktp Ade Purnawan
Jurnal Publik Vol. 16 No. 02 (2022): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v16i02.125

Abstract

Kualitas pelayanan perekaman e-KTP di Kecamatan Cigeudug Kabupaten Garut di indikasi adanya permasalahan terkait dengan pelayanan perekaman E-KTP yang lambat dalam memberikan pelayanan serta berbelitnya prosedurnya, adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana kuaitas pelayanan Perekaman E-KTP di Kecamatan Cigeudug Kabupaten Garut. Meode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, adapun tekhnik pengambilan dapat melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian bahwa dari sisi dimensi reliability, Responiviness, Empaty dan tangible dalam perekaman E-KTP prinsipnya sudah berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa hambatan dalam pelayanan perekaman E-KTP di Kecamatan Cigeudug Kabupaten Garut adalah hambatan yang bersipat internal diantaranya adalah kualitas sumber daya manusia yang masih kurang dilihat dari kompetensinya, kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia sehingga perangkat yang digunakan terkadang eror atau jaringan tidak setabil, sedangkan hambatan eksternal adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap sistem kependudukan dan pentingnya dokumen kependudukan, dan untuk mengantisipasinya adalah adanya pemeliharaan perangkat dan jaringan yang tersedia sehingga bisa meminimalisir kendala-kendala yang terjadi dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat dengan mensosialisasikannya dengan cara memasang spanduk dan memberikan informasi ketika ada kegiatan-kegiatan di kampung-kampung melalui Camat Cigeudug.
Koordinasi Program Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi Di Kabupaten Garut Shintya Lestari Dewi
Jurnal Publik Vol. 16 No. 02 (2022): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v16i01.127

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pada masa pandemic ini adalah anak-anak sangat rentan tertular. Kemugnkinan yang besar seorang anak dapat tertular langsung oleh Covid 19. Terjadi peningkatan tingkat kekerasan terhadap anak oleh orang-orang terdekat sejak merebaknya Covid 19. Selain kekerasan fisik, anak juga menjadi sasaran kekerasan. pelecehan psikologis di rumah, dengan contoh termasuk menumpuknya tanggung jawab yang menimbulkan stres pada anak, rendahnya kualitas pendidikan online, dan keterlibatan orang tua yang menghasilkan ketegangan dalam pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi dari informan/sumber data yang digunakan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis Koordinasi Program Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi di Kabupaten Garut. Metode yang digunakan adalah metode kualitadtif dengan pendekatan deskriptif . metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi secara langsung ke instansi atau Dinas terkait. Hasil penelitiannya koordinasi bertujuan terciptanya efisiensi pelaksanaan tugas atau pencapaian sasaran. Unsur-unsur yang terkandung dalam usaha koordinasi, yang meliputi: (a) Unit-unit atau Organisasi-organisas. (b) Sumber-sumber (potensi). (c) Gerak Kegiatan. (d) Kesatupaduan. (e )Keserasian. (f) Arah yang sama.
Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Kepegawaian Terhadap Manajemen Pembinaan Kepegawaian dalam Mewujudkan Kinerja Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Garut Dodi Yudiardi; Achmad Jamaludin
Jurnal Publik Vol. 16 No. 02 (2022): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v16i01.128

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana tanggapan manajemen Kantor Pertanahan Kabupaten Garut terhadap perubahan yang ditimbulkan oleh kebijakan pengembangan kepegawaian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis statistik dengan model analisis jalur untuk mengkaji dampak kebijakan pengembangan kepegawaian terhadap manajemen pengembangan kepegawaian dalam konteks Kantor Pertanahan Kabupaten Garut (Path Analysis). Karena hasil hipotesis utama signifikan secara statistik (fhitung > f tabel), maka dapat disimpulkan bahwa program telah dilaksanakan secara luas, dengan bantuan dimensi, indikator, dan item yang mendukung pelaksanaan pembinaannya. Pada akhirnya dapat berpengaruh pada pencapaian kinerja yang optimal di Kantor Pertanahan Kabupaten Garut apabila hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan pengembangan kepegawaian berjalan dengan baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebijakan pembinaan berpengaruh positif dan kuat terhadap manajemen pengembangan kepegawaian dalam pelaksanaan kinerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kabupaten Garut, bertentangan dengan hasil temuan pengujian hipotesis utama. Peneliti dapat merekomendasikan diadakannya sharing session secara berkala yang dihadiri oleh pegawai dan atasan agar PNS dan PPNPN dapat mengkomunikasikan keluhan, kesulitan, dan gagasan tentang kebijakan yang berlaku pada setiap pegawai berdasarkan pekerjaan yang dilakukan untuk mengoptimalkannya, menjamin efisiensi, efektifitas, dan akurasi pengambilan keputusan dalam pengelolaan pengembangan personel, yang diperlukan untuk sistem manajemen karir dan sistem manajemen pengembangan personel.
Analisis Pengukuran Kinerja Baznas Kabupaten Garut Dengan Metode Integrated Performance Measurement Systems (IPMS) Neti Yuliawati
Jurnal Publik Vol. 16 No. 02 (2022): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v16i01.132

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengkaji kinerja Amil BAZNAS dalam pengelolaan Zakat Infaq Shadaqah dan untuk memberikan rekomendasi model pengukuran kinerja yang dapat dijadikan sebagai referensi oleh BAZNAS di Kabupaten Garut untuk mengambil kebijakan dalam meningkatkan kinerja Amil. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi dan memvalidasi data yang ada dari struktur organisasi, analisis key performance indicator (KPI), pembobotan KPI, dan proses analisis pengukuran kinerja menggunakan metode integrated performance measurement system (IPMS), selain itu menganalisis data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan personil kunci. Penelitian dan analisis pengukuran kinerja dengan metode IPMS mengungkapkan bahwa setelah perbaikan, sistem pengukuran kinerja didasarkan pada keinginan para pemangku kepentingan, mengarah ke seperangkat indikator yang lebih luas dan lebih kompleks yang digunakan dalam pengukuran kinerja, KPI disusun menjadi 20 KPI. Hasil penelitian ini, sistem pengukuran kinerja setelah perbaikan dapat menyelesaikan aspek kebutuhan akan Mustahik dan dan karyawan sebagai hal yang mempengaruhi kinerja Baznas Garut, yang dimana aspek ini sebelumnya belum dapat digambarkan sebagai pertimbangan dalam sistem pengukuran kinerja yang digunakan. Perubahan sistem pengukuran kinerja yang dilakukan tentunya dapat meningkatkan keakuratan Baznas Garut dalam menilai kinerja saat ini, sehingga dapat lebih memperbaiki kinerja Baznas Garut.
Analisis Faktor Penghambat Pencapaian Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Nurbudiwati Nurbudiwati; Ade Purnawan; Helmi Achmad Fauzi
Jurnal Publik Vol. 16 No. 02 (2022): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v16i02.134

Abstract

Pencapaian target penerimaan pajak bumi dan bangunan tidak dapat dijadikan acuan atau ukuran untuk menentukkan tingkat kesadaran masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh petugas desa untuk dapat mengajak wajib pajak serta masyarakat dalam pemberian penyuluhan, peningkatan pelayanan serta dalam pemberian penghargaan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB karena kesadaran membayar pajak bumi dan bangunan itu timbul dari diri pribadi wajib pajak sendiri, maka pada hakikatnya membayar PBB merupakan salah satu perwujudan kegotong-royongan nasional dalam membantu pembangunan nasional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. lokasi penelitian di Desa Tarogong, Kecamatan Tarogong Kidul. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan wajib pajak, petugas kecamatan serta petugas desa. Selain itu digunakan pula beberapa data dan dokumen untuk menunjang kelengkapan dan kedalaman informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang mempengaruhi rendahnya kesadaran wajib pajak dalam membayar PBB yaitu: (1) kurangnya informasi dari pihak pemerintah kepada rakyat/wajib pajak, (2) adanya kebocoran didalam penarikan pajak, (3) adanya penyebab kultural antara lain kondisi wajib pajak belum memiliki uang, dan (4),faktor ekonomi yaitu kondisi wajib pajak yang miskin sehingga sulit membayar pajak bumi dan bangunan.
Implementasi Kebijakan Parkir Di Kawasan Tertib Lalu Lintas Jalan Jendral Ahmad Yani (Pengkolan) Kabupaten Garut Pupung Pundenswari; Fikry Munawar Rizky
Jurnal Publik Vol. 16 No. 02 (2022): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v16i02.161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan parkir di Kawasan Tertib Lalu Lintas Jalan Jendral Ahmad Yani (Pengkolan) Kabupaten Garut dan faktor yang menghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam implementasi kebijakan, pemerintah daerah melakukan komunikasi yang bersifat persuasif melalui berbagai media dan penyuluhan, penindakan tegas berupa razia maupun penggusuran kendaraan bermotor yang parkir liar di kawasan Pengkolan. Sumberdaya manusia pelaksana kebijakan yaitu Dinas Perhubungan dan Satpol PP sudah cukup memadai baik secara kualitas maupun kuantitas. Sarana parkir resmi masih terbatas dan belum dapat menampung jumlah kendaraan. Faktor penghambat yaitu kurangnya penegakan sanksi, kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat yang datang ke kawasan Pengkolan, pemerintah membiarkan juru parkir liar yang beroperasi di sepanjang kawasan Pengkolan, serta kurangnya pemahaman masyarakat fungsinya lahan parkir resmi dan adanya dukungan dari masyarakat yang memarkir kendaraannya di depan toko. Adapun saran , pemerintah daerah hendaknya mencari sarana parkir yang dekat dengan toko-toko di kawasan Pengkolan, menindak tegas parkir liar yang marak di sepanjang Pengkolan, mempertahankan sikap aparatur yang memiliki komitmen kuat demi tercapainya K3 Pengkolan.
Evaluasi Kebijakan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Di Dinas Sosial Kabupaten Garut Aji Abdul Wahid; Aceng Ulumudin; Muchtar Muchtar
Jurnal Publik Vol. 16 No. 02 (2022): Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara
Publisher : Program Pasca Sarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v16i02.168

Abstract

Berdasarkan penelusuran penulis di Dinas Sosial Kabupaten Garut, nampaknya terdapat permasalahan dalam menganalisis kebijakan akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak. (LKSA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data dan informasi tentang kebijakan akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak. (LKSA). Serta untuk mengembangkan ilmu di bidang Administrasi Negara, khususnya di bidang Kebijakan Publik. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian bahwa evaluasi kebijakan akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dari kriteria efektifitas atau (effectiveness), efesiensi, Kecukupan (adequacy), perataan (equity), Responsivitas (responsivennes) ketepatan (appropriateness) Ketepatan dalam Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Kabupaten Garut sudah cukup tetapat sesuai dengan kebutuhan dilapangan namun masih ada beberapa hambatan yang di hadapi yang diantaranya adalah Masalah pendanaan, Kurangnnya sumberdaya manusia dan sarana prasarana yang tersedia.

Page 1 of 1 | Total Record : 7