cover
Contact Name
Syaipul Ramdhan
Contact Email
lppm@global.ac.id
Phone
+6287774181374
Journal Mail Official
syaipulramdhan@global.ac.id
Editorial Address
Jl. Aria Santika No. 43A Margasari Karawaci
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Sisfotek Global
ISSN : 20881762     EISSN : 27213161     DOI : http://.doi.org/10.38101/jsg
Jurnal Sisfotek Global is a peer-reviewed open access journal published twice a year (March and September), a scientific journal published by Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal Global Sisfotek aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to the field of computer science. It is published in online version (e-ISSN 2721-3161) and printed version (p-ISSN 2088-1762). Jurnal Global Sisfotek has been indexed and abstracted in Index Copernicus, GOOGLE Scholar, BASE (Bielefeld Search Engine), Crossref Search, One Search, PKP-Indexed, Neliti search, Garuda, Dimensions, Scilit. Jurnal Sisfotek Global accepts quality manuscripts produced from research projects within the scope of the field of computer science, which include, but are not limited to the following topics: information systems, image processing, multimedia, mobile computing, artificial intelligence, expert systems, computer systems. The manuscript must be original research and written in English (from 2021).
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL" : 19 Documents clear
Perancangan Sistem Infomasi Customer Relationship Management Pelayanan Berbasis Web di PT Sahabat Kreasi Muda Hilmi Fuad; Sutarman Sutarman; Yayah Yayah
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.482 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.160

Abstract

Semakin meningkatnya persaingan bisnis antar perusahaan untuk mendapatkan pelanggan telah menyebabkan perusahaan berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Kepuasan konsumen merupakan kunci utama untuk membangun hubungan jangka pajang antara pelanggan dan perusahaan. PT Sahabat Kreasi Muda yang bertempat di Jalan Raya Gading Serpong Ruko Tematik Pasar Modern Paramount blok P25 bergerak di bidang percetakan. Sistem pelayanan pelanggan yang berjalan saat ini pada PT Sahabat Kreasi Muda masih mengunakan aplikasi google untuk mengisi keluhan pelanggan sehingga setiap pelanggan bisa melihat keluhan dari pelanggan lain. Oleh sebab itu, keluhan tidak bersifat rahasia bagi perusahaan. Pendaftaran member masih dilakukan dengan pencatatan dokumen sehingga membuat customer service membutuhkan waktu yang lama ketika mencari data member jika dibutuhkan; Marketing kesulitan mengelola data pertemuan dengan perusahaan ketika akan mebuat perjanjian kerja dan laporan data pendaftaran member tidak sesuai dengan kejadian transaksi pendaftaran karena masih terjadi kesalahan pada saat pencatatan transaksi member. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle), UML (Unified Modelling Language), dan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web yaitu Codeigniter, Framework. Sistem customer relationship management pelayanan ini memudahkan pelanggan untuk registrasi member, memberikan masukan berupa kritik atau saran, membuat jadwal pertemuan, dan dapat mempermudah pegawai untuk mengelola data secara sistem. Pada penelitian ini menggunakan analisis kebutuhan sistem melalui analisis SWOT.
Sistem Informasi Promosi Penjualan Kendaraan Motor Berbasis Web di CV Dian Motor Cabang Kronjo – Tangerang Joko S. Dwi Raharjo; Muhammad Iqbal Dzulhaq; Rudi Hartono
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.321 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.179

Abstract

Sistem Informasi Promosi Penjualan Motor adalah untuk membantu konsumen dalam mencari sebuah informasi yang lebih lengkap dengan menfaatkan sutatu sistem web dalam menentukan sebuah keputusan pembelian. Penulis membuat penulisan Skripsi ini berdasarkan dari hasil riset di CV Dian Motor yang berlokasi di Jalan Raya Kronjo depan koramil 13 Kronjo Tangerang, CV Dian Motor Kronjo adalah cabang penjualan sepeda motor berbagai merk motor seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Viar, dan TVS. Semakin banyaknya persaingan penjualan kendaraan motor, maka timbul permasalahan-permasalahan  yang membingungkan pelanggan untuk menentukan promosi, harga dan kualitas kendaran yang akan dibeli. Sehingga penulis menggunakan aplikasi yang sudah ada yaitu Prestashop suatu sistem aplikasi yang berguna untuk dapat menangani masalah yang timbul atau paling tidak mengurangi tingkat kesalahan yang selama ini terjadi pada proses penjualan dan sekaligus meningkatkan kinerja serta produktifitas kerja dari sumber daya yang ada. Untuk itu penulis merancang suatu sistem pengolahan data informasi penjualan kendaraan secara komputerisasi dari mulai proses pemesanan motor sampai, informasi spesifikasi kendaraan dan dengan proses pembuatan laporan. Semuanya itu penulis tuangkan dalam sebuah judul Sistem Informasi Promosi Penjualan Motor Berbasis Web Studi Kasus di CV Dian Motor Cabang Kronjo-Tangerang
Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah Abdur Rochman; Achmad Sidik; Nada Nazahah
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.663 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.170

Abstract

Perkembangan teknologi di era saat ini berjalan yang sangat pesat, hal ini terbukti dengan banyaknya penggunaan jaringan internet diberbagai kalangan masyarakat saat ini. Seperti halnya pendidikan untuk mengetahui layanan informasi pembayaran SPP. Pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), belum banyak sekolah yang mengenal dan memanfaatkannya dengan baik teknologi ini. Salah satunya yaitu sekolah SMK Al-Amanah dalam kegiatan pelayanan administrasi pembayaran SPP, masih dilakukan secara manual dengan melakukan pencatatan manual kedalam sebuah buku besar,  lamanya dalam proses antrian pembayaran SPP, dan sering melakukan kesalahan dalam hasil pembuatan laporan, sehingga sistem yang berjalan saat ini belum optimal, karena itu perlu adanya peningkatan sistem secara terkomputerisasi pada laporan pembayaran SPP. Sebagai media penghubung antara wali murid dan pihak sekolah, agar wali murid dapat mengecek pembayaran putraputrinya setiap bulannya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian dan membuatkan sebuah sistem baru yang dapat dimanfaatkan untuk pembayaran SPP bertujuan untuk meningkatkan keakuratan, kecepatan, serta ketetapan dalam pembuatan laporan sehingga mengurangi kesalahan dalam laporan pembayaran. metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka, sedangkan dalam perancangan sistem informasi penulis menggunakan metode Object Orientied Analis Desain“OOAD” menggunakan Unified Modeling Language (UML) perangkat lunak yang dibangun menggunakan bahasa pemrogram PHP dan MySQL sebagai databasenya. Sistem yang baru dapat memaksimalkan pekerjaan bendahara dalam penyampaian informasi pembayaran, ketelitian maupun pelayanan administrasi pembayaran SPP dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
Sistem Informasi Dokumentasi ISO 9001:2008 Pada PT Bangun Sarana Baja Rahmat Tullah; Sutarman Sutarman; Asep Anggi Anggara Noviana
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.447 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.167

Abstract

Sistem Informasi Dokumentasi ISO Pada PT Bangun Sarana Baja menjadikan pekerjaan lebih berkualitas. Sistem Informasi ini akan lebih menyederhanakan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informatika pengolahan dan penyimpanan data sehingga pengolahan dan penyimpanan atas data-data yang ada akan lebih cepat dan akurat. Penyebaran informasi hanya akan diterima oleh departemen yang terkait saja. Penelitian ini akan menguraikan aktivitas-aktivitas yang dihasilkan pada masing-masing tahap pengembangan. Desain sistem informasi ini dibangun dengan harapan agar dapat mempermudah dalam pengelolaan data arsip, serta dapat menghasilkan informasi yang diharapkan.
Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global Muhammad Iqbal Hanafri; Triono Triono; Imam Luthfiudin
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.541 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.175

Abstract

Informasi merupakan hal yang penting, kecepatan penyampaian informasi dan akses data juga tidak kalah pentingnya bagi suatu organisasi untuk dapat memenangkan persaingan. STMIK BINA SARANA GLOBAL adalah Perguruan Tinggi yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto (Perempatan Cimone) No.42-45 Tangerang. Saat ini teknologi informasi telah berkembang sedemikian pesat, sehingga STMIK BINA SARANA GLOBAL berupaya selalu melakukan inovasi teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang terus dikembangkan adalah sistem atau aplikasi untuk menunjang kegiatan akademik. Salah satunya informasi mengenai kehadiran dosen , sistem kehadiran yang berjalan saat ini masih dilakukan dengan cara mahasiswa harus bertanya langsung kepada bagian akademik untuk mengetahui informasi kehadiran dosen.  Sistem yang berjalan saat ini membuat mahasiswa sangat kesulitan untuk mendapatkan informasi kehadiran dosen yang sedang berjalan, karena kehadiran absensi dosen saat ini masih menggunakan buku besar sehingga data absensi dosen sering hilang. Belum adanya media informasi untuk monitoring kehadiran dosen. Bagian akademik harus merekap satu persatu laporan absensi dosen sehingga membutuhkan waktu yang lama. sehingga sistem yang berjalan menjadi kurang efektif dalam menjalankan aktifitas perkuliahan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi saat ini maka dibutuhkan sistem yang dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal perkuliahan yang up to date dan cepat. Aplikasi akan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySql
Perancangan Sistem Informasi Laporan Persediaan Barang Jadi PT Duta Prima Plasindo Achmad Sidik; Edy Tekat Bronto Waluyo; Siti Susilawati
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.729 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.161

Abstract

Perkembangan komputerisasi dapat mempermudah para pegawai menyelesaikan pekerjaannya. Sistem informasi akan membuat pengolahan data menjadi lebih cepat, efisien, dan lebih akurat. PT Duta Prima Plasindo adalah salah satu perusahaan yang memproduksi barang berupa karung plastik. Pencatatan dan penyimpanan laporan persediaan barang jadi disini masih dilakukan secara manual dan disimpan dalam lembaran-lembaran kertas dan proses penyampaian laporan yang masih manual. Tujuan penelitian ini adalah penulis diharapkan dapat membantu PT Duta Prima Plasindo untuk membuat sebuah sistem informasi persediaan barang jadi. Metode analisa perancangan sistem informasi yang digunakan adalah dengan menggunakan perancangan UML. Perancangan sistem informasi ini menghasilkan sistem informasi persediaan barang jadi yang akan membantu perusahaan dalam penyimpanan arsip data laporan, dan mempermudah serta mempercepat proses penyampaian informasi persediaan barang jadi dari admin produksi kepada manager dengan menggunakan bahasa pemograman PHP & MySql.
Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Belajar Bersuci Untuk Siswa Paud Al-Mubarok Rahmat Tullah; Syaipul Ramdhan; Syahrul Mubarok
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.027 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.180

Abstract

Pendidikan ilmu agama, khususnya wudhu dan tayamum sangat penting untuk dipahami oleh anak maupun dewasa sebagai dasar hidup mereka untuk beribadah kepada Allah swt. Media buku sebagai pembelajaran dapat membuat pelajar bosan karena penyajiannya. Waktu belajar dikelas yang tidak lama serta pertemuan antara guru dan pelajar yang terbatas khususnya dalam mata pelajaran agama menjadi kendala dalam mempelajari wudhu dan tayamum. Oleh karena itu, selama ini proses pembelajaran masih menggunakan cara konvensional dimana pembelajaran masih menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada bagaimana siswa belajar. Cara ini masih mendapatkan beberapa kendala dalam pembelajaran. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, maka dibuat sebuah aplikasi penerapan media pembelajaran interaktif “belajar bersuci” untuk siswa Paud AlMubarok Jatiwaringin Kecamatan Mauk, sehingga diharapkan aplikasi ini membantu siswa dalam belajar mengenal bersuci dengan lebih mudah, menarik dan praktis
Perancangan Aplikasi Untuk Mengecek Perbedaan Lot Barang Ekspor Study Kasus Di PT Victory Chingluh Indonesia Otto Fajarianto; Muchamad Iqbal; Hengki Sanjaya
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.751 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.171

Abstract

Teknologi dan informasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. teknologi komunikasi merupakan alternatif bagi suatu perusahaan untuk menunjang pengolahan data yang baik. PT Victory Chingluh Indonesia adalah sebuah pabrik yang bergerak dalam bidang usaha pembuatan  sepatu, terutama di bagian departement finish goods yang merupakan tempat penyimpanan sepatu yang sudah dikemas ke dalam sebuah karton dan dibedakan tiap kartonya oleh sebuah code lot barang/lot Barang. Perusahaan ini sudah memiliki sistem namun kurang optimal karena sistem yang ada saat ini masih belum mampu untuk mengetahui bila ada barang ekspor yang bukan waktunya untuk ekspor ikut ke proses scan out, bila sampai tercampur maka akan mengganggu kelancaran proses ekspor dan juga akan mendapatkan denda sangat besar bila sampai barang yang tercampur ini terkirim  ke negara tujuan. Dengan membangun suatu aplikasi yang mampu mengecek perbedaan lot barang ekspor, dan mempermudah dalam melakukan pencarian data lot barang ekspor bila ada yang tidak sesuai, sehingga tidak memakan waktu yang lama menghasilkan informasi yang tepat dan akurat, dan metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode perancangan terstruktur melalui tahapan pembuatan UML yang berbasis OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dan perancangan menggunakan bahasa pemprograman java dengan database menggunakan MySql. Dengan adanya sistem yang dapat mengelolah data hasil scan out dapat meminimalkan waktu yang terbuang didalam permasalahan yang sering terjadi dan juga memudahkan stakholder mendapatkan informasi dengan tepat mengenai data hasil dari scan out dan juga memudahkan mendapatkan informasi kesalahan.
Perancangan Sistem Informasi Notifikasi Bukti Kas Bank di PT Polyunggul Pratama Aso Sudiarjo; Triono Triono; Agnes Rustiana Litianing Tyas
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.795 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.169

Abstract

Pada prinsipnya setiap Instansi atau Perusahaan baik itu yang berstatus negeri maupun swasta pasti membutuhkan sistem manajemen dokumen, agar dokumendokumen yang ada dapat tersusun dengan rapi sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Seiringnya dengan perkembangan suatu organisasi dan bertambahnya volume dokumen diperlukan adanya suatu sistem yang dapat mengatur dan merawat dokumen. Seperti halnya PT Polyunggul Pratama adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi  plastic packaging. Pada sistem yang berjalan pengelolan dokumen-dokumen berupa bukti kas bank belum terkomputerisasi mulai dari pendataan yang masih dilakukan secara konvensional, perawatan dokumen fisik yang belum optimal, kurangnya perhatian terhadap bukti kas bank dan jumlah seluruh bukti kas bank yang tersedia yang kurang optimal. Sehingga masalah-masalah tersebut menjadi kendala saat pembuatan laporan. Untuk menyelesaikan permasalahan ini maka PT Polyunggul Pratama perlu menggunakan sistem baru yaitu secara komputerisasi. Oleh karena itu dibutuhkannya perancangan sistem berupa aplikasi web server localhost. Metodologi yang digunakan yaitu SDLC dengan pendekatan analisa dan pengembangan berorientasi objek mulai dari menganalisa sistem yang berjalan melalui UML (Unified Modeling Language), melakukan elisitasi, serta menggambarkan sistem yang diusulkan melalui UML (Unified Modeling Language).
Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan dalam Pemilihan Karyawan Terbaik Berbasis Web di LP3I Jakarta Teddy Setiady; Damdam Damiyana; Yosep Nurawan
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (972.649 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.176

Abstract

Penilaian kinerja karyawan merupakan proses penilaian yang dilakukan oleh perusahaan untuk melihat kinerja karyawan sehingga menghasilkan karyawan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi. Kantor Pusat LP3I Jakarta memiliki permasalahan untuk bisa mengevaluasi (dalam hal ini memberikan penilaian) atas kinerja karyawan. Pengolahan hasil penilaian kinerja karyawan di Kantor Pusat LP3I Jakarta masih melakukan perhitungan secara manual sehingga belum bisa menghasilkan nilai akhir secara keseluruhan yang dapat menunjang keputusan dalam pemilihan karyawan terbaik. Di dalam sistem penunjang keputusan penilaian kinerja karyawan ada beberapa metode yang digunakan, salah satunya adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP inilah yang menjadi pilihan metode pada sistem penunjang keputusan penilaian kinerja karyawan di Kantor Pusat LP3I Jakarta. Peralatan utama AHP adalah sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya adalah persepsi manusia. Penggunaan hirarki, suatu masalah kompleks dan tidak terstuktur dipecahkan ke dalam kelompok-kelompoknya, kemudian kelompok-kelompok tersebut diatur menjadi suatu bentuk hirarki. Metode AHP memiliki kriteria untuk menentukan alternatif keputusan dalam penerapan di perangkat lunak, sehingga sistem penunjang keputusan penilaian kinerja dapat menentukan pemilihan karyawan terbaik dengan menggunakan perangkat lunak ini. Proses AHP ini membandingkan karyawan satu dengan karyawan lain dan memberikan output nilai intensitas berupa hasil penilaian terhadap karyawan. Hasil proses AHP dari perangkat lunak ini berupa karyawan terbaik berdasarkan nilai tertinggi, simulais perhitungan AHP dan laporan penilaian.

Page 1 of 2 | Total Record : 19