cover
Contact Name
Yulia Febriyati
Contact Email
yuliafebriyati27@gmail.com
Phone
+6285363850807
Journal Mail Official
yuliafebriyati27@gmail.com
Editorial Address
JL. Elak Batugajah Airmolek Kec. Pasirpenyu kab. Indragiri Hulu Riau 29352
Location
Kab. indragiri hulu,
Riau
INDONESIA
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
ISSN : 19078285     EISSN : 26862387     DOI : 10.55558
Core Subject : Education,
Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran" : 6 Documents clear
KONSEP DASAR GADAI DALAM ISLAM Arfah
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.248 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.8

Abstract

stilah gadai (Rahn) adalah menahan salah satu harta milik si peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diterimanaya. Barang yang ditahan tersebut menpunyai nilai ekonomi. Barang yang dititipkan pada si piutang dapat kembali dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati antara nasabah dangan pegadaian. Gadai dalam fiqih di sebut rahn yang menurut bahasa adalah nama barang yang dijadikan sebagai jaminankepercayaan. Sedangkan menurut syara’ artinya menyandara sejumblah harta yang diserahkan sabagai jaminan secara hak, tetapi dapat diambil kenbali sebagai tebusan. Hukum gadai bole sama seperti jual beli. Sabagaimana dijelaskan Allah SWT dalam Alqur’an Al-Baqorah:283  
PENGEMBANGAN SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP KOMPETENSI SISWA Juni Erpida Nasution
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (739.764 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.9

Abstract

Government of Indonesia has decided educational unit curriculum as an operational curriculum which can be played up by every unit of education. It is played up in contain standard, curriculum component, curriculum structure, competence standard, educational calender, syllabus, teaching plan and so on. Especially, syllabus must be formulated by a teacher through teachers’ cooperation of lessons in certain school. 
PENGARUH PENGENDALIAN PIUTANG TERHADAP EFEKTIVITAS LABA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYA MULYA RENGAT Kusmana
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.028 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.10

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Koperasi Simpan Pinjam Karya Mulya Rengat yang berlangsung lebih kurang selama 6 bulan (enam) bulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pengendalian Piutang Terhadap Efektivitas Laba pada KoperasiKarya Mulya Rengat. Metode penelitian dengan menggunakan Teknik pengumpulan data Observasi dan pengumpulan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan uji t untuk mengetahui pengaruh pengendalian piutang terhadap efektivitas laba pada koperasi simpan pinjam karya mulya rengat, dimana penelitian ini jugadilakukan dengan membaca dan mempelajari berbagai literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yang bersumber dari buku-buku relevan dengan topic penelitian ini.Kesimpulan dari hasil penelitian diatas adalah adanya pengaruh  efektivitas laba pada koperasi simpan pinjam karya mulya rengat. Dan hubungan yang kuat dan positif (+) artinya searah.
PENGARUH DIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Denny wahyuni
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.133 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.11

Abstract

Didikan orang tua adalah upaya dasar yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam hal untuk meningkatkan mutu pendidikan anaknya baik di lingkungan rumah maupun di sekolah. Didikan orang tua adalah bagaimana cara orang tua dalam mengarahkan siswa dalam mengamalkan ajaran pendidikan agama Islam bagi anaknya 
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH Edi Marwan
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.796 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.12

Abstract

People who live before the arrival of the information age,handling information is done manually or mechanically by using machines that are not computers. However, in entering a new era, the world community is now also in an era of knowledge-based society. In addition, the world is in an era of information and communication. Which at the moment we are in the information age, this means that information has touched all aspects of life, both individuals, groups and organizations. At the individual level various kinds of information are needed such as the need for education, health, employment, and other types of products or services.
PENGARUH SUPERVISI DAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK Adam Saleh
Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Vol. 13 No. 1 (2018): Mei : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Publisher : STAI Nurul Falah Airmolek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.091 KB) | DOI: 10.55558/alihda.v13i1.13

Abstract

Headmaster’s supervision is an activity of quidance to increase teacher’s ablity and         performance in implementing his duty, so that the learning process runs effectively and efficiently. whereas teacher’s motivation is an inner or outer support to get the good spiritof teaching.

Page 1 of 1 | Total Record : 6