cover
Contact Name
ªRusdiyanto
Contact Email
manage@unmuhjember.ac.id
Phone
+6287762810471
Journal Mail Official
manage@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jl. Karimata No 49 Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage
ISSN : 7216608     EISSN : 27978451     DOI : https://doi.org/10.32528/jpmm
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage adalah publikasi yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dengan Nomor p-ISSN: 2721-6608 dan e-ISSN: 2797-8451. Jurnal pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menampung gagasan, telaah dan kajian dan juga informasi tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bidang kajian yang dipublikasikan dalam jurnal pengabdian masyarakat ini meliputi bidang sosial humaniora, bidang teknologi dan informasi, bidang pertanian, dan bidang kesehatan serta bidang ilmu lainnya.Penerbitan jurnal pengabdian masyarakat ini bersifat ilmiah yang dapat dikemas dalam bentuk hasil penerapan ilmu pegetahuan dan teknologi kepada masyarakat dari kalangan ahli, akademisi maupun praktisi. Tulisan artikel pengabdian masyarakat ini akan mengalami proses penyuntingan seperlunya yang dilakukan oleh penerbit tanpa mengubah subtansi naskah aslinya. Penulis bertanggungjawab sepenuhnya terhadap hasil tulisan yang dikirim ke redaksi jurnal pengabdian masyarakat ini. Naskah yang akan dikirim ke jurnal pengabdian ini merupakan naskah asli yang belum pernah diterbitkan di penerbit yang lainnya. Jurnal pengabdian ini diterbitkan setiap enam bulan sekali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage ini diterbitkan setiap bulan februari dan Agustus
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 64 Documents
Upaya Peningkatan Omset Penjualan Keripik Tempe Berbasis Digital Dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Masa Pandemi Wahyu Eko Setianingsih; Ibna Kamilia Fiel Afroh; Ipung Dwiansyah; Raniah Nadhif Salsabilah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 2, No 1 (2021): Februari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.708 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v2i1.5006

Abstract

UMKM sebagai roda penggerak perekonomian di Indonesia memiliki peranan penting. Sektor ini merupakan sektor yang dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran Dalam situasi pandemic, keberadaan UMKM mendapat guncangan yang cukup hebat, sehingga dibutuhkan kreativitas dan inovasi dari UMKM itu sendiri. Merosotnya omset penjualan pada masa pandemic membuat pemilik UMKM terus melakukan pemasaran online dalam mensiasati adanya kerumunan dan memudahkan penjualan. Hal ini terjadi pada UMKM ADA Keripik Tempe yang berusaha memasarkan produknya melalui media online, namun terkendala dengan alat yang dimiliki, yaitu Handphone. Piranti tersebut harus bergantian dengan suami yang berprofesi sebagai driver ojek online. Kemampuan pemasaran online yang dimiliki oleh pemilik ADA keripik tempe juga masih terbatas. Selain itu juga kemampuan dalam mengelola laporan keuangan juga sedikit. Program pengabdian masyarakat ini memberikan solusi dari masalah yang dimiliki oleh mitra. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode ceramah dan pendampingan, sehingga mitra menjadi lebih jelas dalam mendapatkan pengetahuan dan materi.
Pelatihan Penggunaan Google Classroom Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Bagi Guru Masram Masram; Ika Purwanti; Ninik Sulistyoningsih; Ella Hindun Faal Cholaniyah; Siti Musarofah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 1, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.898 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v1i2.3985

Abstract

Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, salah satunya adalah pembelajaran daring (dalam jaringan) yang dilaksanakan oleh hampir seluruh jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. Model-model pembelajaran dikembangkan berbasis online (e-learning). Namun pada sisi lain, pelaksanaan pembelajaran daring mengalami kendala seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran daring tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan Google Classroom untuk mendukung proses pembelajaran daring di SDN Desa Kudikan. Sasaran kegiatan ini adalah para guru SDN Desa Kudikan. Metode pelaksanaan menggunakan  ceramah, praktikum, dan tanya jawab. Peserta pelatihan diberikan pemahaman konseptual tentang media pembelajaran jarak jauh atau online sekaligus mempraktekkan penggunaan aplikasi Google Classroom. Hasil dari kegiatan ini antara lain: peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan, guru SDN Desa Kudikan dapat memahami pemanfaatan google classroom dengan indicator bahwa guru dapat membuat ruang kelas pembelajaran daring. Para Guru SDN Desa Kudikan telah mampu mengoperasikan aplikasi Google Classroom sebagai media alternative, akan tetapi masih perlu dilakukan pendampingan sampai guru benar-benar memahami dan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19.
Perumusan Strategi Pengembangan Usaha pada Kampung Tempe Tenggilis Kauman di Surabaya Nia Yuniarsih; Yulius Setu; Seraficha Angelia; Susi Manurung; Maria Oktaviani Sonya Fono; Ignasia Debi Ardiana
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 1, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.815 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v1i2.3976

Abstract

Kampung Tempe di Tenggilis Mejoyo merupakan sentra pengolahan kedelai yang memproduksi temped an keripik tempe. Ketua Paguyuban Kampung Tempe, Bapak Nurhasan, telah melakukan usaha nya turun menurun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memetakan strategi pengembangan bauran pemasaran yang terdiri dari Product, Place, Price dan Promotion. Product dari Kampung Tempe yaitu, tempe yang diproduksi terdiri atas 2 jenis, tempe regular dan tempe sesuai pesanan. Selain tempe, juga memproduksi Keripik Tempe yang dikemas 100gr, 200gr dan 1kg. Penjualan tempe melalui pasar tradisional, sedangkan keripik tempe melalui toko snack, toko oleh oleh kahs Surabaya dan order langsung ke pemilik usaha. Saluran distribusi tempe dan keripik tempe yaitu dari produsen, retail dan konsumen. Harga tempe bersiksar Rp. 5.000 – 6.000, sedangkan keripik tempe 100gr  Rp 5.000- 6.000 ; keripik tempe 200gr Rp. 10.000. Promotion yang telah dilakukan pengusaha tempe melalui media sosial dan market place. Pengusana tempe belum memiliki niat untuk melakukan pengajuan kredit usaha ke bank, karena khawatir tidak bisa membayar angusran per bulan.
Pelatihan “Souvenir Gantungan Kunci Dari Bahan Mote Dan Pembuatan Tas Dari Macam Benang” di Panti Karya HEPHATA HKBP Sumatera Utara Medyawanti Pane; Sesmaro Max Yuda; Dikky Antonius; Stepanus Stepanus
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 2, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.708 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v2i2.5429

Abstract

Kesejahteraan sangat perlu diperhatikan, apalagi kepada mereka yang menyandang keterbatasan atau disabilitas, mereka yang tidak mampu melakukan kegiatannya tanpa bantuan orang lain. Bagi para kaum disabilitas keluarga bagi mereka bukan orangtua kandung mereka lagi, tetapi tempat – tempat atau lembaga sosial seperti Panti asuhan. Program pengabdian masyarakat  yang dilakukan dengan memberikan ketrampilan pembuatan souvenir gantungan kunci dari bahan mote dan pembuatan tas dari macam benang, diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kerajinan tangan dan juga menumbuhkan rasa ingin tahuan dan kemampuan berwira usaha. Tujuan pelatihan ini untuk menambah wawasan tentang pembuatan souvenir dari bahan mote dan pembuatan tas dari macam benang, mengenalkan dan memberikan pelatihan, koordinasi dengan peserta pelatihan, perancangan souvenir, pelaksanaan pelatihan, metode pelatihan pembuatan gantungan kunci dan pembuatan tas secara langsung pada masyarakat di desa Sintong Marnipi, khususnya kaum disabilitas Panti Karya Hepata HKPB Desa Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Sumatera Utara, kegiatan ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan kerajinan tangan dan mengaplikasikannya dalam pembuatan produk souvenir gantungan kunci dan pembuatan tas.
Upaya Peningkatan Produktivitas Dan Pemasaran Produk Stick Buah Naga Melalui Pemasaran Online Ahmad Izzuddin; Maghfirotul Hasanah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 1, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.317 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v1i1.3287

Abstract

Buah naga merupakan buah dari jenis kaktus dengan marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah naga dianggap sebagai buah super tropis dan obat-obatan karena memiliki banyak manfaat. melimpahnya buah naga saat panen, membuat harga buah naga menjadi murah, bahkan ada petani buah naga yang membuang hasil panennya di sungai akibat jatuhnya harga buah naga. permasalahan ini kemudian dimanfaatkan oleh mahasiswa UNMUH Jember yang pernah KKN di desa Tembokrejo untuk membuat UMKM Stick Buah Naga yang nantinya dijalankan oleh ibu-ibu PKK yang dipimpin oleh ibu lina. UMKM Stick Buah Naga ini ternyata masih belum bisa berjalan optimal dkarenakan beberapa masalah, sehingga pengabdian ini bertujuan untuk 1. Memberikan pengetahuan tentang manajemen operasional, sehingga bisa bekerja secara efektif dan efisien, serta memberi beberapa peralatan yang menunjang sehingga UMKM bisa lebih produktif. 2.Memberikan pengetahuan tentang manajemen pemasaran yang baik, serta pemanfaatan media social untuk menunjang pemasaran digial (digital marketing). 3. Memberikan pengetahuan tentang pembuatan lapora laba rugi dan penghitungan HPP, sehingga bisa menggunakan modal lebih efisien.
Integrasi Pengolahan Sampah Metode 3r Dengan Bank Sampah Di SMA Bima Ambulu Yohanes Gunawa Wibowo; Ahmad Izzuddin
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 2, No 1 (2021): Februari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.109 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v2i1.5002

Abstract

Kabupaten Jember darurat sampah plastik. Setiap hari sudah ada sekitar 60 ton plastik, dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jember, Jawa Timur menargetkan dapat mengurangi sampah hingga 85 persen, mengingat selama ini sampah dan pengelolaannya masih menjadi masalah belum terpecahkan di wilayah ini. Oleh karena itu, Jember terus mengadakan sejumlah program yang diharapkan mampu mengurangi volume sampah yang ada di masyarakat. Selain itu Kabupaten Jember pada tahun tahun 2017 telah membentuk bank sampah sebanyak 17, namun saat ini yang masih betahan hanya 7 bank sampah. Kondisi ini juga menggambarkan kesadaran masyarakat Jember masih rendah. SMA BIMA Ambulu Jember merupakan salah satu objek yang kami jadikan percontohan tentang pengelolaan sampah terpadu. Hal ini karena sekolah ini salah satu sekolah swasta dengan jumlah siswa terbanyak di Jember. Kini sekolah SMA BIMA telah memiliki program pengelolan sampah terpadu, dan kami berharap program pengolaan sampah dengan metode 3 R tidak hanya berhenti disekolah, tapi juga dimasyarakat melalui perilaku siswa SMA BIMA Ambulu Jember.  
Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran Ginanjar Abdurrahman; Hardian Oktavianto; Ega Yusni Habibie; Anggar Wahyu Hadiyatullah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 1, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.071 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v1i2.3981

Abstract

Keberadaan UMKM diharapkan mampu mendongkrak perekonomian seiring berkembangnya era persaingan bebas, seperti WTO, AFTA, APEC, dan AEC, dan agar selalu siap menghadapi krisis ekonomi global. Berkaitan dengan era persaingan tersebut, maka UMKM dituntut untuk selalu meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang. Salah satunya adalah dengan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai penunjang kegiatan usahanya. Digital marketing adalah sebuah produk teknologi informasi dimana berupa kegiatan mempromosikan produk dan atau jasa melalui media internet. Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyatakan bahwa dari 56 juta UMKM baru 3.75 juta saja atau sekitar 8% yang sudah memanfaatkan digital marketing dalam menunjang kegiatan bisnisnya sedangkan fakta menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing untuk pemasaran produk dan jasa terbukti mampu meningkatkan penghasilan UMKM hingga sampai 26% (bisnis.com)
Literasi Keuangan Dan Penerapan Digital Bisnis Serta Strategi Branding Untuk Meningkatkan Pemasaran Kuliner Suwar Suwir Pada Umkm Mitra Bumdes Panti Kabupaten Jember Tatit Diansari Reskiputri; Moh. Halim; Nursaidah Nursaidah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 2, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.822 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v2i2.4900

Abstract

Suwar-suwir merupakan makanan khas yang berasal dari Kabupaten Jember, suwar-suwir sendiri terbuat dari tape yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan ringan. Sebagai salah satu kekayaan kuliner daerah, suwar-suwir patut dilestarikan. Untuk itu diperlukan suatu langkah pengembangan yang tepat dalam persaingan bisnis kuliner melalui penerapan digital bisnisdan strategi branding yaitu bertujuan untuk meningkatkan pemasaran kuliner suwar-suwir. Mitra dari program kemitraan stimulus ini adalah UMKM Mitra Bumdes Panti Kabupaten Jember. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan penerapan digital bisnis serta strategi branding untuk  meningkatkan pemasaran kepada mitra tentang pentingnya peran pemasaran dalam bisnis kuliner agar selain dapat mempertahankan eksistensi juga dapat mengembangkan usahanya dalam persaingan bisnis kuliner.
Kegiatan Pengolahan Data Masyarakat Berpenghasilan Rendah Di Pusat Data Dinas Sosial Kota Surabaya Citra Anggraini Tresyanto; Heribertus Roy Juan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 1, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.699 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v1i1.3292

Abstract

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Departemen Pendataan adalah departemen pemerintah yang bertuga melakukan penginputan data masyarakat berpenghasilan rendah di kota Surabaya, untuk mengetahui jumlah statistik berapa masyarakat kota Surabaya yang tidak mampu, membutuhkan bantuan, dan mendata ulang jumlah  tanggungan dalam satu keluarga. Data yang dikumpulkan adalah berdasarkan fakta dilapangan. Sehingga, hal ini bisa mencegah manipulasi data untuk tujuan tertentu. Tujuan utama dari Departemen Sosial sebenarnya adalah untuk mendapatkan data yang akurat dengan bantuan masyarakat sekitar. Masalah utama yang ada di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Departemen Pendataan adalah kekurangan orang untuk melakukan penginputan data dan analisa data. Ada banyak sekali data yang datang dari seluruh kecamatan di Surabaya. Data ini harus diolah dan dianalisa untuk mendapatkan berapa jumlah masyarakat berpenghasilan rendah yang membutuhkan bantuan. Jadi dengan keterbatasan orang dalam menginput data tersebut, akan menghambat proses pemberian bantuan terhadap keluarga berpenghasilan rendah. Butuh perubahan didalam proses ini. Solusinya adalah membuat buku panduan yang berisi langkah demi langkah, pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan, dan problem teknis yang sering terjadi ketika menginput data. Hal ini dilakukan agar proses penginputan bisa dilakukan dengan lebih cepat.
Upaya Desa Dukuh Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Dalam Penyebaran Covid-19 Annisa Amanatyas Wahyudi; Muhammad Efendi; Erika Rahmawati; Sinta Purnama Sari; Riana Dewi; Agni Astungkara
Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 2, No 1 (2021): Februari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.724 KB) | DOI: 10.32528/jpmm.v2i1.5007

Abstract

Kondisi saat ini  sangat besar kemungkinkan terjadi di Desa Dukuh perluasan penyebaran virus COVID-19. COVID_19 dapat menyebar melalui kontak langsung dengan percikan dari saluran napas orang yang terinfeksi atau yang keluar dari batuk maupun bersin.Dalam hal ini masyarakat desa Dukuh masih sangat minim menggunakan masker dan handsanitizer sebagai upaya preventif untuk masyarakat Desa Dukuh. Rendahnya akan kesadaran warga Desa Dukuh dalam mencegah penyebaran COVID-19 ini menjadi pusat perhatian mahasiswa/mahasiswi Universitas Islam Batik Surakarta untuk melakukan sosialisasi serta edukasi terkait pemutusan rantai penyebaran COVID-19. Dengan menggunakan metode kegiatan seperti sosialisasi, edukasi, serta kunjungan  . Salah satu upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan system jogo tonggo, jogo rogo atau tetap berada dirumah .Melalui hal tersebut mahasiswa dapat melakukan pendekatan terhadap masyarakat dengan selalu mengingatkan protokol kesehatan yang tepat seperti mengingatkan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menaga jarak . Edukasi melalui kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa  seperti Musyawarah Desa,Sosialisasi Irigasi,Sosialisasi RTLH dan Sosialiasi Covid-19 serta Pembagian Masker dan Handnitizer . Harapnya dikemudian hari hasil dari kegiatan ini masyarakat dapat mulai menerapkan kembali protokol kesehatan.