cover
Contact Name
Elan Jaelan
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Published by Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28073878     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan temuan penelitian baru yang signifikan terkait dengan pendidikan, termasuk: bidang penelitian pendidikan dalam pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi" : 10 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA Imam Syafii
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of study to determine the profile of students' collaboration skills on the chemical learning process, especially buffer materials. This type of research is a quasi-experimental with a pretest-posttest design. Data collection techniques was carried out use observation, test and non-test techniques. The samples in this study consisted of 47 students from class XI MIPA SMAN Tanjungpinang. Sample selection was done by using simple random sampling technique. The instrument used in collecting data uses a collection of collaboration skills which are declared eligible to be used after going through theoretical validation and empirical validation. Data analysis used descriptive quantitative methods. Analysis of the student collaboration skills profile was carried out by categorizing the number of students scores on each item of indicators of positive interdependence, face-to-face interaction, interpersonal relationships and interactions between goup members. The results of this study indicate that the skills of collaborating with students using the discovery learning model have increased every learning meeting takes place.
METODOLOGI TAFSIR AL-MISHBAH Yayat Suharyat; Siti Asiah
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tafsir al-Mishbah merupakan sebuah karya besar anak bangsa Indonesia. Muhammad Quraish Shihab lewat tafsir al-Mishbah bertujuan menghidangkan ayat-ayat al-Qur’an agar mudah dipahami pembacanya. Mufassir berusaha untuk menjelaskan untuk menghapus kesalahpahaman terhadap al-Qur’an atau kandungan ayat-ayatnya sehingga pesan-pesan al-Qur’an diterapkan dengan sepenuh hati dalam kehidupan pribadi dan masyarakat. Makalah ini berusaha membahas bagaimana latar belakang kehidupan mufassir, penafsiran tafsir, dan metodologi tafsir al-Mishbah. Hasil dari makalah ini menjelaskan bahwa pengalaman M. Quraish Shihab menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an sebelumnya pada saat menjadi dosen membuatnya matang dalam menulis tafsir al Mishbah. Tafsir al-Mishbah ditulis dalam bahasa yang sederhana dan dapat dipahami oleh berbagai kalangan dan sesuai dengan tujuan penulisannya yaitu membumikan al-Qur’an. Dilihat dari metode penafsirannya yaitu metode tahlily, ini tergambar dari menafsirkan ayat demi ayat sesuai urutan surat yang terdapat dalam Mushaf. Sedangkan corak penafsirannya adalah al-adabi al ijtima’i, yaitu corak tafsir yang menekankan pada aspek sastra, budaya dan kemasyarakatan.
SEKOLAH ISLAM TERPADU: REFORMASI BARU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Sukhoiri Sukhoiri
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The development of educational institutions in Indonesia is getting better day by day, this is also supported by various policies of the Indonesian government itself. The emergence of Islamic educational institutions with a full day school system is slowly but surely able to shift the public's interest in previous Islamic educational institutions such as Madrasah and Islamic Boarding Schools.Integrated Islamic schools with a full day school education system are administratively under the Ministry of Education and Culture, but the curriculum contents are dominated by religious lessons, the internalization of religious values in general lessons is the hallmark of the Integrated Islamic School. However, the presence of this educational institution is not without problems, because it is considered a high-cost school and is less affordable for people who are in the middle to lower economic class. Keywords: Reformation. Islamic Education, Integrated Islamic School.
HUBUNGAN KELENGKAPAN INFORMASI MEDIS DENGAN KETEPATAN KODE KASUS PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT KOTA MALANG Vincensia Dea; Romaden Marbun; Rea Ariyanti
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Informasi Medis pada berkas rekam medis rawat inap harus diperhatikan oleh fasilitas pemberi layanan kesehatan. Kelengkapan informasi medis dan keakuratan kode dokumen rekam medis sangatlah penting, jika informasi medis dalam suatu dokumen rekam medis tidak lengkap, maka kode diagnosis yang dihasilkan menjadi tidak akurat. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian cross sectional dengan studi korelasi yaitu mencari hubungan antara satu keadaan dengan keadaan lain yang terdapat dalam satu populasi yang sama. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari dokumen rekam medis pasien rawat inap yang berkunjung pada Januari 2021 - Desember 2021. Sampel penelitian ini berjumlah 72 sampel berkas rekam medis pasien kasus pneumonia. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah menggunakan lembar check-list yang telah disusun. Analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan Analisa Korelasi Rank Spearman. Pada penelitian ini diperoleh bahwa kelengkpaan informasi medis pada berkas rekam medis rawat inap dengan kategori cukup tersedia sejumlah 43 berkas rekam medis pasien dan kategori tidak tersedia sejumlah 17 berkas rekam medis pasien. Sedangkan keakuratan kode kasus pneumonia dengan kategori akurat sejumlah 0 kode pada berkas rekam medis pasien, Kategori cukup akurat sejumlah 57 kode pada berkas rekam medis pasien dan kategori tidak akurat sejumlah 15 kode pada berkas rekam medis pasien. Dari hasil uji analisa korelasi Rank Spearman dapat diketahui bahwa nilai sig (p) adalah sebesar 0,000 sehingga nilai sig (p) 0,05. Dari hasil tersebut menjelaskan bahwa ada hubungan antara kelengkapan informasi medis dengan keakuratan kode kasus pneumonia di Rumah Sakit Kota Malang.
PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SISTEM ZONASI DI SEKOLAH SMAN KABUPATEN LEBAK BANTEN Dadan Sunandar; Ade Fakih Kurniawan
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. The zoning system in schools is a student admission system that has only been implemented in the last few years in Indonesia, especially in Lebak Regency, Banten. In this study describes matters relating to the problem and implementation of new student admissions (PPDB) with the zoning system at SMAN Kabaupaten Lebak, Banten. This research uses a case approach approach, with objects 3 SMAN in Lebak Regency, through documentation, interviews, and observations. Data analysis through data reduction, then data display, conclusions and levers. The results of the research related to the problems of New Student Admission (PPDB) zoning system at SMAN Lebak Regency, Banten are a) Technical implementation of PPDB invites various ideas and chaos; b) the availability of public schools is still not evenly distributed; c) policies that prioritize the distance between school and students' homes; d) there are views from the general public about superior and non-superior schools; e) Coordination between institutions related to the PPDB zoning system has not been effective. The implementation of the New Student Admissions (PPDB) zoning system in high school schools in Lebak Regency, Banten has been successfully carried out for the past few years until now the new school year, in the distribution of education, although there are many obstacles and problems that exist, but it does not deny the existence of a zoning system during PPDB at SMA Negeri Kanupaten Lebak, Banten.Keywords: Problematics, PPDB, Zoning System
PENGEMBANGAN BUKU CEKAWAN (CERITA PUNOKAWAN) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Fana Nova Sulistiani; Sripit Widiastuti; Adin Fauzi
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses belajar mengajar yang berlangsung membuat peserta didik mudah bosan dan cenderung tidak tertarik belajar menggunakan Buku Gegladhen Bahasa Jawa maupun mendengar cerita Punokawan dari guru, karena tidak bisa membaca dan melihat langsung gambaran jalan cerita Punokawan, sehingga menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. . Berdasarkan latar belakang yang telah ditemukan, dapat diperoleh rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana kelayakan sumber belajar Buku CEKAWAN (Cerita Punokawan) untuk Siswa Sekolah Dasar? Bagaimana keterbacaan guru dan peserta didik terhadap sumber belajar Buku CEKAWAN (Cerita Punokawan) untuk Siswa Sekolah Dasar? Pendekatan penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (RD).Menurut (Sugiyono, 2016), Research and Development (RD) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.Peneleitian ini bertujuan untuk menghasilkan atau mengembangkan produk.Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah sumber belajar berupa Buku CEKAWAN (Cerita Punokawan) Untuk Siswa Sekolah Dasar.Penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan modifikasi dari model pengembangan menurut Borg and Gall. Hasil penelitian dan pengembangan produk yang dihasilkan adalah buku CEKAWAN (Cerita Punokawan) untuk Siswa Sekolah Dasar. Hasil validasi kelayakan sumber belajar penilaian dari 6 validator, Ahli materi 78.66%, Ahli bahasa 82.22%, dan Ahli media 77.33% dikategorikan “LAYAK”. Hasil uji coba keterbacaan 10 peserta didik dan 3 guru kelas, guru kelas 93.81%, peserta didik 97%, dikategorikan “LAYAK”, dan dapat dijadikan sumber belajar tambahan mata pelajaran bahasa Jawa bab cerita wayang Punokawan.
PENDEKATAN DAN MODEL BIMBINGAN KONSELING Wiwik Dyah Andriyani; Moch Zaenal Muttaqin
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by the existence of various problems on this earth, Counseling Guidance is present as an institution providing assistance and therapy to problematic people, providing guidance and counseling and helping solve the problems they face. The purpose of this research is to develop knowledge about various counseling guidance approaches that can be used in the counseling process. The research uses the method of literature study or literature review. The results of the discussion show that the approach in counseling guidance is the basis for a counseling practice, there are 11 clearly described counseling guidance approaches that can assist counselors in the process of providing assistance to counseling. One of the approaches referred to is a behavioral approach which is widely used in counseling guidance in schools. Many counseling techniques are found in the behavioral approach, 3 of which are often used are self-management techniques, homework techniques and funishment techniques.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Vidio Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 5 Kota Solok anita putri sari; yulia nita sari; hani syafwita; merika setiawati
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK             Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS dalam kurikulum merdeka di SMPN 5 Kota Solok. Media pembelajaran video berperan penting dalam minat belajar bagi kalangan peserta didik. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas VII di SMPN 5 Kota Solok.Dalam penelitian pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang terdiri 53 sample. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua instrument yang pertama, Instrumen media pembelajaran video dan kedua minat belajar siswa. Analisis datanya menggunakan software SPSS version 22.0 hasil penelitian yang menunjukkan pada deskriptif pengaruh penggunaan media pembelajaran video secara keseluruhan adalah normal. Selain itu, analisis pada inferensi dengan analisis regresi menunjukkan hasil penelitian yang memberi pengaruh signifikan pada media pembelajaran video terhadap minat belajar dikalangan peserta didik yaitu 40%, maka dapat disimpulkan bahwa faktor pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap minat belajar siswa di SMPN 5Kota Solok, berpengaruh secara signifikan.
ORIENTASI BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF METODE SENTUHAN KALBU DI MTs NURUL HUDA LEMBANG Iis Salsabila; Wiwik Dyah Andriyani; Heri Mujianto; Eulis Muplihati Sa’adah; Iroh Nuraeni
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guidance and Counseling Orientation is a point of view that is used as the basis for guidance and counseling. In the service of guidance and counseling can use various methods. Among the methods that can be used in guidance and counseling orientation services is to take the method in da'wah, namely touching the heart (heart touch). The purpose of this study was to determine the orientation of counseling guidance at MTs Nurul Huda Lembang and to analyze the efforts made in the guidance and counseling process to be successful. The research method used is descriptive method with field research (field research). The results obtained from this study are that at MTs Nurul Huda Lembang carry out guidance and counseling services with an individual orientation, development orientation and problem orientation, using a method adopted from Abbas As Siisiy's da'wah approach, which is touching the heart called the touch method. heart. This method is proven to be more effective in changing the behavior of students for the better in an effort to achieve development.
EVALUASI MANAJEMEN PROGRAM TAHFIZ AL-QUR`AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QUR`AN AL-FUAD KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH Faizin - Nawarda; Musringudin - -
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 5 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembaga penyelenggara tahfiz Al-Qur`an tentunya harus memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan program tahfiz Al-Qur`an. Pengelolaan manajemen yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Di mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaa, evaluasi, dan pengawasan terhadap program tahfiz Al-Qur`an. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) manajemen program tahfiz Al-Qur`an di Pesantren Tahfizul Qur`an Al-Fuad Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang, 2) faktor penghambat dan pendukung manajemen program tahfiz Al-Qur`an di Pesantren Tahfizul Qur`an Al-Fuad Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi dengan sifat penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya yaitu: 1) manajemen program tahfiz Al-Qur`an terdiri dari: perencanaan, yang terdiri dari penentuan program dan sasaran, penentuan tujuan, perumusan metode tahfiz, penetapan strategi tahfiz, dan evaluasi perencanaan. Pelaksanaan program tahfiz Al-Qur`an pembentukan struktur kepengurusan, pembentukan dan pembagian kategori halaqah, hubungan pimpinan dengan asatidz, dan kerjasama antar asatidz. Pengarahan program tahfiz Al-Qur`an terdiri dari membangun hubungan kerjasama antara pimpinan dan asatidz dan membina dan mengarahkan asatidz. Evaluasi program tahfiz Al-Qur`an dilaksanakan dua kali, pertama ujian setiap selesai satu juz hafalan dan ujian akhir semester yang akan diuji sesuai dengan hafalan setiap santri selama satu semester. 2) Faktor pendukung adalah kemampuan peserta didik, motivasi santri dalam menghafal, manajemen waktu. Sedangkan faktor penghambat adalah banyaknya maksiat, kurangnya muraja’ah (mengulang), kecakapan pembimbing dalam memberikan bimbingan, kepadatan materi yang harus dipelajari. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen program tahfiz di Pondok Pesantren Al-Fuad sudah baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk kedepannya. Terutama dalam proses perencanaan pembelajaran yang lebih lengkap lagi seperti harus adanya RPP dan Silabus pembelajaran tahfiz agar program tahfiz lebih tepat sasaran dan sesuai dengan target yang diharapkan

Page 1 of 1 | Total Record : 10