cover
Contact Name
Afdhal Kusumanegara
Contact Email
afdhal.kusumanegara@uin-suska.ac.id
Phone
+6285242817000
Journal Mail Official
jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan Pekanbaru - 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 27986675     DOI : DOI : 10.24014/gjbs.v2i1.16166
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra adalah jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini diterbitkan 2x setahun, yakni Juni dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan atau studi pustaka), kajian teoretis maupun kajian kritis yang meliputi beberapa ranah kajian sebagai berikut. ✅ Kajian Linguistik ✅ Kajian Sastra ✅ Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): DESEMBER" : 5 Documents clear
PARADIGMA PEMBELAJARAN EFEKTIF BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Febri Wahyuni; Herlinda Herlinda
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.857 KB) | DOI: 10.24014/gjbs.v1i2.12786

Abstract

Paradigma pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia merupakan literasi budaya. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara formal dimulai ketika memasuki sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Secara keseluruhan formal masing-masing anak mendapatkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia selama 12 tahun. Tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia agar peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk meningkatkan kemampuan intelektual, dan dapat menghargai serta membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat efektif apabila mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan indikator pencapaian. Guru sebagai pembimbing diharapkan mampu menciptakan kondisi dan suasana yang strategi yang dapat membuat peserta didik nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Untuk meningkatkan cara belajar bahasa dan sastra Indonesia yang efektif diperlukan strategi yang tepat agar pembelajaran dapat berjalan dengan optimal dan efektif.
URGENSI MEMBANGUN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SEKOLAH MENENGAH JAKARTA SELATAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN APRESIASI SASTRA Noviyanti Urfah
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.024 KB) | DOI: 10.24014/gjbs.v1i2.12939

Abstract

Abstrak: Urgensi Membangun Ekstrakurikuler Teater di Sekolah Menengah Jakarta Selatan sebagai Upaya Peningkatan Apresiasi Sastra. Ekstrakurikuler teater sangat berpengaruh dalam meningkatan penilaian dan kemampuan memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah se-Jakarta Selatan. Selain itu, ekstrakurikuler teater juga memengaruhi kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara yang baik di depan umum, melatih olah rasa dan olah tubuh serta meningkatkan percaya diri. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif-kualitatif, wawancara, dan kajian pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi ekstrakurikuler teater dalam upaya meningkatkan apresiasi sastra. Ekstrakurikuler teater terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya apresiasi sastra.Kata kunci: Teater; Sastra; Siswa; Pembelajaran;Abstract: Urgency To Build Theater Extracurricular In Secondary Schools South Jakarta As An Effort To Increase Literature Appreciation. Theater extracurriculars are very influential in increasing assessment and the ability to understand Indonesian language subjects in secondary schools throughout South Jakarta. In addition, theater extracurricular activities also affect the students' ability to speak well in public, train feelings and body exercises, and increase self-confidence. This study, using descriptive-qualitative methods, interviews, and literature review. The purpose of this study was to determine the urgency of the extracurricular theater in an effort to increase literary appreciation. The theater extracurricular has proven to be able to improve students' understanding in learning Indonesian, especially literary appreciation.Keywords : Theater; Literary; Student; Learning;
PENINGKATAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING Vera Sardila; Murny Murny; Ariyanti Rahayu
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.403 KB) | DOI: 10.24014/gjbs.v1i2.13067

Abstract

Bahasa merupakan suatu keterampilan yang meliputi aspek membaca, menulis, berbicara, dan menyimak. Keempat aspek ini saling berkaitan satu sama lain dan perlu dikembangkan guna menyampaikan gagasan yang terkandung dalam pikiran. Dengan demikian dapat diartikan bahwa menulis juga sekaligus keterampilan yang perlu dikembangkan mengingat sangat pentingnya aktivitas ini dalam kehidupan kita yang tidak hanya sebagai kewajiban namun juga merupakan kebutuhan. Dengan demikian diperoleh hasil penelitian bahwa menulis karya ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran Direct Learning yaitu pembelajaran secara langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa, hal ini tergambar dari tingkat persentase mengalami kenaikan yakni dari data awal hasil kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia tergolong pada kategori kurang (38%) hingga akhirnya mengalami kenaikan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Learning mencakap pada kategori Baik (33 %). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Learnig.
DEIKSIS PERSONA DALAM ACARA MATA NAJWA EPISODE “VAKSIN SIAPA TAKUT?” Maya Defrilyana; Mangatur Sinaga; Elvrin Septyanti
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.193 KB) | DOI: 10.24014/gjbs.v1i2.13184

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis deiksis persona dalam acara Mata Najwa episode “Vaksin Siapa Takut?” (2) Memapaparkan referensi deiksis persona dalam acara Mata Najwa episode “Vaksin Siapa Takut?”. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis deiksis persona yang ditemukan ada lima jenis yaitu; deiksis persona pertama tunggal, deiksis persona pertama jamak, deiksis persona kedua tunggal, deiksis persona ketiga tunggal, dan deiksis persona ketiga jamak. Referensi deiksis persona yang ditemukan yaitu; deiksis persona eksofora, dan deiksis persona endofora.
ANALISIS PENGGUNAAN KATA TENTANG PEMBERITAAN COVID-19 PADA SITUS RESMI KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA Kafrina Kafrina
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.891 KB) | DOI: 10.24014/gjbs.v1i2.14507

Abstract

Beberapa dekade lalu, berita disampaikan dari mulut ke mulut atau melalui media cetak. Namun pada era digital saat ini, berita tidak hanya dapat disampaikan melalui media cetak, namun juga dapat disampaikan melalui media elektronik. Baik berita pada media cetak maupun media elektronik terkadang ditemui kekeliruan dalam penggunaan kata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kata pada salah satu pemberitaan tentang Covid 19 yang terdapat pada situs resmi Kemenkes RI. Data berupa teks diolah dengan pendekatan normalisasi dan tokenisasi untuk melihat jumlah kata pada berita yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kata pedulilindungi (aplikasi) dan aktivitas merupakan kata yang paling banyak digunakan pada halaman Kemenkes RI. Kata tersebut digunakan sebanyak 16 kali. Untuk penggunaan kata penghubung, kata penghubung yang banyak digunakan yaitu di, untuk, dan dan. Penelitian juga menunjukkan bahwa masih ada penggunaan kata yang tidak konsisten.

Page 1 of 1 | Total Record : 5