cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
tsaqilajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi
ISSN : -     EISSN : 28076273     DOI : https://doi.org/10.30596/tjpt
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk meningkatkan kemampuan dosen, peneliti dalam menulis dan meneliti dalam bidang pendidikan. dengan adanya jurnal ini, diharapkan menjadi wadah dalam mempublikasikan hasil karya baik penelitian maupun non penelitian. Jurnal ini pertama kali diterbitkan pada Juli 2021. Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi [TJPT] dengan akses terbuka dan peer-review. Rekomendasi oleh Editor tentang isu-isu Pendidikan tertentu yang akan dibahas dalam setiap volume dapat tersedia bagi calon kontributor untuk penerbitan volume pada bulan Juli dan Desember
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022)" : 5 Documents clear
Manajemen Program Tahfiz Qur’an Dan Literasi Pagi Pada Siswa Siswi MTs Yayasan Pendidikan Az-Zuhri Bertha Angela; Akrim
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v2i1.335

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bagaimana manajemen program tahfiz Qur’an dan literasi pagi pada siswa siswi MTs di yayasan pendidikan Az-Zuhri yang ber alamatkan di jalan simpang kayu besar pasar XV Dusun VIII gg. Mushalah desa medan senembah kecamatan tanjung morawa Kabupaten deli serdang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas manajemen program yang berlangsung di yayasan tersebut dan untuk meningkatkan minat baca siswa siswinya. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur yaitu : kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan Verifikasi. Adapun data permasalahan yang diterima adalah : Pertama, manajemen program yang telah dilakukan belum berjalan dengan efektif dan efisien. Kedua, kualitas minat baca siswa siswi di yayasan pendidikan az-zuhri masih terbilang rendah. Dengan adanya penelitian ini peneliti berharap tujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen program tahfiz Qur’an dan literasi pagi pada siswa siswi MTs yayasan pendidikan az-zuhri agar manajemen program tersebut dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien dan diharapkan juga minat baca siswa siswi Mts yayasan pendidikan Az-Zuhri dapat mengalami peningkatan. Kata Kunci: Manajemen Program, Motivasi, Minat Baca
Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 01 Medan Tiara Tri Ulfa Sary
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v2i1.340

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bagaimana kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 01 Medan yang beralamatkan di jalan utama No. 170, Kota Matsum II, Kecamatan Medan Area, Kabupaten Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami peserta didik, faktor-faktor kesulitan yang dialami peserta didik dan untuk mengetahui cara mengatasi kesulitan belajar peserrta didik di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun data permasalahan yang diterima adalah : Masih banyak siswa diam (pasif) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas, tidak mampu menjawab pertanyaan dari guru, siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, serta siswa kesulitan dalam menghafal dan menuliskan ayat suci al-Quran. Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap agar nantinya guru dapat memperbaiki sistem pengajaran di kelas sehingga tidak ada lagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar.
Model Manajemen Pembelajaran Fullday School di MTs Az-Zuhri Tanjung Morawa Rifa Dalillah
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v2i1.341

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas model manajemen pembelajaran fullday school di MTs Az-Zuhri Tanjung Morawa. Dengan adanya fullday school merupakan alternatif solusi dari revolusi pendidikan terhadap permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan. Fullday school atau sekolah satu hari penuh sebenarnya adalah upaya untuk meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan di Indonesia. Pelaksanaannya seperti menambah jam belajar di sekolah dengan kegiatan-kegiatan tambahan untuk jenjang SMP. Pada intinya penerapan fullday school di Indonesia dalam rangka memaksimalkan waktu luang peserta didik agar lebih berguna dan produktif sehingga terhindar dari perbuatan-perbuatan yang menyimpang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif maksudnya adalah data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Dalam penelitiann ini untuk mengumpulkan data yang akurat maka peneliti menggunakan beberapa teknik, untuk menunjang data tentang model manajemen pembelajaran fullday school yang efektif yaitu: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pennelitian ini adalah model penafsiran meliputi: koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Dalam penelitian ini, untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Dengan adanya penelitian ini peneliti berharap dapat meningkatkan kualitas model manajemen pembelajaran fullday school yang lebih efektif dan efisien. Dan minat belajar peserta didik dapat meningkat. Kata Kunci: Model, Manajemen, Fullday School
Implementasi pembelajaran higher order thinking skill (HOTS) Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 57 Robiatul Adawiyah
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v2i1.342

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apa penyebab rendahnya minat belajar peserta didik, rendahnya tingkat berpikir siswa dalam mencari informasi dalam pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana kendala dalam pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana evaluasi pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini diterapkan di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tentang pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhamadiyah 57 Medan adalah bahwa peneliti mengamati implementasi pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran PAI di sekolah sudah berjalan lumayan baik, akan tetapi pada saat belajar kemampuan peserta didik dalam menerima informasi yang diberikan guru masih sangat rendah ini dikarenakan adanya faktor lain yaitu orang tua dirumah kurang memperhatikan peserta didik ini yang membuat peserta didik menjadi kurang mengerti dengan apa yang disampaikan guru dalam pembelajaran.
A Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Aliyah Tahfizhil Quran Medan: Penggunaan Metode Pembelajaran Kitab kuning, Penerapan Metode Pembelajaran Kitab Kuning Nurul Izzah Izzah
Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/tjpt.v2i1.344

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah tahfidzul Quran Medan dan pada penelitian ini teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Ternyata di Madrasah Aliyah tahfidzul Qur'an berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti sekolah tersebut menerapkan beberapa metode dalam mengajarkan pembelajaran kitab kuning yakni berpedoman dengan buku pedoman praktis dan sistematis mengenal dasar-dasar ilmu Nahwu pola 36 di mana Buku ini langsung ditulis oleh Tuan Guru Besar Nahwu dan Shorof dan diajarkan langsung oleh Beliau yang berdomisili dalam komplek Madrasah Aliyah tahfidzul Quran Medan itu sendiri, metode pembelajaran konvensional atau pada metode ini setiap pendidik dalam membuka pembelajaran menyampaikan ilmu pembelajaran secara lisan kepada siswa dengan harapan adanya dorongan siswa untuk menjadi lebih fokus dan guru dapat mengendalikan kelas secara penuh. metode tanya jawab dilakukan sebab dilaksanakannya metode ceramah tadi karena terjadinya komunikasi langsunng, Dalam metode ini siswa bertanya dengan guru atau sebaliknya. Metode Serangan yang dilakukan oleh tim pendidik dimana seluruh peserta didik langsung berhadapan dengan guru atau Ustadz secara bergilir atau estafet seperti Simaan hafalan Alquran titik metode amtsilati diterapkan agar peserta didik bisa dengan cepat memahami dan membaca kitab kuning dengan memberi pola fikir untuk mengerti bahasa Arab dengan rumusan yang sistematis. Kata Kunci: Analisis, Metode, Kitab Kuning

Page 1 of 1 | Total Record : 5