cover
Contact Name
Budi Dharmawanputra
Contact Email
budidharmawanputra@unesa.ac.id
Phone
+628563651865
Journal Mail Official
jurnalpendidikansendratasik@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Seni Drama, Tari, dan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Gedung T14 Lantai 2 Universitas Negeri Surabaya Kampus Lidah Wetan Surabaya 60213
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Sendratasik
  • jurnal-pendidikan-sendratasik
  • Website
ISSN : 22529241     EISSN : 28289218     DOI : -
Core Subject : Education, Art,
Jurnal Pendidikan Sendratasik is a scientific journal that presents research-based articles or literature studies in realm of performing art education, includes theatre, dance, and music. Expert editors receive theatre, dance, or music education manuscripts from students, teachers, lecturers, artists, and other elements of society. This journal includes original research articles, review articles, and performance analysis, including: *Theatre Education *Dance Education *Music Education *Educational Theater *Educational Dance *Educational Music *Performing Arts Education Management (Drama, Dance, and Music) *Performing Arts Education Technology (Drama, Dance, and Music)
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020)" : 10 Documents clear
METODE PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO Anita Dwifalah; Budi Dharmawanputra
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.131 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p140-153

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor keberhasilan suatu tim paduan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran lagu Bubuy Bulan pada Paduan Suara SMAN 1 Sooko Mojokerto disertai hasil belajarnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang datanya berupa deskripsi metode pembelajaran dan hasil pembelajaran lagu Bubuy Bulan pada paduan suara SMAN 1 Sooko Mojokerto. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Validitas data meggunakan tiga cara yaitu triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran paduan suara terdapat perencanaan pembelajaran paduan suara yaitu menentukan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi lagu, menyediakan sarana prasarana pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, evaluasi. Kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelatih paduan suara menerapkan metode pembelajaran inkuiri, kooperatif, tanya-jawab, demonstrasi dan drill. Pada setiap pertemuan pembelajaran, pelatih menggunakan lebih dari satu metode. Hasil pembelajaran, terdapat peningkatan kompetensi siswa pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Metode yang diterapkan efektif karena mempermudah siswa dalam menguasai lagu Bubuy Bulan dan proses pembelajaran dilakukan dalam waktu yang relatif singkat sesuai dengan target pembelajaran yang ingin dicapai.
PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SENI TARI PADA MATAPELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN UNTUK SISWA SD Fidha Ainia; Warih Handayaningrum
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.066 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p154-166

Abstract

SD Surabaya Grammar School adalah sekolah yang menggunakan kurikulum berbasis Cambridge yang penerapannya disesuaikan dengan aspek lokal. Salah satu aspek tersebut yaitu buku penunjang. Buku suplemen merupakan salah satu literatur yang dibutuhkan untuk membantu proses pembelajaran lebih efektif. Namun ketersediaan buku yang mengacu pada mata pelajaran seni tari belum begitu banyak dimiliki. Walaupun terdapat buku paket seni budaya, tetapi isinya masih memiliki banyak kekurangan. Misalnya saja pada segi materi kurang lengkap, kemudian desain kurang menarik sehingga siswa merasa bosan untuk mempelajarinya. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen seni tari. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian dan pembahasan bagian proses pengembangan buku suplemen di validasi oleh 1 validator ahli materi, dan 1 validator ahli desain. Kualitas dari buku suplemen sangat layak untuk digunakan setelah mendapat dua tahapan penilaian terhadap validator. Selain itu, keefektifan buku dilihat dari hasil respon siswa produk buku yang di uji cobakan kepada 7 siswa dan hasilnya dengan presentase 70,95% mendapat kategori efektif. Sedangkan pada hasil pemahaman siswa terhadap buku suplemen 82,86% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa buku suplemen “Mari Mengenal Seni Tari Kreasi di Indonesia” dapat dijadikan sebagai buku penunjang siswa SD.
PEMBELAJARAN YANUS TARI DI AKADEMI ANGKATAN LAUT BUMI MORO SURABAYA Kamila Tri Noviyanti; Warih Handayaningrum
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.968 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p167-179

Abstract

Yanus adalah kegiatan pengembangan diri di luar jam pembelajaran Kadet (Mahasiswa) sebagai upaya pembentukan karakter atau kepribadian Kadet. Kegiatan Yanus juga sebagai wadah yang disediakan oleh satuan pendidikan Akademi Angkatan Laut untuk menyalurkan bakat, minat, hobi dan kreatifitas Kadet. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Yanus tari di Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya. Untuk mendeskripsikan hal tersebut, maka peneliti menganalisis 2 (dua) rumusan terkait proses serta hasil dari pembelajaran Yanus tari di Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara serta dokumentasi dengan teknik analisis data melalui 3 (tiga) tahapan yakni, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Yanus tari berjalan dengan sangat baik. Hal tersebut didukung oleh hasil pembelajaran Yanus tari sebagai bentuk evaluasi dari proses pembelajaran yang telah berlangsung. Penyajian hasil pembelajaran tersebut berupa angka terhadap penilaian tes praktik yang telah dilakukan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terhadap 4 (empat) aspek penilaian yaitu aspek hafalan gerak, aspek teknik gerak, aspek kesesuaian gerak dengan musik dan aspek ekspresi diperoleh diperoleh nilai rata-rata sebanyak 89,75 (delapan puluh sembilan koma tujuh puluh lima) dengan kriteria baik sekali.
PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI LENCIR KUNING Chandrika Niken Trystianti; Trisakti Trisakti
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.209 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p180-192

Abstract

Tari Lencir Kuning merupakan salah satu materi tari yang sering digunakan dalam lomba tari di Tuban. Sekolah yang sering menggunakan materi tari Lencir Kuning dalam Lomba Tari adalah Madrasah Aliyah Darul Ma’wa. Pembelajaran seni tari di sekolah tersebut merupakan pembelajaran ekstrakurikuler tari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler tari Lencir Kuning, mendiskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru dan mendeskripsikan hasil belajar. Penelitian kualitatif ini menggunakan sumber data primer yaitu dari pelatih ekstrakurikuler tari tentang pelaksanaan pembelajaran dan data sekunder yang didapat dari dokumen nilai hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler tari dilakukan melalui tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler memenuhi komponen pembelajaran yaitu terdapat tujuan, guru, peserta didik, metode, dan media. Metode pembelajaran ekstrakurikuler Tari Lencir Kuning menggunakan metode ceramah, demonstrasi, latihan bersama, dan praktikum. Metode ceramah digunakan untuk memberikan materi tentang dasar- dasar pengenalan properti tari. Metode demonstrasi dilakukan oleh pelatih yang secara langsung menarikan tari Lencir Kuning.
BUKU SUPLEMEN PEMBELAJARAN VOKAL UNTUK TIRANDO MUSIC EDUCATION Bella Elmar Putri Tida; Setyo Yanuartuti
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.64 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p193-205

Abstract

Buku suplemen pembelajaran vokal merupakan sebuah buku penunjang dimana materi buku disusun berdasarkan kebutuhan akan materi pembelajaran vokal tingkat dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab ketiga rumusan masalah yaitu: (1) proses pengembangan buku suplemen, (2) kualitas buku suplemen ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan desain, (3) keefektifan buku suplemen ditinjau dari responden. Metode yang digunakan dalam proses pengembangan ini yakni penelitian dan pengembangan, atau yang lebih dikenal dengan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki kepanjangan Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan, proses pengembangan melalui tahap analisis untuk mengidentifikasi kebutuhan/ problem dalam pembelajaran vokal tingkat dasar. Tahap desain yaitu menyusun dan merancang desain produk dilanjutkan pembuatan produk. Produk selanjutnya divalidasi, hasil validasi menunjukkan buku suplemen pembelajaran vokal layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase hasil akhir validasi materi 85%, validasi bahasa 75%, dan validasi desain 87,5%. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada responden yang terdiri dari headmaster, guru vokal dan peserta didik vokal di Tirando Music Education untuk memperoleh nilai keefektifan produk. Keefektifan buku ditinjau dari kepraktisan penggunaannya, mencapai nilai rata-rata 93,12%. Dari hasil tersebut, buku suplemen pembelajaran vokal termasuk dalam kriteria sangat efektif.
MANAJEMEN PENDIDIKAN SENI TERHADAP ANAK JALANAN DI SANGGAR PENSI KABUPATEN BONDOWOSO Kartika Ramadhan; Warih Handayaningrum
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.168 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p206-218

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sanggar Pensi Kabupaten Bondowoso yang didirikan oleh Badi Subadi pada tahun 2005. Salah satu kunci kesuksesan Sanggar Pensi dapat bertahan dan tetap eksis yaitu manajemen pendidikan seni yang cukup baik. Pokok permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana manajemen pendidikan seni yang diberikan kepada anak jalanan di Sanggar Pensi, dengan tujuan mendeskripsikan manajemen pendidikan seni anak jalanan di Sanggar Pensi yang terdiri dari beberapa aspek yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data langkah yang dilakukan pertama mereduksi data, lalu dilanjutkan dengan penyajian data dan diakhir penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu untuk validitas data. Berdasarkan hasil penelitian dalam mengatur manajemen pendidikan seni, Sanggar Pensi menerapkan empat fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan yang diatur dalam perencanaan jangka panjang dan pendek, diwujudkan dengan program sanggar yang telah dibuat, pengorganisasian dengan penyusunan struktur organisasi dalam mengorganisasikan pendidikan seni, penggerakan yang dilakukan secara bersamaan dengan pelaksanaan pendidikan seni dan pengawasan yang dilakukan secara langsung oleh ketua sanggar, hal tersebut dilakukan agar kegiatan pendidikan seni dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sanggar.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI MUSIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR STKIP PGRI LUBUKLINGGAU Abi Karoma Batubara; Dedy Firduansyah
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.257 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p261-270

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada mata kuliah pendidikan seni musik di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk membuat sebuah produk media pembelajaran dalam bentuk Software bagi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Model yang digunakan adalah model Rowntree dikarenakan berorientasi pada produk, khususnya untuk memproduksi media pembelajaran berupa multimedia interaktif. Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: a) Perencanaan (Planning); b) Pengembangan (Development); c) Evaluasi (Evaluation). Adapun teknik pengambilan data mengunakan wawancara, angket, dan tes, teknik analisis data mengunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan validasi bahasa tergolong dengan kategori diperoleh nilai rata-rata 4,5 yang berarti cukup valid. Hasil validasi materi oleh ahli materi diperoleh nilai rata- rata 4,5 dengan kriteria sangat valid. Ahli media di atas diperoleh nilai rata-rata 4,5 dengan kriteria sangat valid, dan pada tes kelompok kecil didapatkan nilai 81,11. Secara keseluruhan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket dari tim ahli dan test kelompok kecil, bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada Matakuliah Pendidikan Seni Musik di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau dapat dikatakan valid praktis.
MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI LAGU “SI SEMUT” KARYA PAMBUKO DI SMPN 2 MOJO KABUPATEN KEDIRI Moh. Erwin Hendry Putra; Noordiana Noordiana
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.685 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p219-230

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya dengan Lagu si semut di SMPN 2 Mojo ternyata dapat membangun dan membentuk karakter siswa, yang selama ini kita ketahui bahwasanya pembelajaran Seni Musik cenderung bersifat teoritis karena tidak cukup waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran seni budaya tentang membangun karakter siswa melalui lagu “Si Semut”. Serta mendeskripsikan dampak pembelajaran seni budaya dengan menggunakan lagu “Si Semut” sebagai pembentukan karakter siswa di SMPN 2 Mojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Selain itu peneliti melakukan observasi partisipatif. Dampak dari proses pembelajaran dengan menggunakan lagu “Si Semut” sebagai upaya meningkatkan karakter siswa serta penggunaan media penunjang seperti YouTube, lebih efektif dari pada menggunakan metode ceramah yang hanya berpusat pada guru. Dengan penggunaan lagu “Si Semut” dapat meningkatkan minat belajar siswa karena lagu ini menggunakan Bahasa Jawa yang mudah dipahami oleh siswa SMPN 2 Mojo.
PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN BANYUWANGI DI SMPN 2 ROGOJAMPI Sonta Mahendra; Agus Suwahyono
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.228 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p244-260

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi yang meliputi materi, strategi, dan metode pembelajaran di SMPN 2 Rogojampi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yang diambil secara langsung kepada narasumber Muhammad Ikwan dan H. Agus Syafii, S.Pd, lalu sumber data sekunder didapat dari berbagai macam sumber misalnya buku dan dokumen. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi di SMPN 2 Rogojampi terlaksana dengan strategi yang dimiliki oleh guru dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspository, yaitu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru kepada siswa agar menguasai materi secara optimal. Pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Kedua metode tersebut sangat memudahkan siswa dalam memahami materi yang telah diberikan yakni notasi Gendhing Padang Ulan dan notasi iringan Tari Jejer Jaran Dawuk sehingga siswa mampu menguasai materi dengan baik.
KURSUS GITAR KLASIK MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DI PURWACARAKA MUSIC STUDIO MARGOREJO SURABAYA Rijal Majid Darmawan; Warih Handayaningrum
Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.289 KB) | DOI: 10.26740/jps.v9n2.p231-243

Abstract

Sektor pendidikan yang terdampak oleh pandemi Covid-19 mulai beradaptasi dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh, tidak terkecuali pada pendidikan seni musik pada lembaga kursus musik. Oleh karena itu, guru musik sebagai pendidik perlu mengetahui konsep pembelajaran dengan internet (interconnected network) guna melaksanakan proses belajar mengajar yang dilakukan secara online. Rumusan masalah dari artikel ini ialah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran gitar di Purwacaraka Music Studio Margorejo Surabaya secara online. Tujuan dari penulisan artikel ini ialah untuk mendeskripsikan pembelajaran gitar klasik secara online yang dilakukan di Purwacaraka Music Studio Margorejo Surabaya. Selain itu juga membahas kendala dalam belajar gitar klasik secara online. Purwacaraka Music Studio merupakan lembaga pendidikan musik non-formal yang saat ini menerapkan pembelajaran gitar klasik secara online di masa pandemi dengan bentuk komunikasi langsung dua arah yaitu melalui video call Zoom Meeting, WhatsApp, maupun Instagram. Dengan metode pembelajaran secara online dalam bentuk komunkasi dua arah dan model pembelajaran Web Course dan Web Centric Course, Purwacaraka Music Studio dapat memudahkan belajar mengajar siswa karena guru dapat mengevaluasi proses belajar siswa secara langsung.

Page 1 of 1 | Total Record : 10