cover
Contact Name
Saprizal Hadisaputra
Contact Email
rizal@unram.ac.id
Phone
+6287738066422
Journal Mail Official
pijarmipa@unram.ac.id
Editorial Address
Univesitas Mataram. Jalan Majapahit No 62 Mataram, Lombok, NTB. 83125. Indonesia
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pijar MIPA
Published by Universitas Mataram
ISSN : 19071744     EISSN : 24601500     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current issues and trends in mathematics-science-science education studies. In addition, this journal addresses issues concerning environmental education and environmental science. The journal scopes are: a. Physics and Physics Education b. Chemistry and Chemistry Education c. Biology and Biology Education d. Natural Science and Science Education e. Mathematics and Mathematics Education f. Environmental and Environmental Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2017): Maret" : 8 Documents clear
PENGARUH PENAMBAHAN Na-ALGINAT DALAM PROSES EKSFOLIASI GRAFIT DENGAN METODE PENCAMPURAN Muhammad Arsyik Kurniawan; Rohini Pujiarti
Jurnal Pijar Mipa Vol. 12 No. 1 (2017): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.593 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v12i1.311

Abstract

Studi pengaruh penambahan Na-alginat dalam proses eksfoliasi grafit telah dilakukan melalui sintesis dan kajian komputasi menggunakan teori fungsi kerapatan pada level B3LYP/6-31G(d). Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh Na-alginat terhadap pembentukkan partikel grafen sebagai bentuk interaksi elektrostatik antar keduanya. Pencampuran material dilakukan menggunakan metode percampuran kimia. Karakterisasi komposit dilakukan menggunakan spektrofotometer inframerah (FT-IR) untuk mengamati perubahan serapan dan gugus fungsi komposit. Energi disosiasi ikatan (BDE) didapatkan 14 kali lebih besar akibat pengaruh interaksi Na-alginat dalam proses exfoliasi membentuk kompleks komposit. Kajian ini akan sangat berkontribusi dalam mendesain dan sintesis senyawa lapis tipis semikonduktor dari bahan grafit.
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SDN 13 AMPENAN Muhammad Ishak; Dwi Soelistya Dyah Jekti; Nyoman Sridana
Jurnal Pijar Mipa Vol. 12 No. 1 (2017): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.165 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v12i1.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SDN 13 Ampenan. Jenis penelitian adalah quassi ekperiment dengan disain Pretes-Posttes Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 13 Ampenan kemudian sampelnya dipilih kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk soal uraian. Data dianalisis menggunakan anakova. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran discovery dan kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KIMIA KOMPUTASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS Saprizal Hadisaputra; Lalu Rudyat Telly Savalas; Saprini Hamdiani
Jurnal Pijar Mipa Vol. 12 No. 1 (2017): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.556 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v12i1.327

Abstract

Program pengembangan praktikum kimia berbasis kimia komputasi untuk Sekolah Menengah Atas telah dilaksanakan pada kelompok kerja guru kimia mitra (SMAN 1 Narmada dan SMAN 2 Narmada) di Kabuaten Lombok Barat, Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dengan dengan mengadopsi langkah-langkah penelitian tindakan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Target yang telah dicapai melalui kegiatan ini adalah 1) Teridentifikasinya konsep-konsep kimia SMA yang esensial yang bisa diajarkan dengan lebih mudah bila melibatkan eksperimen berbasis kimia komputasi sebagai alternatif pengganti praktikum di laboratorium. 2) Teridentifikasinya perangkat lunak yang dapat digunakan oleh guru sebagai alternative pengganti praktikum kimia. 3) Mengukur tingkat motivasi guru sebelum dan setelah kegiatan untuk melaksanakan praktikum kimia di sekolah. 4) Adanya produk berupa buku panduan praktikum kimia SMA berbasis kimia komputasi yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti praktikum di laboratorium. Program ini sangat berguna untuk meningkatkan proses belajar mengajar kimia di sekolah.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA Putut Bayuaji; Hikmawati Hikmawati; Satutik Rahayu
Jurnal Pijar Mipa Vol. 12 No. 1 (2017): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.636 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v12i1.328

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE dengan  pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan Postest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dimana diperoleh siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 75 dan untuk kelas kontrol sebesar 70. Hasil uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelas homogen. Hasil uji-t pooled varians menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran SFAE dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORIAL KINESTETIK (VAK) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016 Suryadin Suryadin; I Wayan Merta; Kusmiyati Kusmiyati
Jurnal Pijar Mipa Vol. 12 No. 1 (2017): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.064 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v12i1.330

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditorial Kinestetik (VAK) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Biologi siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII  SMPN 3 Gunungsari yang terbagi menjadi 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah angket motivasi belajar dan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t dengan teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% yang dihitung dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa setelah dilakukan uji beda menunjukan bahwa nilai t hitung > t kritik yaitu 3,411 > 1,680, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh t hitung > t kritik yaitu 3,285 >1,680. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Visual Auditorial Kinestetik (VAK) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Biologi siswa.Kata-Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran VAK, Motivasi Belajar
MEDIA DEMONSTRASI KIMIA YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MAHASISWA PADA TOPIK SEL ELEKTROKIMIA Muti’ah Muti’ah; Jackson Siahaan; Sukib Sukib
Jurnal Pijar Mipa Vol. 12 No. 1 (2017): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.329 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v12i1.331

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki penerapan media demonstrasi kimia yang dimodifikasi untuk mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada topik sel elektrokimia. Penelitian dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang dilaksanakan  selama 2 siklus, yaitu siklus I menggunakan metode konvensional dan siklus II media demonstrasi kimia yang dimodifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi mahasiswa pada topik sel elektrokimia terkait dengan konsep transfer elektron, pembawa muatan listrik dalam rangkaian luar/kawat penghantar, mekanisme aliran listrik dalam larutan elektrolit dan jembatan garam, serta mekanisme aliran elektron maupun aliran listrik dalam sel galvani. Penerapan media demonstrasi kimia yang dimodifikasi dapat meningkatkan pemahaman konsep. Hal ini terbukti adanya peningkatan persentase mahasiswa yang mampu memperbaiki miskonsepsi, yaitu: transfer elektron 15%, pembawa muatan listrik dalam rangkaian luar/kawat penghantar 34%, mekanisme aliran listrik dalam larutan elektrolit dan jembatan garam 20%, mekanisme aliran elektron maupun rangkaian aliran listrik dalam sel galvani 25% dan 18%Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media demosntrasi kimia yang dimodifikasi dapat mengatasi miskonsepsi karena merupakan cara pembelajaran yang dapat menyajikan fenomena kimia pada tingkat makroskopis, submikroskopis dan simbolik.  Kata kunci: demonstrasi kimia dimodifikasi, miskonsepsi, sel elektrokimia
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 11 MATARAM Siti Syifa’un Nufus; Jamaluddin Jamaluddin; Imam Bachtiar
Jurnal Pijar Mipa Vol. 12 No. 1 (2017): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.645 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v12i1.338

Abstract

Abstrak. Pembelajaran berbasis multiple intelligences merupakan pembelajaran yang dapat mengakomodasi tumbuh dan berkembangnya kecerdasan jamak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar IPA Biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram tahun ajaran 2015/2016, dan penentuan sampel dilakukan dengan teknik non random sampling sehingga didapatkan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pembelajaran berbasis multiple intelligences adalah lembar observasi keterlaksanaan RPP, kesadaran metakognisi diukur dengan rubrik MAI (Metacognitive Awareness Inventory) dan penilaian hasil belajar IPA Biologi menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multiple intelligences memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata-kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Kesadaran Metakognisi, Hasil Belajar IPA Biologi Abstract. Multiple-Intelligences-Based (MIB) instruction is an instruction applied to encourage students’ growth and development of multiple intelligence. This study aims to investigate the effect of MIB instruction theory on metacognition awareness and learning outcome in Biology instruction of students. A quasi experimental design was used. Non random sampling was applied based on the research population that covered the student of SMPN 11 Mataram, which resulted VIIIA as the experimental class and VIIIF as the controlled class. In order to determine the effect of MI-based instruction compared with traditional instruction, observation sheets were utilized to assess lesson plan accomplishment. In order to assess the metacognition awareness of the learners in Biology subject, the Metacognitive Awareness Inventory (MAI) was employed and to assess the Biology learning outcome that consisted of multiple-choice test. A t-test for independent sample was used to compare experimental and control groups post-test results. The results of the study indicated that MIB instruction had a significant effect on metacognition awareness and Biology learning outcome of VIII grade students of SMPN 11 Mataram compared with conventional instruction.Keywords: Multiple-Intelligences-Based instruction, metacognition awareness, Biology learning outcome.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMPN 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2016/2017 Alok Irma Suryani; Jufri A.W; Dadi Setiadi
Jurnal Pijar Mipa Vol. 12 No. 1 (2017): Maret
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.388 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v12i1.339

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran 5E terintegrasi pendekatan saintifik kemampuan literasi sains berdasarkan kategori daya nalar siswa yaitu nominal, fungsional, konseptual/prosedural dan multidimensional. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan pola Pre-Test dan Post-Test Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Kuripan tahun ajaran 2016/2017. Sampel kelas dipilih dengan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan kelas IX-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol, dengan sampel berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi sains berupa soal uraian. Data kemampuan literasi sains dianalisis secara kualitatif dan dikatagorikan menjadi 4 yaitu katagori nominal, fungsional, konseptual/prosedural dan multidiminsional. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa yang menerapkan model pembelajaran 5E terintegrasi pendekatan saintifik berada pada 4 kategori  yaitu katagori nominal sebanyak  7,6%, fungsional sebanyak 26,9,  konceptual/prosedural sebanyak 53,8%  dan  multidiminsional  sebanyak 11,5% sedangkan pada kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran 5E terintegrasi pendekatan saintifik berada pada 2  kategori yaitu katagori nominal sebanyak 70,8% dan katagori fungsional sebanyak 29,1%..Kata-kata Kunci: 5E, pendekatan saintifik, kemampuan literasi sains Abstract: The aim of this research is to know the effect of the 5E teaching model integrated scientific approach towards ability of science literacy based on category of nominal, functional, conceptual/procedural and multidimensional. This research is classified as quasi-experimental, with Pre-Test dan Post-Test Group Design. The population of this research were all the nine grade students of junior high school 1 Kuripan academic year 2016/2017. The class sample was taken by using purposive sampling in which IX-A became the experimental class and IX-B became the control class, with number of sample 50 students. The instruments that is used the data was ability of literacy science in form of essay. The date ability of literacy science was analyzed by using kualitative and  was category became 4 on on category of nominal, functional, conceptual/procedural and multidimensional. The result of research  showed the ability of literacy scince data showed that percentage of student implemetation  the 5E teaching model integrated scientific approach in the nominal 0f 7,6%, fungsional of 26,9%,  konceptual/prosedural of 53,8%  dan  multidiminsional  of ,5%, while the class not implemetation  the 5E teaching model integrated scientific approach in the nominal  category of 70,8% dan fungsional catagory of 29,1%.Keywords: 5E, scientific approach, ability of science literacy

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017