cover
Contact Name
Ignatius Ario Sumbogo
Contact Email
ignatius.sumbogo@kalbis.ac.id
Phone
+6285812024824
Journal Mail Official
lpp@kalbis.ac.id
Editorial Address
Jalan Pulomas Selatan Kav 22, Kayu Putih, Jakarta Timur 13210
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Kalbisocio: Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Published by UNIVERSITAS KALBIS
ISSN : 23564385     EISSN : 28291301     DOI : https://doi.org/10.53008
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi adalah jurnal akses terbuka akademik yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi bisnis dan komunikasi. Fokusnya adalah menerbitkan makalah tentang bisnis dan komunikasi. Makalah yang dikirimkan akan ditinjau oleh komite teknis jurnal. Semua artikel yang dikirimkan harus merupakan artikel asli, hasil penelitian yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan, eksperimental atau teoritis, dan akan ditinjau oleh reviewer. Artikel yang dikirimkan ke jurnal harus memenuhi kriteria ini dan tidak boleh sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Naskah harus mengikuti gaya jurnal dan dapat ditelaah dan diedit.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi" : 9 Documents clear
Pengaruh Berita Penanganan Kasus oleh Kepolisian Terhadap Citra POLRI di Kalangan Remaja : (Survei Kepada Kalangan Remaja Akhir Pengguna Twitter di DKI Jakarta) Heppy Haloho; Kalila Azkya
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.2145

Abstract

Bagi sebuah institusi, citra memiliki peranan penting untuk menunjukkan baik buruknya suatu organisasi di mata publik. Oleh sebab itu, institusi atau perusahaan terus berusaha mengupayakan agar terciptanya citra yang baik. Tujuan penelitian adalah mengetahui adanya pengaruh berita penanganan kasus oleh kepolisian terhadap citra POLRI di kalangan remaja akhir dan mengukur besar dari berita penanganan kasus oleh kepolisian terhadap citra POLRI di kalangan remaja akhir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus-respons (S-R). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatif. Data dianalisis menggunakan koefisien korelasi pearson’s product moment dan regresi linear sederhana dengan SPSS versi 27. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh variabel berita yang menunjukkan pengaruh terhadap citra dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (18,447 > 1,966), yang berarti Ha diterima serta menunjukkan ada pengaruh dari berita penanganan kasus oleh kepolisian terhadap citra Polri di kalangan remaja.
Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Zalora Indonesia terhadap Loyalitas Pelanggan Regita Mahardika Komaro; Irwan Siregar
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.2146

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur sejauhmana pengaruh kualitas layanan aplikasi zalora indonesia terhadap loyalitas pelanggan. Metode digunakan ialah validitas konstruk, Cronbach’s Alpha, Regresi Linier Sederhana, Uji F/ANOVA, dan Uji T (Coefficient Corelation). Hasil Penelitian menunjukkan regresi linier sederhana pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas memiliki R1 sebesar 0,885 artinya layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan sebesar 88,5%, R square sebesar 0,783 dan sig 0,000 yang artinya 79,3% variasi terjadi terhadap tinggi rendahnya loyalitas pelanggan disebabkan oleh variasi kualitas layanan sedangkan sisanya 21,7% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian. Hasil uji F atau ANOVA pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas menghasilkan angka Fhitung sebesar 173.354 dengan tingkat signifikan 0,000 dan Ftabel 4,04. Artinya Fhitung lebih besar dari Ftabel, maka dapat dikatakan ada pengaruh kualitas layanan Aplikasi Zalora Indonesia terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji T (coefficient) pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas memiliki sig 0,000 dengan B sebesar 0,885, Thitung 13,166, dan Ttabel 1.677.
Interaksi Simbolik dalam Pertunjukan Kesenian Tari Sintren Cirebon Enjelia Christina Permana; Davis Roganda Parlindungan
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.2148

Abstract

Salah satu seni pertunjukan yang melegenda di masyaralat Jawa, khususnya di Cirebon adalah seni pertunjukan tari Sintren yang sarat akan nuansa mistisnya dan masih diminati sebagian besar masyarakat Cirebon sebagai seni pertunjukan kesenian tari di desa Jemaras Kidul, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan proses interaksi secara simbolik yang terjadi dalam pertunjukan kesenian tari Sintren di desa Jemaras Kidul, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumplan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses interaksi secara simbolik yang terjadi dalam pertunjukan tari Sintren Cirebon berdasarkan teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead dimana pada seni budaya membentuk makna pikiran, diri dan masyarakat para pelaku seni dan penonton terhadap proses atau tahapan pertunjukan tari Sintren, penerapan makna dalam kehidupan sehari-hari, pakaian, aksesoris, perkembangan tari Sintren, dan fungsi tari Sintren bagi masyarakat.
Examining the Usage of Instagram as the Strategy to Build the Brand Value of PT Ayo Media Network Muhammad Zindan Taufikurrahman; Cecep Barkah
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.2166

Abstract

In this digital era, social media has become an essential tool in marketing strategy and building brand value. Brand value is a valuable asset, which includes the perceptions and values associated with the brand. PT Ayo Media Network, one of the largest media companies in West Java, is a media company that continues to operate and develop to this day. This article will examine how customer interaction through PT Ayo Media Network Bandung's Instagram account can provide a positive and valuable experience, ultimately increasing the company's brand value. This research uses a qualitative research method with a SWOT analysis approach. From the data analysis conducted, it was found that the company's strengths were still more significant or dominant compared to its weaknesses and opportunities that are still more powerful than the threats the company must overcome. That way, the company is found to be in quadrant one position.
Efektivitas dan Efisiensi Eksternal Auditor dalam Transisi Menuju Audit Jarak Jauh Akibat Pandemi Covid-19 Maulana Malik Muhammad; Muhammad Akbar
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.2189

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa efektivitas dan efisiensi eksternal auditor dalam transisi ke audit jarak jauh karena pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer Dengan menyebarkan kuesioner ke kantor akuntan publik yang berada di DKI Jakarta dengan metode simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu partial least square dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa audit jarak jauh dan efisiensi audit jarak jauh memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Sedangkan dukungan institusi tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas audit.
Strategi Kreatif Iklan GoPay Versi “Tukang Komen Wajib Nonton” di YouTube Veneziastitha Christy; Agustrijanto
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.2604

Abstract

GoPay menggunakan iklan audio visual dalam mengkomunikasikan produknya. Dalam penelitian ini strategi kreatif digunakan sebagai landasan dari konsep daya tarik dan gaya eksekusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada lima informan yang mengerjakan proyek iklan ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan GoPay ini menggunakan daya tarik humoris, rasional dan emosional, serta gaya eksekusi dramatisasi. Iklan GoPay ini juga berfungsi untuk menginformasikan terkait promo akhir tahunyang ada pada GoPay. Di sisi lain, YouTube digunakan untuk mengunggah iklan ini karena konsumen GoPay adalah pengguna digital dan YouTube juga memiliki kelebihan dalam aspek durasi video.
Aksi Sosial sebagai Strategi Public Relation dalam Membangun Reputasi PT Bhinneka Dwi Persada Gracia Henrieta Putri; Dyah Kusumawati
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.2641

Abstract

PT Bhinneka Dwi Persada adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan barang dan jasa sistem ALUTSISTA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan komunikasi PR yang dilakukan oleh PT Bhinneka Dwi Persada, agar perusahaan yang tidak begitu terbuka kepada publik dapat meningkatkan dan mempertahankan reputasinya, melalui program CSR. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan memaparkan bagaimana strategi PR yang dilakukan oleh PT Bhinneka Dwi Persada, untuk menjangkau masyarakat, pemerintah, dan pengguna secara efisien. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Konsep yang digunakan adalah Strategi PENCILS. Hasil penelitian yang dilakukan bersama PT Bhinneka Dwi Persada menunjukkan bahwa strategi PR tersebut efektif. Hal ini terlihat dari bagaimana reputasinya dapat meningkat, sekaligus mempertahankan reputasi tersebut selama bertahun-tahun.
Aktivitas Bauran Komunikasi Pemasaran KECC Dalam Mengedukasi Kesehatan Lansia Selama Pandemi Covid- 19 Salman Naning
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.2914

Abstract

Selama pandemi COVID-19, perkembangan teknologi menjadi penting untuk dipahami oleh seluruh masyarakat. Salah satu perusahaan yang mendukung kesehatan fisik dan mental, terutama bagi lansia, adalah Kalbe Ethical Customer Care (KECC). KECC memiliki komunitas lansia bernama Komunitas Warga Senior (KOWAS). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari aktivitas bauran komunikasi pemasaran KECC dalam mengedukasi kesehatan komunitas lansia selama pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan fokus pada penguraian situasi atau kejadian terkait objek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan pentingnya menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang beragam dalam bauran komunikasi pemasaran untuk mempromosikan KOWAS. Strategi ini meliputi periklanan yang efektif, promosi penjualan menarik, dan hubungan masyarakat yang baik serta publisitas yang efektif. Keseluruhan strategi ini bertujuan untuk mencapai efektivitas yang lebih baik dalam mempromosikan KOWAS kepada masyarakat luas. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang serangkaian tahapan dalam bauran pemasaran yang digunakan oleh KECC serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan aktivitas komunikasi pemasaran tersebut. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi organisasi yang ingin mengedukasi dan mempromosikan kesehatan komunitas lansia selama pandemi COVID-19.
Pesan Anti Rasisme dalam Pertandingan Kualifikasi Euro 2020 Belanda vs Estonia di Mola TV Fadhilah Nur Iman; Santi Delliana
KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi Vol. 10 No. 2 (2023): KALBISOCIO, Jurnal Bisnis dan Komunikasi
Publisher : Research and Community Service INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS KALBIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53008/kalbisocio.v10i2.3231

Abstract

antagonism towards many forms of racism. Instances of racial discrimination and prejudice are prevalent within the domain of football. A diverse range of individuals, including supporters, coaches, athletes, officials overseeing matches, and media members, are accountable for participating in racist practices. The establishment of the Let's Kick Racism Out of Football program by the Federation Internationale de Football Association (FIFA) was a direct response to the occurrence of racism within the football community. The primary aim of this research is to investigate the potential existence of an anti-racist message inside the live broadcast of the Netherlands vs Estonia match on Mola TV. The research methodology adopted in this study involves using a descriptive qualitative approach. The methodology utilized in this study is the semiotic approach. The methodology adopted for data analysis is grounded in the principles of semiotics as established by Charles S. Peirce. The theoretical framework utilized in this research is the constructivism paradigm. The present study utilizes the theoretical framework of Social Reality Construction in Mass Media. The results of this study unveiled several forms of anti-racism indicators, encompassing gestures involving bodily motions, observable characteristics, spatial clues, and temporal factors. The match's goal celebration sequences effectively convey an anti-racism tone through the presence of such messages.

Page 1 of 1 | Total Record : 9