cover
Contact Name
Danang
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
danang@stekom.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Bunyamin Blok A 11-12 , Kab. Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, 53121
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU)
ISSN : 28278836     EISSN : 28278844     DOI : https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i3
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU) mewadahi artikel karya ilmiah hasil penelitian para dosen, praktisi akademik, guru dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini adalah semua penelitian yang berhubungan dengan pendidikan. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu Edisi April, Agustus, dan Desember.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan" : 9 Documents clear
KONFLIK SOSIAL ANTARA WARGA KELURAHAN DARA DAN KELURAHAN TANJUNG KECAMATAN RASANA’E BARAT KOTA BIMA Mansyur; Hermansyah; Sudirman; Anas Djumati
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/sokoguru.v1i1.175

Abstract

The study aims at discovering the causing factors of social conflict between the people in Dara village in Tanjung village of west Rasana’e subdistrict in Bima city, and the efforts of solution of social conflict between the people in Dara villag in Tanjung village of west rasana’e subdistrict in Bima city. The type of of this study is destriptive qualitative with a case study approach. The determination of the informant was conducted by employing descriptive qualitative sampling technique. Data were collected by employing descriptive qualitative conducted in several stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study reveal that (i) the causes of social conflict between the people in Dara village in Tanjung village of west Rasana’e subdistrict in Bima city are: firs, conflict of high school students of SMA Muhammadiah among SMA PGRI in Bima city, the youth, and the ethnic of the village. Second, bullyng between the teenagers of Dara and teenagers of Tanjung in Football Match in Mangge Maci Field Court, (ii) the efforts of solution of social conflict between the people of Dara village and Tanjung village of west Rasana’e subdirsct in Bima city were the prominent religious figure, peominent people, customs figures, Kapolres Bima city, Mayor of Bima the head of Karang Taruna, and the Head of the village.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS KELAS V UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Anisa Aulia; Nur Fatihani; Dede Indra Setiabudi
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/sokoguru.v1i1.237

Abstract

Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih menarik dalam pelajaran IPS untuk siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Penilaian produk dilakukan oleh penelaah ahli, kemudian diuji coba pada saat melakukan evaluasi formatif one to one, kelompok kecil, dan uji lapangan. Hasil uji coba menunjukkan, IPS berbasis kontekstual untuk siswa kelas V Sekolah Dasar memperoleh kriteria sangat baik.
PENYULUHAN SEX EDUCATION DALAM MENCEGAH KEJAHATAN SEXUAL PADA ANAK DI SDN 5 RANCAIRUNG fitriyani; Syifa Kolbiyah; Dede Indra Setiabudi
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/sokoguru.v1i1.238

Abstract

Kekerasan sexual terjadi pada anak dikarenakan anak tidak mengetahui belum mendapatkan pendidikan seks. pendidikan seks pada anak usia sekolah dasar tidak mengajarkan mengenai prilaku seksual orang dewasa melainkan membahas seputar perbedaan gender dan fungsi organ reproduksi serta membekali anak keterampilan untuk memilih tindakan yang diambil, meningkatkan kemampuan untuk menentukan sikap saat menghadapi sebuah situasi. Penyuluhan sex education kepada anak menjadi salah satu solusi dalam menyampaikan hal tersebut. Penyuluhan ini dilakukan di SDN 5 Rancairung yang beralamat di Kp Ciajag Desa Tanjung jaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat dan diikuti oleh 16 orang peserta menggunakan, video, LCD proyektor, speaker dan selembaran. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, Tanya jawab dan pelatihan melindungi diri dari orang yang ingin berbuat jahat. Diikuti dengan Pre Test dan Post Test melalui kuesioner. Hasil Pre Test menunjukan siswa tidak banyak mengetahui tentang organ reproduksi dan fungsinya serta cara mencegah kekerasan seksual, Namun setelah diberikan edukasi terjadi peningkatan pengetahuan peserta yang cukup sebanyak 13 orang (81, 25%). Diharapkan kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat bagi SDN 5 Rancairung.
ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK KELAS III TEMA BENDA DI SEKITARKU Annimah Imani; Aulia Fahriza Hasanah; Dede Indra Setiabudi
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/sokoguru.v1i1.239

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang. Pendidikan karakter sebaiknya ditanamkan sejak usia dini agar mudah dalam membentuk kepribadian anak. Pendidikan karakter sebaiknya sudah dimaksimalkan pada usia sekolah dasar. Karena pada usia sekolah dasar merupakan usia dimana siswa meniru dan merekam apa yang ia pelajari atau dapatkan. Selain itu pada usia sekolah dasar siswa sedang berada pada tahapan operasional konkret, siswa memandang dunia secara nyata. Oleh karena itu pendidikan karakter ini sangat penting untuk kita tanamkan kepada siswa, agar terbentuk kepribadian yang baik, berakhalak mulia dan menjungjung tinggi nilai-nilai keagamaan. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menunjukan dan mendeskripsikan muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku siswa kelas III sekolah dasar tema 3 Benda di Sekitarku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu studi pustaka, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik membaca, menyimak dan mencatat. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu (Content Analysis). Adapun hasil penelitian ini yaitu pada buku tematik siswa kelas III sekolah dasar tema 3 Benda di Sekitarku terdapat 13 nilai karakter yaitu nilai religius, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komutikatif, cinta damai, gemar membaca, nilai peduli lingkungan dan nilai sosial. Simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dari 18 nilai karakter, terdapat 13 karakter yang ada pada buku tematik siswa kelas III tema 3 Benda di Sekitarku, maka nilai karakter yang tidak terdapat pada buku siswa menjadi tugas guru untuk menerapkannya dalam pembelajaran.
UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL : STUDI KASUS MI HIDAYATULLAH 2 Fiddini Hilwa Sukma; Anisa Nur Fitria; Dede Indra Setiabudi
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/sokoguru.v1i1.240

Abstract

Rintangan yang dihadapi pendidik dalam mengajarkan materi Bahasa Inggris adalah membuat peserta didik mudah memahami kosakata dan juga aturan dalam penyusunan kalimat dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan khususnya di kelas 3 MI Hidayatullah II, materi Bahasa Inggris belum dapat tersampaiman dengan baik jika hanya mengandalkan media pembelajaran buku LKS (Lembar Kerja Siswa). Maka dari itu penelitian ini diharapkan dapat menjadi media lain dalam proses penyampaian materi Bahasa Inggris bagi siswa kelas 3 MI Hidayatullah II. Hasil yang diperoleh yaitu media video tutorial ini dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan, karena peserta didik dapat melihat langsung gambaran dari materi yang tertera dalam buku LKS dengan metode yang lebih menarik dan mudah dimengerti.
PENGGUNAAN MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Muhammad Rizky Mazaly
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penggunaan multimedia macromedia flash. Rancangan penelitiain ini adalah quasi experiment design dengan pre-test-posttest non equlivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas yakni 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Metode pemilihan subjek penelitian yang dipakai adalah setelah mengetahui homogenitas setiap kelas, jika ada 2 kelas yang homogen maka langsung dijadikan sampelnya. Namun jika lebih dari 2 kelas maka dilakukan teknik random sampling. Terdapat 2 kelas yang dijadikan subjek penelitian yakni kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yakni pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberi perlakuan (treatment). Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah teknik uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa ; (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika setelah diterapkannya pembelajaran multimedia macromedia flash. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil belajar siswa yang diperoleh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia macromedia flash lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini juga dilihat berdasarkan hasil uji t data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yakni sebesar 3,021 lebih dari t tabel sebesar 2,042. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan multimedia macromedia flash sebesar 77,19 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 67,19 dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI KASUS PADA SMP NEGERI 3 BAMBEL) KABUPATEN ACEH TENGGARA Isnaini; Desi Aramana
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020 di SMP Negeri 3 Bambel Kecamatan Lawe Sumur Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai pengumpulan data. Analisis data yang dipakai diantaranya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan dana BOS SMP Negeri 3 Bambel melaksanakan penyusunan RKAS. (2) pelaksanaan dana BOS SMP Negeri 3 Bambel, penyaluran dana tiap triwulan, pengambilan dana oleh bendahara dan kepala sekolah, penggunaan dana untuk kegiatan operasional sekolah non-personalia, pembelanjaan dilakukan oleh tim belanja barang/jasa, pembukuan dilaksanakan oleh bendahara berdasarkan bukti (3) pengawasan dilaksanakan secara internal dan eksternal dan pelaporan dana dilaksanakan setiap tahap pencairan yaitu empat bulan sekali
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN STRATEGI 5E1C (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, CONFIRMATION, DAN EVALUATION) PADA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH LEMPANGANG Andi Fatmawati
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/sokoguru.v1i1.1226

Abstract

Fakta yang ditemukan di lapangan yaitu pembelajaran IPA masih bersifat konvensional sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan. Bahan ajar IPA yang diajarkan tidak sesuai dengan kondisi atau fakta di lapangan. Kesempatan siswa untuk mengembangkan kreativitasnya juga masih belum terlihat. Sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran IPA, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas metode pembelajaran Guided Discovery dengan strategi 5E1C (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Confirmation, dan Evaluation) dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Lempangang Kab. Gowa tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penilaian daya serap klasikal terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada Siklus I, II, dan III sebesar 67,33%; 79,08%; dan 86,17%. Hasil penilaian daya serap klasikal terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada Siklus I, II, dan III sebesar 64,65%; 76,61%; dan 85,71%. Selain itu juga, ketuntasan belajar klasikal terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada Siklus I, II, dan III sebesar 0,00%; 73,33%; dan 93,33%. Hasil penilaian ketuntasan belajar klasikal terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada Siklus I, II, dan III sebesar 60,00%; 73,33%; dan 93,33%. Hasil penilaian daya serap individu terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada Siklus I, II, dan III sebanyak 0 siswa, 22 siswa, dan 28 siswa. Dan hasil penilaian daya serap individu terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada Siklus I, II, dan III sebanyak 18 siswa, 22 siswa, dan 28 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran Guided Discovery dengan strategi 5E1C (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Confirmation, dan Evaluation) sangat efektif dan dapat diterapkan dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lempangang Kab. Gowa tahun 2020-2021.
Kajian Literatur : Gamifikasi di Pendidikan Dasar Rosina Zahara; Gihari Eko Prasetyo; Dwi Mirza Yanti
SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): April: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Politeknik Pratama Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/sokoguru.v1i1.1783

Abstract

Gamification, which refers to the use of game elements and mechanics in non-gaming contexts, has become an interesting research topic in education. The researcher presents a literature review on the use of gamification in education with the aim of investigating the impacts, benefits, challenges, and trends associated with the application of gamification in an educational context. This literature review identifies several significant advantages of implementing gamification in education. Recent trends in the literature review on gamification in education include the use of new technologies, such as artificial intelligence, virtual reality, and augmented reality. In addition, research has also shown that the integration of gamification with traditional curricula can improve understanding and retention of subject matter. In order to maximize the benefits of gamification in education, this literature review recommends the importance of developing solid pedagogy, collaboration between teachers and game designers, and student participation in the gamification design process. More research is needed to understand more deeply the long-term effects of using gamification in education as well as the best strategies to address the challenges associated with its implementation.

Page 1 of 1 | Total Record : 9