cover
Contact Name
HENGKI TAMANDO
Contact Email
plus62jurnal@gmail.com
Phone
+6281360000891
Journal Mail Official
plus62jurnal@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Romeby Lestari Blok C, No C14, Deliserdang, Sumatera Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
KAMPRET Journal
Published by Ihsa Institute
ISSN : -     EISSN : 28283678     DOI : https://doi.org/10.35335/kampret
KAMPRET Journal adalah jurnal ilmiah akses terbuka, peer-review, dan ilmiah yang diterbitkan oleh IHSA Institute, Indonesia. Tujuan dari KAMPRET Journal adalah untuk mempublikasikan artikel penelitian asli dari para peneliti dan praktisi tentang berbagai topik masyarakat, budaya, Sosial dan masalah politik: kesejahteraan masyarakat, pembangunan sosial, gerakan masyarakat sipil, masyarakat digital dan disrupsi, gender dan identitas, minoritas gender, keluarga dan perkawinan, sosiologi, sosiologi linguistik, media, informasi & literasi, pengembangan pariwisata, antropologi sosiokultural, antropologi kelautan, antropologi medis, antropologi linguistik, politik, pemerintahan & demokrasi, studi politik & keamanan internasional, studi pemuda, radikalisme dan terorisme, kebijakan publik, Seni Budaya, Kesenian, Bahasa, Adat, Komunikasi & Sejarah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): September: Sosial, Budaya, Politik, Masyarakat dan Komunikasi" : 5 Documents clear
Kajian Yuridis Perpanjangan Jabatan Presiden di Indonesia Dewi Pika Lbn Batu
Kampret Journal Vol. 2 No. 1 (2022): September: Sosial, Budaya, Politik, Masyarakat dan Komunikasi
Publisher : IHSA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35335/kampret.v2i1.43

Abstract

Isu masa perpanjangan jabatan Presiden Joko Widodo menimbulkan polemik di masyarakat. Kelompok masyarakat yang pro mendeklarasikan keinginannya diberbagai kota di Indonesia agar dapat dilakukan amandemen terhadap undang-undang terkait. Tuntutan ini tentu berdasarkan hasil kerja kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang dirasakan oleh masyarakat cukup nyata dan realisasi kinerja pemerintahan berpihak untuk kepentingan masyarakat. Namun, disisi lain pihak yang kontra menentang opini perpanjangan masa jabatan presiden. Perpanjangan masa jabatan presiden dianggap sebagai kemunduruan demokrasi, melanggar Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945), tidak konstitusional dan menciderai perjuangan Reformasi 1998. Dengan demikian Penulis tertarik untuk mengangkat isu permasalahan ini dengan menggunakan qualitative method dalam pengumpulan dan pengelolaan data penelitian. Data yang telah Penulis peroleh dianalisis dan dirangkum dalam bentuk deskriptif.
Pembinaan Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam melalui Mengaji,Berkreasi,Produktif di Desa Jomin Barat Karawang Dean Dwi Putra; Imam Tabroni
Kampret Journal Vol. 2 No. 1 (2022): September: Sosial, Budaya, Politik, Masyarakat dan Komunikasi
Publisher : IHSA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35335/kampret.v1i4.78

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pondasi yang dapat mencegah seseorang Melakukan perbuatan yang tidak baik, terlebih lagi Pendidikan Agama Islam. Pembinaan Akhlak yang baik bagi anak semakin terasa diperlukan terutama pada saat manusia di zaman modern ini dihadapkan pada masalah moral dan akhlak yang cukup serius, yang kalau dibiarkan akan menghancurkan masa depan bangsa. Sementara itu pembinaan Akhlak melalui Berkreasi,produktif di Desa Jomin Barat ini yaitu mengadakan wadah ikatan remaja masjid di berbagai tempat, yang mana IRMA tersebut untuk menampung minat dan bakat para generasi pemuda contohnya seperti MTQ,TAHFIZ,Seni Hadroh,Seni Qosidah,Seni Marawis dan lainnya. Sehingga dapat menghasilkan produktivitas di Desa Jomin Barat tersebut dalam pembinaan Akhlak Pendidikan Agama Islan melalui Mengaji,Berkreasi,produktif. Generasi muda ( remaja ) merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan estafet perjuangan bangsa. Oleh karena itu, masa depan maju mundurnya suatu bangsa berada di tangan generasi muda. Dengan kata lain, apabila generasi mudanya baik, maka suatu negara akan maju dan berkembang, dan sebaliknya, jika generasi mudanya buruk, maka negarapun akan mundur bahkan hancur . Masa remaja ( generasi muda ) adalah masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa, dimana di dalam dunia mereka sedang di rundung oleh rasa ego yang amat tinggi yang amat membutuhkan arahan dan bimbingan.
Dampak Handphone dalam Pembelajaran bagi Anak di Les Nurul Ilmi Sempur Hikmah Nur F; Imam Tabroni
Kampret Journal Vol. 2 No. 1 (2022): September: Sosial, Budaya, Politik, Masyarakat dan Komunikasi
Publisher : IHSA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35335/kampret.v1i4.80

Abstract

Gadget atau Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang canggih pada zaman modern ini. Alat ini biasa digunakan oleh semua kalangan, baik orang tua, anak kecil, remaja dan lainnya. Sekarang ini peran gadget sangat penting untuk kehidupan sehari-hari manusia, karena gadget mempunyai banyak manfaatnya dan tidak hanya itu gadget juga mempunyai dampak negatifnya. Dalam Pendidikan, biasanya gadget sering digunakan oleh anak sekolah, terutama pada pasca covid-19 peran gadget ini penting sekali untuk melakukan sekolah daring. Membicarakan penggunaan gadget, seharusnya orang tua harus bisa mengetahui dampak dari gadget bagi anaknya serta harus bisa membatasi waktu dalam pemakaian untuk anaknya itu sendiri. Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk mengetahui dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget dan mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak mengenai perihal pemakaian gadget terhadap anaknya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian survei kepada anak les Nurul Ilmi yang bertempat di kampung Sempur dan dengan cara mencari dan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan judul ataupun tema yang telah ditentukan.
Minat Belajar Siswa/I Ma Muttaqien setelah Sekian Lama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Ryan Apriansyah; Imam Tabroni
Kampret Journal Vol. 2 No. 1 (2022): September: Sosial, Budaya, Politik, Masyarakat dan Komunikasi
Publisher : IHSA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35335/kampret.v1i4.82

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa/i setelah sekian lama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 di MA Muttaqien Purwakarta. Sample yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 33 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu bertanya secara langsung kepada siswa/I dan guru-guru yang mengajar di MA Muttaqien. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif data kuantitatif. Faktor rendahnya minat belajar siswa/i setelah sekian lama pembelajaran jarak jauh ini diantaranya ada yang sudah terlalu nyaman dengan model pembelajaran secara daring sehingga malas untuk
Learning During The Covid-19 Pandemic: Proceeding Student Learning Interests And The Continuity Of Face-To-Face Learning Aulia Nurisfah; Imam Tabroni; Faithful Hermin Rini; Nida Hoerunisa
Kampret Journal Vol. 2 No. 1 (2022): September: Sosial, Budaya, Politik, Masyarakat dan Komunikasi
Publisher : IHSA Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35335/kampret.v2i1.102

Abstract

Study this aim for analyze interest study student on period pandemic to continuity study stare advance in MI Khairunnas. Study this use method study qualitative with subject study that is student on class 3. Technique collection data with use interview and observation. Technique interview that is with give live question to student. Technique analysis data with use observation on Pandemic covid-19 in Indonesia which bring impact or nope to interest study student. When process learning switch with learning online many student which no like again study in school, no a little also which sigh feel more interest study in house. Learning distance far even resulted interest study student Becomes decrease be marked with lack of participation active student when follow process learning in class. After learning online implemented not enough more During 2 year, pandemic covid 19 even already start disappear and activity study teach even already start held with stare advance return, will but when process learning held with stare advance student no live can study as normal his when learning stare advance before pandemic covid-19, they must adapt return because possible already used to with study online. Students are still used to the atmosphere when online, so during the learning process going on interest haven't learned yet fully prepared. By because of that, very teacher role in implementation process learning in a manner face to face again, teacher role in guide students for return spirit, motivation and interest study his, give facilities in the form of always providing motivation and enthusiasm before learning in start every day, motivating student so that spirit study return, help sert supervise student when carry out process learning so that student follow process learning with good and correct, so that could obtain results learning which optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5