cover
Contact Name
Firman
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6281229472841
Journal Mail Official
mahmuda@ugp.ac.id
Editorial Address
Jln. Simpang Kelaping-Lukup Badak-Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kab. Aceh Tengah, Provinsi Aceh, 24560
Location
Kab. aceh tengah,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen (JUIIM)
ISSN : 28099400     EISSN : 28099419     DOI : https://doi.org/10.55542/juiim.v4i1
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen (JUIIM) adalah jurnal terbitan berkala yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Putih Program Studi Manajemen. Isi jurnal mencakup bidang keilmuan Manajemen meliputi: Manajemen, Manajemen Syariah, Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll), Pemasaran, Manajemen Transportasi, Manajemen Industri, Manajemen Informatika, Kesekretariatan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen (JUIIM) terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen" : 7 Documents clear
Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah Tiswanti Ayunasrah; Ratnawati Ratnawati; Rahma Diana; Ansari Ansari
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.335 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.147

Abstract

Permasalahan yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini apakah kepuasan kerja memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai dan berapa besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung akibat adanya variabel mediasi tersebut. Tujuannya untuk mendeteksi peran kepuasan kerja sebagai variabel mediasi dan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung akibat adanya variabel mediasi. Untuk pemecahan masalah tersebut digunakan jenis penelitian deskriptif menggunakan metide analisis data kwantitatif, dimana data-data dikumpulkan melalui kuisioner, di olah dan disajikan dalam bentuk tabel, selanjutnya dianalisis dengan regresi variabel mediasi menggunakan metode causal step. Hasil penelitian diperoleh bahwa kepuasan kerja memediasi secara parsial dan memperlemah pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Kemudian pengaruh total akibat adanya variabel mediasi ini sebesar 11,5% yang terdiri dari pengaruh langsung 5,1% dan pengaruh tidak langsung 6,41%. Sehubungan dengan temuan penelitian ini disarankan perlu adanya upaya peningkatan kepuasan kerja untuk memperbesar pengaruh positif dan signifikansinya pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin terhadap kinerja Karyawan pada PT Inhutani – IV Kabupaten Bener Meriah Zainal Ahmad; Zainudin Zainudin; Ansari Ansari
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.43 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.148

Abstract

Dalam skripsi ini dilihat dari naik turnnya kinerja yang dipengaruhi oleh 3 (tiga) varaibel Independen yaitu gaya kepmimpinan, Motivasi, dan Disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai pada PT Inhutani dengan masalah kebijakan dalam pengambil keputusan oleh pimpinan serta kurang adanya dorongan dalam memberikan semangat terhadap karyawan. Identifikasi masalah adalah Bagaimanakah pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi serta disiplin terhadap kinerja karyawan dan tunjuan penelitian untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi serta disiplin terhadap kinerja karyawan. Lokasi penelitian ini pada PT Inhutani di Kabupaten Bener Meriah. Responden sebanyak 46 orang . metode pengumpulan data dengan Kuisioner, dan analisa data Analisa Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Y = 1,492 + 0,001X1 + 0,262X2 + 0,443X3 sehingga diperoleh Secara parsial bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Inhutani IV. dibuktikan dengan nilai thitung = 0,009 < t tabel = 1,682 dan Dan tingkat signifikan pada (a= 0,05) 0,993 > 0,05. selanjutnya Secara parsial bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan nilai thitung = 2,119 > t tabel = 1,682 dan Dan tingkat signifikan pada (a= 0,05) 0,040 < 0,05. Secara parsial bahwa disipllin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 4,241 > t tabel = 1,682 dan Dan tingkat signifikan pada (a= 0,05) 0,000 < 0,05. Secara simultan menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel gaya kepemimpinan, motivasi, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan membandingkan antar Fhitung dengan Ftabel yaitu 29,455 > 3,21. Dengan P-value 0,000 < 0,005 , sedangkan R2 sebesar 0,678 yaitu kemampuan variabel gaya kepemimpinan dan motivasi serta disiplin mempengaruhi kinerja karyawan sedangakn hubungan anatar varabel adalah sangat kuat.
Pengaruh Kinerja Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Pasien Di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah Sulastri Sulastri; Abd. Djalil; erna erna
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.982 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.149

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan pegawai terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Dengan variabel kualitas pelayanan (X1), kuantitas pelayanan (X2), penggunaan waktu dalam kerja pelayanan (X3), kerja sama dengan orang lain dalam bekerja pelayanan (X4) memperngaruhi Kepuasan pasien (Y). Metode pengumpulan data, melalui metode kepustakaan menyangkut kebutuhan teori, refrensi, dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian, selanjutnya melakukan penelitian lapangan melalui observasi wawancara dan menyebabkan angket berupa quisioner dengan jumlah sampel 60 pegawai UPTD Pukesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Metode analisa data, menggunakan pendekatan regresi berganda dengan variabel (X1) kualitas pelayanan, (X2) kuantitas pelayanan, (X3) penggunaan waktu dalam kerja, (X4) kerja sama dengan orang lain dalam bekerja. Hasil analisa data, dengan persamaan regresi berganda Y = 1.307 + 0.012X1 + 0.351X2 + 0.606X3 + 0.159X4, secara umum semua variabel bebas berpengaruh dn signifian antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). uji parsial semua variabel bebas berpengaruh dan signifikan. Kesimpulan, bahwa variabel X1, X2, X3, dan X4 berpengaruh signifian terhadap kepuasan pasien. Koefisien determinasi (r²) menunjukan angka 0.589 (59.9%) terhadap variasi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, sisanya 0411. atau (41.1%) dipengaruhi oleh variabel faktor lain.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Pasar Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah Sulastri Sulastri; Bambang Surahman; Erna Erna
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.709 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.150

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan pegawai terhadap kepuasan pasien di UPTD Puskesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Dengan variabel kualitas pelayanan (X1), kuantitas pelayanan (X2), penggunaan waktu dalam kerja pelayanan (X3), kerja sama dengan orang lain dalam bekerja pelayanan (X4) memperngaruhi Kepuasan pasien (Y). Metode pengumpulan data, melalui metode kepustakaan menyangkut kebutuhan teori, refrensi, dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian, selanjutnya melakukan penelitian lapangan melalui observasi wawancara dan menyebabkan angket berupa quisioner dengan jumlah sampel 60 pegawai UPTD Pukesmas DPT Bandar Kabupaten Bener Meriah. Metode analisa data, menggunakan pendekatan regresi berganda dengan variabel (X1) kualitas pelayanan, (X2) kuantitas pelayanan, (X3) penggunaan waktu dalam kerja, (X4) kerja sama dengan orang lain dalam bekerja. Hasil analisa data, dengan persamaan regresi berganda Y = 1.307 + 0.012X1 + 0.351X2 + 0.606X3 + 0.159X4, secara umum semua variabel bebas berpengaruh dn signifian antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). uji parsial semua variabel bebas berpengaruh dan signifikan. Kesimpulan, bahwa variabel X1, X2, X3, dan X4 berpengaruh signifian terhadap kepuasan pasien. Koefisien determinasi (r²) menunjukan angka 0.589 (59.9%) terhadap variasi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, sisanya 0411. atau (41.1%) dipengaruhi oleh variabel faktor lain.
Pengaruh Keselamatan Kerja terhadap Produktivitas Kerja pada Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Kabupaten Aceh Tengah Tonaiko Sinature; Erna Erna; Elisa Khairani
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.007 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.151

Abstract

Perusahaan merupakan salah satu organisasi yang menghimpun orang- orang yang biasa disebut dengan karyawan atau pegawai untuk menjalankan kegiatan rumah tangga produksi perusahaan. Hampir di semua perusahaan mempunyai tujuan yaitu memaksimalkan keuntungan dan nilai bagi perusahaan, dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawan. Oleh sebab itu karyawan merupakan salah satu modal sumber daya manusia yang sangat penting keberadaannya dalam setiap sendi operasional karena sumber daya manusia adalah salah satu aset utama yang berfungsi sebagai penggerak operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara keselamatan kerja dan produktivitas kerja pada Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan dari Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan yang bekerja di koperasi tersebut dengan sampel sebanyak 69 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dengan menyebarkan angket atau daftar pernyataan kepada karyawan yang bekerja di Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara variabel keselamtan kerja terhadap produktivitas kerja pada Koperasi Baitul Qiradh Baburayyan. Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi sederhana yaitu : Y = 1,897+ 0,432X Dimana hal tersebut menyatakan bahwa tiap kenaikan variabel Keselamatan kerja sebesar 1% maka akan meningkatkan produktivitas kerja sebesar 0,432%.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Bambang Surahman
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.179 KB) | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.177

Abstract

Proses pelaksanaan pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik masih terdapat beberapa masalah yang cukup signifikan sehingga menurunkan tingkat kepuasan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap pelayanan administrasi Fakultas Teknik UGP. Permasalahan antara lain pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang terlalu lama sehingga terjadi ada pergerakan aktivis mahasiswa UGP yang mendesak pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menget­ahui dan mengukur kualitas pelayanan administrasi yang mempengaruhi kepuasan pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Hipotesis penelitian ini adalah diduga kualitas pelayanan adminsitrasi mempengaruhi kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, dengan alat analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda yang dihasilkan Y = 1,024 + 0,096X1 + 0,115X2 + 0,221X3 + 0,118X4 + 0,057X5. Jika variabel daya tanggap (X1), jaminan (X2), wujud langsung (X3), empati (X4) dan kehandalan (X5) sama dengan nol, maka nilai kepuasan mahasiswa sebesar 1,024. Setiap penambahan 1 poin variabel kualitas pelayanan tersebut akan diikuti dengan menaiknya kepuasan mahasiswa. Uji koefisien determinasi (R2), nilai adjusted R square adalah 0,935, hal ini menunjukan bahwa 93,5% kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan). Sisanya 6,5% disebabkan oleh pengaruh variabel lain yang tidak masuk dalam kajian. Secara parsial menggunakan uji t, dari hasil pengujian terhadap koefisien regresi dengan thitung didapat nilai thitung daya tanggap sebesar 2,342 (X1) > 1,663, jaminan (X2) 2,659 > 1,663, wujud langsung (X3) 3,237 > 1,663, empati (X4) 3,776 > 1,663, dan kehandalan (X5) 2,127 > 1,663. Dengan demikian variabel kualitas pelayanan adminsitrasi (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan) mempengaruhi signifikan secara parsial kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik UGP. Secara simultan dengan menggunakan uji F, dari uji Anova dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 6,427 > Ftabel sebesar 2,320, terletak di daerah penolakan sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal itu berarti kualitas pelayanan administrasi (daya tanggap, jaminan, wujud langsung, empati, dan kehandalan) mempengaruhi signifikan secara simultan kepuasan mahasiswa pada Fakultas Teknik UGP.
PENGARUH KETIDAKPUASAN, ATRIBUT PRODUK, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK SMARTPHONE ASUS KE SMARTPHONE LAIN (Studi Kasus Pada Konsumen Sinar Mas Seluler Cabang Tlogosari Semarang) Kusmanto Kusmanto; Putri Rahmawati Rahmawati
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2022): Januari: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Gajah Putih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55542/juiim.v4i1.329

Abstract

Tujuan dari penelitian ini : 1). Mengetahui dan menganalisa pengaruh ketidakpuasan terhadap perpindahan merek, 2). Mengetahui dan menganalisa pengaruh atribut produk terhadap perpindahan merek, 3). Mengetahui dan menganalisa pengaruh kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Sinar Mas Seluler Cabang Tlogosari Semarang. Penilitian dilakukan secara sampling, menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing- masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis yaitu uji t, uji F dan uji R2. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1). Ketidakpuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek, 2). Atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek, 3). Kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek.

Page 1 of 1 | Total Record : 7