cover
Contact Name
Emilia Candrawati
Contact Email
emiliacandrawati@unib.ac.id
Phone
+6281317189825
Journal Mail Official
diksains@unib.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan IPA Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2, Jl. WR Supratman Kandang Limun, Bengkulu, 38122 email : diksains@unib.ac.id https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diksains
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 27759253     DOI : https://doi.org/10.33369/diksains
Core Subject : Science, Education,
Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching and learning science, physics education, physics, chemistry education, chemistry, biology education, biology, computer science, environment science, nutrition and health science.
Articles 34 Documents
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK (AC) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA Santi Sasmita; Rosane Medriati; Dedy Hamdani
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 2, No 1 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.535 KB) | DOI: 10.33369/diksains.2.1.1-14

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat validitase-modul berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi rangkaian arus bolak-balik (AC) dan (2) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap uji keterbacaan e-modul berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi rangkaian arusbolak-balik (AC) yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design,  dan development. Produk dibuat menggunakan software Flip PDF Professional. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Guru fisika dan 25 orang siswa kelas XII dari 3 sekolah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket kebutuhan siswa, angket kebutuhan guru,angket validasi tim ahli, dan angket persepsi siswa. Penilaian angket uji validasi dan persepsi siswa diinterpretasikan dengan Skala Likert. Validasi produk dilakukan oleh 3 validator ahli yang ditinjau dari 5 aspek yaitu isi, penyajian, bahasa, media, dan tahapan Process Oriented Guided Inquiry Learning. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase nilai rata-rata 88,53% dan persepsi siswa terhadap e-modul yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai rata-rata 88,46%. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, E-modul, Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Rangkaian Arus Bolak-balik (AC), Berfikir Kritis ABSTRACT This research was aime to (1) see the level off validity of e-module based Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) to train skills critical thinking of high school students on alternating current circuits (AC) and (2) describe students’ perceptions of the Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) on the material of alternating current circuits (AC) which has been developed. The method used in this research is a Research and Development (R&D) method with a development model 4D which becomes 3D is define, design, and development. Products are made using the software Flip PDF Professional. The sample data used in this study were physics teachers and 25 students 0f class XII from 3 school. Instruments used in this study are interviews, student needs questionaire sheets, the teacher’s need questionnaire sheet, the expert team validation and the student’s perceptions. The assesment of the validation test questionnaire and student’s perceptions were interpreted by scale Likert. Product validation was carried out by 3 expert validators in terms of 5 aspect namely the content, the presentation, the language, media, and sintacs Process Oriented Guided Inquiry Learning. The result obtained from this study shows taht the e-module being developed belongs to the very category valid with an average proportion of 88,53% and students’ perceptions of e-module developed are in the very good category with proportions the average value was 88,46%. Keywords: Development Research, E-Module, Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Alternating Current Circuit (AC), Critical Thinking
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FLUIDA STATIS DENGAN SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN KOTA BENGKULU Rensi Purnama Sari; Indra Sakti; Dedy Hamdani
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 1, No 1 (2020): DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.947 KB) | DOI: 10.33369/diksains.1.1.1-9

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fluida Statis dengan Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tipe rancangan level 1 yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah 2) studi literatur dan pengumpulan informasi 3) desain produk 4) validasi desain 5) desain teruji. Validasi desain dilakukan oleh 2 judgement ahli dan 2 praktisi untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek kelayakan isi, penggunaan bahasa, penyajian dan kegrafisan. Berdasarkan hasil uji validitas aspek kelayakan isi 87,5% dengan kategori sangat baik, aspek penggunaan bahasa didapatkan hasil persentase sebesar 83,4% dengan kategori sangat baik, aspek penyajian sebesar 89,1% dengan kategori sangat baik dan aspek kegrafisan sebesar 93,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD fluida statis dengan scientific approach untuk meningkatkan Keterampilan berpikir kritis siswa SMAN kota Bengkulu yang dikembangkan sudah valid dan merupakan desain teruji dengan persentase total uji validitas yaitu 88,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik.Kata Kunci: LKPD, scientific approach, keterampilan Berpikir Kritis.ABSTRACTThis research was aimed to made the static fluid of student worksheet with the scientific approach to increase the critical thinking skill of the public high school student in Bengkulu. The research type was the Research and Development type that was the designed type was level 1 divided into five steps that is 1) a potency and problem, 2) literature study and information collecting, 3) a product design, 4) a design validation, 5) a design proved. The design validation was conducted by two judgments and two practitioners to test a product that developed both content appropriateness, the use of language, presentation, and graphics. Based on the  result of the validation test, the content appropriateness aspect got 87,5% (very well), the presentation aspect got  89,1% (very well),  the graphic aspect got 93,8% (very well). Based on that result, it could be concluded that the static fluid of student worksheets with the scientific approach to increasing the critical thinking skill of the public high school student in Bengkulu that developed has valid and proved with the total percentage test got 88,5% (very well).Keyword: The static fluid of student worksheet, scientific approach, critical thinking skill.
PEMBELAJARAN APBRA BERORIENTASI INVITATION IN TO INQUIRY SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI PEMBELAJARAN SAINS BAGI SISWA TUNAGRAHITA Rendy Wikrama Wardana; Buyung Buyung
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 2, No 1 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.559 KB) | DOI: 10.33369/diksains.2.1.49-53

Abstract

ABSTRAK Terbatasnya penelitian yang mengkaji pembelajaran sains bagi siswa Tunagrahita pada konteks metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan alternatif metode pembelajaran sains bagi siswa tunagrahita. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi pustaka atau literature review. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian dan sintesis terhadap sumber-sumber referensi bacaan baik artikel jurnal, buku maupun referensi terkait Pembelajaran APBRA dan metode Invitation in to inquiry. Analisis data dilakukan dengan menganalisis dan sintesis jurnal yang kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa metode pembelajaran yang dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran sains bagi siswa Tunagrahita. Alternatif metode pembelajaran sains bagi siswa tunagrahita yakni APBRA dan invitation in to inquiry..Kata Kunci : Pembelajaran, APBRA, Invitation in to inquiry, Sains, Tunagrahita ABSTRACT The Limited research that examines science learning for mentally retarded students in the context of learning methods.This research aims to description of Alternative science learning methods for Tunagrahita students. This research was qualitative research with literature review design. Data collection was conducted by collecting some literatures either articles or books  related to APBRA and invitation in to inquiry method. Data analysis was done by conducting analysis and articles and books synthesis and then drew a conclusion. The research results show that some learning methods can be an alternative in science learning for Tunagrahuta students. Alternative science learning methods for Tunagrahita students are APBRA and invitation in to inquiry. Keywords— Learning, APBRA, Invitation in to inquiry, Sains, Tunagrahita
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MINDMAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS VIII SMPN 8 SUNGAI PENUH Ismi Adelia; Tiara Tiara; Husmarlina Husmarlina
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 1, No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.543 KB) | DOI: 10.33369/diksains.1.2.49-52

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Sungai Penuh yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak, yaitu siswa kelas VIII A yang terdiri atas 35 siswa. Data dianalisis dengan menggunaan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Mindmapping dengan taraf selisih rata-rata pretest dan posttest adalah 14,00. Berdasarkan Hasil uji wilcoxon diketahui bahwa nilai signifikasi 0,00 < 0,05 yang mengindikasikan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar ABSTRACT The study was conducted to determine the effect of the Mind Mapping learning model on the learning outcomes of eighth-grade students. This study was an experiment by Pre Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. The population was all grade eight students of SMPN 8 Sungai Penuh. The sample was determined using the randomized sample technique, which samples were class VIII-A. Data were analyzed using the Wilcoxon test. The results showed that there was a difference in the average student learning outcomes before and after using the mind mapping learning model with the average difference between pretest and posttest was 14.00. Based on the Wilcoxon test results, it is known that the significance value is 0.00 < 0.05, which indicates that the Mind Mapping learning model affects student learning outcomes. Keywords : Learning Model, Mind Mapping, Learning outcomes
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN PADA MATERI FLUIDA TERINTEGRASI MITIGASI BANJIR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA Rahma Dian Fitri; Henny Johan; Connie Connie; Rahmawati Rahmawati
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 2, No 1 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.783 KB) | DOI: 10.33369/diksains.2.1.15-22

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan paket pembelajaran pada materi fluida terintegrasi mitigasi banjir menggunakan model problem based learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan metode penelitian 3D (define, design, develop). Pada penelitian ini peneliti membatasi hanya sampai tahap define. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket analisis kebutuhan guru dan siswa kelas XI MIPA dan 6 orang guru fisika dari 3 SMA Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa peserta didik membutuhkan paket pembelajaran pada materi fluida terintegrasi mitigasi banjir menggunakan model problem based learning. Hal ini di dasarkan data yang diperoleh bahwa 93,7% peserta didik menjawab sangat setuju dan 100% guru menjawab sangat setuju diperlukannyapengembangan paket pembelajaran pada materi fluida terintegrasi mitigasi banjir menggunakan model problem based learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kata Kunci: Paket Pembelajaran, Mitigasi Bencana, Model Problem Based Learning (PBL), Penguasaan Konsep, Fluida. ABSTRACT The purpose of this study is to describe the analysis of the need for the development of learning packages on integrated fluid material for flood mitigation using a problem-based learning model to improve students' mastery of concepts. This type of research is a research and development (R&D) research using the 3D research method (define, design, develop). In this study, the researcher limits it only to the define stage. The instrument used in this study was a questionnaire to analyze the needs of teachers and students of class XI MIPA and 6 physics teachers from 3 SMA Bengkulu CIty. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that students need a learning package on integrated fluid material for flood mitigation using a problem-based learning model. This is based on the data obtained that 93.7% of students answered strongly agree and 100% of the teachers answered strongly agreed the need for developing learning packages on integrated fluid flood mitigation materials using a problem-based learning model to improve students' mastery of concepts. Keywords: Learning Packages, Disaster Mitigation, Problem Based Learning Model, Mastery Of Concepts, Fluid.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DEBAT AKTIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA KELAS XI SMA Okta Ariesan Deka; Nirwana Nirwana; Nyoman Rohadi
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 1, No 1 (2020): DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.404 KB) | DOI: 10.33369/diksains.1.1.10-17

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil obesrvasi yang dilakukan disekolah, perangkat pembelajaran yang digunakan guru belum tersusun dengan baik dan belum menggunakan instrumen penilaian yang sesuai dengan model pembelajran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model debat aktif pada materi pemanasan global untuk kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model  Sugiyono Level 1. Adapun tahapan-tahapan yaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain dan perbaikan desain. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli yang ditinjau dari 3 aspek yaitu  aspek penyajian, aspek isi  dan aspek kebahasaan. Berdasarkan hasil uji validasi aspek penyajian didapatkan persentase sebesar 75,5%  dengan kategori valid, aspek isi didapatkan persentase sebesar 81,6% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan didapatkan persentase sebesar 83,3% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model debat aktif pada materi pemanasan global untuk kelas XI SMA yang dihasilkan sudah valid/layak untuk diujicobakan dengan persentase rata-rata sebesar 80,13%.Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Debat Aktif, Berpikir Kritis, Berargumentasi ABSTRACT Based on the results of observation carried out in school, the learning tools used by teachers were not well structured and did not use assessment instruments that are in accordance with the learning model used. This study aimd to produced an active debate model of learning tools on the subject of global warming for high school class XI. This research used research and development method with Sugiyono Level 1 model. The stages were potential and problems, literature study and information gathering, product design, design validation and design improvement. Product validation was carried out by 3 experts reviewed from 3 aspects namely presentation, content and linguistic aspects. Based on the results of the validation test of the presentation aspect obtained a percentage of 75.5% with a valid category, the content aspect obtained a percentage of 81.6% with a very valid category, the linguistic aspect obtained a percentage of 83.3% with a very valid category. Based on these results, it can be concluded that the active debate model of learning tools on the matter of global warming for high school class XI produced is valid / feasible to be tested with an average percentage of 80.13%.Keywords : Learning Tools, Active Debate, Critical Thinking, Arguing
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK Islah Khalifah; Indra Sakti; Sutarno Sutarno
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 1, No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.469 KB) | DOI: 10.33369/diksains.1.2.69-80

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis Project Based Learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi induksi elektromagnetik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Pada tahap define dilakukan perancangan  instrumen untuk tahap define,  analisis  RPP dan analisis kebutuhan pengembangan. Tahap  design  terdiri  atas rancangan LKPD dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi LKPD. Tahap development terdiri atas pengembangan instrumen untuk mengevaluasi LKPD, validasi ahli serta revisi berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek kelayakan isi adalah 93% dengan kategori sangat layak, aspek penggunaan bahasa sebesar 92% kategori sangat layak, aspek penyajian sebesar 92% kategori sangat layak, aspek kegrafisan sebesar 88% kategori sangat layak, aspek model Project Based Learning sebesar 94% kategori sangat layak dan aspek keterampilan berpikir kritis sebesar 88% kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 91% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji keterbacaan produk, diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek isi adalah 86% kategori sangat layak, aspek kebahasaan 95% kategori sangat layak, aspek penyajian 90% kategori sangat layak dan aspek kegrafikan sebesar 77% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, LKPD, Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis. ABSTRACT This research and development which aimed to produce a product and determined the validity of LKPD based on Project Based Learning to facilitate critical thinking skills on topic electromagnetic induction. The development model used is a 4D development model that is modified into 3D, namely define, design, and development. The define stage consisted of designing an instrument for the define stage, RPP analysis, and needs assesment. The design stage consisted of the LKPD design and the design of the instrument evaluating the LKPD. The development stage consisted of developing instruments to evaluate LKPD, expert validation and revision based on validation and readability test results. Based on the validation results, obtained the avarege score percentage in the aspect of content validity is 93% very suitable category, aspect of linguistic is 92% very suitable category, aspect of presentation is 92% very suitable category, aspect of graphic is 88% very suitable category, aspect of the Project Based Learning model is 94% very suitable category and aspect of the critical thinking skills is 88% very suitable category, overall average value of 91% very suitable category. Based on the result of product readability test, obtained the avarege score percentage in the aspect of content validity is 86% very suitable category, aspect of linguistic is 95% very suitable category, aspect of presentation is 90% very suitable category and aspect of graphic is 77% suitable category. Based on the results, the develop LKPD is very suitable to be tested. Keywords: Reseach and Development, LKPD, Project Based Learning, Critical Thinking skills.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GLASSER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA Masrifah Masrifah
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 1, No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.733 KB) | DOI: 10.33369/diksains.1.2.43-48

Abstract

ABSTRAK Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Glasser terhadap  pemahaman konsep  fisika siswa. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII SMP Islam 1 Kota Ternate yang berjumlah 53 orang siswa yang tersebar dalam 2 kelas, dan diambil dengan teknik cluster sampling. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design, dimana terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Data pemahaman konsep fisika siswa dianalisis menggunakan uji normalisasi gain, uji-t dan uji ukuran dampak dengan bantuan software SPSS.20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep Fisika siswa kelas VII SMP Islam Kota Ternate pada konsep zat dan wujudnya setelah diterapkannya model pembelajaran Glasser sebesar 27%. Sementara besar perbedaan signikansi peningkatan pemahaman konsep fisika siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Glasser dan model pembelajaran langsung, yakni 46,85%. Berdasarkan hasil uji ukuran dampak dapat disimpulkan bahwa penerapana model pembelajaran Glasser berpengaruh terhadap  pemahaman konsep  fisika siswa. Kata Kunci: Model glasser, pemahaman konsep fisika ABSTRACT The selection of  the right learning model greatly determines the quality of teaching in the teaching and learning process. This study aims to determine the effect of the application of the Glasser learning model on students' understanding of physics concepts. The subjects involved in this study were some of the seventh grade students of SMP Islam 1 Ternate City, amounting to 53 students spread over 2 classes, and were taken by using cluster sampling technique. This study is a true experimental research with a pretest-posttest control group design, where there are experimental and control classes. Students' understanding of physics concepts data were analyzed using the gain normalization test, t-test and effect size test with the help of SPSS.20 software. The results showed that there was an increase in students' understanding of physics concepts in grade VII Islamic Junior High School in Ternate City on the concept of substances and their forms after the application of the Glasser learning model are 27%. Meanwhile, there was a significant difference in the increase in students' understanding of physics concepts between classes using the Glasser learning model and the direct learning model, namely 46.85%. Based on the results of the effect size test, it can be concluded that the application of the Glasser learning model has an effect on students' understanding of physics concepts. Key Word: Glasser’s model, understanding physics concepts
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMAN 7 KOTA BENGKULU PADA MATERI GELOMBANG BUNYI Yohana Fransiska Natalia Malau; Sutarno Sutarno; Rosane Medriati
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 2, No 1 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.201 KB) | DOI: 10.33369/diksains.2.1.23-30

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakanperangkat pembelajaran berbasis problem solving untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMAN 7 kota Bengkulu pada materi gelombang bunyi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis perangkat pembelajaran. Tahap design terdiri dari validasi dan revisi desain perangkat pembelajaran. Tahap develop terdiri dari validasi dan revisi produk perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Kelayakan perangkat pembelajaranmenurut nilai rata-rata hasil uji validasi ahli yaitu kelayakan RPP adalah 84% dalam kategori sangat baik, kelayakan Materi ajar 87% dalam kategori sangat baik, kelayakan LKPD 83% dalam kategori sangat baik dan kelayakan instrumen tes 95% dalam kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata keseluruhan 87% dalam kategori sangat baik sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah layak, dengan karakteristik perangkat pembelajaran antara lain: RPP menggunakan langkah-langkah kegiatan pembelajaranmodelproblem solving, Materi ajar yang berisi ringkasan materi gelombang bunyi, LKPD berisi kegiatan praktikum dengan langkah-langkah penyelesaian masalah yang bertujuan melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa daninstrumen tes beserta jawaban atau penyelesaian soal melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Kata  kunci:  Penelitian dan Pengembangan, perangkat pembelajaran, problem solving, Keterampilan pemecahan masalahABSTRACT This research is a research and development (R&D) which aims to describe the feasibility andof a problem solving learning model to train  problem solving skills of SMAN 7 Bengkulu City students on sound wave material. The development model used in this research is the 4D development model, namely define, design, develop and disseminate but only done until the develop stage. The define stage consists of needs analysis and learning device analysis. The design stage consists of validation and design revision. The develop stage consists of validating and revising the resulting learning device products.The feasibility of this learning device according to the average value of expert validation test results, namely the feasibility of the lesson plan is 84%, the feasibility of teaching mateials is 87%, feasibility of the worksheets is 83%  and the feasibility of the instrument test is 95% with an overall average score of 87% in the very good category so it can be concluded that the learning tools developed it is feasible, with the characteristics of the learning tools, among others: RPP uses the steps of a problem solving model of learning activities, teaching material that contains a summary of sound wave material, worksheets containing practicum activities with problem solving steps that aim to train students' problem solving skills and test questions along with answers or solving questions that train student problem solving skills. Keywords: Research and Development, learning tools, problem solving, problem solving skills
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA Irma Permata Sari; Sutarno Sutarno; Eko Swistoro
DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Vol 1, No 1 (2020): DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.027 KB) | DOI: 10.33369/diksains.1.1.18-25

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan karakteristik perangkat pembelajaran model cooperative problem solving untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate namun hanya dilakukan sampai tahap develop. Validasi dilakukan oleh 3 judgement ahli untuk menilai produk yang dikembangkan. Kelayakan perangkat pembelajaran ini menurut nilai rata-rata hasil uji validasi ahli yaitu kelayakan RPP adalah 89% dalam kategori sangat layak, kelayakan LKS 91% dalam kategori sangat layak dan kelayakan soal tes 89% dalam kategori sangat layak dengan nilai rata-rata keseluruhan 90% dalam kategori sangat layak sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah layak, dengan karakteristik perangkat pembelajaran antara lain: RPP menggunakan langkah-langkah kegiatan pembelajaran model cooperative problem solving, LKS yang berisi kegiatan praktikum dengan langkah-langkah penyelesaian masalah yang bertujuan melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa dan soal tes beserta jawaban atau penyelesaian soal yang melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa.Kata kunci: penelitian dan pengembangan, perangkat pembelajaran, cooperative problem solving, keterampilan pemecahan masalahABSTRACTThe research aimed to describe the feasibility and characteristics of a cooperative problem solving model of learning tools to train students' problem solving skills in momentum and impulse material. The development model used in this research is the 4D development model, namely define, design, develop and disseminate but only done until the develop stage. Validation is carried out by 3 expert judgments to assess the product being developed. The feasibility of this learning device according to the average value of the expert validation test results, namely the feasibility of the RPP is 89% in the very feasible category, the feasibility of the LKS 91% in the very feasible category and the feasibility of the test questions 89% in the very feasible category with an overall average score of 90% in the very feasible category so it can be concluded that the learning tools developed are feasible, with the characteristics of the learning tools, among others: RPP uses the steps of learning activities in the cooperative problem solving model, worksheets containing practicum activities with problem solving steps aimed at practicing solving skills student problems and test questions along with answers or problem solving that practice student problem solving skills.Keywords: Research and development, learning tools, cooperative problem solving, problem solving skills

Page 1 of 4 | Total Record : 34