cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI" : 7 Documents clear
PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FABEL MELALUI PEMBELAJARAN TUNTASSISWA KELAS VII SMP NEGERI I TONDANO Nirmayanti Palimbong
KOMPETENSI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i06.4584

Abstract

Penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano dalam menuliskan kembali cerita fabel dengan menggunakan model pembelajaran tuntas dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tuntas dalam pembelajaran menuliskan kembali cerita fabel pada siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dan kuantitatif. Sumber daya penelitian ialah Siswa Kelas VII A SMP Negeri I Tondano yang berjumlah 15 siswa. Untuk mengumpulkan data teknik yang digunakan adalah : observasi dan tes. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan ialah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa kelas VII A SMP Negeri I Tondano tergolong ‘cukup mampu’ dalam menceritakan kembali isi teks fabel yang berjudul “sesama saudara harus berbagi’ karena nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 77,06 %. 2) Dari dua aspek yang dinilai yaitu aspek struktur teks dan aspek kebahasaan; nilai rata kelas yang diperoleh adalah 80,99% untuk struktur teks dan 73,66 % untuk aspek kebahasaan. 3) Model pembelajaran tuntas hanya dapat memaksimalkan aspek pemahaman siswa terhadap struktur teks fabel lebih khusus lagi aspek resolusi dan koda.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “RANTAU 1 MUARA” KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA Veri Ariadi
KOMPETENSI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i06.4586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel “Rantau 1Muara”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik kajian isi teks atau teknik analisis kontent. Novel Rantau 1 Muara bercerita tentang tokoh utamanya bernama Alif yang awalnya mencari kerja setelah lulus kuliah karena harus menafkahi Amak dan adik-adiknya pun mendapat pekerjaan di Jakarta, disana ia bertemu dengan pujaan hatinya yang bernama Dinara. Disatu sisi Alif ingin mengejar impiannya dengan melanjutkan pendidikan S-2 nya ke Amerika. Sampai suatu hari ia mengalami kejadian yang tak akan pernah dilupakan pada saat tanggal 11 September di New York saat terjadi kecelakaan pesawat dan menyebabkan banyaknya korban jiwa dan Mas Garuda yang tak dapat ditemukan. Dari hasil analisis data, dalam novel ini Ahmad Fuadi menyajikan beberapa nilai-nilai pendidikan diantaranya yaitu: nilai religius, nilai moral, nilai sosial dan nilai budaya.
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IX SMP Jesi Mongguwi
KOMPETENSI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i06.4695

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif think pair sharedalam menulis teks narasisiswa kelas IX E SMP Negeri 4 Tondano; (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan model kooperatif think pair share pada siswa kelas IX E SMP Negeri 4 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada kondisi yang alamiah dengan menggunakan persentase. Data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan hasil kegiatan praktik dengan menggunakan model kooperatif think pair shareyang mencakup unsur-unsur teks narasi yaitu tema, latar, penokohan dan alur dikategorikan mampu dalam pembelajaran menulis teks narasi dengan rincian nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 81
MUSIK PENGIRING KESENIAN TOGAL DI KELURAHAN TAFAGA KECAMATAN MOTI KOTA TERNATE MALUKU UTARA Risal Nur
KOMPETENSI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada keberadaan kesenian Togal terutama Musik dan tariannya lebih khusus pada masyarakat Moti, yang didalamnya mencakup perubahan, baik fungsinya dalam masyarakat maupun faktor-faktor yang menyebabkan perubahan. Penelitian dilakukan sejak tahun 2021 Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dimana penelitian yang dilakukan lebih menekankan pada pengamatan, identifikasi data, dan eksplanasi data. Terkait dengan pengumpulan data yang dilakukan, berbagai data yang relevan dapa dipergunakan dalam menunjang keberlangsungan penelitian ini. Pengumpulan data yang kemudian dianalisis dan diekplanasi, didapat dari hasil studi pustaka, observasi, wawancara, serta telah dari hasil rekaman audio-visual terkait dengan subjek penelitian. Teori yang digunakan adalah teori perubahan sosial budaya yang dikemukakan oleh Alvin Boskoff. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pemerintah Kecamatan Moti, selaku pihak yang berkompoten terhadap pelestarian dan pengembangan kesenian daerah terutama kesenian Togal .
MAKNA TUTURAN TRADSI MANE’E ANALISIS KEARIFAN LOKAL BAGI MASYARAKAT KEPULAUAN TALAUD Olivia Sasioba
KOMPETENSI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i06.4760

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang adanya norma yang disebabkan oleh adanya teknologi yang melahirkan cara berfikir kalkulatif dan kausatif. Masyarakat telah banyak meninggalkan cara berpikir tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari dan menemukan makna tuturan dalam upacara tradisi mane’e dengan Mendeskripsikan makna tuturan denotatif dan konotatif dalam upacara tradisi mane’e pada masyarakat Pulau Kakorotan Kabupaten Kepulauan Talaud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data cakap, simak, dan teknik catat. Sedangkan teknik analisisnya ialah teknik analisis distribusional. Teknik analisis distribusional ialah analisis data yang menggunakan alat penentu bahasa yang bersangkutan. Sumber data penelitian ini berasal dari penutur asli bahasa Talaud sebanyak 1 (Satu) orang, dan dari beberapa pustaka bahasa Talaud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna tuturan Tradisi mane’e memiliki 3 tuturan bahasa talaud sasahara dalam upacra tradisi mane’e (1) Mangoron Para (Permohonan Kepada Tuhan) (2) Mamotto,U Sam,Mi (Menebarkan Alat Sami) (3) Manarima Alama ( Mengucap Syukur). Serta memiliki makna yang dalam baik makna secara denotatif maupun makna konottif. Tuturan yang dituturkan oleh orang yang melakukan upacara tradisi mane’e.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUSIK DI MANADO INDEPENDENT SCHOOL Preasly Mandagi
KOMPETENSI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i06.4782

Abstract

Tujuan penelitian untuk memberikan penjelasan mengenai manajemen pembelajaran musik di Manado Independent School yang beralamat di Jl. Walanda Maramis, Kelurahan Kolongan Tetempangan, Kecamatan Kalawat Minahasa Utara. Penelitian ini mengacu pada bentuk penelitian analitis deskriptif mengenai manajemen pembelajaran musik. Penelitian ini bermaksud mengkaji mengenai Manajemen Pembelajaran Musik di Manado Independent School dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengunaan pendekatan kualitatif ini dengan tujuan menguraikan fenomena yang diamati serta konteks makna yang melingkupi suatu realita. Dalam penelitian ini terdapat tiga tahap penelitian yang akan ditempuh penulis yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap pasca lapangan. Obyek dalam penelitian ini adalah manajemen pembelajaran music di Manado Independent School, sedangkan narasumber, yaitu seluruh guru-guru music di Music and Arts Department di Manado Independent School, serta siswa yang dalam hal ini berperan sebagai informan utama, adalah sebagai subyek penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara dan studi dokumenter (Documentary Study). Analisis data yang dilakukan dimulai dari menelaah berbagai sumber data mulai dari data primer dan sekunder yang bersumber dari wawancara, observasi yang ditulis dalam catatan lapangan, foto, diskografi audio-video, dan catatan atau literatur lainnya yang berhubungan dengan topik penelitian, kemudian dibaca, dipelajari, dibandingkan dan disesuaikan dengan pandangan – pandangan umum serta pendapat narasumber, kemudian mengadakan penyalinan, pemilihan dan reduksi data dengan jalan membuat abstraksi. Selanjutnya, data disusun dalam satuan – satuan, di adakan pemeriksaan keabsahan data dan membuat interpretasi data. Selanjutnya dibuat kesimpulan dan dipaparkan kembali dalam uraian yang lebih detail.
KAJIAN SEMIOTIK ORNAMEN-ORNAMEN PADA WARUGA-WARUGA DI KAKASKASEN KOTA TOMOHON Arie Tulus
KOMPETENSI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36582/kompetensi.v2i06.5388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran deskriptif tentang arti dan makna yang terkandung dalam tanda-tanda, simbol atau lambang yang diwujudkan kedalam ornamen-ornamen yang ada pada Waruga-Waruga di Kakaskasen Kota Tomohon. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data penelitian berupa ornament-ornamen digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan, dikelompokkan, dan analisis tidak dalam bentuk angka tapi penyajiannya dengan menggambarkan dalam bentuk kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adanya tanda, simbol, atau lambang yang diwujudkan melalui ornamen-ornamen pada waruga-waruga di Kakaskasen Kota Tomohon ini, ternyata sarat arti dan makna. Dapat memberikan berbagai informasi penting tentang nilai-nilai filosofis yang tinggi sebagai wajah berbudaya bagi orang Toumbulu Kakaskasen tempo dulu. Simbol-simbol Karema, Lumimuut dan Toar , sebagai tiga sosok utama yang dipercaya sangat berpengaruh terhadap sejarah peradaban Tou Minahasa Umumnya, ikut pula di abadikan oleh tokoh-tokoh penting sub etnis Toumbulu, lebih khususnya di Wilayah Kakaskasen seperti yang dilakukan oleh: Opo’ Worang, Lasut, Kalalo, Mandagi, Rumondor, dll., dimana masing-masing mereka memiliki keahliaan luar biasa, taat, pantang menyerah, bijaksana dan disegani

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue