cover
Contact Name
Agus Darmawan
Contact Email
agusdkv@nusaputra.ac.id
Phone
+62266-210594
Journal Mail Official
dasarupa@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Gedung B lantai 4 jln raya Cibatu Cisaat No 21, Kec Cisaat, Sukabumi Jawa Barat 43155
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Dasarrupa : Desain dan Seni Rupa
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 27148718     EISSN : 27146618     DOI : -
This Journal of Visual Communication Design and Fine Arts is published by the Visual Communication Design Study Program, University of Nusa Putra, as a journal published every four months that focuses on presenting writings on Design and Fine Arts. This journal contains research articles or concept development related to the field of Design and Fine Arts, such as: publishing original papers, review papers, conceptual frameworks, analytical and simulation models, case studies, and empirical research. DASARUPA journal aims to develop and communicate widely the development of visual and multimedia communication design both theoretically and empirically. DASARUPA seeks to represent and play an active role in the development of scientific,interdisciplinary discourse, research, and scientific publications of Visual Communication Design, Product Design and Visual Arts in general, both in academic and practical circles. Visual Photography, Videography (Film and Television), Animation, Motion Graphic, Creative Media, Advertising
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2019): Jurnal DasaRupa Vol 1 No 3 Desember 2019" : 5 Documents clear
ANALISIS DESAIN KEMASAN PRODUK KOLABORASI KOSMETIK “ETUDE HOUSE” DENGAN COKLAT “HERSHEY’S”Analysis of “ETUDE HOUSE” X ”HERSHEY’S” product packaging Agus Darmawan
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 1 No 3 (2019): Jurnal DasaRupa Vol 1 No 3 Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v1i3.113

Abstract

Persaingan produk tak lagi dari segi kualitas produk tetapi juga kualitas kemasan, membuat berbagai produsen berkreasi dengan desain kemasan produk mereka. Kemasan saat ini dinilai sebagai elemen penting dari positioning produk di pasaran bahkan menjadi bakal penentu bagi calon konsumen untuk memutuskan untuk membeli produk. Salah satunya adalah persaingan ketat di industri kosmetik, produk yang memiliki identitas kuat pada produknya akan mudah meraih posisi di kalangan konsumen. Dan kesempatan ini dimanfaatkan oleh Etude House selaku salah satu brand kosmetik asal Korea Selatan. Dikenal melalui produk yang berkualitas dan terjangkau serta desain kemasan yang disuguhkan secara menarik, membuat Etude House kali ini menggaet brand produk coklat kenamaan yaitu Hershey’s untuk berkolaborasi dalam produknya. Dengan menggabungkan keahlian Etude dengan desain kemasan yang inovatif dan produk Hershey’s yang ikonik, membuat kemasan produk yang dihasilkan menjadi unik dan menarik. Melalui pembahasan mengenai daya tarik visual pada elemen estetis kemasan dan daya tarik praktis pada elemen fungsional kemasan, dapat menunjukan daya saing yang dimiliki oleh kemasan produk ini cukup kuat. Kata kunci : kemasan, desain, daya tarik, kosmetik
MEDIA KAMPANYE MENJAGA LINGKUNGAN MELALUI MEDIA VISUAL INFOGRAFIS STATIS (STUDI KASUS DESA KARANG TENGAH) fitri fitri
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 1 No 3 (2019): Jurnal DasaRupa Vol 1 No 3 Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v1i3.115

Abstract

Berangkat dari munculnya kasus-kasus lingkungan yang terjadi di berbagai daerah, tidak dapat dilepaskan dari sikap dan perilaku manusia yang tidak lain merupakan implikasi dari masih kuatnya pandangan antroposentrisme, di mana selalu menempatkan manusia dan kepentingannya sebagai pusat dari segalanya. Infografis merupakan visualisasi data, gagasan, informasi atau pengetahuan melalui bagan, grafis, jadwal dan lainnya agar dapat disajikan lebih dari sekedar teks dan memiliki dampak visual yang cukup kuat dan lebih menarik. Dalam perancangan ini, penulis merumuskannya dalam serangkaian pernyataan berupa 1) konsep perancangan media kampanye tentang menjaga lingkungan, 2) proses perancangan media kampanye tentang menjaga lingkungan, serta 3) analisis visual media kampanye tentang menjaga lingkungan yang akan dijabarkan langsung dalam pembahasan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu metode penciptaan dimulai dari perencanaan, penulisan konsep, proses pembuatan hingga finishing. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya penulis melakukannya melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Merujuk pada permasalahan tersebut, penulis membuat media informasi berupa Infografis Statis mengenai informasi cara menjaga lingkungan yang dapat dijadikan sebagai alat peraga dalam penyampaian informasi untuk menarik minat khalayak dalam membaca. Media visual dapat digunakan untuk memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Dengan penggunaan media grafis yang dicetak dapat memudahkan dalam penyampaian informasi bagi semua lapisan masyarakat.
PERANCANGAN VISUAL BRANDING IDENTITY CLOTHING VISIBLE SUPPLY Aldi Aldi
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 1 No 3 (2019): Jurnal DasaRupa Vol 1 No 3 Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v1i3.116

Abstract

Clothing Visible Suplly adalah brand pakaian yang dirintis oleh seorang mahasiswa sejak pertengahan tahun 2015 dan telah berkembang sampai sekarang seiring kebutuhan dan minat masyarakat yang tinggi terhadap salah satu produk brand surfing dan skateboarding. Namun, Clothing Visible Supply belum memiliki visual branding identity yang tetap sebagai citra identitas dan pembeda dari kompetitor lain. Tujuan perancangan visual branding identity ini untuk membentuk brand awareness dan segmen pasar di masyarakat dari keunikan dan keunggulan yang dimiliki melalui proses visual branding identity. Metode analisis yang digunkan dalam perancangan visual branding identity Clothing Visible Supply menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena perancang ingin menggambarkan atau melukiskan fakta-fakta keadaan atau pun gejala yang tampak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variable dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Orientasi pengembangan ide perancangan visual branding identity ini meliputi media utama berupa logo dan media pendukung berupa kaos dan stiker. Diharapkan dengan adanya perancangan visual branding identity ini dapat memberi kontribusi yang berarti melalui positioning, disamping memperkuat daya saing bagi kompetitor brand lain yang telah berkembang pada saat ini.
DESKRIPSI IKLAN RAMAYANA VERSI KEREN LAHIR BATIN MENYAMBUT LEBARAN 2018 Ahmad Ahmad
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 1 No 3 (2019): Jurnal DasaRupa Vol 1 No 3 Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v1i3.117

Abstract

Televisi sebagai salah satu media penyampaian informasi menjadi salah satu media yang paling diminati banyak orang, banyak perusahaan ataupun instansi menayangkan iklan agar mudah ditonton oleh calon konsumen. Iklan televisi merupakan karya audio visual yang tidak hanya sebagai media promosi tapi memiliki latar belakang cerita dengan kandungan makna di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan pendekatan semiotika roland barthes. Objek penelitian ini adalah Iklan Ramayana versi keren lahir batin menyambut lebaran 2018, penelitian ini membahasa makna visual, denotasi dan konotasi yang pada iklan tersebut, sehingga akan diperoleh makna yang ada pada iklan tersebut. Dari analisis tersebut didapatkan sesimpulan bahwa iklan ramayana ini syarat akan nilai budaya dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Iklan yang baik tidak hanya cukup dengan menarik perhatian saja namun harus memiliki nilai-nilai edukasi.
PERANCANGAN BUKU KATALOG PRODUK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUSEN MEBEL YASMIENITURE Ilham Ilham
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 1 No 3 (2019): Jurnal DasaRupa Vol 1 No 3 Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v1i3.119

Abstract

YasmieniTure adalah salah satu produsen furniture yang saat ini mengalami penurunan penjualan di tengah – tengah berkembangnya industri furniture di Indonesia sehingga harus memberhentikan kegiatan produksi dan memberhentikan sebagian karyawannya. Hal ini disebabkan karena YasmieniTure hanya mengandalkan promosi mulut ke mulut (word of mouth) dan saat ini ditambah dengan adanya pandemik Covid-19 yang dimana interaksi sosial dibatasi. Oleh karena itu dibutuhkanlah sebuah strategi promosi dengan melakukan obeservasi, wawancara, dan angket serta melakukan proses kreatif dengan mind mapping maka, dapat disimpulkan dengan membuat buku katalog produk fisik dan digital yang mengusung konsep simpel dan modern. Dalam buku katalog produk ini terdapat foto – foto produk dan beberapa informasi mengenai produk, serta layout dalam buku katalog produk ini menggunakan Jumble layout dan menggunakan font sans serif (rubik). Penulis juga merancang media pendukung berupa wearpack safety, x- banner, kartu nama, topi, dan kaos guna mempromosikan YasmieniTure.

Page 1 of 1 | Total Record : 5