cover
Contact Name
Agus Darmawan
Contact Email
agusdkv@nusaputra.ac.id
Phone
+62266-210594
Journal Mail Official
dasarupa@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Gedung B lantai 4 jln raya Cibatu Cisaat No 21, Kec Cisaat, Sukabumi Jawa Barat 43155
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Dasarrupa : Desain dan Seni Rupa
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 27148718     EISSN : 27146618     DOI : -
This Journal of Visual Communication Design and Fine Arts is published by the Visual Communication Design Study Program, University of Nusa Putra, as a journal published every four months that focuses on presenting writings on Design and Fine Arts. This journal contains research articles or concept development related to the field of Design and Fine Arts, such as: publishing original papers, review papers, conceptual frameworks, analytical and simulation models, case studies, and empirical research. DASARUPA journal aims to develop and communicate widely the development of visual and multimedia communication design both theoretically and empirically. DASARUPA seeks to represent and play an active role in the development of scientific,interdisciplinary discourse, research, and scientific publications of Visual Communication Design, Product Design and Visual Arts in general, both in academic and practical circles. Visual Photography, Videography (Film and Television), Animation, Motion Graphic, Creative Media, Advertising
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Jurnal DasaRupa Vol 2 No 1 April 2020" : 5 Documents clear
KONSTRUKSI ANJING DALAM SISTEM PENANDAAN JUDITH WILLIAMSON DI IKLAN KOMERSIAL KITC nur aulia muhibar akbar
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 2 No 1 (2020): Jurnal DasaRupa Vol 2 No 1 April 2020
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v2i1.108

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini mencoba menjelaskan konstruksi Anjing pada sistem penandaan semiotika iklan Judith Williamson di iklan komersil KITC. Perspektif analisis semiotika iklan Judith Williamson (1978) pada beberapa konsep teoretisnya seperti product as signified, product as signifier, product as generator, dan product as currency membantu untuk menjelaskan bahwa anjing menjadi commodity sign dari produsen untuk menawarkan perbedaan-perbedaan dari produk sejenis lainnya di pasaran dalam bentuk Shiba Inu atau anjing shiba dari Jepang. Memanfaatkan kepopuleran anjing shiba dan nilai yang disebatkan membuat barang-barang yang secara nilai fungsi dapat didapatkan dengan harga yang lebih murah, kini harus dibayar lebih mahal karena mendapatkan commodity sign yang mengajak orang percaya bahwa mereka butuh hal itu dalam wujud status “keaslian”. Target audiens mengkonsumsi tanda melalui perantara commodity sign pada anjing shiba, berlomba menjadi yang unik dan special melalui produk yang mereka konsumsi, Katakunci: Semiotika; Judith Williamson; Iklan; Anjing; KITC;
ANALISIS PENGARUH LOGO BOYBAND DAN GIRLBAND KOREA TERHADAP FANATISME PENGGEMAR khoirunisa khoirunisa
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 2 No 1 (2020): Jurnal DasaRupa Vol 2 No 1 April 2020
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v2i1.109

Abstract

Objek penelitian ini adalah pengaruh logo boyband dan girlband korea terhadap fanatisme penggemar k-pop di Indonesia (Sukabumi). Data diperoleh dengan metode penyebaran angket. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah logo berpengaruh terhadap fanatisme penggemar K-Pop di Indonesia Khususnya Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logo tidak berpengaruh terhadap fanatisme penggemar K-Pop di Indonesia khususnya di Sukabumi. Istilah K-Pop secara luas digunakan untuk mendeskripsikan berbagai jenis aliran musik yaitu antara lain, pop, rock, R&B, hiphop atau gabungan dari genre-genre musik yang ada. K-Pop sendiri lebih identik dengan boyband atau girlband, yang terdiri dari sekelompok perempuan atau laki-laki yang berada di bawah naungan suatu manajemen. Contohnya Blackpink, EXO, dan BTS. Katakunci: Logo; Boyband; Girlband; Fanatisme;
MAKNA UNSUR VISUAL LAMBANG DAERAH KOTA DAN KABUPATEN SUKABUMI arief johari arief
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 2 No 1 (2020): Jurnal DasaRupa Vol 2 No 1 April 2020
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v2i1.110

Abstract

Lambang adalah perwujudan sebuah ideologi dimana didalamnya terdapat sebuah unsur-unsur yang yang dapat membangkitkan ingatan akan pengalaman masa lalu dan untuk mengungkapkan antisipasi masa depan yang diharapkan. Adapun pelaku terkuat dari simbol itu sendiri adalah manusia. Namun, ada ketidakpastian yang besar tentang bagaimana lambang/simbol-simbol berpengaruh, dan bagaimana simbol-simbol kerap kali memudar artinya. Di Sukabumi, terdapat dua wilayah yaitu Kota dan Kabupaten Sukabumi. Lambang diantara keduanya berbeda dikarenakan unsur visual yang ada pada lambang-pun berbeda. Hal ini menimbulkan sebuah persolan bagaimana jika sebuah lambang tidak difahami oleh pelaku terkuat lambang itu sendiri. Tulisan ini mengupas bagaimana sebuah visual dan makna lambang Kota dan Kabupaten Sukabumi melalui metode penelitian kualitatif dan pendekatan secara etnografis dan kebudayaan. Dalam mengupas unsur visual pada lambang, interpretasi yang digunakan adalah tritangtu (filsafat sunda) dan semiotik Roland Barthes.Dari penelitian terungkap bahwa unsur visual yang ada pada lambang mengandung muatan nilai dan makna dalam bagi kehidupan masyarakat. Ikon pada lambang yang didasari pada unsur visual lambang dapat menjadi sebuah landasan dalam hidup dan bermasyarakat sehingga menciptakan lingkungan yang aman, tentram, sejahtera dan makmur. Katakunci: Lambang Daerah; Unsur Visual Lambang; Interpretasi;
ANALISIS MAKNA SIMBOL MOTIF BATIK PANCASONA DI PONDOK BATIK SUKABUMI elca elca
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 2 No 1 (2020): Jurnal DasaRupa Vol 2 No 1 April 2020
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v2i1.112

Abstract

Objek penelitian ini adalah motif batik Pancasona Sukabumi, sedangkan fokus penelitian pada makna simbol. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan pendekatan budaya Sunda khususnya Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna simbolis motif batik Pancasona di Pondok Batik Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan batik Pancasona merupakan jenis batik Cap. Motif batik Pancasona terinspirasi dari Lima pesona alam yang ada di Kabupaten Sukabumi yaitu (Gunung, Rimba, Laut, Pantai dan Sungai). Warna yang digunakan dalam motif batik Pancasona perpaduan antara warna hijau, oranye dan putih sebagai outline. Pancasona Sukabumi secara keseluruhan memiliki makna dan nilai yang luhur, Batik Pancasona merupakan simbol pandangan hidup masyarakat Sukabumi. Dimana didalamnya terkandung nilai moral, sosial, dan agama. Pesan yang disampaikan dari motif Batik Pancasona sendiri yaitu supaya masyarakat Sukabumi memiliki cita-cita yang luhur, tidak putus asa, selalu rendah hati, memegang teguh nilai-nilai agama, memilki rasa bangga dengan memelihara alam dan lingkungan sekitar. Katakunci: Motif Batik; Makna; Simbol; Pancasona; Sukabumi;
KAJIAN VISUAL IKLAN SHOPEE VERSI BLACKPINK (2018) MELALUI PENDEKATAN SEMIOTIKA arief johari
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 2 No 1 (2020): Jurnal DasaRupa Vol 2 No 1 April 2020
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v2i1.121

Abstract

Televisi merupakan salah satu media masa yang sangat efektif untuk menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat karena media televisi tersebut banyak diminati oleh masyarakat, dengan menayangkan sebuah iklan pada televisi sendiri dapat menarik perhatian banyak orang karena televisi bisa menampilkan sebuah gambar beserta dengan audio visualnya sehingga masyarakat yang melihatnhya dapat dengan mudah memahami isi dari iklan tersebut. Dari hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Sander Peirce. Objek dari sebuah penelitian ini adalah iklan komersil Shopee versi Blackpink 2018, penelitian ini membahas tentang sebuah tanda, objek, interpretan dan teknik pengambilan gambara, sudut pengambilan gambar sampai pergerakan kamera yang terkandung dalam iklan tersebut. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan Shopee tersebut memberikan kesan yang sangat baik kepada penonton terutama di kalangan remaja khususnya perempuan yang tertarik dengan kecantikan yang harus dimilikinya. Katakunci: iklan; televisi; semiotika kecantikan;

Page 1 of 1 | Total Record : 5