cover
Contact Name
Miftakhul Faizin
Contact Email
miftakhulfaizin69@gmail.com
Phone
+6289527336603
Journal Mail Official
jasna@unisnu.ac.id
Editorial Address
Jl. Taman Siswa Pekeng Tahunan, Jepara, Jawa Tengah., Kab. Jepara, Provinsi Jawa Tengah, 59427
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
JASNA : Journal For Aswaja Studies
ISSN : 27744051     EISSN : 27749282     DOI : 10.34001/jasna
Core Subject : Religion,
JASNA Journal For Aswaja Studies adalah jurnal kajian Islam yang diterbitkan oleh Pusat Studi Aswaja, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Jurnal ini berfokus pada topik topik keIslaman inter, multi, dan transdisipliner. Ruang lingkup artikel meliputi, Ahlu As sunnah wa al jamaah, Filsafat Islam, Pemikiran dan Sastra Islam, Islam dan Perdamaian, Ilmu Pengetahuan dan Peradaban dalam Islam, Islam di Daerah, Komunitas Muslim, Pendidikan Islam, Hukum Islam, Ekonomi Islam dan Studi Bisnis, Al-Quran dan Hadits.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022)" : 7 Documents clear
Ekonomi Islam untuk Keberlanjutan Umat Beragama (Studi Faktor yang Mempengaruhi Minat Anggota Non Muslim dalam Menyimpan di BMT Artha Sejahtera Bantul) Sartika Sari; Mohamad Faozy
JASNA : Journal For Aswaja Studies Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.222 KB) | DOI: 10.34001/jasna.v2i1.2296

Abstract

AbtractThis  research  comprehensively  examines  how  the  Islamic  economy  is  able  to  move  the  progress  of religious communities, which in this case will be studied related to the factors that influence the interest of  non-Muslim members  in  saving  at  KSPPS  BMT  Artha  Sejahtera  Srandakan Bantul  Yogyakarta.  The research  method  is  field  research  with  data  collection  through  three  stages,  namely  observation, interviews,  and  documentation.  The  data  analysis  uses  the  analysis  from  Miles  and  Huberman  model, namely  data  presentation,  data  reduction,  and  drawing  conclusions.  The  research  results  reveal  that KSPPS BMT Artha Sejahtera Srandakan Bantul Yogyakarta is a non-governmental organization that was originally  initiated  by  several  groups  of  people  who  care  about  the fate of  small  and  medium  business actors. The factors that influence the interest of non-Muslim members in saving at BMT Artha Sejahtera Srandakan  Bantul  Yogyakarta  from  some  respondents'  perceptions  consist  of:  location,  service,  profit sharing,  company  reputation,  promotion,  curiosity  about  the  institution's  sharia,  close  friends,  and  no administrative deductions. From the perception of the community, it is more dominant towards large profit sharing from the company. Therefore, the existence of BMT Artha Sejahterais actually used as one of the pioneers of Islamic economics for the welfare of religious people at large.Keywords: Islamic Economics, Religious Sustainability, Non-Muslims, BMT.AbstrakPenelitian  ini  mengkaji  secara  komprehensif  bagaimana  ekonomi  syariah  mampu  menggerakkan kemajuan   umat   beragama,   yang   dalam   hal   ini   akan   dikaji   terkait   dengan   faktor-faktor   yang mempengaruhi minat anggota non-muslim untuk menabung di KSPPS BMT Artha Sejahtera Srandakan Bantul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pengumpulan data  melalui  tiga  tahap  yaitu  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Analisis  data  menggunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian   mengungkapkan   bahwa   KSPPS   BMT   Artha   Sejahtera   Srandakan   Bantul   Yogyakarta merupakan  lembaga  swadaya  masyarakat  yang  pada  awalnya  digagas  oleh  beberapa  kelompok masyarakat  yang  peduli  terhadap  nasib  para  pelaku  usaha  kecil  dan  menengah.  Faktor-faktor  yang mempengaruhi  minat  anggota  non-muslim  menabung  di  BMT  Artha  Sejahtera  Srandakan  Bantul Yogyakarta  dari  beberapa  persepsi  responden  terdiri  dari:  lokasi,  pelayanan,  bagi  hasil,  reputasi perusahaan,  promosi,  rasa  ingin  tahu  tentang  syariah  lembaga,  teman  dekat,  dan  tidak  ada  potongan administrasi. Dari persepsi masyarakat lebih dominan terhadap bagi hasil yang besar dari perusahaan. Oleh  karena  itu,  keberadaan  BMT  Artha  Sejahtera  sebenarnya  dijadikan  sebagai  salah  satu  pelopor ekonomi syariah untuk mensejahterakan umat beragama secara luas.Kata kunci: Ekonomi Islam, Keberlanjutan Religius, Non-Muslim, BMT
Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah di SMP Islam Pecangaan Jepara Sirojul Fikar; Ahmad Saefudin
JASNA : Journal For Aswaja Studies Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.106 KB) | DOI: 10.34001/jasna.v2i1.3266

Abstract

AbstractThis  study aims  to  describe the role of  PAI  teachers  in  instilling  the  educational  values of  Ahlussunnah walJamaah  (Aswaja)  in  Pecangaan  Islamic  Junior  High  School.  In  addition,  it  is  also  to  identify  the supporting  and  inhibiting  factors.  This  qualitative  research  type  of  field  research  uses  observation, interview,  and  documentation  techniques  in  data  collection.  The  results  showed  that  the  values of Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah instilled by PAI teachers to students included tawassuth, tawazzun, tasamuh and i'tidal. As conservators, PAI teachers play a role in providing direction in the form of material related to Islamic moderation that can be carried out in daily life such as tolerance, doing good to others, and respecting the opinions of others. PAI teachers are also innovators who have new ideas in instilling the value of Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah. As transmitters, PAI teachers use lecture and da'wah methods to instill the value of Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah. The educational background aspect of the PAI teacher is a supporting factor for the cultivation of Aswaja An-Nahdliyyah's values, in addition to  the  factor  of  student  thinking  maturity.  School  facilities  and  environment  also  add  to  the  carrying capacity  of  the  cultivation  of  these  values.  On  the  other  hand,  the  presence  of  a  teacher  whose undergraduate  linearity  is  not  suitable  is  a  factor  inhibiting  the  cultivation  of  Aswaja  An-Nahdliyyah values.Keywords: PAI teacher, Aswaja An-Nahdliyyah, Ahlus sunnah wal jama'ah, Islamic junior highschool.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) di SMP Islam Pecangaan. Selain itu, jugauntuk  mengidentifikasifaktor pendukung  dan penghambatnya.  Penelitian  kualitatif  berjenis  field  research  ini menggunakan  teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai  ahlussunah  wal  jamaah  An-Nahdliyah yang  ditanamkan  oleh  guru  PAI  kepada  siswa  meliputi tawassuth,  tawazzun,  tasamuh dan  i'tidal. Sebagai konservator,  guru  PAI  berperanmemberikan arahan berupa  materi  terkait  dengan  moderasi  Islam  yang  bisa dilaukandalam  kehidupan  sehari-hari  seperti toleransi,  berbuat  baik  kepada  sesama,dan  menghormati  pendapat  orang  lain.  Guru  PAI juga  selakuinovator yang memiliki ide-ide  baru  dalam  menanamkan  nilai  ahlussunah  wal  jamaah  An-Nahdliyah. Selakutransmitor,guru  PAI memanfaatkan  metodeceramah  dan  dakwah  untuk menanamkan  nilaiahlussunah  waljamaah  An-Nahdliyah. Aspek  latar  belakang  pendidikan  guru  PAI  menjadi  faktor pendukungpenanaman  nilai  Aswaja  An-Nahdliyyah,  di  samping  juga  faktorkedewasan berpikir siswa. Fasilitas dan lingkungan sekolah juga menambah daya dukung penanaman nilai-nilai tersebut. Pada sisi yang  lain, adanya  guru  yang  linearitas  kesarjanaannya  kurang  sesuai  menjadi  faktor  penghambat penanaman nilai Aswaja An-Nahdliyyah.Kata Kunci: Guru PAI, Aswaja An-Nahdliyyah,Ahlus sunnah wal jama’ah, SMP Islam.
Analisis Implementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan Pedesaan Tri Manunggal Jaya Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang; Perspektif Islam Latifatul Rohmah; Dhea Yustiana Safitri; Erin Wulansari; Muhammad Mumakin; Achmad Nur Alfianto
JASNA : Journal For Aswaja Studies Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.983 KB) | DOI: 10.34001/jasna.v2i1.2307

Abstract

AbstractThis study aims to analyze the factors that determine the policy implementation in the development of rural areas with a top-downapproach in the rural area of Tri Manunggal Jaya. Factors that determine Policy Implementation include Communication,Resources, Disposition, and Bureaucratic Structure. This study used qualitative research methods by conducting literature reviews, document verification, interviews, and observations. This research produces a theoretical and empirical view of the factors that determine policy implementation in the development of rural areas in Tri Manunggal Jaya. The results  of  this  study  also  can  be  used  to  determine  strategies  to  increase  the  effectiveness  of  the implementation of rural area development policies with a top-downapproach in the Magelang Regency.Keywords: Policy   Implementation,   Top-Down   Approach,   Rural   Area  Development,  Tri Manunggal Jaya AbstrakTujuan   penelitian   ini   adalah untuk   menganalisis   faktor-faktor   yang  menentukan   implementasi kebijakan pengembangan  kawasanpedesaan  dengan  pendekatan  top-down  di DesaTri  Manunggal Jaya.  Faktor-faktor tersebut meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi,  dan struktur birokrasi. Penelitian  ini  menggunakan metode  penelitian  kualitatif  dengan  melakukan  studi pustaka,  verifikasi dokumen,  wawancara,  dan  observasi.  Penelitian  ini  menghasilkan  pandangan  teoritis  dan  empiris tentang faktor-faktor yang menentukan implementasi kebijakan dalam pembangunan pedesaan di Tri Manunggal  Jaya.  Hasil  penelitian  dapat  digunakan  untuk  menentukan  strategi untuk  meningkatkanefektivitas implementasi kebijakan pembangunan pedesaan dengan pendekatan top-down di Kabupaten Magelang.Kata kunci: Implementasi  Kebijakan,  Pendekatan  Top-Down,  Pengembangan  Pedesaan,  Tri Manunggal Jaya
Peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Citra Dharma Mulya Sebagai Basis Ekonomi Maslahah di Desa Trimulyo Jetis Bantul Trisna Wulandari; Puji Solikhah
JASNA : Journal For Aswaja Studies Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.2 KB) | DOI: 10.34001/jasna.v2i1.2298

Abstract

AbstractThis study aims to determine the normative, ideal, and factual roles of BKM Citra Dharma Mulya as the maslahah economic base for problems in Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta. This study is a qualitative field research with case study. The data collection techniques include primary data, namely observation, interviews, and documentation. While secondary data, namely the collection of books, articles, journals, documentation files, and library materials related to study. The study results showed that: (1) the ideal role of  BKM  in  accordance  with  the  guidelines  for  implementing  PNPM  MandiriUrban,  among  others: mobilizing citizens in a participatory manner to formulate plans for poverty problems, generating various empowerment activities for the poor, and so on. (2) The normative role of BKM Citra Dharma Mulya as a maslahah  economic  base  includes:  work  planning  for  BKM  Citra  Dharma  Mulya,  Secretarial  Work Program, special program for BKM Citra Dharma Mulya, and UPK, UPL, and UPS Work Programs. (3) The  factual  roles  of  BKM  Citra  Dharma  Mulya  include:  organizing  the  community  in  a  participatorymanner  through  decision-making  councils,  upholding  noble  values,  fostering  various  empowerment activities, and supervising the BLM implementation process.Keywords: Role, Community Welfare Agency, Maslahah Economics.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran normatif, ideal, dan faktual BKM Citra Dharma Mulya sebagai basis ekonomi maslahah bagi permasalahan di Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan  penelitian  kualitatif  lapangan  dengan  studi  kasus.  Teknik  pengumpulan  data  meliputi  data primer  yaitu  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Sedangkan  data  sekunder  yaitu  kumpulan  buku, artikel,  jurnal,  file  dokumentasi,  dan  bahan  pustaka  yang  berhubungan  dengan  studi.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa:  (1)  Peran  ideal  BKM  sesuai  dengan  pedoman  pelaksanaan  PNPM  Mandiri Perkotaan   antara   lain:   menggerakkan    warga   secara   partisipatif   untuk   merumuskan   rencana penanggulangan  kemiskinan,  melahirkan  berbagai  kegiatan  pemberdayaan  masyarakat  miskin,  dan segera.  (2)  Peran  normatif  BKM Citra  Dharma  Mulya  sebagai  basis  ekonomi  maslahah  meliputi: perencanaan  kerja  BKM  Citra  Dharma  Mulya,  Program  Kerja  Kesekretariatan,  program  khusus  BKM Citra  Dharma Mulya,  dan  Program Kerja  UPK,  UPL,  dan  UPS.  (3)  Peran faktual  BKM  Citra  Dharma Mulya  antaralain:  mengorganisir  masyarakat  secara  partisipatif  melalui  dewan  pengambil  keputusan, menjunjung  tinggi  nilai-nilai  luhur,  membina  berbagai  kegiatan  pemberdayaan,  dan  mengawasi  proses pelaksanaan BLM.Kata kunci: Peran, Badan Kesejahteraan Rakyat, EkonomiMaslahah.
Integrasi Iman Serta Ilmu Pengetahuan Dalam Pendidikan Islam (Kajian Al-Qur'an Surat Al-Isra’ Ayat 36) Isna Mutiara Nur Hikmah; Maryono Maryono
JASNA : Journal For Aswaja Studies Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.302 KB) | DOI: 10.34001/jasna.v2i1.3241

Abstract

AbstractThis thesis aims to: 1) Know how to integrate faith and science in Islamic education according to the Qur'an Surah Al Isra` verse 36, 2) Explore the relevance of Surah Al Isra` verse 36 on faith and science in Islamic education, 3). To explore the epistemological basis for the unity of faith and science is based on an examination of verse 36 of Surah Ali Isra of the Qur'an.This  thesis  uses  a  qualitative  research  approach  where  the  type  of  research  is  library  research. Documentary data collection techniques. then the data sources are taken from the main data source and secondary data sources (books of interpretation of the Qur'an, references related to faith, science, Islamic education, theses, articles,  journals  and  previous  websites).  The  analytical  technique  used  is  content  analysis  and  hermenetic analysis.The  result  of  the  study  shows  that  verse  36  of  the  Qur'an  Surah  Al  Isra  provides  that  faith  is  a justification  that is  spoken  verbally,  proven  by  the  heart  and  achieved  by  action,  while  science  is  an  organ  of knowledge and belief. 'Allah SWT experienced all of that. What is meant by Islamic education and education are all human efforts aimed at developing their potential to achieve human development and balance in general using the formation of human beings. because Allah SWT commands that every human word and deed must be based on knowledge. In the world of education, humans must use ethics and morality to seek knowledge. for verily Allah will exalt those who believe and are knowledgeable, both in the world and in the hereafter. Education must also pay  attention  to  the  principles  of  scientific  development  according  to  the  guidance  of  the  Qur'an  to  strengthen faith, enhance worship and nobility of character. Therefore, Islamic education is made into an integrated medium where the goal of Islamic education itself is to achieve human kamil (right people).Keywords: Integration, Faith, Science, and Islamic EducationAbstrakSkripsi ini  bertujuan  untuk:  1)  Mengetahui  bagaimana  mengintegrasikan  iman  dan  sains  dalam pendidikan Islam menurut Al-Qur'an Surah Al Isra` ayat 36, 2) Mengeksplorasi relevansi Surah Al Isra` ayat 36 tentang iman dan sains dalam pendidikan Islam, 3 ). Untuk menggali dasar epistemologis untuk kesatuan iman dan ilmu pengetahuan didasarkan pada pemeriksaan ayat 36 Surah Ali Isra dari Al-Qur'an. Skripsi  ini  memakai  pendekatan  penelitian  kualitatif  dimana  jenis  penelitiannya  adalah  penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dokumenter. lalu sumber data diambil dari asal data utama dan  sumber data  sekunder  (kitab      tafsir  Al-Qur'an,  referensi  yang  berkaitan  dengan  iman,  ilmu  pengetahuan,  pendidikan Islam,  tesis,  artikel,  jurnal  serta  website  sebelumnya).  Teknik analisis  yang  digunakan  artinya  analisis  isi  dan  analisis hermeneutik. Akibat kajian memberikan bahwa ayat 36 Al-Qur'an Surah Al Isra memberikan bahwa iman merupakan pembenaran yang diucapkan menggunakan verbal, dibuktikan dengan hati dan  dicapai menggunakan perbuatan, sedangkan  ilmu  merupakan  organ  pengetahuan  serta  keyakinan.  'Allah  SWT  mengalami  semua  itu.  yang dimaksud dengan pendidikan dan  pendidikan Islam adalah segala upaya insan yang ditujukan buat membuatkan potensi   dirinya   buat   mencapai   perkembangan   serta   keseimbangan   manusia   di   umumnya   menggunakan terbentuknya manusia kamil. karena Allah SWT memerintahkan bahwa setiap perkataan serta perbuatan insan wajib  dilandasi dengan ilmu. pada dunia pendidikan, insan harus memakai etika serta moralitas buat mencari ilmu.  sebab  sesungguhnya  Allah  akan  meninggikan  orang-orang  yg  beriman  serta  berilmu,  baik  pada  global maupun  di  akhirat.  Pendidikan  pula  wajib    memperhatikan  prinsip-prinsip  pengembangan  keilmuan  sesuai tuntunan  Al-Qur'an  buat  memperkuat  keimanan,  mempertinggi  ibadah  serta  keluhuran  budi.  sang  karena  itu, pendidikan  Islam  dijadikan  menjadi  media  terpadu  dimana  tujuan  pendidikan  Islam  itu  sendiri  adalah  untuk mencapai manusia kamil (insan tepat).Kata kunci :Integrasi, Iman, Ilmu Pengetahuan, dan Pendidikan Islam
Penerapan Model Pembelajaran Probing-Promting Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MAN 1 Wonosobo Kevin Arifianto; Ali Imron
JASNA : Journal For Aswaja Studies Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.126 KB) | DOI: 10.34001/jasna.v2i1.3242

Abstract

AbstractKevin  Arifianto,  2021,  APPLICATION  OF  THE PROBING-PROMTINGLEARNING  MODEL  TOWARDS STUDENT'S  LEARNING  ACHIEVEMENT  IN  CLASS  XI  FIQIH  LESSONS  IN  MAN  1 WONOSOBO.  Thesis, Wonosobo:  Faculty  of  Tarbiyah  and  Teacher  Training,  Central  Java  University  of  Al-Qur'an  Science  in Wonosobo.This study aims to 1) find out the application of the Probing-Promtinglearning model in fiqh subjects in  class  XI  at  MAN  1  Wonosobo;  2)  Knowing  the  increase  in  student  achievement  after  using  the Probing-Promtinglearning  model  in  fiqh  subjects  for  class  XI  at  MAN  1  Wonosobo;  3)  Knowing  the  difference  in learning  achievement  using  the Probing-Promtinglearning  model  with  those  using  the  conventional  learning model.The  approach  uses  a  quasi-experimental  method,  using  a  nonequivalent  control  class  pretest  posttest design.  The  subjects  in  this  study  were  taken  into  two  classes,  namely  the  experimental  class  and  the  control class. Before the second lesson, the class  was given a pretest question. Experimental class students  were given learning  using  the  example  of Probing-Promtinglearning,  while  the  control  class  used  conventional  learning models. The experimental class and the controlclass were subjected to a final test in the form of a written test. then the results are processed, analyzed, and distributed using the t-test and gain test to find out the difference between the two classes studied and the increase in learning achievement.The  impact  of  the  research  conveys  that  in  PAI  learning,  students  who  use  the  example  of Probing-Promtinglearning  in  this  study  have  increased.  This  is  shown  using  the  gain  test  for  the  experimental  class, which will be 0.618. and there are differencesin the fiqh learning of students who are taught to use the Probing-Promtinglearning model using students who are not taught to use the Probing-Promtinglearning model. This is evidenced  by  using  the  t-test  tcount  >  ttable  both  at  the  1%  significance  level,  which  is  3.21  >  2.676. Meanwhile, at the 5% significance level, the t table is 2,008.Keywords: Learning Model, Probing-Promting, Learning AchievementAbstrakKevin   Arifianto,   2021,   PENERAPAN MODEL   PEMBELAJARAN PROBING-PROMTINGTERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIKPADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MAN 1 WONOSOBO. Skripsi,  Wonosobo:  Fakultas  Ilmu  Tarbiyah  dan  Keguruan  Universitas  Sains  Al-Qur’an  Jawa  Tengah  di Wonosobo.Penelitian  ini  bertujuan untuk1)  Mengetahui  penerapan  model  pembelajaran Probing-Promtingdi mata  pelajaran  fiqih  kelas  XI  pada  MAN  1  Wonosobo;  2)  Mengetahui  peningkatan  prestasi  belajar  peserta didik sesudah memakai model pembelajaran Probing-Promtingpada mata pelajaran fiqih kelas XI pada MAN 1 Wonosobo;  3)  Mengetahui  disparitas  prestasi  belajar  yang  memakai  model  pembelajaran Probing-Promtingdengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Pendekatan  memakai  metode  eksperimen  kuasi,  menggunakan  desain  nonequivalent  control  class pretest  postest  design.  Subjek  dalam  penelitian  ini  diambil dua  kelas,  yaitu  kelas  eksperimen  serta    kelas kontrol.  Sebelum  pembelajaran  ke  2  kelas  diberikan  soal  pretest.  peserta  didik  kelas  eksperimen  pada  beri pembelajaran  menggunakanmodelpembelajaran Probing-Promting,  sedangkan  kelas  kontrol  memakai  model pembelajaran  konvensional.  Kelas  eksperimen  serta  kelas  kontrol  dikenakan  tes  akhir  berupa  tes  tertulis. kemudian  hasilnya  pada  olah,  di  analisis,  serta dibagikan  menggunakan  uji  t-test  dan    uji  gain  buat mengetahui perbedaan antara kedua kelas yang diteliti dan  peningkatan prestasi belajar.Dampak   penelitian   menyampaikan   di   pembelajaran   PAI   peserta   didik   yang   memakai   contoh pembelajaran Probing-Promtingpada   penelitian   ini   terjadi   peningkatan.   Hal   ini   ditunjukkan   memakai menggunakan  uji  gain  buat  kelas  eksperimen  diperoleh  yang  akan  terjadi  sebesar  0,618.  serta    terdapat perbedaan  pembelajaran  fiqih  siswa  yang  diajar  memakai  memakai  model  pembelajaran Probing-Promtingmenggunakan siswa yangtidak pada ajar memakai menggunakan model pembelajaran Probing-Promting. Hal ini dibuktikan menggunakan memakai uji-t thitung > ttabel baik di tingkat signifikansi 1% yaitu 3,21 > 2,676. Sedangkan pada tingkat signifikansi 5% maka ttabel 2,008.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Probing-Promting, Prestasi Belajar
Tantangan Dakwah: Tinjauan Faktual Kekosongan Dai Pada Bulan Suci Ramadhan Di Masjid Darussalam Kampung Pisang Kota Sorong Sitti Mutia Faradillah
JASNA : Journal For Aswaja Studies Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.888 KB) | DOI: 10.34001/jasna.v2i1.1975

Abstract

AbstractThe  purpose  of  the  study to  examine  the factors causing  the constrained activities  of  da'wah  in  the  holy month  of  Ramadan  in  the  Darussalam  Mosque  Kampung  Pisang  Sorong  City  west  Papua.  The  da'wah activity in question is a routine lecture by the dai (preachers) conducted every night of ramadan that has been  programmed  by  the  Ministry  of  Religious  Affairs  of  Sorong  City.  This  research  uses  qualitative research type. As for data collection, researchers use interview methods to primary informants, namely the management  of  The  Darussalam  Mosque  Kampung  Pisang,  the  dai  /  mubaligh  listed  in  the  schedule  of lectures, worshipers (mad'u) Darussalam Mosque Kampung Pisang, and the Ministry of Religious Affairs that compiled the schedule of the lecture.As for the observation method, the author directly observes the situation in the field both from BKM / the manager of The Darussalam Mosque Kampung Pisang, Jamaah (mad'u) Masjid Darussalam Kampung Pisang, the dais listed in the lecture schedule, and the Ministry of Religion.This research is expected to be a reference in overcoming the vacancy according to the causative factors  in  the  holy  month  of  Ramadan  throughout  the  Mosque,  especially  in  the  Darussalam  Mosque Kampung Pisang. Thus da'wah activities can run well without any obstacles.Keywords: Dai and his personality, the cause of the vacancy dai, the efforts of the Ministry of ReligionAbstrakTujuan  penelitian  untuk  mengkaji  faktor-faktor  penyebab  terhambatnya  kegiatan dakwahdi  bulan  suci Ramadhan  di  Masjid  Darussalam  Kampung  Pisang  Kota  Sorong  Papua  Barat.  Kegiatan  dakwah  yang dimaksud  adalah  pengajian  rutin  oleh  para  dai  yang  dilakukan  setiap  malam Ramadhan yang  telah diprogramkan  oleh  Kementerian  Agama  Kota  Sorong.  Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian kualitatif. Adapun untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara kepada informan utama  yaitu  pengurus  Masjid  Darussalam  Kampung  Pisang,  para  dai/mubaligh  yang  tercantum  dalam jadwal  perkuliahan,  jamaah  (mad'u)  Masjid  Darussalam  Kampung  Pisang,  dan  Kementerian  Agama. Urusan  yang  menyusun  jadwal  kuliah.  Adapun  metode  observasi,  penulis  mengamati  secara  langsung keadaan  di  lapangan  baik  dari  BKM/pengelola  Masjid  Darussalam  Kampung  Pisang,  Jamaah  (mad'u) Masjid   Darussalam   Kampung   Pisang,   mimbar   yang   tercantum   dalam   jadwal   perkuliahan,   dan Kementerian  Agama.  Penelitian  ini  diharapkan  dapat  menjadi  acuan  dalam  mengatasi  kekosongan menurut faktor penyebabnya pada bulan suci Ramadhan di seluruh Masjid khususnya Masjid Darussalam Kampung Pisang. Dengan demikian kegiatan dakwah dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan.Kata kunci: Dai dan kepribadiannya, penyebab kekosongan dai, Kementerian Agama

Page 1 of 1 | Total Record : 7