cover
Contact Name
Anang Suryana
Contact Email
anang.suryana@nusaputra.ac.id
Phone
+6281646904430
Journal Mail Official
anang.suryana@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nusa Putra Gedung B Lt.5 Jl. Raya Cibolang No. 21, Sukabumi, West Java, Indonesia 43152
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Fidelity : Jurnal Teknik Elektro
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 26863650     EISSN : 26863642     DOI : -
Focus Fidelity : Jurnal Teknik Elektro merupakan media publikasi penelitian di bidang Teknik Elektro khususnya dalam ruang lingkup Instrumentasi, kendali, pengolahan sinyal, telekomunikasi, komputer dan listrik tenaga. Naskah atau makalah yang diterbitkan telah melalui kajian dari para mitra bestari dan telah lolos uji plagiasi. Jurnal ini menyediakan akses konten teknik elektro yang terbuka secara penuh dengan tujuan memberikan sumbangsih pada penyebaran ilmu pengetahuan secara bebas untuk publik dan mendukung pertukaran pengetahuan secara global. Jurnal Fidelity diterbitkan oleh Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nusa Putra. Scope Topik-topik yang dapat diajukan untuk diterbitkan pada jurnal ini meliputi: Elektronika, Mekatronika, Robotika, Unmanned Vehicle, Mobil Listrik, Teknologi Alat Pertanian, Medical Devices, Pemrosesan Gambar, Kecerdasan Buatan, Inovasi Internet Of Things Sistem Telekomunikasi, Teknologi Wireless, Radar, Sistem Informasi, Rekayasa Industri, Teknologi Industri
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Edisi Januari 2020" : 5 Documents clear
Comparative Study of Internet of Things (IoT) Platform for Smart Home Lighting Control Using NodeMCU with Thingspeak and Blynk Web Applications Marina Artiyasa; Ilman Himawan Kusumah; Anang Suryana; Edwinanto; Aryo De Wibowo Muhammad Sidik; Anggy Pradiftha Junfithrana
FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro Vol 2 No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/fidelity.v2i1.103

Abstract

Today's technology has developed rapidly with the Internet of Things (IoT) which is a concept that aims to expand the benefits of continuously connected internet connectivity. Internet of Things (IoT) is a development of network communication of interrelated objects connected through internet communication and can exchange data, turning it into information. Many tools are created to ease human work and even replace human work. Controlling room lights in a house using NodeMCU is one of the Smart Home technologies based on the Internet of Things (IoT). This research can provide information about the differences, advantages and disadvantages of Web, Thingspeak and Blynk applications for Smart Home devices to turn on and off house lights via the internet using laptops and smartphones. NodeMCU is a microcontroller that can be analogous to the Arduino ESP8266 board. NodeMCU includes ESP8266 and is packaged in a compact board with various features such as a microcontroller, WiFi access capabilities, and a USB data cable extension chip, which is used as a data cable and charging cable for Android smartphones. From the analysis results using the three platforms, it is known that Blynk is superior to the other two platforms because the way to create and operate is easier and more efficient
Rancang Bangun Program Aplikasi Virtual Reality Pada Pembelajaran Praktikum Secara Online Berbasis Oculus Anggy Pradiftha
FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro Vol 2 No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/fidelity.v2i1.104

Abstract

Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang sejak awal abad ke-19 sudah mulai diperkenalkan dan dikembangkan yang menciptakan sebuah ilusi seolah pengguna hadir di tempat non fisik dalam waktu dan tempat yang sama. Melalui teknologi ini pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan 3 Dimensi yang disimulasikan oleh sebuah komputer seakan-akan pengguna merasa berada dalam dunia nyata. Tujuannya adalah untuk membantu simulasi sebuah objek yang sulit untuk dihadirkan secara langsung agar lebih praktis. Dewasa ini Telah dikembangkan berbagai headset VR dari berbagai perusahaan, salah satunya adalah Oculus. Penggunaannya pun diimplementasikan untuk berbagai bidang, sayangnya penerapan dalam bidang pembelajaran masih minim. Seiring perkembangan sistem pembelajaran yang mengarah pada metode online, terdapat permasalahan ketika subjek yang dipelajari memerlukan pembelajaran praktikum. Sehingga diusulkan sebuah program aplikasi virtual reality untuk membantu mensimulasikan kegiatan praktikum pada sistem pembelajaran online menggunakan software Unity 3d dan Oculus Quest. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan simulasi praktikum pada sistem pembelajaran online
Design and Implementation of Home Security Using Telegram Botfather Asef Duwi Kurniawan
FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro Vol 2 No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/fidelity.v2i1.105

Abstract

Security is a condition where humans or objects feel protected from the danger that threatens or disturbs them, which will then cause a feeling of calm and comfort. Security can be obtained in several ways, one of which is by using and implementing technology. Today's application of security technology has developed very rapidly, ranging from conventional methods to high-tech. Therefore the author tries to design a home security system based on a microcontroller which is expected to be helpful, especially for people who often travel out of the house. One of the contributions made is to design and manufacture a home security device using the BOTFather telegram. This home security system uses internet technology to control devices remotely. Nodemcu esp8266, PIR sensor as a sensor used to detect infrared rays from an object, PIR sensor is passive, meaning that this sensor does not emit infrared light but only receives infrared radiation from outside. 4 channel relay is a switch that is entirely operated with electricity and is an electromechanical (electromechanical) component consisting of 2 parts, namely electromagnet (coil) and mechanical (separate lift contact switch/switch) which is used to turn on and off lights, and other devices. Arduino software is used to program Nodemcu Esp8266. PIR sensors, Lamp Relays and TELEGRAM are used as tools to send commands to devices in real-time
Peningkatan Citra Sidik Jari Menggunakan Teknik Filter Febi Firmansyah
FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro Vol 2 No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/fidelity.v2i1.106

Abstract

Dalam definisi yang paling ketat, sidik jari adalah jejak yang dibuat oleh tonjolan gesekan ujung jari manusia. Dalam arti luas, sidik jari adalah jejak yang ditinggalkan oleh tonjolan gesekan dari bagian tangan manusia atau primata lainnya. Selain itu, tonjolan gesekan mungkin tercetak oleh jejak kaki. Friction ridge adalah bagian yang lebih tinggi dari epidermis jari (jari tangan dan kaki), telapak tangan, atau telapak kaki yang terdiri dari satu atau lebih unit Friction ridge skin ridge. Kontrak yang mendasari antara papila dermal dermis dan pasak interpapiler (rete) epidermis juga disebut sebagai "punggungan epidermis". Punggungan epidermis ini meningkatkan getaran yang disebabkan, misalnya, ketika jari-jari menyentuh permukaan yang tidak rata, meningkatkan transmisi impuls ke neuron sensorik yang terlibat dalam persepsi tekstur yang menyenangkan. Pegunungan ini membantu meningkatkan traksi di medan yang tidak rata dan licin. Artikel ini menjelaskan penghapusan noise dari gambar sidik jari. Itu dilakukan melalui dua pendekatan. Pertama, pemerataan histogram, Wiener filtering, binarization, dan thinning digunakan. Metode kedua menggunakan filter anisotropik. Prosedur kedua secara efektif menghilangkan kebisingan. Matlab digunakan untuk mensimulasikan teknik yang disarankan
Menggabungkan Teknik Pemrosesan Gambar dengan Data dari Sensor Seluler untuk Membuat Rekonstruksi Produk Tanpa Penanda Menggunakan Augmented Reality Juni Kusuma Hadi
FIDELITY : Jurnal Teknik Elektro Vol 2 No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/fidelity.v2i1.107

Abstract

Rekonstruksi tanpa penanda yang memanfaatkan Augmented Reality (AR) dan perangkat seluler adalah pekerjaan yang hampir mustahil. Ini karena kurangnya kapasitas pemrosesan di perangkat seluler ketika mempertimbangkan pendekatan pelacakan berbasis penglihatan, dan karena kurangnya akurasi dalam Sistem Pemosisian Global portabel ketika mempertimbangkan pendekatan pelacakan berbasis sensor seluler (GPS). Studi ini mengusulkan metode unik yang menggabungkan teknik pemrosesan gambar dengan data sensor seluler untuk mencapai lokalisasi posisi yang tepat dan rekonstruksi berbasis augmented reality menggunakan perangkat seluler untuk menyelesaikan masalah ini. Teknik pemrosesan gambar yang digunakan untuk menentukan skala objek dalam gambar tertentu yang diambil dari perangkat seluler pengguna adalah inti dari metodologi yang diusulkan ini. Tempat paling optimal untuk lokasi pengguna tertentu diklasifikasikan menggunakan informasi sensor seluler. Temuan yang diperoleh dengan menggunakan perangkat Real-Time Kinematic (RTK) akurat 10 cm dan hasil yang diperoleh hanya dengan menggunakan chip Assisted Global Positioning System (A-GPS) di perangkat seluler dibandingkan dengan yang diperoleh dengan menggunakan metodologi yang diusulkan. Meskipun metodologi yang diusulkan ini membutuhkan lebih banyak waktu pemrosesan daripada chip A-GPS, tingkat akurasinya mengungguli chip A-GPS. Hasil eksperimen yang dilakukan semakin meyakinkan kami bahwa metodologi yang diusulkan ini memfasilitasi peningkatan akurasi lokalisasi posisi untuk rekonstruksi berbasis augmented reality menggunakan perangkat seluler di bawah batasan tertentu

Page 1 of 1 | Total Record : 5