cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2012)" : 7 Documents clear
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Produk DD Super Pia,Tangerang, Dengan Menggunakan Regresi Logistik Periode Agustus - Oktober 2011 Budi Rahardjo
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.6 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i2.289

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan semakin banyaknya usaha-usaha di bidang makanan. DD SUPER PIA adalah usaha home industry yang bergerak pada bidang makanan ringan, yang mencoba memberikan produk yang berbeda dari yang sudah ada dengan melakukan inovasi. Usaha di bidang makanan ringan tentunya memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah bagaimana meneliti keputusan pembelian oleh pelanggan sehingga pelanggan akan membeli produk secara konsisten. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan para pelanggan, yaitu dengan melakukan riset mengenai konsumen dan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang faktor – faktor bauran pemasaran yang dilakukan DD SUPER PIA, apakah bauran tersebut sudah benar atau kurang, sehingga kedepannya perusahaan dapat melakukan tindakantindakan yang benar dan tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan karakter sampel, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh pelanggan. Penelitian deskriptif ini menggunakan regresi logistik biner, dimana variabel independen (prediktor) adalah faktor-faktor bauran pemasaran: Product(x1), Price(x2), Place(x3), Promotion(x4), People(x5), Physical Envidence(x6) dan Process(x7) dengan varibel dependen (outcome): Keputusan Pembelian(Y), dimana didalam keputusan pembelian variabel dependen bersifat dikotomi, pilihan 0 untuk responden yang kadangkadang membeli dan 1 untuk responden yang sering membeli Dari hasil Regresi Logistik Biner diperoleh dengan ketepatan prediksi 69%, telihat bahwa Physical Envidence(x6), Prosess (x7) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan produk DD SUPER PIA
Pengaruh Faktor-faktor Ekonomi Makro Terhadap Return Saham Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia ( Januari 2006 – September 2009) Mia Laksmiwati
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.96 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i2.283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh faktor  faktor  ekonomi  makro  terhadap  return saham. Studi empirik  dilakukan pada  saham saham yang tergabung dalam kelompok  Jakarta Islamic  Index. Data penelitian ini dikumpulkan cara studi pustaka di pusat statistik BI,BPS dan PRPM BEI dan analisis yang digunakan adalah korelasi dan regresi. Penelitian menghasilkan bahwa secara parsial  maupun secara simultan tidak ada variabel atau factor ekonomi makro yaitu BI Rate,Kurs tukar IDR  –  USD dan tingkat inflasi berpengaruh terhadap return saham Jakarta  Islamic  Index.   Sehubungan dengan hasil di atas maka disarankan agar  para calon investor  mempertimbangkan faktor lain, di luar faktor makro ekonomi, yaitu faktor mikro ekonomi, yaitu kinerja perusahaan
PENERAPAN CRM (Customer Relationship Management) Pada Aplikasi Perusahaan Dagang Yohannes Yahya
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.841 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i2.284

Abstract

Saat ini Perkembangan dalam dunia usaha yang semakin maju  menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat. Salah satu cara  untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan adalah menjaga  hubungan atau relasi yang baik dengan pelanggan. Karena dari hasil penelitian mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru.  Persaingan bisnis yang sangat ketat akan sangat memerlukan langkah-langkah strategis untuk menghadapinya. Pelanggan yang lama  harus dipertahankan dengan cara memperhatikan segala kebutuhan pelanggan dan juga pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Bagi Pelanggan baru diusahakan bisa menjadi  pelanggan tetap, dengan membina relasi ke pelanggan. Perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan barang seperti perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sepeda motor yang sedang menghadapi persaingan ketat.  Sangat penting untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat. Kehadiran  Customer Relationship Management (CRM) akan mampu untuk mengatasi masalah di atas karena tujuan CRM adalah untuk mendapatkan inti dari konsep pelanggan yang tidak jelas dan meletakkannya dalam kerangka aplikasi. Salah satu langkah yang juga dapat ditempuh untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi itu dan konsep pemasaran yang ada yaitu dengan pemanfaatan CRM (Customer  Relationship Managemet)  berbasis web. Untuk dapat memanfaatkan hal CRM tersebut perlu dibangun terlebih dahulu secara bertahap. Kondisi perusahaan dagang dalam bidang penjualan sepeda motor saat ini akan dieksplorasi dan akan dilakukan observasi terhadap kebutuhan akan layanan yang dapat diberikan kepada para pelanggan. Dalam prosesnya, CRM menunjukkan bagaimana pemasaran bekerja dan sistem yang dijalankan harus mampu mendukung lingkungan e-commerce. 
Analisis Kontribusi Investasi, Kredit Modal Kerja dan Kredit Konsumsi Terhadap Petumbuhan Ekonomi Jawa Timur Zaini Fathor Rachman; Agus Sriyanto
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.736 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i2.285

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh jawaban atas  seberapa  besar  pengaruh aktifitas pemberian kredit modal kerja, kredit investasi, kredit konsumsi terhadap tingkat pertumbuhan tingkat ekonomi Jawa Timur baik secara parsial maupun secara simultan dan dari semua variabel independen yang akan diteliti tersebut, variabel manakah  yang  paling dominan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. Dengan menggunakan metode penelitian yang disebut metode statistik/deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan adalah menganalisa data-data  sekunder  dari  Bank  Indonesia,  Biro  Pusat Statistik dan BAPPEDA Propinsi Jawa Timur selama periode tahun 2005  –  2009,  setelah dihitung dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) ver. 15.0 disimpulkan bahwa variabel-variabel  termaksud  secara  parsial  berpengaruh  terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di Propinsi Jawa Timur. Kecuali variabel Kredit Modal Kerja yang signifikan secara individual (parsial) pada bagian uji regresi parsial pada tabel 4.9 nilai signifikan KMK adalah 0,037 < α= 0,05. Secara  bersama-sama  (simultan)  variabel-variabel tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan significant 0,002 < α= 0,05 pada tabel 4.8. selain itu pada tabel 4.7 diketahui nilai adjustmen r square sebesar 1,000 atau 100% pertumbuhan ekonomi itu dipengaruhi variabel-variabel  independen.Oleh karena itu disarankan kepada Pemerintah Pusat khususnya Pemda setempat untuk melakukan strategi atau kebijakan dibidang perekonomian ke arah peningkatan pendapatan masyarakat. Disamping  itu meningkatkan atau mendorong  lebih  aktif  peranan  perbankan yang beroperasi di Propinsi Jawa Timur.
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT INDOSAT REGIONAL JABODETABEK Maruji Pakpahan
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.393 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i2.287

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi berprestasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT Indosat Regional Jabodetabek.Penelitian ini menggunakan tiga variable yang terdiri dari satu variable terikat ( Y ) dan dua variabel (X). Variabel terikat yakni kinerja karyawan sedangkan variabel bebas yakni Motivasi Berprestasi (X1) dan Budaya Organisasi (X2). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah karyawan pada PT Indosat Regional Jabodetabek,teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling yakni pengambilan orang-orang yang akan dijadikan sampel memiliki ciri-ciri khusus. Sebelum dilakukan analisis data penelitian dilakukan uji validitas dan uji reabilitas dengan menggunakan bantuan SPSS 11.5 Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja karyawan PT.Indosat Regional Jabodetabek adalah kuat dan positip dengan koefisien kolerasi 0,787. Presentasi pengaruh variabel motivasi berprestasi terhadap kinerja karyawan PT.Indosat Regional Jabodetabek adalah 61,9 % ( koefisien determinasi atau R Square = 0,619), sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap terhadap kinerja karyawan PT.Indosat Regional Jabodetabek adalah kuat dan positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,771. Persentase pengaruh variabel budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT Indosat Regional Jabodetabek 59,4% ( koefisien determinasi atau R Square = 0,594), sedangkan sisanya 40,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Pengaruh motivasi berprestasi dan budaya oraganisasi secara simultan terhadap kinerja karyawan PT.Indosat Regional Jabodetabek adalah sangat kuat dan positip dengan koefisien kolerasi sebesar 0,847 . Persentase pengaruh variabel motivasi berprestasi dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja karyawan PT Indosat Regional Jabodetabek adalah 71,8% ( koefisien determinasi atau R Square = 0,718),sedangkan sisanya 28,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
PENGARUH LINGKUNGAN PERSAINGAN, LINGKUNGAN TEKNOLOGI, DAN EKONOMI INTERNASIONAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN Desy Anggraeni
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.94 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i2.288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan persaingan, lingkungan teknologi dan ekonomi internasional terhadap kinerja perusahaan. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data teoritis yaitu: (1) teori utama yang melatarbelakangi penelitian yaitu Pengantar Bisnis Gugup Kismono (2001) dan Organizational Behavior Sthepen Robbins (2006), (2) teori antara yaitu Lingkungan Persaingan oleh Thomas L. Wheelen dan J. David Hunger (2002), Lingkungan Teknologi Andrzej A Huczynski (2007) Organizational Behavior, William H Branson of the Macroeconomic Theory and Policy, Terhadap Kinerja Perusahaan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton (1996). Sementara data empiriknya adalah responden para staf karyawan yang ditentukan berdasarkan metode sampel Perusahaan Operator Telekomunikasi di Jakarta dengan 85 kuesioner yang disebarkan di tiga perusahaan Operator Telekomunikasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur yang dielaborasi dengan program SPSS versi 15.0. Pengolahannya dipergunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier, dan uji korelasi. Pengujian-pengujian tersebut menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan persaingan, lingkungan teknologi , dan ekonomi internasional terhadap kinerja perusahaan bersamaan yaitu sebesar 0,000. Secara parsial lingkungan persaingan sebesar 0,002, lingkungan teknologi sebesar 0,000 dan ekonomi internasional sebesar 0,174 (non signifikan). Hal ini mengindikasikan bahwa hasil penelitian ini adalah konsisten dengan penelitian sebelumnya.
Pengaruh Sistem Remunerasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Aris Wahyu Kuncoro
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.232 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i2.282

Abstract

Tingkat  turnover  yang tinggi akan menimbulkan dampak negatif bagi organisasi, hal ini seperti menciptakan ketidakstabilan dan ketidakpastian  (uncertainity)  terhadap kondisi tenaga kerja dan peningkatan biaya sumber daya manusia yakni yang berupa biaya pendidikan yang sudah diinvestasikan pada dosen sampai pelatihan kembali.  Turnover intention  yang tinggi juga mengakibatkan organisasi tidak efektif karena perusahaan kehilangan karyawan yang berpengalaman dan perlu melatih kembali karyawan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Sistem Remunerasi, Kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap Turnover intension  serta menganalisis variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap  Turnover intension. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Analisis data menggunakan SPSS versi 16.0.Berdasarkan hasil analisis disimpulkan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi terbukti melalui pengujian yang menghasilkan nilai Dalam upayanya menurunkan  turnover intension  implikasi yang dapat dilakukan Universitas  “X”  Jakarta adalah Meningkatkan nilai gaji yang diberikan kepada karyawannya, Memberikan tunjangan yang dapat meringankan beban kebutuhan karyawan dan meningkatkan kesadaran kepada karyawan bahwa karyawan memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan perusahaan.Berdasarkan uji korelasi dan regresi bahwa sistem Remunerasi  (X1) tidak mempunyai pengaruh dan hubungan terhadap variabel dependen  Turnover  Intentions  (Y),  variabel Kepuasan Kerja (X2) tidak mempunyai pengaruh dan hubungan terhadap variabel dependen  Turnover Intentions  (Y),variabel Komitmen Organisasional  (X3) tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen yaitu  Turnover Intention  (Y),sedangkan secara bersama  tidak ada pengaruh yang signifikan antara  Sistem Remunerasi  (X1), Kepuasan Kerja (X2), Komitmen Organisasional (X3) terhadap Turnover Intention (Y).

Page 1 of 1 | Total Record : 7