cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021)" : 6 Documents clear
STRATEGI MENINGKATKAN JASA DISTRIBUSI PRODUK ROBERT BOSCH INDONESIA KE RETAILER Subandi Subandi; Deslida Saidah; Rr Endang Wahyuni; Euis Saribanon
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.209 KB) | DOI: 10.36080/jem.v10i1.1769

Abstract

Saluran distribusi dalam perusahaan yaitu dapat mendorong peningkatan penjualan yang diharap. PT Cipta Krida Bahari merupakan badan usaha pendukung layanan logistik dan transportasi yang berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha di Indonesia dalam mengirimkan barang dan jasa mereka ke tempat yang dibutuhkan. Pengguna jasa perusahaan PT Cipta Krida Bahari dalam proses distribusi produk ke konsumen yaitu Robert Bosch Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan penjualan distribusi produk Robert Bosch Indonesia pada PT Cipta Krida Bahari. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara kemudian dianalisis dengan SWOT.  Jenis data terdiri dari data primer dan skunder. Hasil penelitian dengan metode SWOT menunjukkan dari hasil analisa selisih nilai tertimbang kekuatannya sebesar 3,66 dan kelemahannya sebesar 3,45 jadi selisih dari kekuatan dan kelemahan sebesar 0.21 dan selisih nilai tertimbang peluangnya sebesar 3,54 dan ancamannya sebesar 2,38 jadi selisih dari peluang dan ancaman sebesar 1,16 dan berada pada kuadran I yaitu strategi pertumbuhan (Growth). Total bobot IFE sebesar 2,64 dan EFE sebesar 3,08 sehingga perusahaan berada di sel II yaitu grow and build dengan demikian strategi yang harus digunakan adalah pertumbuhan yang agresif (Growth OrientedStrategy).
PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN Endah Sri Wahyuni
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.348 KB) | DOI: 10.36080/jem.v10i1.1770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, dan Pertumbuhan terhadap Kebijakan Dividen yang diukur dengan Dividen Payout Ratio (DPR) pada sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 – 2019 Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari sumber data sekunder berupa laporan keuangan dari website resmi www.idx.co.id yang diperoleh sebanyak 40 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 for windows dan Microsoft Excel 2016. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel Leverage, Profitabilitas dan Pertumbuhan berpengaruh positif dan berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Sedangkan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Koefisien determinasi sebesar 36,5% dimana masih terdapat 63,5% lagi perubahan variabel dependen yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
PENGARUH CURRENT RATIO, PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN KAS TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019) Muhammad Nuur Farid Thoha; Rina Sulistyowati
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.806 KB) | DOI: 10.36080/jem.v10i1.1771

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Current Ratio, Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang, Perputaran Kas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui website www.idx.co.id dan web.idx.id, untuk mendapatkan laporan keuangan tahunan perusahaan-perusahaan yang telah go public di Indonesia. Metode purposive sampling digunakan dalam menentukan pemilihan sampel. Sebanyak 14 dari 26 perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan pengamatan 5 tahun, dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, diperoleh 70 sampel penelitian. Metode statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Current Ratio, Inventory Turnover, Account Receivable Turnover, Cash turnover berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH WEBSITE, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Iklan Baris Otomotif, PT. Olx Indonesia) Koen Hendrawan; Agus Sriyanto; Kartini Istikomah
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.747 KB) | DOI: 10.36080/jem.v10i1.1772

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh website, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian iklan baris otomotif PT OLX Indonesia di Jakarta.Variabel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah   website (X1), promosi (X2), kepercayaan (X3) mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependennya. Pada penelitian ini, penulis menggunakan menggambil data dengan cara mengambil kuesioner pada 69 responden. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan masing-masing variabel yang penulis gunakan adalah skala likert dengan pengukuran lima tingkatan jawaban. Data yang diperoleh penulis melalui kuesioner dioleh oleh peneliti menggunakan software SPSS 22. Alat analisis yang digunakan oleh penulis adalah regresi linear berganda, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi dan uji hipotesis yakni uji t. Hasil dari penelitian ini adalah Website berpengaruh terhadap keputusan pembelian space iklan otomotif di PT OLX Indonesia. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian space iklan otomotif di PT OLX Indonesia. Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian space iklan otomotif di PT OLX Indonesia.
PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON ASSET, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR LOGAM DAN SEJENISNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016 – 2020) Faizal Mujiono; Astrid Dita Meirina Hakim
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.781 KB) | DOI: 10.36080/jem.v10i1.1767

Abstract

Dengan nilai perusahaan yang baik, maka perusahaan tersebut akan dipandang baik oleh calon investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh current ratio terhadap nilai perusahaan, pengaruh debt to equity ratio terhadap nilai perusahaan, pengaruh return on asset terhadap nilai perusahaan, dan pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap perusahaan. nilai perusahaan sub sektor logam dan produk sejenis yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Penelitian ini merupakan data sekunder. Teknik pengambilan sampel adalah purposive samplingtechnique.Populasi dalam penelitian iniq berjumlah 17 perusahaan dan qsampel yang digunakan adalah 13 perusahaan.Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan menggunakan program ekonometrika view 10 (Eviews10). Hasil penelitian menunjukkan bahwa current ratio berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, debt to equity ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, return on asset berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positifdan signifikan terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH FREE CASH FLOW, MANAGERIAL OWNERSHIP, FIRM SIZE DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Cynthia Sari Dewi
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v10i1.1768

Abstract

Kebijakan dividen adalah keputusan tentang apakah laba akan dibagikan kepada pemegang saham atau laba akan ditahan untuk reinvestasi perusahaan. Kebijakan dividen ini sangat penting untuk dioptimalkan, karena terdapat kesulitan dalam menentukan alokasi yang tepat dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan. Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen. Analisis empiris telah dilakukan pada panel data dari 15 perusahaan manufaktur di Indonesia selama periode 2014 - 2016. Adjusted R square sebesar 0,266 berarti bahwa kebijakan dividen 26,6% dapat dijelaskan oleh variabel bebas arus kas bebas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial dan investasi set kesempatan sedangkan 73,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada tingkat signifikansi 5%. Meskipun arus kas bebas dan waktu investasi tidak mempengaruhi kebijakan dividen. Temuan ini memberikan wawasan dan saran yang berguna bagi manajemen perusahaan dan investor untuk menentukan kebijakan dividen.

Page 1 of 1 | Total Record : 6