cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017)" : 6 Documents clear
Pengaruh Otonomi Pendidikan Tinggi Terhadap Strategi Kerjasama dan Bauran Pemasaran Serta Implikasinya Pada Kinerja Program Studi di Kopertis Wilayah 1 Marion Sibarani
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.565 KB) | DOI: 10.36080/jem.v6i1.338

Abstract

Relatif rendahnya kualitas lulusan perguruan tinggi dalam negeri dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi negara - negara Asia lainnya disebabkan berbagai premis yang dikemukakan terkait dengan otonomi pendidikan tinggi, strategi kerjasama, bauran pemasaran, dan kinerja program studi. Jawaban terhadap premis-premis tersebut didapat melalui persamaan model struktural dan interpretasi hasil pengolahan data. Kebijakan otonomi pendidikan berpengaruh positif cukup besar terhadap pelaksanaan strategi bauran pemasaran jasa oleh program studi Perguruan Tinggi Swasta, antara lain memperlancar upaya penciptaan program-program baru, upaya penyesuaian biaya pendidikan akademik, upaya meningkatkan sarana, prasarana dan kualitas staff maupun non akademik. Kebijakan otonomi Pendidikan akan mampu meningkatkan kerja sama program studi Perguruan Tinggi Swasta, dan serta meningkatkan keberhasilannya dalam mencapai tujuan Perguruan Tinggi Swasta yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan, bahwa strategi kerja sama dan strategi bauran pemasaran jasa yang diimplementasikan pada program studi di Perguruan Tinggi Swasta saling berinteraksi. Dalam pelaksanaan kerjasama staff akademik / non akademik saling berinteraksi dengan bauran pemasaran jasa dalam upaya peningkatan kualitas SDM. Kerjasama pemanfaatan sarana dan pemanfaatan prasarana saling berinteraksi dengan upaya peningkatan proses pembelajaran, Kerjasama dalam pengabdian kepada masyarakat saling berinteraksi dengan upaya promosi.
Pengaruh Pendidikan dan Latihan Tenaga Kerja Terhadap Peningkatan Produktifitas Kerja Karyawan Pada Sumber PT. Sumber Rezeki Medan Chainar Elli Ria
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.022 KB) | DOI: 10.36080/jem.v6i1.339

Abstract

Program pelatihan dan pengembangan yang diberikan kepada karyawan dapat mengurangi ketergantungan perusahaan terhadap karyawan baru dan merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan untuk menghadapi beberapa tantangan yang ada, baik kesusangan karyawan, perubahan sosioteknis maupun perubahan tenaga kerja. Hal ini bisa di lihat dari perbedaan tingkat prokdutivitas karyawan-karyawan yang mendapat pelatihan dan pengembangan. Berdasarkan nilai F hitung (23,135) > dari F tabel (2,76) dapat diambil kesimpulan bahwa variabel pelatihan dan pengembangan karyawan bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadasp produktivitas kerja PT. Sumber Rezeki Medan Berdasarkan hasil uji t dari variabel pelatihan dan pengembangan karyawan di ketahui bahwa variabel pelatihan mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dari pada variabel pengembangan karyawan. Hal ini menunjukan bahwa variabel pelatiah mempunyai pengaruh yang lebih besar dari variabel pengembangan terhadap produktivitas kerja PT. Sumber Rezeki Medan.
Index Harga Saham Islamic Internasional terhadap Jakarta Islamic Index Retno Fuji Oktaviani
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.759 KB) | DOI: 10.36080/jem.v6i1.334

Abstract

Dinamika pasar modal bukanlah kegiatan yang terisolasi dari aktivitas ekonomi yang berada di luar pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh indeks saham internasional yang diwakili oleh variabel Dow Jones Islamic Market Europe, Dow Jones Islamic Market USA,  Dow Jones Islamic Japan, Dow Jones Islamic Malaysia dan Jakarta Islamic Index. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang berupa data harian periode 1 Januari 2017 hingga 31 Maret 2017. Teknik analisis yang digunakan adalah Structure Equation Model dengan software Amos dan analisis regresi berganda dengan software R. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa variabel Dow Jones Islamic USA dan Dow Jones Islamic Malaysia yang memberikan pengaruh signifikan terhadap Jakarta Islamic Index. Sedangkan variabel lain terbukti tidak berpengaruh terhadap Jakarta Islamic Index. Besar kontribusi seluruh variabel Dow Jones Islamic Market Europe, USA, Japan dan Malaysia terhadap Jakarta Islamic Index sebesar 67.77%.
Pengaruh Tingkat Inflasi, Indeks Harga Konsumen Terhadap PDB di Indonesia Pada Tahun 2011-2015 Berlian Karlina
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.769 KB) | DOI: 10.36080/jem.v6i1.335

Abstract

PDB (Produk Domestik Bruto) adalah salah satu faktor yang menentukan kesehatan perekonomian suatu negar, maka dari itu, menjadi penting untuk menganalisa faktor yang berpengaruh terhadap perubahan PDB di suatu Negara, khususnya Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan PDB di Indonesia. Metode penelitian menggunakan metode quantitative dengan multiple regression dan memperlihatkan pengaruh beberapa faktor independen dan faktor dependen. Faktor bebas atau independen dalam hal ini adalah tingkat inflasi dan IHK (Indeks Harga Konsumen), dan tingkat inflasi. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa perubahan Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia dari tahun 2011 - 2015 dipengaruhi oleh indeks harga dan tingkat inflasi dan tidak pada IHK.
Analisis Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea Ravindra Safitra Hidayat
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.473 KB) | DOI: 10.36080/jem.v6i1.336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh Strategi Segmentasi, Penargetan, dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian merek produk Teh Hijau NU dalam kemasan produk teh. Penelitian ini didasarkan pada kondisi dimana setiap orang menyukai produk kemasan teh. Terutama Nu Green Tea sebagai pelopor dalam kemasan produk Green Tea. Berdasarkan penelitian Nu Green Tea masih menguasai pasar dengan pangsa pasar 50%, PT ABC President Indonesia selaku pemilik produk Nu Green Tea masih percaya bahwa NU Green Tea telah menjadi pemimpin pasar dalam kemasan produk teh. Secara teoritis, kondisi tersebut dapat diinduksi oleh ekuitas merek yang kuat dari produk perusahaan. Penelitian ini didasarkan pada analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 20.0.
Pengaruh Asset Growth, Leverage dan Earning Variability Terhadap Beta Saham Pada Perusahaan Jakarta Islamic Indeks Di Bursa Efek Indonesia Sugeng Priyanto
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.204 KB) | DOI: 10.36080/jem.v6i1.337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang:  Pengaruh (1) Asset  Growth terhadap Beta Saham, (2) Leverage terhadap Beta Saham, (3) Earning Variability terhadap Beta Saham pada perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Indeks di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Indeks selama tahun 2011-2015 sebanyak 13 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan  data yang dipergunakan, data sekunder. Metode analisis adalah regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji F (Goodness Fit Test). Hasil pengujian menunjukkan Asset Growth dan Leverage tidak berpengaruh terhadap beta saham, sedang Earning Variability berpengaruh signifikan terhadap beta saham.

Page 1 of 1 | Total Record : 6